Cara Membuat Internal Link di WordPress: Panduan Meningkatkan Kinerja SEO

cara membuat internal link di wordpress

Apakah Anda sudah memahami cara membuat internal link di WordPress? Internal link memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antarhalaman pada suatu situs web. 

Di era digital yang makin kompetitif, kesuksesan suatu situs web tidak hanya bergantung pada kualitas kontennya, tetapi juga pada cara konten tersebut diorganisir dan dihubungkan satu sama lain. Inilah peran internal link yang dapat meningkatkan kinerja SEO. Artikel ini akan membahas secara mendalam mengenai cara membuat internal link di platform WordPress.

Mengapa Internal Link Penting?

Internal link menjadi fondasi yang mendukung kesuksesan situs web. Memahami pentingnya internal link dapat membuka pintu untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat SEO. Berikut pentingnya internal link.

1. Apa itu Internal Link?

Internal link adalah tautan atau hyperlink yang menghubungkan satu halaman atau bagian dari suatu situs web dengan halaman atau konten lain di dalam situs yang sama. Dengan kata lain, internal link berfungsi sebagai jembatan yang memungkinkan pengunjung dan mesin pencari menjelajahi berbagai bagian dari situs web.

Selain internal link, terdapat juga istilah external link. Perbedaan mendasar antara internal link dan eksternal link terletak pada tujuannya. External link mengarahkan pengunjung ke sumber daya atau situs di luar domain situs web Anda. Sebaliknya, internal link membimbing pengguna ke berbagai halaman dan konten di dalam situs web yang sama.

2. Pentingnya Internal Link

Berikut adalah beberapa pentingnya internal link untuk keberhasilan situs web Anda.

a. Meningkatkan Kemampuan Crawling dan Indexing

Internal link membantu mesin pencari atau Google untuk merayapi (crawling) dan mengindeks (indexing) halaman situs web dengan lebih efisien. Internal link memungkinkan mesin pencari menemukan dan memahami hubungan antarkonten guna meningkatkan peluang untuk peringkat yang lebih baik.

b. Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX) Situs Web

Selain dapat menguntungkan mesin pencari, internal link juga mampu meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Tautan ini membantu pengunjung menemukan informasi terkait dengan minat mereka secara lebih mudah sehingga menjadikan navigasi situs web lebih memuaskan.

c. Menyoroti Halaman Relevan

Internal link dapat membantu menonjolkan halaman-halaman kunci yang ingin Anda fokuskan. Langkah ini membantu mengarahkan perhatian pengguna pada konten yang relevan yang dapat meningkatkan tingkat engagement dan retensi pengunjung.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Anda

d. Meningkatkan Kinerja SEO 

Pentingnya internal link dalam meningkatkan kinerja SEO tidak dapat diabaikan. Melalui penyusunan internal link secara strategis, Anda dapat memberikan sinyal positif kepada mesin pencari tentang struktur dan relevansi konten. Hal ini berpotensi meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web itu sendiri.

Banner - SEO General

e. Memberikan Otoritas Terhadap Situs Web

Internal link yang masuk menuju halaman utama atau halaman kategori yang penting dalam situs web dapat memberikan otoritas pada halaman tersebut. Hal ini membuat mesin pencari menilai halaman utama tersebut sebagai pusat informasi yang kredibel. Bukan hanya itu saja, internal link yang ditempatkan secara strategis dan memudahkan navigasi pengguna juga dapat memberikan otoritas pada situs web tersebut.

Cara Menambahkan Internal Link di WordPress

Cara Menambahkan Internal Link di WordPress

Menambahkan internal link di WordPress adalah langkah kunci dalam membangun struktur situs web yang kuat dan mendukung upaya SEO. Berikut langkah-langkah dalam menambahkan internal link di WordPress.

1. Menambahkan Internal Link di WordPress Secara Manual

Dalam WordPress, menambahkan internal link secara manual dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana berikut.

  • Buka halaman WordPress.
  • Selanjutnya, pilih Posts dan klik opsi All Posts di menu sebelah kiri.
  • Di daftar konten tersebut, klik opsi Edit pada unggahan yang ingin Anda tambahkan tautan internalnya.
  • Setelah halaman editor terbuka, sorot teks yang ingin ditambahkan sebagai anchor text.
  • Selanjutnya, klik ikon tautan di bilah alat yang tersedia.
  • Setelah itu, tempelkan URL di bilah yang muncul setelah mengklik ikon tautan. 
  • Apabila belum yakin tentang tautan yang tepat, WordPress menyediakan opsi pencarian yang memungkinkan Anda memasukkan kata kunci. WordPress akan mencari dan menampilkan internal link yang relevan dari situs web Anda. Cukup klik tautan yang sesuai dari daftar yang muncul.
  • Setelah berhasil menautkan internal link tadi, kemudian klik Publish atau Update to publish the post.
  • Internal link Anda sudah siap.

