cara meningkatkan brand awareness
6 Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat
April 7, 2021
manfaat media sosial untuk bisnis
Apa saja Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis Anda?
April 7, 2021

Pentingnya Mengetahui 4 Prinsip Customer Engagement

customer engagement

Picture by Pixabay

Customer engagement atau keterlibatan pelanggan adalah sebuah bentuk aktivitas pemasaran yang melibatkan perilaku dan psikologis pelanggan di dalamnya. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, menjalin komunikasi dengan customer tidaklah cukup untuk membuat customer loyal terhadap bisnis Anda. Anda perlu membuat sebuah ide yang dapat melibatkan customer dalam perkembangan bisnis Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai alasan mengapa customer engagement sangatlah penting dalam perkembangan bisnis Anda. Selain itu, kami akan memberikan informasi seputar 4 prinsip dalam membangun customer engagement yang penting untuk Anda ketahui.

Mengapa Customer Engagement Penting?

Customer merupakan aset penting dalam sebuah bisnis. Apapun bentuk bisnisnya, sebuah bisnis tanpa customer maka akan mati. Oleh karena itu, semua pelaku bisnis harus bisa menjaga customer-nya agar tetap loyal bahkan untuk jangka waktu yang panjang.

Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas customer adalah dengan mempertahankan keterlibatan mereka. Keterlibatan customer merupakan bekal untuk kesuksesan bisnis Anda di masa mendatang. Maka dari itulah keterlibatan pelanggan sangat penting untuk dikembangkan agar perusahaan Anda dapat terus berkembang.

4 Prinsip Customer Engagement

Demi mencapai keberhasilan bisnis Anda di masa mendatang, Anda perlu menjaga 4 prinsip customer engagement berikut ini:

1. Memahami Apa yang Pelanggan Butuhkan dan Inginkan dari Bisnis Anda

Dalam sebuah bisnis yang sukses, tentunya ada dukungan dari customer yang loyal. Untuk itu, Anda perlu memahami perilaku customer sehingga Anda dan customer dapat mendorong pertumbuhan bisnis bersama-sama. Caranya adalah Anda harus menggunakan pemahaman Anda akan pelanggan dalam mengembangkan produk atau servis yang bermanfaat untuk customer loyal Anda.

Pahami tujuan mereka saat menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan lalu amati kemajuan bisnis Anda melalui customer journey sehingga Anda mempunyai gambaran akan apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk menjaga keterlibatan pelanggan.

2. Menjalin Komunikasi yang Proaktif dan Personal

Sebuah hubungan jangka panjang memerlukan komunikasi dua arah. Oleh karena itu, dalam menjaga keterlibatan pelanggan penting untuk Anda menjalin komunikasi yang proaktif dan personal. Salah satu cara menjalin komunikasi yang seperti itu adalah dengan melakukan pemasaran secara online baik melalui media sosial, website, maupun email marketing sehingga Anda tetap terhubung dengan customer.

3. Melakukan Diskusi dengan Anggota Tim

Anda bukanlah satu-satunya orang yang harus menjaga keterlibatan pelanggan. Seluruh tim yang turut membantu mengembangkan perusahaan Anda dan terlibat langsung dengan pelanggan juga membutuhkan bekal untuk dapat menjaga customer engagement bersama-sama.

Lakukan diskusi tentang cara menjaga keterlibatan pelanggan agar masing-masing anggota tim dapat menambah wawasan mereka dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

4. Terus Berinovasi dan Menciptakan Ide Baru

Prinsip terakhir dalam customer engagement adalah teruslah berinovasi dan menciptakan ide baru. Pastinya siapapun akan merasa bosan untuk menerima sesuatu yang itu-itu saja. Oleh karena itu, ketika Anda berusaha memahami apa yang customer butuhkan, Anda bisa menciptakan sebuah produk atau jasa yang dapat menjawab kebutuhan mereka sehingga dengan demikian, Anda dapat terus berkembang bersama dengan customer Anda.

Tingkatkan Customer Engagement dengan Membuat Konten Bermanfaat

Nah, sekarang Anda sudah memahami 4 prinsip customer engagement yang penting untuk mengembangkan bisnis Anda, bukan? Anda dapat memanfaatkan dunia digital untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan seperti website dan isilah konten-konten yang bermanfaat untuk menarik banyak pengunjung ke dalam website Anda.

ToffeeDev adalah digital marketing agency yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan customer engagement melalui website sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih lagi untuk bisnis Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk melakukan konsultasi jasa pembuatan company profile untuk website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments