Cara Menggunakan Youtube Keyword Tool Untuk Meningkatkan Views dan Subscribers

menggunakan youtube tool

Video selalu menjadi konten favorit masyarakat Indonesia. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk mengunggah video untuk marketing produk di YouTube. Menariknya lagi, ada YouTube keyword tool yang berguna supaya video yang diunggah lebih mudah dicari oleh banyak orang. Bagaimana, ya, cara menggunakan YouTube keyword tool dengan optimal? Temukan panduannya di artikel ini.

Apa Itu YouTube Keyword Tool?

YouTube keyword tool adalah alat bantu berupa website yang berguna untuk mencari keyword populer atau paling sering dicari di YouTube. Keyword ini bisa diterapkan untuk mengoptimasi video Anda supaya mendatangkan lebih banyak traffic dan angka views. Makin banyak angka views yang masuk, brand awareness bisnis makin meningkat karena banyaknya penonton baru yang melihat video Anda.

Keyword pada video YouTube sendiri dipasang di bagian deskripsi, judul, thumbnail, chapters, dan hashtag. Penempatan keyword tersebut menjadi petunjuk agar algoritma YouTube mengenali isi video Anda. Keyword yang digunakan biasanya bersifat long-tail karena berpeluang menghasilkan angka konversi yang lebih tinggi serta tingkat kompetisi yang lebih rendah.

Pentingnya SEO Bagi Perkembangan Channel Youtube Anda

gunakan youtube tool

Pada dasarnya, YouTube merupakan mesin pencarian (search engine) sama seperti Google. Bedanya, website ini khusus digunakan untuk mencari video di internet. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan prinsip Search Engine Optimization (SEO) saat mengunggah video di YouTube.

Apakah SEO itu? SEO merupakan strategi optimasi konten atau channel YouTube dengan tujuan mendatangkan traffic secara organik dari halaman hasil pencarian atau search engine result page (SERP). Penerapan SEO ini sangat penting jika Anda ingin mengembangkan channel YouTube serta mendapatkan lonjakan viewers dan subscribers.

Video dan channel YouTube Anda mampu menjangkau audiens yang lebih luas berkat strategi SEO. Tidak hanya pengunjung dari YouTube, Anda pun mendapatkan viewers dari Google. SERP Google memiliki tab ‘Videos’ untuk menampilkan hasil pencarian keywords dari YouTube. 

Metrik video Anda pun meningkat, apalagi disertai dengan penerapan strategi SEO dan penggunaan keyword tool yang tepat. Bisnis Anda memiliki brand awareness yang kuat dilihat dari banyaknya tayangan dan subscriber yang mengikuti channel YouTube Anda.

Baca Juga: Cara Daftar AdSense YouTube

4 Cara Menggunakan Youtube Keyword Tool Untuk Meningkatkan Views dan Subscribers

Praktik SEO YouTube hampir sama seperti SEO Google, hanya saja langkahnya lebih teknis. Walaupun masih kurang umum diterapkan, tidak ada salahnya Anda menggunakan strategi ini jika ingin meningkatkan jumlah views dan subscribers channel YouTube. Bagaimana caranya?

1. Kumpulkan Topik yang Ingin Dibahas

Pertama, mulailah dengan mengumpulkan topik yang ingin diangkat dalam channel YouTube Anda. Topik yang dipilih sebaiknya relevan dengan tema channel Anda. Contohnya, Anda sebagai pebisnis di bidang kuliner bisa mengunggah video dengan topik mengenai resep makanan.

Jenis topik yang banyak dicari di YouTube biasanya berupa solusi atau tips mengatasi masalah tertentu, review produk, atau pembahasan mengenai suatu topik secara mendalam. Gunakan tools seperti Google Trends supaya Anda bisa membahas topik terhangat dalam sebuah video.

2. Buat Ide Keyword

Dari semua topik tersebut, buatlah beberapa keyword untuk digunakan dalam video YouTube Anda. Banyak sekali YouTube keyword tool yang bisa dimanfaatkan, seperti Tube Buddy, ahrefs, vidIQ, dan sebagainya. Masing-masing tools tersebut akan dijelaskan secara detail di bagian berikutnya dalam artikel ini.

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

3. Cari Tahu Volume Pencarian

Berikutnya, ketahui volume pencarian masing-masing keyword yang telah dibuat. Volume pencarian berguna untuk mengetahui berapa kali keyword tersebut dicari dalam jangka waktu tertentu. Makin sering keyword tersebut dicari, makin besar pula peluang video Anda mendapatkan lebih banyak traffic.

Setelah mengetahui hasilnya, susunlah keyword tersebut berdasarkan volume pencariannya untuk diterapkan dalam video Anda. 

4. Cari Tahu Kualitas Video di Ranking Tertinggi

Langkah ini memerlukan riset yang cukup mendalam karena Anda harus mengetahui kualitas video yang menempati ranking teratas di keyword tersebut. Kualitas tersebut dinilai dari isi, engagement, dan pembawaan topik dalam video tersebut. 

Cobalah mencari video dengan kata kunci yang ditentukan, kemudian tonton 5-10 video teratas. Lalu, berikan penilaian masing-masing video tersebut dalam skala 1-10. Anda bisa membuat video yang lebih baik dari hasil penilaian tersebut sehingga lebih kompetitif dan mampu mengundang lebih banyak penonton.

3 Rekomendasi Youtube Keyword Tool

Anda bisa saja memanfaatkan keyword tool Google untuk riset keyword YouTube, seperti Ahrefs, Google Trends, Keyword Planner, atau SEMRush. Namun, ada tiga tools andalan yang dapat digunakan khusus untuk mengoptimasi channel YouTube. Apa saja?

Jasa SEO

1. YouTube Analytics

Mulailah riset keyword Anda dengan YouTube Analytics. Gunakan tab ‘Reach’ untuk mengetahui jenis atau topik video yang dicari audiens di channel YouTube Anda. Selain itu, manfaatkan pula fitur ‘Suggested Video’ untuk mengetahui traffic dari video yang disarankan kepada viewers setelah menonton video Anda.

2. vidIQ

Tools ini berbayar, tetapi mampu memberikan statistik mengenai volume pencarian dan opportunity score suatu keyword. VidIQ juga menampilkan beberapa potongan gambar dari video yang sedang trending terkait sebuah keyword sehingga bisa menjadi referensi untuk channel Anda.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba

3. Tube Buddy

Tidak seperti vidIQ, Tube Buddy merupakan tools gratis. Anda bisa memasukkan beberapa ide topik, kemudian mendapatkan informasi tentang perkiraan volume pencarian dan skala kompetisi. Ada pula fitur Auto Translator untuk menerjemahkan judul dan deskripsi video agar bisa dinikmati oleh viewers internasional.

Apakah Anda tertarik mengembangkan channel YouTube dengan cara menggunakan YouTube keyword tool di atas? Kami tahu bahwa trik ini cukup menantang sehingga tidak jarang berujung pada kegagalan apabila dikerjakan sendiri. Gunakan saja jasa SEO dari ToffeeDev untuk mengatasi risiko tersebut. 

Tim kami tidak hanya berpengalaman dalam menerapkan SEO untuk Google, tetapi juga terampil dalam mencari keyword untuk channel YouTube Anda. Yuk, hubungi ToffeeDev segera dan kembangkan channel YouTube Anda bersama kami.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat