7 Kelebihan TikTok Ads Beserta Jenis dan Tip Penggunaannya

Kelebihan TikTok Ads

Apakah Anda sudah mengetahui tentang kelebihan TikTok Ads? Sebagai layanan iklan, TikTok Ads memiliki berbagai alat, rekomendasi, sumber daya, dan metrik yang diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Saat ini, TikTok sendiri menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer, terutama di kalangan generasi milenial dan Gen Z. 

Sejak diluncurkan pada 2017, TikTok kini memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan di dunia. Oleh karena itu, pemahaman yang baik mengenai kelebihan TikTok Ads dapat menjadi langkah bijak untuk memaksimalkan kegiatan beriklan di TikTok. Simak informasinya dalam uraian berikut!

Apa Itu TikTok Ads?

TikTok Ads merujuk pada platform periklanan yang memungkinkan bisnis untuk menayangkan iklan video kreatif layar penuh kepada audiens yang luas, terutama di kalangan pengguna muda. Sebagai bentuk pemasaran media sosial, iklan TikTok memiliki tujuan utama untuk brand awareness dan mempromosikan produk atau layanan tertentu. Seperti halnya dengan platform iklan lainnya, TikTok Ads memiliki fitur targeting, insight report, dan ad management untuk melihat hasil kampanye iklan secara real-time. 

Banner Ads - General 2

Kelebihan TikTok Ads

Dalam beriklan di TikTok, pengiklan dapat menikmati tingkat engagement yang tinggi dan menjangkau audiens yang lebih luas. Mari eksplorasi lebih dalam sejumlah kelebihan yang membuat TikTok Ads menjadi pilihan yang menarik. 

1. Jangkauan Audiens yang Luas

TikTok menawarkan diversitas audiens yang luas, mencakup berbagai kelompok usia, minat, dan latar belakang. Hal ini memberikan peluang besar untuk menargetkan audiens secara lebih menyeluruh sehingga menciptakan iklan yang lebih relevan dan menarik.

2. Penargetan Audiens yang Tepat

Kelebihan berikutnya dari TikTok Ads adalah kemampuannya dalam melakukan penargetan audiens. Pengiklan dapat menyesuaikan kriteria audiens berdasarkan data demografis sehingga memastikan iklan hanya ditampilkan kepada mereka yang paling berpotensi tertarik. Hal ini mencakup kemampuan penargetan berdasarkan minat dan perilaku untuk memberikan pengalaman yang disesuaikan bagi setiap pengguna.

Baca Juga: Promotional Content TikTok: Tip dan Strategi dalam Memanfaatkannya

3. Kustomisasi Kategori Konten

Pengiklan dapat menyelaraskan iklan dengan tema tertentu sehingga menciptakan engagement yang lebih mendalam dan personal dengan audiens. Berdasarkan tren hashtag, kategori hiburan sering menjadi yang paling populer. Ini termasuk konten lip-syncing, serta kategori populer lainnya seperti tema kebugaran dan olahraga, renovasi rumah, tip DIY, dan kecantikan.

4. Pengukuran Kinerja yang Akurat

Akses ke beragam metrik pemasaran memberikan Anda kemampuan untuk mengukur kinerja kampanye secara akurat. Mulai dari jumlah tayangan hingga interaksi dan konversi, TikTok Ads memberikan informasi mendalam yang memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih informasional untuk meningkatkan efektivitas kampanye mereka.

5. Fleksibilitas Pembiayaan

TikTok Ads menawarkan berbagai model pembayaran untuk menyesuaikan dengan strategi keuangan Anda, yakni budgeting dan bid. Budgeting (anggaran) memungkinkan Anda menyesuaikan berdasarkan besarnya anggaran yang dikeluarkan agar pengguna melakukan tindakan tertentu. Anda dapat memilih opsi daily atau lifetime

Sementara opsi bid, menunjukkan seberapa besar Anda bersedia membayar agar pengguna melakukan tindakan tertentu setelah melihat iklan. TikTok Ads Manager menawarkan opsi Biaya Terendah dan Batas Biaya. 

6. Promosi yang Lebih Menarik

TikTok Ads menyediakan berbagai jenis iklan yang menarik, seperti in-feed ads, brand takeover, hashtag challenges, topView, dan branded effects. Dengan berbagai jenis iklan ini, Anda dapat menciptakan promosi yang lebih dinamis dan berkesan bagi audiens. 

7. Riset Pasar yang Lebih Mudah

TikTok menjadi platform yang menyediakan social listening yang memungkinkan pengiklan untuk memahami target audiens. Melalui cara ini, Anda dapat mengumpulkan data statistik pengguna yang merespons unggahan konten video. Namun, untuk pengamatan aktivitas yang lebih mendalam, sebaiknya Anda terhubung dengan alat social listening pihak ketiga.

Banner Ads - Ebook 2

Jenis-Jenis TikTok Ads

TikTok Ads menawarkan berbagai jenis iklan untuk memenuhi kebutuhan pengiklan dengan cara yang kreatif dan interaktif. Berikut adalah sejumlah jenis TikTok Ads yang bisa menginspirasi Anda dalam beriklan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Minimal Followers?

1. In-Feed Ads 

In-feed Ads pada TikTok merupakan jenis iklan video yang muncul di feed TikTok pengguna. Cocok untuk menempatkan tautan, iklan ini memungkinkan pengiklan untuk mengajak pengguna melakukan aksi dengan mengarahkannya ke landing page atau produk di situs web. In-feed Ads menjadi pilihan yang efektif untuk memicu respons langsung dari pengguna.

2. Brand Takeover

Brand takeover menghadirkan iklan secara layar penuh setelah pengguna pertama kali membuka aplikasi TikTok. Jenis iklan ini biasanya menggunakan gambar, GIF, atau video dan dapat terhubung ke tautan yang dapat diklik. Selain muncul pada halaman pembukaan pengguna, Brand takeover juga dapat ditampilkan pada halaman “For You” sehingga memberikan daya jangkau yang luas dan meningkatkan engagement. 

3. TopView

TopView adalah iklan yang muncul di bagian feed pengguna dalam 3 detik setelah pembukaan aplikasi. Meskipun memiliki efek serupa dengan brand takeover, TopView mungkin terasa tidak begitu mengganggu bagi pengguna. Iklan TopView juga tampil di bagian atas “For You Page” pengguna TikTok. Berdurasi hingga 60 detik, iklan ini diputar secara otomatis dengan suara jika terdapat rekaman audio pada videonya.

5. Playable Ads

Playable Ads di TikTok merupakan video interaktif yang memungkinkan Anda menampilkan pratinjau aplikasi Anda sebelum seseorang mengunduhnya. Menariknya, pengguna dapat mencoba menggunakan aplikasi yang Anda promosikan saat menonton video tersebut. Jenis iklan ini cenderung lebih menarik dan membantu mengoptimalkan Cost per Result

Tip Menggunakan TikTok Ads

Tip Menggunakan TikTok Ads

Memasuki dunia TikTok Ads membutuhkan strategi yang efektif untuk memastikan iklan Anda sukses dan menarik perhatian audiens. Berikut sejumlah tip untuk memaksimalkan potensi TikTok Ads.

Baca Juga: Apa Saja Alasan Yang Membuat Marketing TikTok Menjadi Viral

1. Tarik Perhatian Penonton dalam 3 Detik Pertama

Menarik perhatian pengguna dalam tiga detik pertama sangat penting guna menjaga audiens tetap menonton konten Anda sampai akhir. Gunakan elemen kreatif dan atraktif untuk dapat segera memikat penonton. Pertimbangkan penggunaan visual yang menarik, musik, atau pesan singkat yang membuat audiens penasaran.

2. Perbarui Iklan

Kunci kesuksesan iklan di TikTok adalah pembaruan yang konsisten. TikTok merekomendasikan pengujian berbagai jenis iklan saat memulai, serta memperbarui iklan setiap 7 hari untuk menghindari kebosanan. Pembaruan teratur ini membuat iklan Anda akan tetap segar, menangkap perhatian pengguna, dan mengoptimalkan kinerja kampanye.

3. Buat Konten yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas, terutama terkait spesifikasi gambar dan video merupakan langkah penting yang perlu dilakukan. Konten yang jelas, sesuai dengan tata letak layar, dan profesional akan lebih menarik bagi pengguna TikTok. Pastikan iklan Anda mematuhi standar kualitas untuk mendapatkan respon yang positif.

4. Letakkan Info Penting di Tengah Layar

Saat menyusun strategi TikTok Ads, lokasi penempatan informasi sangat berpengaruh pada efektivitas kampanye. Memosisikan informasi penting di tengah layar adalah strategi yang dapat meningkatkan visibilitas dan memastikan pesan Anda sampai kepada audiens dengan jelas. 

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Gunakan TikTok Ad Library

Fitur TikTok Creative Centre dalam TikTok Ad Library menjadi sumber daya yang sangat berharga. Gunakan sumber daya ini untuk inspirasi, menemukan tren terbaru, dan mendapatkan wawasan tentang kata kunci, hashtag teratas, dan informasi penting lainnya. 

Sebagai penutup yang menarik, mari fokus pada kelebihan TikTok Ads yang mampu membuka pintu bagi pelaku bisnis untuk mengeksplorasi potensi pemasaran di platform ini. Kelebihan TikTok Ads, seperti beragamnya audiens, penargetan yang cermat, kustomisasi konten,  pengukuran kinerja akurat, hingga fleksibilitas anggaran, dapat memberikan peluang besar untuk meningkatkan visibilitas dan kesuksesan bisnis Anda.  

Sebagai mitra yang tepat untuk mengoptimalkan bisnis di platform TikTok, ToffeeDev siap memberikan dukungan penuh untuk kampanye TikTok Ads Anda. Melalui layanan jasa TikTok Ads, kami menawarkan solusi yang dapat meraih eksposur maksimal dengan penargetan iklan yang tepat untuk menjangkau audiens yang relevan. 

Hubungi ToffeeDev di sini dan jadikan miliaran pengguna aktif TikTok sebagai potensi bisnis Anda! Jadwalkan konsultasi dengan ToffeeDev sekarang!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat