Cara Mengubah Permalink WordPress dengan Mudah, Ini Panduan Lengkapnya

cara mengubah permalink WordPress

Bagaimana cara mengubah permalink WordPress? Apakah Anda pernah mendengar WordPress? Menurut statistik, WordPress digunakan oleh 45,8% situs web di internet pada 2023. Oleh karena itu, tak heran jika kata WordPress sangat akrab di telinga digital marketer yang memaksimalkan profit bisnisnya melalui situs web.

Dalam dunia WordPress, sejumlah elemen, seperti permalink memiliki peran penting dalam membentuk struktur dan kerangka situs web. Permalink atau URL yang berfungsi sebagai alamat langsung ke halaman memainkan peran penting dalam SEO. Dalam artikel kali ini, ToffeeDev akan membagikan cara mengubah permalink WordPress beserta dengan manfaatnya.

Banner SEO - General 2 

Apa itu Permalink WordPress?

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang cara mengubah permalink WordPress, sebaiknya Anda memahami konsep WordPress dan fungsinya terlebih dahulu.

1. Definisi Permalink WordPress

Permalink WordPress merujuk pada URL permanen yang menunjukkan alamat langsung ke halaman, postingan, atau bahkan kategori di sebuah situs web. Permalink menjadi bagian penting dari struktur tautan, serta memungkinkan pengguna dan mesin pencari memahami konten dalam suatu halaman hanya dengan melihat URL tersebut.

Setiap kali Anda membuat halaman atau postingan baru di WordPress, sistem akan secara otomatis membuat permalink untuk halaman tersebut. Permalink WordPress biasanya terdiri dari nama domain, kemudian diikuti dengan struktur yang menunjukkan kategori dan judul halaman atau postingan konten dari bisnis Anda atau slug.

2. Fungsi Permalink pada WordPress

Fungsi utama permalink adalah untuk memberikan petunjuk tentang isi halaman. Saat melihat permalink, audiens dapat memiliki gambaran secara garis besar tentang pembahasan atau mungkin topik yang diharapkan dari konten tersebut. Permalink juga memainkan peran penting dalam SEO, memengaruhi seberapa baik halaman dapat diindeks dan ditemukan oleh mesin pencari.

Cara Mengubah Permalink WordPress 

Cara Mengubah Permalink WordPress 

Anda dapat menyesuaikan tautan pada halaman tertentu atau situs web secara keseluruhan. Namun, pastikan untuk melakukan backup website terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan untuk mengembalikan situs web jika terjadi kesalahan. 

1. Cara Mengubah Permalink WordPress melalui Halaman dan Pos

Dalam mengubah permalink WordPress melalui Halaman dan Pos, perlu dicatat bahwa proses ini tidak memengaruhi struktur permalink situs web secara keseluruhan, melainkan memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan tautan pada tingkat halaman atau pos tertentu. 

  • Akses dasbor administrator WordPress dan masuk ke halaman Dasbor WordPress.
  • Pilih halaman atau pos yang ingin diedit.
  • Di dalam editor Halaman atau Pos, buka bilah sisi pengaturan.
  • Selanjutnya, cari URL di bagian Ringkasan. Klik tautan di sini untuk membuka jendela tempat Anda dapat mengubah permalink. 
  • Di kolom Permalink, ketik teks permalink yang diinginkan, kemudian klik simbol X untuk menutup jendela. Tautan permalink akan diperbarui secara otomatis dengan teks baru yang Anda ketikkan tadi. 
  • Terakhir, klik Perbarui atau Terbitkan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat pada permalink. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Err Too Many Redirects: Panduan Langkah demi Langkah untuk Memperbaiki Masalah pada Akses Website Anda

2. Cara Mengubah Permalink WordPress Secara Keseluruhan

Selain mengubah permalink WordPress untuk halaman tertentu, Anda juga dapat mengubah permalink WordPress secara keseluruhan. Perubahan struktur permalink secara keseluruhan dapat memengaruhi URL dari semua halaman dan pos di situs web. Hal ini tentunya dapat berdampak pada SEO dan pengindeksan mesin pencari. 

Jika situs web sudah memiliki tautan yang sudah terindeks oleh mesin pencari, pertimbangkan untuk menetapkan redirect 301 untuk mengarahkan tautan yang lama ke tautan yang baru. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif pada SEO. 

Berikut ini adalah cara mengubah permalink WordPress secara keseluruhan.

  • Login ke panel administrasi WordPress menggunakan kredensial yang dimiliki.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Settings, kemudian klik Permalinks.
  • Pada halaman pengaturan permalink, Anda akan melihat beberapa pilihan untuk struktur tautan. Pilih yang paling paling sesuai dengan kebutuhan situs web. Pilih salah satu dari struktur berikut.
    • Biasa
    • Tanggal dan nama
    • Bulan dan nama
    • Numerik
    • Nama pos
    • Struktur Khusus
  • Jika Anda ingin menyesuaikan struktur permalink secara lebih spesifik, gunakan opsi Custom Structure yang memungkinkan untuk menggunakan tag seperti %postname% untuk menyesuaikan struktur.
  • Terakhir, klik Save Changes di bagian bawah halaman agar struktur permalink berubah secara keseluruhan pada situs web.

Setelah mengubah permalink, pastikan untuk melakukan redirect dari permalink lama ke permalink baru untuk menghindari error 404 dan kehilangan backlink. Selain itu, Anda perlu memeriksa dan memperbaiki error yang mungkin terjadi pada tautan dengan menggunakan alat, seperti Google Search Console. Alat ini memungkinkan untuk memeriksa halaman atau konten yang error, kemudian perbaiki dengan redirect yang benar.

Banner SEO - Ebook 2

Manfaat Mengubah Permalink WordPress

Mengubah permalink dalam WordPress adalah langkah penting untuk meningkatkan SEO dan keterbacaan URL di situs web. Berikut sejumlah manfaat mengubah permalink WordPress. 

1. Memberikan Gambaran Konten

Struktur permalink yang baik dapat memberikan petunjuk yang jelas tentang gambaran isi konten. Alasannya, kata kunci yang terdapat dalam permalink dapat memberikan gambaran singkat kepada pengguna sekaligus mesin pencari Google mengenai topik atau fokus dari halaman tersebut.

2. Mendukung SEO

Fungsi yang tak kalah penting dari permalink pada WordPress adalah kemampuannya dalam memengaruhi SEO situs web Anda. URL yang rapi, relevan, dan mudah dimengerti oleh mesin pencari cenderung membuatnya lebih SEO-friendly sehingga meningkatkan potensi peringkat tinggi di hasil pencarian. 

3. Meningkatkan Keterbacaan

Permalink yang baik dapat meningkatkan keterbacaan dan dapat mendorong perhatian audiens untuk mengklik tautan tersebut. URL yang singkat, deskriptif, dan menarik dapat mendorong pengguna untuk mengklik tautan, serta meningkatkan tingkat interaksi dan navigasi di situs web. Dengan demikian, permalink yang optimal tidak hanya memudahkan navigasi, melainkan juga menjadi daya tarik untuk pengguna sehingga dapat meningkatkan traffic situs web.

4. Membantu Pengguna Bookmark Konten

Permalink yang rapi dan stabil memungkinkan pengguna untuk dengan mudah bookmark halaman sebuah situs web.  Permalink yang stabil dapat memastikan bahwa tautan yang disimpan oleh pengguna tetap valid dan dapat diakses kembali setiap kali diperlukan.

Baca Juga: Apa Itu Kredit Google Ads dan Cara Penggunaannya Agar Berjalan Efektif

5. Meningkatkan pengalaman pengguna

Permalink yang mudah dibaca dan diingat dapat membantu pengunjung untuk menavigasi website dengan lebih mudah. Anda perlu untuk mengubah permalink WordPress menjadi lebih user-friendly sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memperkuat branding website Anda.

6. Memudahkan Pencarian

Permalink yang jelas dan mudah dibaca, serta dipahami juga dapat memudahkan audiens untuk mencari konten di situs web Anda. Alasannya, proses pencarian menjadi lebih efisien ketika tautan langsung memberikan petunjuk yang jelas tentang isi halaman. Permalink yang dideskripsikan dengan baik juga dapat membantu mengurangi tingkat bounce rate.

Baca Juga: Cara Mengatasi Bounce Rate pada Halaman Katalog Produk Tinggi

7. Memudahkan Berbagi ke Platform Lain

Dalam dunia digital yang saling terhubung, kemudahan berbagi informasi menjadi unsur penting dalam strategi pemasaran. Permalink yang singkat dan deskriptif memainkan peran signifikan untuk mendorong berbagi konten di berbagai platform, terutama media sosial. Anda dapat lebih efektif mengintegrasikan tautan ke dalam kampanye pemasaran sosial dari bisnis dengan permalink yang tepat. 

Risiko Mengubah Permalink WordPress

Risiko Mengubah Permalink WordPress

Meskipun mengubah permalink WordPress dapat memberikan beberapa manfaat, terdapat juga sejumlah risiko yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut.

1. Kehilangan Backlink

Mesin pencari menganggap backlink sebagai tanda otoritas dan relevansi. Saat mengubah permalink, tautan lama dapat menjadi tidak berlaku dan mengakibatkan kehilangan backlink yang dapat memengaruhi peringkat SEO. Untuk meminimalkan dampak kehilangan backlink, pertimbangkan untuk membuat redirect 301 dari permalink lama ke yang baru. Hal ini membantu mempertahankan nilai backlink dan memastikan konten lama dan baru tetap terhubung.

Baca Juga: Contoh Alt Text Serta Definisi dan Dampaknya untuk SEO Strategi

2. Penurunan Peringkat SEO

Mesin pencari, seperti Google memperhitungkan struktur tautan dalam menentukan peringkat halaman. Oleh karena itu, perubahan permalink tanpa strategi yang tepat dapat mengakibatkan penurunan peringkat SEO dan mengurangi visibilitas konten di hasil mesin pencarian. Untuk mengatasinya, pastikan untuk membuat pengalihan dari tautan lama ke yang baru, serta memperbarui sitemap situs web.

Baca Juga: Melihat Keadaan Terkini SEO: Tren, Praktik Terbaik, dan Tantangan Bisnis di Industri SEO Landscape

3. Error 404

Saat permalink diubah, tautan yang sebelumnya terindeks oleh mesin pencari atau disimpan oleh pengguna dapat menghasilkan Error 404 atau halaman tidak ditemukan. Kesalahan semacam ini dapat merugikan pengalaman pengguna dan memengaruhi domain authority situs web Anda. Untuk mengurangi risiko Error 404, gunakan alat analisis web untuk mengidentifikasi tautan yang rusak dan segera perbaiki dengan pengalihan atau perbaikan tautan yang sesuai.

Banner SEO x CRO 2

 

Buat Website Dengan Jasa Web Development dari ToffeeDev

Perubahan kecil seperti mengoptimalkan permalink dapat memiliki dampak besar pada kinerja situs web bisnis secara keseluruhan. Untuk mengambil langkah lebih jauh dan memastikan bahwa seluruh strategi pemasaran digital Anda berjalan dengan maksimal, pertimbangkan untuk memanfaatkan layanan jasa digital marketing dari ToffeeDev.

Tim berpengalaman kami dapat membantu Anda memahami kompleksitas perubahan WordPress, seperti struktur permalink sekaligus memberikan solusi tepat sasaran untuk meningkatkan SEO dan profitabilitas melalui channel organik. Melalui layanan yang terfokus pada advanced programming, ToffeeDev dapat menjadi mitra tepercaya untuk meningkatkan bisnis Anda ke tingkat selanjutnya.

Jangan menunda lagi, hubungi kami di sini sekarang! Segera jadwalkan konsultasi dengan ToffeeDev!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top