Ciri Meta Description yang Baik dan Disukai Oleh User serta Search Engine

Dalam membuat konten marketing khususnya yang berupa blog atau artikel di website, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat yang maksimal pada hasil pencarian, khususnya Google. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat konten di halaman website adalah meta description. Berikut akan kami jelaskan tips bagaimana cara menulis meta description yang dapat menarik perhatian calon pengunjung dan sesuai rekomendasi mesin pencari, yang tentu saja diaharapkan dapat membantu meningkatkan CTR atau Click Through Rate pada halaman web Anda.

Ciri Meta Description yang Baik Adalah :

1. Meta Name Description Content

Anda dapat memaksimalkan ruang yang tersedia untuk meta description pada hasil kolom hasil pencarian. Ingat, jumlah yang baik berkisar diantara 155 karakter. Hal ini ditunjukkan agar pengunjung dapat mengetahui konten anda secara singkat. Jangan menuliskan deskripsi dengan bertele-tele dan tidak sesuai dengan isi konten terkait.

2. Sekitar 155 Karakter

Meta description yang baik adalah berkisar diantara 6 sampai 10 kalimat. Karena jika Anda menulis meta description lebih dari 160 karakter, dikhawatirkan pada mesin pencarian akan muncul tanda titik tiga (…) Karena tidak muat menapilkan konten Anda secara keseluruhan.

3. Mengandung Call To Action

Meta description tidak secara langsung menentukan atau menginfluence peringkat pada hasil pencarian, akan tetapi menginfluence user untuk klik. Jadi, selain untuk memperkuat judul, Anda dapat memaanfaatkan deskripsi untuk mengundang pengungjung serta membantu meningkatkan CTR atau Click Through Rate.

Berikut adalah contoh call to action yang dapat anda gunakan pada meta description:
Klik disini
Simak informasi lengkapnya disini
Pelajari caranya bersama kami, dll.

4. Gunakan Kata Kunci Atau Keyword

Keyword yang diletakan pada awal deskripsi akan semakin baik, karena pengunjung serta robot dari google akan semakin mudah untuk menemukan kata kunci yang Anda gunakan.

Baca juga: Kenali Meta Tags Google Dengan Benar

5. Menampilkan Spesifikasi

Meta description yang mengandung spesifikasi umumnya hanya digunakan untuk konten tertentu. Misal jika isi konten halaman web Anda menampilkan produk, maka sebaiknya pada meta description menuliskan harga serta spesifikasi produk terkait.

6. Gunakan Kalimat yang Unik

Selain harus mempertimbangkan faktor-faktor mesin pencari dalam menentukan hasil pencarian, Anda juga perlu memperhatikan dari sisi User Experience. Karena jika Anda telah berhasil dari sisi SEO dan muncul pada halaman pertama hasil pencarian, tetap saja keputusan untuk klik konten website Anda ada di tangan user.

Jadi, perlu juga untuk menulis kalimat yang unik pada meta description agar konten dari situs Anda jauh lebih menarik dibandingkan dengan kompetitor.

Dengan penjelasan diatas mengenai meta description, semoga memiliki manfaat untuk Anda dalam optimasi konten artikel halaman website. Satu hal yang perlu diingat, ciri meta description yang baik adalah yang dapat membantu pengguna dalam mencari jawaban yang mereka cari dan mempermudah mesin pencari khususnya google dalam mengetahui isi dari konten kita.

Baca juga: Memahami Pengertian dan Jenis-jenis Meta Tag

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat