10 Cara Promosi Jualan Online yang Efektif

Ada banyak cara promosi jualan online yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan yang didapatkan. Di era yang serba digital seperti sekarang ini, toko online memang merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak dilakukan. Membuka toko online tidak memerlukan modal yang besar, serta Anda dapat melakukannya dari rumah saja karena tempat berjualannya di internet.

Lantas, bagaimana sih cara promosi jualan online yang efektif? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda memahami peluang jualan online di era digital terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Peluang Jualan Online di Era Digital

Di era yang sudah serba digital, sudah ada banyak pebisnis yang membuka toko online. Tidak hanya itu saja, bahkan perusahan besar sekali pun pasti semuanya sudah memiliki toko online mereka sendiri sekarang. Dapat dikatakan, peluang jualan online di era digital ini sangat besar karena memang pasarnya juga sudah beralih ke platform online.

Perkembangan teknologi yang pesat membuat peluang jualan online di era digital ini juga makin besar. Sekarang sudah ada banyak sekali platform marketplace yang dapat membantu semua orang membuka toko online dengan mudah dan cepat. Selain itu, platform media sosial yang marak digunakan juga sudah menjadi salah satu tempat berjualan online yang sudah terbukti keberhasilannya.

Baca Juga: 12 Tips Sukses Jualan Online dari Nol

10 Cara Promosi Jualan Online yang Efektif

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah penjualan dari toko online Anda. Berikut ini adalah beberapa cara promosi jualan online yang efektif.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang paling banyak digunakan saat ini, baik untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan bisnis. Hampir semua orang di seluruh dunia banyak menghabiskan waktunya menggunakan media sosial setiap harinya. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promosi online.

Anda dapat memberi tahu mengenai kampanye apa yang sedang berjalan di toko Anda, apa saja produk yang sedang mendapatkan diskon, berinteraksi dengan konsumen, dan masih banyak lagi. Hampir tidak ada batasan dalam menggunakan media sosial, semuanya bergantung pada kreativitas bagaimana Anda akan memasarkan produk.

Baca Juga: Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Promosi

2. Memanfaatkan Website

Setiap harinya orang-orang akan melakukan pencarian untuk berbagai macam di mesin pencari seperti Google. Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga membutuhkan vacuum cleaner baru untuk membantu pekerjaan rumahnya tetapi tidak tahu produk mana yang bagus untuk dibeli. Ibu rumah tangga tersebut pasti akan mencari rekomendasi produk yang cocok melalui mesin pencari.

Hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari adalah kumpulan halaman website yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Oleh karena itu, Anda harus memanfaatkan website ini untuk melakukan promosi jualan online. Pastikan saja halaman website, atau konten, yang disediakan di website tersebut berisi kata kunci yang berkemungkinan besar untuk dicari oleh orang-orang.

Baca Juga: 10 Cara agar Sebuah Website Bisa Naik Ke Halaman Pertama Google

3. SEO

Apabila sudah membuat website, Anda wajib menerapkan SEO pada seluruh halaman, isi, dan konten yang ada di dalam website. SEO, atau search engine optimization, adalah teknik untuk meningkatkan peringkat dari website Anda di hasil pencarian. Dengan begitu, website Anda akan memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk muncul di hasil pencarian orang-orang.

Baca Juga: 3 Langkah Praktis Local SEO Untuk Kuasai Pasar Bisnis

Jasa SEO

4. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang memanfaatkan daftar email konsumen yang telah Anda miliki. Pada seluruh daftar email tersebut, Anda dapat mengirimkan berbagai macam promosi, seperti diskon, informasi mengenai produk terbaru, kampanye yang sedang dijalankan, dan masih banyak lagi.

Pastikan saja bahwa daftar email tersebut didapatkan karena konsumen telah mendaftarkannya, bukan dari pihak ketiga. Apabila seperti itu, kemungkinan besar email promosi yang dikirimkan tersebut hanya akan masuk ke dalam kotak spam.

Baca Juga: 10 Keunggulan Email Marketing untuk Bisnis

5. Influencer Marketing atau Affiliate Marketing

Influencer Marketing atau Affiliate Marketing

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran digital yang memanfaatkan kolaborasi dengan orang-orang yang memiliki ‘pengikut’ besar, biasanya influencer media sosial atau seseorang yang ahli dalam suatu industri. Kolaborasi ini dapat melibatkan pemberian kode diskon unik, postingan sponsor atau hadiah, dll. kepada audiens dari influencer ini. Tujuannya adalah untuk menjangkau calon konsumen baru, yaitu pengikut mereka.

6. Produk Bundling

Produk Bundling

Banyak orang yang lebih tertarik membeli produk bundling daripada satu per satu karena dirasa mempermudah dan mempersingkat waktu belanja. Selain itu, produk bundling yang harganya relatif lebih murah daripada membeli barang secara terpisah menjadi salah satu daya tarik dari cara promosi jualan online ini.

7. Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi pemasaran digital yang memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan konten yang memiliki kemungkinan menjadi viral. Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan pembuat konten viral untuk memasarkan produk yang ingin dijual, atau menyebarkan informasi mengenai promosi, kampanye, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Viral Marketing: Pengertian, Kelebihan, Contoh, dan Caranya

8. Mengadakan Live Streaming

Cara promosi jualan online yang terbukti keberhasilannya adalah dengan mengadakan live streaming. Di dalamnya, Anda dapat menawarkan produk-produk yang paling laris dan memberikan diskon untuk kurun waktu tertentu. Dengan begitu, konsumen akan merasa bahwa mereka harus segera membeli produknya agar tidak ketinggalan diskon.

9. Giveaway

Memberikan produk secara gratis memang terasa tidak seperti cara berjualan yang baik. Namun, memberikan giveaway dapat menaikkan brand awareness dan membuat produk makin dikenali. Makin dikenali produk Anda, konsumen akan makin yakin untuk membeli produk tersebut.

10. Gratis Ongkos Kirim

Salah satu hal yang selalu menjadi pertimbangan seseorang ketika hendak berbelanja online adalah ongkos kirimnya yang mahal, bahkan terkadang lebih mahal dari harga produknya. Memberikan gratis ongkos kirim merupakan salah satu cara promosi jualan online yang terbukti dapat meningkatkan jumlah penjualan.
Demikian cara promosi jualan online yang efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan cara seperti pemasaran digital, gunakan jasa strategi pemasaran digital dari ToffeeDev. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat