Dominasi SERP Dalam Menggunakan Topik Dibandingkan Keyword

Pada akhir Desember 2020 kemarin, Google memberitahukan informasi penting mengenai adanya perubahan algoritma secara besar-besaran. Perubahan algoritma ini tentu saja sangat berdampak bagi seluruh website khususnya website bisnis karena persaingan untuk dapat muncul di halaman pertama Google akan menjadi lebih ketat. Halaman dari SERP atau Search Engine Result Page yang ditayangkan kepada user akan menjadi berbeda dari algoritma yang sebelumnya.

Perubahan algoritma yang terjadi ini dinamakan dengan Core Web Vitals di mana Google akan menilai secara keseluruhan website Anda untuk dapat ditayangkan pada halaman pertama mereka. Sebelumnya, Google hanya menggunakan keyword atau kata kunci sebagai perhitungan dari algoritma mereka untuk dapat memunculkan konten-konten yang relevan kepada user sesuai dengan permintaan mereka. Namun, di tahun 2021 ini, Google tidak lagi menggunakan cara tersebut dikarenakan banyaknya konten yang berisi keyword stuffing atau memasukkan keyword yang terlalu berlebihan sehingga isi pesan dari suatu konten menjadi hilang atau bahkan konten tidak informatif sama sekali.

Perubahan algoritma ini dilakukan oleh Google demi memberikan kenyamanan terbaik bagi user secara keseluruhan pengalaman mereka ketika mencari konten yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan review yang mendalam terhadap website bisnis yang dimiliki agar mampu mencapai penilaian dari Google sehingga dapat ditampilkan dalam halaman pertama. Selain dari segi keseluruhan website, bukan berarti konten menjadi tidak penting lagi. Anda perlu membuat konten yang berkualitas untuk dapat mendominasi SERP.

Namun, apa itu SERP? Dan cara apa saja yang harus Anda lakukan agar konten dan juga website bisnis yang saat ini dimiliki dapat mendominasi SERP? Simak pembahasan lengkapnya yang sudah ToffeeDev kemas di bawah ini.

Pengertian SERP

SERP atau yang kepanjangannya yaitu Search Engine Result Page. Sesuai dengan namanya, SERP berarti hasil pencarian yang ditampilkan oleh Google kepada pengguna. SERP ini sangat erat hubungannya dengan SEO. Mengapa demikian?

SEO digunakan untuk mengoptimalkan website agar dapat muncul pada halaman pertama Google. Dengan demikian, tujuan akhir dari dilakukannya SEO adalah agar website dapat muncul di SERP, atau lebih tepatnya pada posisi teratas halaman pertama Google secara organik.

Namun, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, dengan dilakukannya perubahan algoritma pada Google membuat teknik SEO yang lama tidak lagi menjadi efektif karena hanya mengandalkan penempatan keyword saja. Anda perlu membuat konten berdasarkan topik yang saat ini dibutuhkan atau paling banyak dicari oleh user dan juga mengisinya dengan pembahasan yang informatif dan juga edukatif.Jasa SEO

Fitur-fitur Dalam SERP

Untuk dapat muncul dalam halaman pertama SERP, Anda dapat menggunakan sejumlah fitur yang disediakan oleh Google. Hal ini dilakukan oleh Google agar setiap website memiliki kesempatan untuk dapat tampil pada halaman pertama SERP sesuai dengan kebutuhan user. Tentunya, Anda juga harus berupaya untuk melakukan perbaikan pada website dan juga mengisinya dengan konten-konten yang informatif serta edukatif.

Berikut ini, ada 8 fitur yang dapat Anda gunakan dalam SERP, yaitu:

1. Knowledge Panel

Ketika Anda mencari informasi mengenai perusahaan besar atau setidaknya nama aktor pada Google, biasanya pada bagian kanan akan muncul sebuah kotak atau panel yang berisikan informasi mengenai data perusahaan atau aktor tersebut. Dengan fitur ini, ketika orang mengetikkan nama perusahaan atau brand Anda, maka mereka dapat melihat keseluruhan informasi secara lengkap mulai dari about us, nomor telepon, lokasi perusahaan, hingga alamat website.

Untuk dapat, menggunakan fitur ini, Anda perlu melakukan optimasi website dengan menggunakan SEO secara keseluruhan. Artinya, Anda dapat menyisipkan beberapa keyword pada keseluruhan isi mulai dari profil perusahaan, sejarah perusahaan, bahkan hingga produk-produk agar data perusahaan dapat muncul pada knowledge panel.

2. Knowledge Cards

Mirip dengan knowledge panel, knowledge cards akan menampilkan informasi singkat pada bagian atas halam pertama SERP yang berbentuk kartu. Sebagai contoh dari knowledge cards ini adalah ketika Anda ingin mengetahui kurs dollar hari ini atau ingin mengetahui info seperti ‘siapa penemu lampu’.

3. Google Snippet

Google Snippet sangat dibutuhkan bagi konten-konten artikel yang ada di dalam website Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan snippet atau cuplikan dari konten yang tersedia. Biasanya, cuplikan yang dimunculkan dalam SERP akan berupa heading dan juga subheading atau poin-poin yang terdapat di dalam suatu artikel.

Namun, perlu Anda catat bahwa tidak semua artikel bisa muncul dalam bentuk snippet. Biasanya hanya 1 artikel saja yang dimunculkan dalam bentuk snippet dan diletakkan pada posisi teratas halaman pertama SERP. Oleh karena itu, Anda perlu membuat artikel yang berkualitas atau mengikuti prinsip EAT agar Google dapat merekomendasikan artikel tersebut kepada user melalui bentuk snippet

4. Hasil Belanja

Bagi Anda yang merupakan pemilik bisnis online, maka fitur yang paling bermanfaat untuk digunakan adalah hasil belanja. Jika Anda mencoba untuk memasukkan kata kunci “Handphone Android Terbaru” atau “Harga iPhone 12”, maka akan terlihat pada SERP sebuah kolom hasil belanja yang menampilkan produk dan juga harga dari berbagai toko online.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa fitur ini bukan termasuk ke dalam SERP organik melainkan Ads. Oleh karena itu, pastikan ada budget yang sudah disiapkan sebelumnya untuk pemasangan hasil belanja ini agar orang dapat langsung mengetahui produk apa saja yang perusahaan Anda tawarkan.

5. People Also Ask

Pada halaman SERP, Anda akan selalu menemukan bagian ‘People Also Ask’ pada halaman pertama Google. Fitur ini bisa Anda manfaatkan tentunya dengan menyediakan konten-konten yang informatif dan sesuai dengan permintaan user. Untuk dapat membuat konten-konten yang bisa dimunculkan dalam fitur people also ask, Anda perlu melakukan research konten yang lebih mendalam.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Traffic Website

6. Berita Utama

Konten artikel yang masuk ke dalam berita utama biasanya akan dimunculkan pada halaman pertama bagian teratas Google bersama dengan sederet website lainnya yang menampilkan artikel dengan isi pembahasan konten yang serupa. Untuk dapat memanfaatkan fitur ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan website yang dimiliki ke Google News dan simak juga syarat serta ketentuan yang berlaku.

7. Kumpulan Gambar

Hasil pencarian gambar bisa menjadi salah satu fitur termudah yang dapat Anda gunakan untuk memunculkan website pada halaman pertama SERP. Anda bisa memanfaatkan SEO dengan memasukkan gambar pada artikel dan memberikan alt image sesuai dengan keyword yang digunakan. Dengan demikian, ketika user menemukan gambar yang digunakan dalam suatu artikel, mereka akan coba untuk mengunjungi website Anda dan membaca isi artikel tersebut. 

8. Hasil Pencarian Video

Selain gambar, Anda juga dapat memanfaatkan hasil pencarian video. SERP juga akan menampilkan hasil pencarian video sesuai dengan keyword yang dicari oleh user. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba strategi video marketing yang dapat memperluas peluang untuk menarik perhatian pengunjung website.

Buatlah berbagai video yang bersifat informatif dan edukatif, kemudian masukkan ke dalam YouTube. Berikan deskripsi singkat dan jangan lupa untuk memasukkan keyword yang sesuai dengan isi video tersebut. Berikan juga informasi perusahaan Anda di bagian kolom deskripsi beserta alamat website yang dapat dikunjungi.

Konten Merupakan Kunci dari Hasil SERP yang Memuaskan

Dari fitur-fitur di atas, Anda dapat melihat bagaimana algoritma Google dalam SERP lebih mengutamakan konten dibandingkan keyword. Oleh karena itu, mulailah untuk membuat konten-konten yang berkualitas agar website Anda dapat muncul pada fitur-fitur SERP di atas.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk meningkatkan kualitas konten agar website yang dimiliki dapat muncul pada halaman pertama SERP Google, silakan gunakan Jasa SEO profesional dari ToffeeDev sekarang juga. ToffeeDev merupakan salah Digital Marketing Agency terbaik yang bergerak di bidang SEO. Oleh karena itu, pastikan website Anda ditangani oleh pakar SEO terbaik agar tujuan dari optimasi SEO menjadi tepat sasaran dan efektif.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat