Memahami Fungsi dan Cara Cek Domain Authority Dari Situs Web Anda

cek domain authority

Sebuah situs web yang banyak direferensikan oleh orang lain, akan menjadi salah satu poin penting yang membuktikan jika situs web tersebut bisa memberikan informasi yang benar. Tentu Anda tidak akan ingin mendapatkan jawaban dari pertanyaan Anda secara asal yang tidak jelas kebenarannya. Bagi pemilik situs web, hal inilah yang ingin mereka capai. Untuk mengukur apakah sebuah situs web dapat dikatakan memiliki trustworthiness yang baik adalah dengan melakukan cek Domain Authority yang didapatkan.

Ini adalah sebuah matrik yang akan menjadi acuan Anda mengenai kemampuan sebuah situs web untuk muncul pada hasil pencarian, karena hal ini bisa memprediksi ranking dari situs web Anda. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin tinggi kemungkinan situs web tersebut bisa mendapatkan ranking yang tinggi di SERP, namun Anda harus ingat sekali lagi jika Domain Authority (DA) bukan lah faktor yang menentukan peringkat Anda nantinya. Tapi bukan berarti sesuatu yang harus diabaikan, tidak ada salahnya mengoptimasi hal ini untuk memprediksi dan menilai kualitas dari situs web Anda. Skor DA akan didasarkan pada banyak metrik lainnya yang mewakili kepercayaan dan otoritas menggunakan neural network dan machine learning untuk memastikan skor yang didapatkan selalu akurat dan terupdate. Lantas apa saja fungsi dan bagaimana cara cek Domain authority dari situs web yang Anda miliki? Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut melalui informasi yang ada di bawah ini.

Fungsi dari Domain Authority

fungsi dari domain authority

Penting untuk dipahami jika Google tidak menggunakan DA sebagai faktor yang akan menentukan peringkat dari situs web. Jadi hal ini bukanlah metrik yang akan meningkatkan peringkat pada SERP, namun bisa menjadi sebuah indikator yang baik untuk membantu Anda menilai kinerja situs web web dan dari para pesaing. Ini juga bisa membantu Anda mengetahui seberapa “kepercayaan” yang bisa didapatkan melalui konten-konten yang ada di dalam situs web Anda.

Domain Authority bisa ditentukan menggunakan Algoritma machine learning yang menarik data penelusuran organik, data lalu lintas situs web, dan data backlink untuk memahami peringkat domain paling populer dan tepercaya. Algoritma menggunakan data backlink untuk mendeteksi bagaimana situs web meningkatkan atau menurunkan otoritasnya dengan mendapatkan tautan. Metrik yang digunakan dalam perhitungan ini meliputi:

  • Jumlah domain perujuk terhadap situs web Anda
  • Kewenangan setiap domain perujuk
  • Follow vs nofollow link yang menunjuk ke situs web (tautan masuk)
  • Follow vs nofollow link yang menunjuk jauh dari situs web (tautan keluar)
  • Jumlah tautan keluar dari setiap domain perujuk
  • Jumlah total backlink yang mengarah ke situs web
  • Jumlah IP pengarah terhadap situs web Anda
  • Jumlah subnet pengarah terhadap situs web Anda

Ini adalah algoritma yang digunakan oleh SEMrush untuk menentukan skor dari DA. Jadi, meskipun ini bukan faktor peringkat resmi yang digunakan oleh Google, ini adalah metrik yang berguna untuk mengetahui kesehatan situs web Anda.

Namun Moz lah yang pertama kali menciptakan hal ini. Sederhananya, penghitungan skor DA berasal dari prediksi algoritma machine learning tentang seberapa sering Google memunculkan sebuah domain dalam hasil penelusurannya. Jika domain A lebih mungkin muncul di SERP Google daripada domain B, maka kita akan mengharapkan DA domain A lebih tinggi daripada DA domain B.

Skor yang bisa didapatkan akan ada pada skala dari 0 hingga 100, dengan yang terakhir menjadi yang terkuat menunjukkan jika sebuah situs web memiliki otoritas yang tinggi dan tingkat kepercayaan yang baik. Hanya ada beberapa domain di Internet dengan skor tertinggi pada angka 99-an, 98-an, dll.

Baca Juga: Ketahui 4 Fakta di Balik Domain Authority Website

Seperti yang sudah disebutkan di atas, walaupun bukan menjadi hal yang bisa menentukan bagaimana peringkat situs web di SERP, tetapi DA adalah sebuah indikator yang baik untuk melihat apakah situs web memiliki otoritas dan kepercayaan yang baik di antara para pesaing. Secara tidak langsung akan memengaruhi kinerja Anda untuk mengoptimasinya. Semakin tinggi skor, maka akan ada indikasi jika situs web Anda bisa bersaing dengan baik dengan para pesaing untuk mendapatkan ranking yang tinggi di hasil pencarian. Beberapa fungsi dari sebuah DA adalah seperti berikut ini:

1. Parameter Untuk SEO

Dari segi SEO, Anda akan bisa mendapatkan data berguna yang dapat membantu Anda meningkatkan kegiatan link building ketika mencari domain berkualitas. Dengan cek Domain AUthority, Anda bisa mengembangkan SEO dan meningkatkan ranking SERP dari website Anda.

2. Menilai prospek untuk link building

  • Menilai domain yang ingin Anda beli
  • Melacak dampak kampanye SEO dari waktu ke waktu

Dengan melakukan cek Domain Authority, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi yang penting untuk perkembangan website. Skor ini juga bisa menunjukkan berapa banyak pekerjaan yang dibutuhkan situs web untuk bisa mengejar dalam persaingannya atau seberapa besar potensi yang dapat diperoleh oleh sebuah situs web untuk bisa bersaing di niche-nya.

3. Dasar Perbandingan yang Baik

Salah satu keuntungan utama mengukur DA adalah untuk bisa menganalisis pesaing. Anda dapat dengan mudah menganalisis perusahaan yang menjadi pesaing Anda di pasar. Perbandingan ini membantu Anda memahami potensi dari pesaing dan apa yang harus Anda lakukan untuk bisa bertahan atau melampaui mereka. Skor DA yang lebih tinggi dari pesaing bisa menjadi penentu apakah upaya yang Anda lakukan selama ini bisa berbuah.

Baca Juga: Apa Bedanya Domain Authentication dan Page Authority?

Cara Cek Domain Authority

cara cek domain authority

Moz menyediakan salah satu cara yang gratis agar Anda bisa cek Domain Authority situs web Anda. Cukup dengan memasukkan URL root domain Anda seperti Toffeedev.com dan skor DA halaman web Anda akan muncul secara otomatis.

Informasi yang disajikan berisi nilai DA, linking root domains atau jumlah link yang masuk dari suatu domain unik ke situs web contohnya backlink, lalu ada ranking keywords, spam score, penjabaran halaman situs web yang paling utama berdasarkan page authority (PA) dan link domain unggulan lainnya.

Page authority akan berfokus terhadap skor atau peringkat suatu halaman yang dimiliki situs web, bukan secara keseluruhan. Dari sini ada banyak informasi yang bisa digunakan untuk menilai apakah situs web memiliki tingkat kepercayaan dan otoritas yang bagus atau tidak. Untuk hasil yang lebih lengkap tentu Anda harus menggunakan tools yang disediakan. Sama halnya jika menggunakan SEMrush.

Baca Juga: Comparing Keywords: Jenis Keyword Dalam SEO

Cara Meningkatkan Domain Authority Website Anda

cara meningkatkan domain authority

Setelah cek Domain Authority, Anda mungkin tertarik untuk meningkatkannya agar lebih baik lagi. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara untuk bisa meningkatkan DA dari website Anda. Beberapa cara mudah untuk meningkatkan nilai dari skor DA Anda adalah:

1. Pastikan Teknik SEO yang Digunakan Sudah Tepat

Strategi yang tepat sasaran tentu saja akan membantu untuk meningkatkan nilai dari DA Anda. Detail technical mengenai SEO, seperti struktur situs web , breadcrumbs, URL structure, meta tags, header tags, word count, keywords, dll harus bisa dimaksimalkan jika ingin mendapatkan sebuah situs web dengan tingkat kepercayaan dan otoritas yang tinggi.

