Pelajari Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang dan Coba Praktikkan Setelahnya

Apakah Anda pernah mendengar kalimat seperti ini “YouTube, YouTube lebih dari TV, Boom!”? Kalau pernah atau bahkan Anda memberikan melodi saat membacanya, berarti Anda sudah sangat tidak asing dengan aplikasi YouTube. Anda pasti juga sudah mengikuti beberapa channel akun YouTube yang sempat booming seperti Tim2One dari ChandraLiow. Apakah Anda penasaran mengapa semakin banyak orang yang beralih membuat konten melalui akun YouTube? Dugaan Anda benar, mereka membuat konten di YouTube tidak hanya untuk membagikan karya mereka, namun juga sekaligus untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Mungkin Anda jadi bertanya “bagaimana cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang?”.

YouTube dikenal sebagai platform social media, dimana seseorang dapat memberikan pendapatnya bukan dengan tulisan, melainkan dengan video. Namun kini bukan lagi social media semata, tetapi YouTube dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam cara. Mulai dari membangun dan membagikan hobi, menambah ilmu lewat video pembelajaran dan menjadikannya sebagai media untuk membangun karir Anda. Menghasilkan uang dari YouTube bisa dibilang susah-susah gampang. Secara sederhana menghasilkan uang lewat YouTube dilakukan dengan cara mengunggah konten video yang telah Anda buat. Namun dalam prosesnya membutuhkan waktu yang sangat panjang. 

Tidak berarti saat video Anda diunggah ke YouTube, Anda dapat langsung menerima uang sebagai hasilnya. Namun ada berbagai macam syarat yang diberlakukan oleh YouTube kepada setiap orang yang menyetujui monetisasi akun YouTube nya. Mengenai apa saja syarat yang dibutuhkan, Anda dapat menyimak penjelasan berikut sampai akhir artikel ini. Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah memutuskan untuk membangun karir Anda lewat YouTube? Atau mungkin Anda sudah menjadi youtuber namun belum menghasilkan uang yang seharusnya bisa Anda dapatkan? Kalau begitu Anda dapat memperhatikan langkah-langkah dalam artikel ini untuk mengetahui cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang. Namun sebelumnya untuk menambahkan pengetahuan Anda mengenai YouTube, kita akan membahas sedikit tentang YouTube itu sendiri dan apa saja kegunaan yang kita dapatkan saat kita menggunakannya. 

Sejarah Berdirinya YouTube

Tahukah Anda bahwa sebelumnya YouTube dibuat sebagai situs kencan online? Didirikan pada Februari 2005, awalnya YouTube bekerja dengan cara mengunggah video kriteria pasangan yang Anda inginkan. Pada acara SXSW tahun 2016, co-founder YouTube yaitu Steve Chen Hurley menyatakan bahwa pikirnya situs kencan akan menjadi pilihan yang jelas. Meskipun strategi pemasaran telah dilakukan yaitu dengan memberikan 20 dolar Amerika bagi siapa saja yang mengunggah video mereka ke YouTube, namun strategi ini gagal karena tetap saja tidak ada orang yang tertarik. 

Lalu mereka mengganti cara kerjanya dengan memperbolehkan siapa saja untuk dapat membagikan video mereka ke platform ini. Sejak itu ada lebih banyak pengunjung yang datang ke situs YouTube, bahkan ada lebih dari 25 juta video yang dibagikan dan lebih dari 25 juta pengunjung pada tahun 2006. Setelah melihat perkembangan yang semakin menjanjikan dari YouTube, pada tahun 2005 Sequoia dan pada tahun 2006 Artist Capital Management menanamkan modal mereka yang jumlahnya masing-masing sebesar $11,5 juta dan $8 juta. Lalu pada tahun 2006, Google membeli YouTube senilai $1,65 milyar. 

Sejak berada di bawah manajemen Google, YouTube semakin berkembang dan semakin matang. Meskipun pada awalnya terdapat banyak permasalahan yang harus diatasi seperti pelanggaran hak cipta, namun kini pengguna YouTube sudah menjangkau lebih dari 100 juta pengguna, sebagaimana tercatat pada tahun 2021 ini. Dengan fitur-fitur yang semakin user-friendly, YouTube menjadi platform yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Baca Juga: Inilah Cara Memulai Bisnis Di YouTube

Kegunaan YouTube

Hingga kini, YouTube tidak lagi hanya sebagai tempat berbagi video, tetapi juga menjadi platform yang memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya. Segala informasi yang kita butuhkan dapat kita cari di YouTube. Kita tinggal mengetik dengan kata kunci yang tepat untuk informasi yang kita cari, maka kita akan menemukannya. Misalnya seperti saat kita mencari cara untuk mengubah warna background foto di Adobe Photoshop. Kita tinggal mengetik “cara mengubah warna background di Adobe Photoshop”. Selain itu jika kita malas membaca buku, YouTube menjadi salah satu solusi untuk mengetahui isi buku yang ingin kita ketahui karena sudah banyak video yang membacakan isi dari sebuah buku. 

Jadi kita tidak memiliki alasan lagi untuk tidak mengembangkan diri kita. Platform yang disediakan YouTube bisa kita andaikan sebagai ‘sekolah global’ yang dapat dimasuki oleh semua orang untuk belajar sesuatu yang baru yang tidak mereka ketahui sebelumnya. YouTube juga digunakan oleh media-media pemberitaan untuk membagikan video mengenai berita-berita terkini yang paling up-to-date. Selain itu, YouTube juga menjadi sarana yang digunakan oleh banyak orang untuk menyalurkan bakat-bakat mereka. YouTube dapat dikatakan sebagai “panggung recital online”, karena banyak sekali video orang menunjukkan kebolehannya bernyanyi dan bermain berbagai alat musik. 

Terakhir tapi yang paling penting, YouTube menjadi tempat mata pencaharian bagi banyak orang yakni para content creator. YouTube menjadi pintu terbuka yang mengembalikan harapan beberapa orang, bahwa masih ada jalan saat mereka tidak menyerah. YouTube juga menjadi tempat bagi banyak mimpi yang menjadi kenyataan. Kalimat “YouTube lebih dari TV” seolah menjadi kenyataan atau bahkan sudah menjadi kenyataan karena video apapun yang Anda cari, semuanya sudah tersedia di YouTube. Semakin besarnya platform YouTube dengan segala kegunaanya, tentu saja semakin membuat banyak orang mengalihkan pekerjaan mereka menjadi full-time content creator. Selain menjadi tempat menyalurkan hobi dan kesenangan, konten video yang dibuat juga dapat dimanfaatkan menjadi sumber penghasilan yang besar. Jadi apakah Anda siap menjadi full-timer content creator di platform YouTube? Berikut langkah-langkah untuk menghasilkan uang melalui YouTube. 

Jasa SEO

Cara Menjadi Youtuber yang Menghasilkan Uang

1. Membuat Akun dan Channel YouTube

Langkah pertama untuk Anda menghasilkan uang melalui YouTube adalah dengan membuat Akun YouTube Anda. Jika Anda tidak memilikinya, tentu saja Anda tidak dapat mengunggah konten dan menghasilkan uang darinya. Caranya sangat mudah, Anda pasti memiliki akun Google bukan? Jika ada, maka langkah selanjutnya Anda tinggal sign in dan membuat Channel YouTube Anda. 

Membuat Channel Youtube dilakukan dengan mengklik bagian kanan atas pada gambar profile akun Google Anda. Lalu Anda akan melihat pilihan “Create a channel”, klik pilihan tersebut. Jika sudah maka akan muncul tab dengan tulisan “How you’ll appear” yang menanyakan kepada Anda nama channel yang ingin Anda buat dan profile picture yang ingin Anda gunakan untuk channel Anda. Jika Anda sudah menentukannya, jangan lupa untuk memilih “Create Channel” pada bagian bawah kanan dari tab tersebut, supaya channel YouTube Anda berhasil dibuat.

Jika Anda belum memiliki akun YouTube, maka dapat membuat akun Google terlebih dahulu. Setelah Anda memiliki akun Google, maka Anda dapat langsung melakukan sign in dan melanjutkannya dengan mengikuti langkah-langkah membuat channel seperti pada penjelasan di atas. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

2. Monetisasi YouTube

Langkah selanjutnya adalah melakukan monetisasi. Monetisasi atau Monetization adalah metode atau cara untuk menghasilkan uang dari suatu website atau konten yang dikelola. Oleh karena itu, YouTube Monetization adalah cara menghasilkan uang dari suatu konten yang dibuat di YouTube. Langkah pertama untuk melakukan monetisasi pada channel Anda adalah dengan klik foto profile Anda yang terletak di bagian atas kanan. Lalu klik pilihan “YouTube Studio”. Setelah itu Anda akan dibawa ke situs akun YouTube Studio Anda. Dalam tampilan YouTube Studio, ada pilihan “Monetization” yang terdapat pada bagian kiri di bawah profile picture Anda, klik pilihan tersebut. 

Setelah itu tampilan Anda akan berubah menjadi syarat-syarat yang harus Anda penuhi supaya channel YouTube Anda dapat dimonetisasi. Terdapat 4 syarat yang harus Anda penuhi, seperti:

Verification

Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun YouTube dengan HP atau smartphone Anda. Supaya jika ada orang yang berusaha untuk mengambil alih akun Anda, orang tersebut tidak dapat melakukannya dengan mudah. Verifikasi ini akan membantu menjaga channel YouTube.

Community Guideline Strikes

Ada beberapa rules komunitas yang harus Anda patuhi. Bagian ini akan memberitahu Anda jika ada perilaku yang tidak baik yang telah Anda lakukan selama Anda menggunakan YouTube. Misalnya Anda tidak diperbolehkan melakukan spam di konten milik orang lain. 

1000 Subscribers

Akun Anda dapat dimonetisasi saat Anda memiliki subscribers atau pengikut minimal 1000 orang. Jika channel YouTube Anda adalah channel baru, maka Anda harus mencari subscribers dengan cara membuat konten menarik secara konsisten agar semakin banyak orang yang ingin menjadi pengikut Anda. Mendapatkan 1000 pengikut memang terdengar sulit dilakukan, tetapi bukan tidak mustahil untuk dilakukan. Jadi teruslah membuat video yang menarik. 

4000 Public Watch Hours

Selain itu konten video yang Anda buat harus ditonton oleh orang banyak dengan akumulasi minimal 4000 jam, selama 12 bulan. 

Jika channel Anda masih baru dan belum memiliki video apapun yang sudah Anda unggah ke YouTube, maka saat memilih pilihan “Monetization”, terdapat tulisan “notify me when I’m eligible”. Tulisan tersebut berarti channel YouTube Anda belum berhak digunakan untuk menghasilkan uang dan YouTube dapat memberikan notifikasi ke e-mail Anda, saat channel YouTube Anda telah memenuhi keempat syarat tersebut. 

3. Membuat Akun Google Adsense

Membuat akun Google Adsense dapat dilakukan apabila channel Anda sudah di monetisasi oleh pihak YouTube. Jika seandainya akun Anda sudah dimonetisasi maka akan ada pilihan untuk mendaftar ke Google Adsense. Jika Anda sudah memilih pilihan tersebut, maka Anda akan diminta untuk melakukan sign-in dan verifikasi ulang. Selanjutnya, pilih akun yang akan Anda gunakan untuk Adsense. Jika semua proses yang diminta telah Anda lakukan, tanda bahwa akun Anda berhasil didaftarkan ke Google Adsense adalah Anda akan diarahkan kembali pada bagian Monetization dihalaman YouTube Studio. 

Perlu Anda ketahui, bahwa pendaftaran akun yang berhasil tidak akan langsung disetujui. Konfirmasi persetujuan akun Anda akan memakan waktu beberapa hari. Namun tidak perlu khawatir, Anda akan menerima e-mail konfirmasi dari Google Adsense atau Anda dapat melihat statusnya pada bagian Monetization. 

Baca Juga: Cara Daftar AdSense YouTube

4. Menentukan Tema Channel Anda

Hal penting selanjutnya adalah menentukan tema besar yang akan Anda bawakan dalam konten Anda. Menentukan tema besar dalam konten Anda akan memudahkan Anda untuk menentukan topik-topik apa saja yang akan Anda bawakan nantinya dalam setiap video yang Anda buat. Tema yang digunakan bisa apa saja. Untuk menentukannya, Anda bisa mulai dari hobi atau kesenangan yang Anda punya. Anda juga bisa membuat channel Anda lebih personal dengan membagikan kegiatan sehari-hari Anda. Tema apa pun yang akan Anda pilih, akan sangat baik jika tema tersebut dekat atau relevan dengan Anda untuk memudahkan Anda dalam pembuatan konten. 

5. Membuat Konten

Menulis Naskah

Sebelum Anda merekam video, Anda dapat menulis semua ide konten ke dalam naskah terlebih dahulu. Naskah berfungsi sebagai kerangka yang akan menuntun Anda saat perekaman video dilakukan. Naskah akan membantu Anda mengeluarkan ide-ide hebat yang ada di kepala Anda, sehingga tidak ada ide yang terlewat. Jika Anda kebingungan untuk menulis naskah konten Anda, Anda dapat melihat topik-topik apa saja yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat. Misalnya berita-berita, kejadian kontroversial, game dan isu lainnya yang sedang terjadi di masyarakat. 

Perekaman Video

Jika semua ide sudah tertata dengan rapi dalam naskah Anda, maka ini saat untuk merekamnya. Dalam proses perekaman video Anda memerlukan alat-alat pendukung seperti kamera untuk merekam, lightning, barang lainnya yang akan membantu Anda dalam proses perekaman. Jika Anda tidak memiliki alat-alat pendukung seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda tetap bisa menggunakan apa yang Anda miliki sebagai langkah awal. Gunakan kamera HP Anda untuk merekam dan gunakan cahaya sinar matahari untuk pencahayaan yang baik. Jika konten yang Anda hasilkan sudah mulai membuahkan hasil, barulah Anda membeli alat lainnya untuk memperbaiki kualitas video Anda.

Gunakan Editan yang Menarik

Setelah Anda merekam video, Anda dapat mengeditnya menggunakan aplikasi seperti Wondershare Filmora (aplikasi edit video yang memudahkan untuk pemula) dan Adobe Premiere Pro (aplikasi edit video yang lebih advance). Menggunakan editan yang menarik pada video Anda akan membuat orang yang menonton tertarik sehingga akan menjadi pengikut akun YouTube Anda. Pengeditan yang menarik juga akan memberikan warna pada konten yang Anda buat agar tidak terkesan monoton. Ada baiknya konten video yang Anda buat tidak hanya berisi video Anda berbicara, tapi Anda bisa memasukkan animasi dan video lainnya. Gunakan juga thumbnail yang menurut Anda dapat menarik perhatian publik untuk menonton video Anda.

Gunakan SEO

SEO tidak hanya digunakan dalam penulisan artikel, tetapi juga digunakan di dalam YouTube. SEO di YouTube digunakan untuk membuat video yang telah Anda unggah untuk masuk dalam pencarian dengan keyword yang dicari. SEO di YouTube diterapkan pada 3 bagian, yaitu bagian judul, deskripsi dan tag yang digunakan. 3 bagian tersebut harus menggunakan kata kunci yang relevan agar dapat muncul dalam pencarian YouTube. Akibatnya, video Anda akan semakin banyak ditonton oleh banyak orang sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan saat ada orang yang menonton. 

Baca Juga: Cara Riset Keyword Youtube Untuk Menaikkan Views

6. Membangun Komunitas

Seperti social media yang lainnya, Anda juga bisa berinteraksi dan membangun komunitas di dalam YouTube. Membangun komunitas berfungsi agar setiap orang yang telah menjadi pengikut Anda merasa dihargai dan diterima kehadirannya dalam akun YouTube Anda. Membangun komunitas juga akan meningkatkan reach dan engagement akun YouTube Anda. Menjaga interaksi Anda dengan para subscribers juga akan membuat orang-orang tertarik dengan video dan komunitas yang telah Anda buat sehingga mereka memutuskan untuk jadi pengikut Anda. Singkatnya, membangun komunitas akan membantu menambah jumlah subscriber Anda. Saat subscriber Anda meningkat, maka Anda akan berhak mendapatkan monetisasi dari YouTube dan mulai dapat menghasilkan uang dari YouTube. 

Membangun komunitas bisa Anda lakukan dengan cara membalas setiap komentar yang ada di konten Anda. Dengan begitu mereka akan merasa kehadiran mereka di-notice oleh Anda. Selain itu Anda dapat melakukan tanya jawab secara langsung dan tidak langsung. Tanya jawab atau interaksi secara langsung dapat dilakukan dengan fitur Live Streaming pada YouTube. Jika interaksi secara tidak langsung dapat dilakukan dengan fitur Community, dimana pada fitur tersebut Anda dapat memperbarui status, memposting pertanyaan dan melakukan voting. Jika Anda konsisten melakukannya pada fitur community maka komunitas Anda akan tumbuh dengan cepat.

7. Promosikan Video Anda

Jika video Anda sudah diunggah, maka cara selanjutnya adalah mempromosikan video yang baru saja Anda unggah agar mendapatkan viewer yang lebih banyak. Jika belum ada yang ingin membagikan video Anda, Anda dapat melakukannya terlebih dahulu. Jika publik mendapati video Anda berguna, maka tinggal tunggu waktu saja untuk video Anda menjadi viral dan berada pada tingkat pertama. 

Baca Juga: Cara Monetisasi Video YouTube Yang Bisa Anda Coba

8. Berkolaborasi dengan Youtuber Lain

Melakukan kolaborasi dengan youtuber yang lain akan menambah exposure bagi kedua channel YouTube. Saat exposure bertambah maka akan semakin banyak orang yang mengunjungi akun Anda dan menonton video-video yang telah Anda buat. Jumlah viewer yang banyak tentu akan menghasilkan adsense yang banyak juga. Selain dari adsense, berkolaborasi juga bisa langsung mendapatkan uang. Namun cara ini hanya akan mendatangkan uang jika Anda sudah menjadi content creator yang berhasil. Anda akan menerima bayaran dari konten yang Anda buat untuk mempromosikan jasa atau barang tertentu, kolaborasi seperti ini bisa juga disebut dengan endorse. Pada tahap ini berarti karya yang Anda buat sangat menarik dan kreatif hingga akhirnya ‘dibeli’ oleh orang atau perusahaan tertentu. 

9. Sponsorship dan Advertisement

Anda juga bisa menghasilkan uang dari membuat konten YouTube, jika ada pihak yang ingin melakukan sponsor terhadap konten yang kita buat. Sponsorship biasanya diartikan sebagai bentuk memberikan dukungan finansial dari suatu perusahaan kepada individu atau kelompok yang ditukar dengan hubungan atau dengan promosi suatu barang dan atau jasa. Ada lebih banyak perusahan jasa yang melakukan sponsor terhadap konten-konten yang dibuat oleh para content creator. Tentu saja akan lebih mudah mendapatkan sponsor dari pihak yang menjual jasa, karena promosi bisa langsung dipraktikkan dengan menjelaskan menggunakan jasa tersebut pada konten yang dibuat. Namun tidak menutup kemungkinan jika ada barang yang mensponsori konten Anda. 

Anda juga bisa mendapatkan advertisement atau iklan barang atau jasa dari suatu perusahaan atau bisnis. Pengaplikasian sponsorship dan advertisement sebenarnya sama, intinya seorang content creator harus membuat konten yang di dalamnya terdapat barang atau jasa yang menggunakan konten video Anda. Untuk mendapatkan sponsor dan advertisement, Anda harus menarik pihak-pihak tersebut dengan konten video yang kreatif dan berbeda dari sebelum-sebelumnya. Dalam social media YouTube, senjata yang Anda miliki adalah konten video yang Anda buat dan yang Anda unggah ke YouTube. 

Baca Juga: Lakukan 6 Cara Menambah Viewer YouTube Ini agar Video Makin Populer

10. Menggunakan Link Afiliasi

Seperti halnya dalam penulisan artikel dan blog, di akhir dari setiap tulisan akan ada tautan yang dapat Anda klik untuk mengarahkan Anda pada jasa atau barang yang Anda butuhkan. Link afiliasi juga dapat Anda gunakan dengan menaruhnya pada kolom deskripsi video Anda. 

11. Mengembangkan Diri 

Selain teknis-teknis yang perlu Anda ketahui, Anda juga harus mengetahui bahwa proses menjadi seorang youtuber yang dapat menghasilkan banyak uang, membutuhkan proses pembelajaran seumur hidup. Anda harus terus mengasah kemampuan Anda agar konten dan video yang dihasilkan juga dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Anda dapat mengembangkan diri dengan membaca buku, mendengarkan podcast, atau menonton video pembelajaran di YouTube. Anda juga dapat mendaftar kelas-kelas online yang saat ini sudah banyak tersedia di internet. Kelas yang dapat Anda pilih juga beragam. Ada kelas yang fleksibel, dimana Anda tidak harus mengikuti kelas pada waktu yang telah ditentukan, tetapi Anda tinggal melihat video pembelajaran yang sudah direkam sebelumnya. 

Lalu Anda juga bisa mendaftar kelas-kelas bootcamp seperti di universitas namun dengan jangka waktu yang lebih pendek. Misalnya jika Anda merasa kurang pengetahuan dalam public speaking, Anda dapat mulai mendalaminya dengan membaca buku-buku tentang cara berbicara di depan umum yang benar dan menarik bagi audience. Meskipun Anda akan menggunakannya untuk berbicara di depan kamera, namun pembelajaran yang Anda pelajari tetap akan relevan untuk Anda aplikasikan. Jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak belajar dan mengasah kemampuan Anda lebih lagi. Jika Anda ingin menghasilkan uang yang lebih banyak, maka ada yang harus diinvestasikan ke dalam diri Anda. 

Jasa SEO dari ToffeeDev

Menjadi youtuber yang menghasilkan uang memang tidak mudah, ada banyak waktu, ide, usaha dan pengorbanan yang dikeluarkan. Jika Anda sudah memutuskan menjadi youtuber, konsisten, tidak menyerah dan terus mengembangkan diri Anda adalah kuncinya. Selain itu tujuan Anda di awal saat memulai channel YouTube Anda yang akan membuat tekad dan komitmen Anda menjadi kuat. Jadi bagaimana? Apakah penjelasan mengenai YouTube dan bagaimana menghasilkan uang melaluinya sudah Anda pahami? 

Pada penjelasan di atas juga sempat disinggung mengenai pentingnya menggunakan Search Engine Optimization atau SEO pada video yang akan Anda unggah. Jika Anda membutuhkan jasa SEO, ToffeeDev merupakan pilihan yang tepat! ToffeeDev menyediakan jasa SEO untuk apapun kebutuhan Anda, dari produk hingga jasa bisnis Anda. Anda tidak perlu ragu dengan kualitas yang kami berikan. Kami telah bekerjasama dengan lebih dari 100 client untuk membantu dan melayani kebutuhan bisnis mereka. Untuk informasi yang lebih jelas dan lengkap, Anda dapat langsung mengunjungi website kami di sini. Jika Anda ingin melakukan konsultasi terkait bisnis Anda, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan tim kami di sini. 

Semoga penjelasan di atas dapat memberikan pemahaman yang baru yang sebelumnya tidak Anda ketahui. Jika Anda mendapati artikel ini bermanfaat bagi Anda, Anda bisa mengunjungi website ToffeeDev pada bagian blog, untuk membaca artikel yang lainnya.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat