5 Service Desk Application Terbaik di Indonesia dan Tip dalam Memilihnya

service desk application terbaik di indonesia

Dalam era digital yang berkembang pesat seperti sekarang, penggunaan teknologi dalam menjalankan bisnis menjadi suatu keharusan. Salah satu teknologi yang menjadi fondasi bagi keberlangsungan bisnis adalah service desk application. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, membuat beberapa orang kebingungan dalam memilih mana yang terbaik.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, ToffeeDev akan memberitahukan kepada Anda lima service desk application terbaik di Indonesia dan memberikan tip untuk dapat memilih aplikasi yang tepat. Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai selesai artikel di bawah ini!

Apa Itu Service Desk Application?

Service desk application merupakan perangkat lunak atau aplikasi untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan menanggapi permintaan layanan pelanggan, mengelola tiket dukungan teknis, dan menyelesaikan masalah yang timbul. Selain itu, aplikasi ini juga dapat berperan sebagai sistem informasi untuk pelanggan.

Manfaat Menggunakan Service Desk Application

Memanfaatkan service desk application membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat jika menggunakan service desk application.

Baca Juga: Pengembangan Aplikasi Cepat dengan Metode RAD (Rapid Application Development)

1. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Tim Support

Pertama-tama, service desk application dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim support. Tim support sering kali harus menangani banyak tiket dukungan setiap harinya, mulai dari permintaan umum hingga masalah teknis yang rumit.

Di sinilah service desk application berperan, karena sebagian besar tugas-tugas manual yang repetitif dapat diotomatisasi. Misalnya, menghasilkan tiket otomatis berdasarkan email pelanggan atau menugaskan tiket kepada agen yang tepat menggunakan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Banner Ads - General 2

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Service desk application membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan support yang lebih cepat dan responsif. Ketika pelanggan mengajukan permintaan dukungan, aplikasi ini memberikan tanggapan otomatis yang memberi tahu pelanggan bahwa permintaan mereka telah diterima dan sedang diproses.

Selain itu, umumnya, service desk application menyediakan fitur pengingat waktu penyelesaian, yang membantu tim support untuk mengutamakan dan menyelesaikan tiket dengan cepat. Melalui layanan yang lebih baik dan responsif, perusahaan dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

3. Meningkatkan Visibilitas dan Wawasan

Tidak hanya meningkatkan efisiensi serta kepuasan pelanggan, service desk application juga meningkatkan visibilitas dan wawasan bagi tim support. Alat ini menyediakan data dan analisis yang berguna dalam mengidentifikasi tren serta masalah yang mungkin muncul. Analisis tersebut dapat digunakan oleh tim support untuk mengidentifikasi pola-pola umum dalam permintaan pelanggan, mengantisipasi masalah potensial, dan mengambil tindakan preventif.

Selain itu, perangkat lunak ini memungkinkan perusahaan untuk memantau kinerja tim support secara keseluruhan, mengidentifikasi area di mana perbaikan diperlukan, dan memberikan pelatihan tambahan jika diperlukan.

Meningkatkan Visibilitas dan Wawasan

4. Meningkatkan ROI

Terakhir, aplikasi ini memiliki potensi untuk meningkatkan Return of Investment (ROI) perusahaan. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan menggunakan service desk application dapat mengurangi biaya dukungan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Lebih dari itu, aplikasi ini bisa dengan cepat penyelesaian tiket dan meningkatkan kualitas layanan sehingga perusahaan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan.

Service Desk Application Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa service desk application yang telah terbukti efektif dan dapat diandalkan oleh berbagai jenis bisnis. Beberapa di antaranya termasuk:

1. Zendesk

Zendesk merupakan salah satu platform terkemuka dalam industri service desk yang menawarkan berbagai fitur untuk membantu perusahaan dalam mengelola layanan pelanggan dengan lebih efektif.

Fitur utama yang ditawarkan adalah sistem ticketing untuk melacak dan mengelola permintaan layanan pelanggan, knowledge base sebagai sistem informasi dan panduan kepada pelanggan, portal pelanggan untuk interaksi langsung, live chat untuk komunikasi secara real time, dan chatbot untuk merespons pertanyaan umum secara otomatis.

Meskipun Zendesk menawarkan fitur-fitur yang kaya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Fitur-fitur paling canggih dan lengkap seringkali hanya tersedia dalam paket berbayar yang lebih mahal sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dengan anggaran yang terbatas. Selain itu, Zendesk tidak menyediakan fitur perubahan dan manajemen aset yang mungkin menjadi kekurangan terutama bagi perusahaan yang memiliki kebutuhan khusus dalam hal manajemen aset IT.

Banner Ads - Ebook 2

2. Freshdesk

Freshdesk adalah solusi service desk yang menawarkan kombinasi fitur yang kuat dan mudah digunakan untuk manajemen layanan pelanggan. Fitur-fiturnya mencakup otomatisasi untuk tugas-tugas rutin, pelaporan analisis untuk menganalisis kinerja tim, dan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan produktivitas.

Salah satu keunggulan Freshdesk adalah kemampuannya untuk menyesuaikan alur kerja atau workflow sesuai dengan kebutuhan tim dan perusahaan sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengatur proses dukungan.

3. Mekari Qontak

Mekari Qontak merupakan platform service desk yang terhubung dengan sistem CRM Omnichannel sehingga membuatnya menjadi solusi yang untuk manajemen layanan pelanggan.

Sebagai Official Partner WhatsApp di Indonesia, Mekari Qontak memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan WhatsApp Business API dengan mudah. Selain itu, fitur layanan pelanggan yang lengkap dan integrasi dengan saluran komunikasi lainnya, serta adanya free trial sebelum berlangganan menjadikan Mekari Qontak sebagai pilihan menarik bagi perusahaan di Indonesia.

Baca Juga: Mobile CRM Software: Solusi Meningkatkan Produktivitas Bisnis

4. Jira Service Management

Jira Service Management dikembangkan oleh Atlassian menjadi solusi yang kuat untuk manajemen layanan IT dan pelanggan. Platform ini menawarkan integrasi yang kuat dengan produk Atlassian lainnya seperti Jira Software dan Confluence yang memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan berbagai alat pengelolaan proyek dan dokumentasi mereka dengan platform service desk.

Namun, Jira Service Management tidak menyediakan akses pelanggan melalui media sosial yang tentunya menjadi kekurangan untuk perusahaan yang bergantung pada saluran komunikasi tersebut.

5. Zoho

Zoho adalah solusi dukungan TI dan layanan pelanggan yang menyeluruh untuk bisnis kecil hingga menengah. Fitur-fiturnya meliputi voice over IP (VoIP), integrasi dengan media sosial, serta analisis data untuk manajer. Meskipun tersedia paket starter gratis, Zoho memiliki keterbatasan dalam fitur-fitur tertentu seperti manajemen masalah, manajemen perubahan, dan manajemen aset dalam paket tersebut.

Zoho

Tip Memilih Service Desk Application yang Tepat

Memilih service desk application yang tepat merupakan langkah krusial bagi keberhasilan operasional dan layanan pelanggan suatu bisnis. Ikuti lima tip di bawah ini untuk dapat menemukan service desk application yang tepat. Simak selengkapnya!

1. Pertimbangkan Kebutuhan dan Anggaran Anda

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan penting untuk memastikan bahwa service desk application yang dipilih dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Mulailah dengan mengevaluasi proses dan kebutuhan layanan pelanggan. Pastikan perangkat lunak yang dipilih memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan operasional Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga anggaran yang tersedia untuk investasi. Pastikan Anda memilih solusi yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

2. Pertimbangkan Skalabilitas

Perlu Anda ketahui bahwa bisnis akan berkembang seiring waktu, dan service desk application yang dipilih harus dapat berkembang bersama Anda. Pastikan perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk di-scale dan dapat mengakomodasi pertumbuhan bisnis tanpa menyebabkan gangguan atau kehilangan data. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa investasi dalam perangkat ini akan memberikan nilai jangka panjang bagi bisnis Anda.

3. Pertimbangkan Kemudahan Penggunaan

Kemudahan penggunaan menjadi faktor penting dalam mengadopsi dan memanfaatkan service desk application secara efektif oleh tim support Anda. Pilihlah perangkat yang memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan mudah dipahami. Pastikan juga pelatihan dan dukungan tersedia untuk membantu tim dalam menguasai penggunaan service desk application dengan cepat dan efisien.

Baca Juga: Memahami Manfaat dan Fitur Aplikasi Integrasi Marketplace untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis Anda

4. Pertimbangkan Integrasi dengan Sistem Lain

Pastikan service desk application yang pilih mendukung integrasi dengan aplikasi dan sistem lain yang telah Anda gunakan. Integrasi yang kuat akan memungkinkan Anda untuk menyimpan data secara terpusat, menghindari duplikasi data, dan meningkatkan kolaborasi antar tim.

5. Coba Versi Trial Terlebih Dahulu

Sebelum mengambil keputusan pembelian, cobalah versi trial service desk application terlebih dahulu. Cara tersebut memberi kesempatan bagi Anda dan tim untuk menguji fitur-fitur, fungsionalitas, dan kinerjanya secara langsung.

Banner Ads - Lead Gen 2

Selama periode trial, evaluasilah apakah service desk application tersebut memenuhi kebutuhan dan harapan bisnis Anda. Dengan mencoba versi trial, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan mengurangi risiko pembelian yang tidak tepat.

Itulah lima service desk application terbaik di Indonesia. Setiap platform yang disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan bisnis secara menyeluruh sebelum memilih platform yang tepat untuk digunakan.

Selain menggunakan service desk application tepat, menggunakan strategi pemasaran digital yang efisien juga dapat membantu bisnis Anda berkembang pesat. Untuk itu, gunakanlah jasa Digital Marketing dari ToffeeDev untuk membantu dalam merancang dan menjalankan strategi pemasaran digital yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

ToffeeDev merupakan mitra yang dapat diandalkan dalam membantu mencapai hasil yang diinginkan dalam dunia digital, mulai dari optimasi website hingga pengelolaan iklan media sosial. Melalui kombinasi antara penggunaan service desk application yang tepat dan strategi pemasaran digital yang efisien, Anda dapat membawa bisnis menuju kesuksesan yang lebih besar.

Jadwalkan konsultasi sekarang juga dan mulailah mengambil langkah-langkah untuk memperluas bisnis Anda secara digital hari ini!

Share this post :

Scroll to Top