Selain itu Teknik SEO lain yang banyak diterapkan adalah optimalisasi user experience. Poin ini dianggap penting karena berdasarkan hasil survei, lebih dari 70% pengguna internet tidak akan mengunjungi situs web yang sama jika User Experience pada situs web tersebut dianggap membosankan atau menyulitkan. Salah satu hal yang penting adalah kecepatan load situs web. Ternyata hal ini juga berdampak langsung terhadap DA dari situs web Anda. Dengan mengoptimasi hal ini, maka Anda akan bisa menyajikan situs web dengan UX yang baik dan juga meningkatkan skor dari DA.

2. Buat Konten Berkualitas

Jika ingin mendapatkan skor DA yang tinggi, maka konten-konten yang Anda sajikan haruslah berkualitas dan berisi informasi berguna. Tidak hanya bagi pembaca, namun untuk situs web lainnya. Sehingga mereka akan bisa menautkan link dari situs web Anda di konten mereka. Tentu saja hal ini akan bisa membantu dalam usaha untuk mendapatkan skor DA yang tinggi.

Untuk bisa menghasilkan konten yang berkualitas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menciptakan Konten Orisinil

Salah satu cara menghasilkan konten orisinil adalah dengan melakukan riset keyword dengan baik. Keyword yang tepat tidak hanya membantu dalam SEO, namun juga membantu mencari jawaban dari pertanyaan audience. Baik itu berkaitan dengan ketertarikan atau topik yang sedang dicari. Walaupun nantinya sudah ada banyak konten yang membahas hal yang sama, namun Anda harus menghindari yang namanya copy paste. Berikan sentuhan berbeda untuk bisa menghasilkan konten yang orisinil.

  • Judul Menarik

Hal pertama yang akan dilihat adalah judul. Jika Anda tidak berhasil menarik minat para pembaca menggunakan judul Anda, maka akan kecil kemungkinan konten yang sudah ditulis akan di baca. Sehingga tidak akan bisa membantu dalam proses menaikan skor DA. 

  • Optimasi Title Tag dan Meta Desc

Kedua hal tersebut merupakan komponen penting untuk bisa menghasilkan konten berkualitas dari segi SEO. Semakin bagus optimasi yang dilakukan maka semakin besar juga kemungkinan konten Anda dibaca dan dijadikan sebagai referensi. Usahakan untuk mengintegrasikan keyword pada bagian ini sebaik mungkin.

  • Buat Konten yang Bisa Memberikan Solusi

Salah satu alasan orang-orang mencari informasi di internet adalah untuk menjawab hal yang mereka tanyakan. Jika Anda bisa menghadirkan tulisan yang menjadi solusi bagi mereka, maka hal ini akan menunjukkan tingkat kepercayaan yang baik sekaligus membuat banyak orang berkunjung ke situs web Anda. Riset kata kunci akan bersinergi dengan hal yang satu ini.

  • Konten Harus Engaging

Artikel yang menarik untuk dibaca harus memiliki kualitas penulisan serta alur artikel yang baik pula. Walaupun ini bukanlah hal yang mudah, namun jika dipraktekan maka hasil yang Anda dapatkan juga sepadan. Tidak ada salahnya berinvestasi lebih untuk bisa mendapatkan konten berkualitas yang nyaman untuk dibaca hingga akhir.