2. Menambahkan Internal Link di WordPress menggunakan Plugin Yoast SEO

Berikut sejumlah langkah yang dapat Anda implementasikan dalam menambahkan internal link di WordPress menggunakan plugin Yoast SEO.

a. Yoast SEO Memindai Konten di WordPress

Sebelum alat internal linking dapat berfungsi dengan optimal, Yoast SEO perlu memindai konten di situs WordPress untuk memahaminya. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda sudah menggunakan Yoast SEO Premium untuk menjalankan fitur ini.

  • Masuk ke halaman Dashboard WordPress.
  • Di sisi kiri halaman, Anda akan melihat menu. Selanjutnya, klik SEO di dalam menu tersebut.
  • Dalam pengaturan SEO, klik opsi Tools.
  • Selanjutnya, klik Start SEO Data Optimization. Plugin akan melakukan serangkaian analisis, termasuk analisis struktur internal linking Anda.

Banner - Ebook SEO

b.  Membuka Alat Internal Linking

Setelah Yoast SEO menganalisis konten, kemudian plugin dapat memberikan saran terkait unggahan atau halaman relevan di situs web Anda yang sesuai untuk ditautkan secara internal. Alat internal linking untuk WordPress terletak di bilah sisi sebelah kanan pada halaman dan post editor. Pada menu tersebut, Anda akan mendapatkan lima saran untuk penyematan tautan, termasuk posts, pages, tags, dan categories. 

Baca Juga: 15 Cara Optimasi SEO WordPress dan Tips Terbaiknya

c. Menambahkan Internal Link di WordPress

Dalam alat internal linking, plugin Yoast SEO akan memberikan beberapa saran terkait unggahan atau halaman lain yang relevan untuk ditautkan dalam internal link yang diinginkan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat dan mengelola tautan internal yang sudah ada. Untuk menyematkan tautan tersebut, Yoast SEO telah menyediakan beberapa cara.

  • Ikon Salin atau Tempel: Saat mengklik ikon salin atau tempel, Yoast SEO akan menambahkan tautan ke clipboard Anda.
  • Ikon Tanda Centang: Ikon ini dapat digunakan sebagai tanda untuk semua unggahan atau halaman yang sudah ditautkan dalam artikel Anda.

Tips Mengoptimasi Internal Link

Tips Mengoptimasi Internal Link

Optimasi internal link adalah langkah penting dalam strategi SEO untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda. Berikut sejumlah cara untuk mengoptimasi internal link.

1. Menggunakan Anchor Text yang Relevan

Saat menambahkan internal link, pilih lah anchor text yang sesuai dengan konten halaman yang ditautkan. Sebaiknya, Anda perlu menghindari anchor text yang terlalu umum. Selain itu, ciptakan kata kunci yang terlihat alami dan relevan dengan konten yang ditautkan.

2. Membuat Klaster Topik Menggunakan Internal Link

Membuat klaster topik dengan internal link membantu mengorganisasikan konten di situs Anda. Identifikasi topik utama di situs dan hubungkan halaman-halaman terkait menggunakan internal link. Pastikan bahwa klaster topik tersebut memiliki hubungan yang jelas dan membuat pengguna dapat dengan mudah menavigasinya.

Baca Juga: Cara Mengubah Permalink WordPress dengan Mudah, Ini Panduan Lengkapnya

3. Identifikasi Otoritas Situs Web Sendiri

Langkah untuk mengidentifikasi otoritas situs web Anda sendiri menjadi sangat penting dalam optimasi internal link. Hal ini memungkinkan Anda memanfaatkan nilai tersebut untuk memberikan dorongan terhadap halaman-halaman lain di situs. Selain itu, langkah ini juga dapat membantu mendistribusikan kekuatan SEO secara lebih merata.

Banner - SEO x CRO

Kini, Anda sudah lebih memahami cara membuat internal link di WordPress. Secara umum, pembuatan internal link di WordPress dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan plugin, seperti Yoast SEO. Mampu meningkatkan kinerja SEO situs web, internal link dapat menjadi langkah bijak untuk memberikan dampak positif pada visibilitas dan peringkat situs. 

Apabila Anda sedang mengoptimasi situs web yang lebih SEO-friendly, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan ToffeeDev. Sebagai digital marketing agency berpengalaman, ToffeeDev hadir dengan layanan jasa SEO. Kami dapat menjadi mitra strategis yang membantu mengoptimalkan konten, struktur situs, dan strategi tautan internal pada SEO bisnis Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi ToffeeDev hari ini untuk mendapatkan potensi situs web Anda sepenuhnya! Jadwalkan konsultasi gratis dengan kami sekarang!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat