7 Alasan SEO Dapat Menghemat Budget Marketing Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Ketika sebuah bisnis ingin mempromosikan produk atau layanan di situs mereka, kemungkinan besar mereka juga mencari cara untuk bisa menghemat uang saat melakukannya. Ketika persaingan untuk digital ads seperti PPC meningkat, semakin banyak bisnis yang beralih ke kampanye SEO. Cara yang satu ini akan bisa membantu mereka mendapatkan hasil Organik. Traffic yang didatangkan kemungkinan adalah para pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk ataupun jasa mereka. 

Ada banyak alasan SEO dapat menghemat budget marketing Anda. Beberapa alasan tersebut akan dibahas dalam artikel kali ini. Melalui alasan ini, bisnis akan dapat mempertimbangkan untuk menggunakan SEO dalam usaha marketing mereka. Mari kita mulai.

Baca Juga : 5 Peran SEO Dalam Pemasaran Online

Alasan SEO Dapat Menghemat Budget Anda

SEO jika tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang akan bisa menjadi pemborosan uang yang besar. Namun, jika dilakukan dengan benar, ini akan menjadi taktik yang paling hemat biaya untuk meningkatkan pendapatan Anda. Keduanya bisa saja terjadi pada Anda, oleh karena itu pelajari banyak sumber mengenai optimasi SEO yang tepat. Namun kali ini kita tidak akan membahas hal tersebut. Kini kita akan coba melihat berbagai alasan mengapa SEO bisa menghemat budget Anda.

Anda harus ingat, SEO sama halnya seperti investasi. Akan butuh modal serta waktu untuk bisa menikmati hasilnya. Bila dioptimasi dengan tepat dan efektif, hasil yang akan didapatkan bisa sangat berguna dalam peningkatan return of investment (ROI) Anda.

Berapa Banyak Yang Harus Anda Habiskan untuk SEO?

Tidak ada jawaban yang jelas untuk hal ini, karena setiap situs, perusahaan, dan industri berbeda. Perhatikan goals dari optimasi SEO Anda, keluarkan dana hingga ROI yang didapatkan itu sangat menguntungkan Anda. Ada yang berpendapat jika SEO bisa dilakukan tanpa budget, namun ada juga yang mengatakan SEO butuh budget. 

Keduanya tidak ada yang salah, tapi tentu saja ROI yang dihasilkan akan berbeda. Alangkah lebih baiknya jika Anda membuat perencanaan yang matang setelah menganalisa channel mana yang bisa mendatangkan traffic ke website Anda. Jika SEO dapat membantu mendatangkan para pengunjung dengan jumlah yang banyak, maka alokasikan sebagian besar budget Anda untuk SEO. Jika ada channel lain yang bisa melakukan tugas ini, maka atur dengan baik pembagiannya.

Kembali ke topik utama, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa SEO akan bisa membantu Anda untuk menghemat budget marketing dan memberikan keuntungan dalam bentuk ROI yang baik.

Baca Juga : Cara Menghitung ROI Strategi Digital Bisnis Anda

1. Tersedianya Berbagai Tools yang Free, Freemium, hingga Premium

Salah satu bagian penting dalam SEO adalah melakukan keyword research. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan berbagai macam tools yang tersedia. Beberapa yang bisa digunakan adalah:

  • Google Keyword Planner

Tools tertua dan pertama untuk mempelajari penelitian kata kunci adalah Google Keyword Planner. Tools gratis yang dapat digunakan siapa saja untuk mencari kata kunci atau frasa yang terkait dengan produk atau bisnis mereka dan mencari tahu informasi tentang kata kunci tersebut.

  • Google Trends

Google Trends yang sering luput dari pikiran orang banyak ini bisa membantu Anda menemukan apa yang sedang tren di niche Anda. Jelajahi tren masa lalu dan saat ini dalam industri di Google untuk mencari kata kunci yang sekiranya cocok dengan bisnis Anda.

  • SEMrush

SEMrush adalah tools SEO hebat yang dapat membantu sebagian besar aktivitas SEO Anda. Namun, SEMrush adalah alat berbayar yang tersedia pada model freemium yang membatasi penggunaan Anda. Namun ada banyak hal dan insight yang bisa Anda dapatkan melalui tools yang satu ini.

Ada banyak tools yang tersedia di luar sana, tinggal sesuaikan saja dengan budget dan pilih tools yang dapat membantu Anda.

Baca Juga : Ahrefs, SEO Tools yang Dipilih oleh Optimizer Profesional

2. Keyword Research

Terlepas dari pasar bisnis Anda, meneliti adalah kunci untuk bisa mengalokasikan sumber daya yang optimal dan pada akhirnya, memberikan kesuksesan untuk bisnis. Saat ini, ini yang dibutuhkan adalah mencari tahu keyword kompetitif untuk bisa mendapatkan ranking. Google Keyword Planner adalah alat yang hebat untuk kegiatan ini. Manfaatkan tools ini untuk menemukan kata kunci mana yang dapat mengarahkan orang ke website Anda. Bila dilakukan dengan benar, ROI yang akan bisa Anda rasakan.

3. Perbedaan Harga dan Waktu

Manfaat utama PPC adalah kecepatan untuk muncul di mesin pencari dengan beberapa kata kunci. Saat menjalankan kampanye PPC, Anda dapat muncul di halaman pertama SERP untuk banyak kata kunci yang relevan dalam hitungan menit. Namun, setiap kata kunci ini akan memiliki harga yang berbeda. 

Jika dibandingkan dengan SEO organik, Anda akan melihat bahwa ada perbedaan besar. Kampanye SEO organik akan membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat hasilnya. Namun jika mempertimbangkan seberapa efektif pencarian organik dan seberapa murah untuk digunakan dalam kampanye pemasaran, ini hampir selalu merupakan pilihan jangka panjang yang lebih baik.Jasa SEO

4. Hasil Organik Lebih Dihormati

Penelitian telah menunjukkan bahwa hasil organik 8,5x lebih mungkin untuk diklik daripada hasil PPC. Hal ini mungkin terjadi karena para pencari akan secara bertahap mempelajari perbedaan antara hasil organik dan berbayar. Menyadari bahwa hasil organik biasanya lebih bermanfaat bagi mereka. Lokasi iklan juga dapat berperan dalam mengapa hasil organik lebih cenderung diklik. 

Hasil penelusuran organik masih menyumbang persentase klik yang lebih besar. Jadi, jika Anda hanya mencoba memutuskan antara organik dan PPC, pilihan logisnya adalah organik, yang tentu saja dapat mengurangi budget Anda.

Baca Juga : Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya?

5. CPC dan CPA yang Rendah

SEO tidak didasarkan pada cost-per-click, traffic apapun yang Anda hasilkan akan bisa  meningkatkan nilai kampanye dan memungkinkan Anda mendapatkan ROI yang lebih baik pada pemasaran Anda. Seiring dengan cost-per-click yang lebih terjangkau, Anda dapat mengharapkan untuk melihat cost-per-acquisition yang lebih rendah. Anda bisa menghasilkan prospek organik dan biaya untuk itu akan jauh lebih rendah daripada yang berbayar.

Dengan kampanye SEO yang kuat, ada kemungkinan besar para user akan menyukai apa yang mereka lihat. Membantu konversi Anda naik, sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan penjualan nantinya.

6. Kebutuhan Yang Lebih Rendah Untuk AdWords

Jika Anda berada di industri atau pasar dimana AdWords sangat mahal, memiliki kampanye SEO yang solid akan memastikan bahwa Anda masih mendapatkan traffic berkualitas tanpa perlu membayar mahal untuk AdWords seperti yang harus dilakukan para pesaing Anda.

7. Mendapatkan Otoritas di Online

SEO adalah strategi untuk semua bisnis  yang berusaha membangun otoritas online, kepercayaan, dan basis pendapatan yang stabil. Anda memiliki kesempatan untuk terus dan mengungguli pesaing Anda dengan strategi dan eksekusi yang tepat. Siapkan tools yang tepat dan gunakan secara maksimal.

Baca Juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Kepercayaan Bisnis Seketika?

Itulah dia berbagai alasan kenapa SEO bisa membantu untuk mengurangi budget Anda.  Optimasi website dengan maksimal, dan konsultasikanlah bersama Pakar SEO dan Master SEO kami yang siap membantu bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi yang tepat sasaran. Tunggu apalagi, ayo hubungi ToffeeDev sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post