Jasa SEO

3. Media Sosial

Manfaatkan media sosial sebagai cara untuk mengekspos konten dan situs web Anda ke audiens yang lebih luas. Semakin banyak yang mengakses konten dan halaman-halaman pada situs web Anda, maka akan semakin tinggi juga skor DA yang bisa didapatkan. Selain membantu dari segi DA, menggunakan sosial media juga akan memberikan dampak terhadap:

  • Mengembangkan pelanggan setia
  • Peningkatan penjualan
  • Eksposur yang luas
  • Sarana untuk berinteraksi

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. Pinterest
  5. LinkedIn

Untuk membangun otoritas di media sosial, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi dan konsisten dalam memposting konten. Jangan lupa untuk selalu melibatkan para target audiens di setiap postingan media sosial Anda.

4. Backlink yang Bagus

Salah satu cara tradisional untuk meningkatkan domain authority adalah dengan membuat banyak backlink. Backlink perlu dibangun dengan baik dan tepat dikarenakan beberapa hal berikut:

  • Google akan melakukan crawling tidak hanya langsung dari website Anda tetapi juga dari backlink-backlink yang mengarah kepada website tersebut
  • Backlink dapat membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas website Anda
  • Backlink dapat meningkatkan traffic website sehingga peluang Anda untuk meningkatkan bisnis dengan strategi digital marketing menjadi lebih efektif.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, backlink yang kita masukkan, harus alami dan bukan produk manipulasi. Hindari praktik yang salah agar situs web tidak terkena sanksi.

Salah satu cara untuk membangun backlink yang terlihat alami adalah dengan melakukan content sharing platform atau guest blogging.

Hal yang perlu dilakukan untuk dapat menggunakan content sharing platform ini adalah dengan membuat sebuah konten baru dan di-publish pada content sharing platform yang ingin dituju seperti Kompasiana, Hipwee, Kaskus, hingga Reddit. Tidak lupa juga untuk menyisipkan backlink di dalam konten tersebut.

Sedangkan itu, Anda juga bisa melakukan guest blogging dan membuat artikel yang tidak akan di-publish dalam situs web sendiri melainkan untuk diterbitkan dalam situs web atau blog orang lain. Akan lebih baik untuk memilih situs web atau blog dengan traffic yang tinggi agar backlink dapat menjadi lebih efektif.

Namun jika konten yang Anda hasilkan bagus, berkualitas, dan berguna, maka backlink alami akan bisa datang dengan sendirinya. Menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap informasi yang ada pada konten-konten Anda.

Baca Juga: Mengenal Strategi Content Marketing Untuk Website

5. Internal Link yang Powerful

situs web dengan internal link yang kuat, akan memiliki interkoneksi yang kuat. Jumlah konten yang banyak, akan menciptakan internal link yang dapat ditautkan pada setiap konten yang sudah dibuat.

Nah, lantas bagaimana cara mengoptimalkan internal link yang baik?

Pertama gunakan anchor text. Penggunaan keyword pada bagian ini adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan internal link yang berkualitas. Contohnya ketika Anda sedang mengoptimasi product yang berkaitan dengan ‘jual’ misal kita ‘jual kaos olahraga”. Tujuannya agar membantu Google untuk mengidentifikasi page apa yang akan dia crawling.

Pastikan internal link yang akan digunakan relevan dengan isi dari konten tersebut.Contohnya adalah pada konten yang sedang membahas fashion. Nah, internal link yang ada dalam konten tersebut harus yang berkaitan dengan konten yang kita punya. Misal, mengenai jenis kemeja atau hal yang berhubungan erat dengan fashion.

Selanjutnya pastika tautan tersebut do follow. Saat kita menggunakan internal link pada WordPress atau pada  situs web orang lain tanpa mengubah script apapun pada HTML-nya sudah dipastikan itu yang disebut do follow. Nah, kenapa do follow ini penting? Hal ini akan mengizinkan Google board untuk meng crawling link yang ada pada page tersebut. Menjadi sebuah perintah agar crawler bisa masuk ke dalam link tersebut. 

Selanjutnya, jangan sampai menggunakan banyak internal link. Hal ini akan bisa mengganggu user experience. Pengguna yang berada di page kita akan merasa risih jika harus melihat banyak link. Ini juga akan teridentifikasi sebagai spam

Baca Juga: Kenali Link Building dalam SEO Dan Manfaatnya Untuk Anda

6. Bersihkan Website dari Link Mati dan Link Negatif

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam memperoleh skor DA yang tinggi. Memang bukan perkara mudah untuk rutin membersihkan link yang mati, terindikasi spam, dan yang berakibat buruk bagi situs web. Namun hal ini akan bisa memberikan dampak yang sangat signifikan pada situs web Anda. Gunakan analytic tools untuk mempermudah proses ini.

7. Optimasi Konten Lama dan Ciptakan Konten Evergreen

Konten evergreen yang dimaksud adalah konten yang nantinya bisa Anda perbarui dengan mudah menggunakan informasi terbaru. Konten lama menjadi salah satu faktor penting. Karena mereka sudah menghasilkan trafik dengan jumlah tertentu, namun memiliki isi yang belum terupdate. Tentu sangat sayang jika menyia nyiakan hal satu ini. Tambahkan berbagai macam informasi terbaru untuk memastikan jika konten lama Anda masih bisa menghasilkan trafik yang banyak menuju situs web.

Baca Juga: Kriteria Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Jangan Terlalu Terobsesi Dengan Domain Authority

jangan terobsesi cek domain authority

Memiliki DA yang baik tentu menandakan sebuah situs web memiliki kualitas yang tinggi. Namun Anda perlu ingat, skor 100 bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Bahkan beberapa situs web besar yang memiliki budget dan sumber daya manusia yang banyak pun tidak mudah mendapatkan skor sempurna. DA di sekitar angka 20-30 sudah terbilang bagus untuk domain yang berusia 1 tahun. Ada banyak hal lain juga yang bisa menjadi tolak ukur apakah sebuah situs web bagus dan berguna.

Meskipun skor DA yang lebih tinggi adalah hal yang ingin Anda capai, perlu diingat bahwa DA hanya berfungsi sebagai prediksi kemampuan peringkat situs web. Oleh karena itu hal ini lebih baik digunakan sebagai metrik komparatif dan tidak digunakan sebagai keputusan akhir untuk menilai peringkat Anda di SERP.

Baca Juga: 10 Kebohongan dari Link Building yang Harus Anda Abaikan

SEO untuk Meningkatkan Kualitas Situs Web Anda

JIka DA menjadi acuan untuk kualitas dari sebuah situs web dan kemampuannya dalam mendapatkan ranking, maka SEO adalah kegiatan pemasaran digital yang bisa membantu untuk meningkatkan kualitas situs web Anda. Situs web dengan SEO yang baik bisa menjadi indikasi bahwa situs web tersebut sudah teroptimasi dengan benar. SEO yang baik akan terampil dari sisi teknis  dan juga sangat baik dari segi konten dan UX, faktor penting dalam menentukan skor DA. Dari perspektif UX, SEO akan memastikan bahwa situs web Anda berkinerja lebih baik dalam hal pengalaman pengguna dan tingkat konversi. Memaksimalkan peluang untuk mengubah trafik menjadi pelanggan Anda.

SEO seharusnya tidak berperan sebagai pelengkap dari strategi pemasaran digital Anda. Melainkan menjadi pusatnya. Hal pertama yang perlu dilakukan dengan benar adalah merancang strategi SEO yang tepat demi mendapatkan domain authority yang baik.

Itulah dia info mengenai fungsi dan cara cek domain authority sebuah situs web. Walaupun bukan sebuah sinyal yang digunakan Google untuk menentukan peringkat pada SERP, namun DA memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting untuk bisa memiliki situs web yang berkualitas. Jika Anda membutuhkan SEO yang baik untuk meningkatkan DA dari situs web, maka Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev merupakan pilihan yang tepat. Kami siap membantu bisnis Anda untuk naik ke level selanjutnya. Segera mulai konsultasi bersama kami dan dapatkan berbagai keuntungan setelah bekerja sama dengan kami. Dapatkan berbagai keuntungan penting dari SEO. Kunjungi website kami sekarang juga.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat