Apakah TikTok Shop Harus Akun Bisnis: Panduan Lengkap dan Manfaatnya

Apakah TikTok Shop harus akun bisnis

Diluncurkan sejak 2016, kini TikTok telah bertransformasi menjadi fenomena global. Tidak hanya sebagai platform hiburan, TikTok sekaligus menjadi arena bisnis yang inovatif melalui fitur TikTok Shop.  Oleh karena itu, ini dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk memulai berbisnis dengan TikTok Shop.

Terdapat satu pertanyaan yang mungkin masih sering Anda tanyakan, yaitu apakah TikTok Shop harus akun bisnis? Untuk menjawab hal tersebut, kali ini ToffeeDev akan mengupas tuntas mengenai Akun Bisnis TikTok dan manfaat fitur TikTok Shop.

Apa itu TikTok Shop dan Akun Bisnis TikTok?

TikTok Shop dan akun bisnis TikTok merujuk pada dua fitur berbeda. Sebelum menjawab pertanyaan tentang apakah TikTok Shop harus akun bisnis, sebaiknya Anda memahami pengertian TikTok Shop dan Akun Bisnis TikTok terlebih dahulu.

1. Pengertian TikTok Shop

TikTok Shop menjadi fitur social e-commerce yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk langsung dari akun TikTok. Dengan TikTok Shop, pengguna dapat menambahkan produk ke toko online mereka dan mempromosikannya melalui konten yang dibuat. Pelanggan dapat membeli produk langsung dari aplikasi TikTok, membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih mudah dan nyaman.

Fitur ini sudah diluncurkan sejak 2021 dan tersedia bagi pengguna TikTok dengan akun bisnis. Melalui akun bisnis, pengguna akan mendapat berbagai fitur eksklusif yang berguna untuk mengembangkan bisnis.

2. Pengertian Akun Bisnis TikTok

Akun bisnis TikTok hadir untuk memberikan fasilitas tambahan bagi para pelaku bisnis. Akun ini tentunya sangat berbeda dari akun TikTok biasa. Akun bisnis memungkinkan pengguna untuk mendapat fitur yang dapat memudahkan perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, jenis akun ini juga sangat efektif dalam meningkatkan jumlah penonton. Beberapa fitur yang dapat digunakan adalah TikTok Ads, trending content, insight kinerja, dan alat untuk mengkreasikan iklan. Dengan berbagai fitur yang tersedia, tak heran jika akun bisnis TikTok dapat diandalkan untuk bisnis.

Banner Ads - General 2

3. Perbedaan antara Akun Pribadi dan Akun Bisnis TikTok

Selain akun bisnis, TikTok juga menyediakan akun biasa. Namun, terdapat perbedaan di antara keduanya. Perbedaan utama antara akun pribadi dan akun bisnis TikTok adalah fitur yang tersedia.

Adapun akun bisnis TikTok memungkinkan Anda untuk mengakses fitur TikTok Shop dan analitik, sementara akun pribadi tidak. Selain itu, akun bisnis TikTok juga memungkinkan untuk menambahkan informasi bisnis dan tautan ke toko online pada profil TikTok.

Apakah TikTok Shop Harus Akun Bisnis? 

Untuk memulai fitur TikTok Shop, Anda diharuskan untuk memiliki akun bisnis terlebih dahulu. Hal ini seperti yang dikutip TikTok bahwa siapa pun yang tujuan utamanya adalah mempromosikan bisnis, maka mereka harus menggunakan akun bisnis. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis menggunakan TikTok, pastikan untuk mengubah akun TikTok biasa ke akun bisnis.

Manfaat Akun Bisnis TikTok untuk berjualan di TikTok Shop

Manfaat Akun Bisnis TikTok untuk berjualan di TikTok Shop

Mempunyai akun bisnis TikTok memungkinkan Anda untuk menikmati fitur TikTok Shop dan menjual produk langsung dari akun TikTok. Selain itu, akun bisnis TikTok juga memberikan manfaat lain, yaitu sebagai berikut.

1. Akses Fitur Analitik

Anda dapat melihat statistik tentang kinerja konten dan followers untuk dapat mengoptimalkan strategi pemasaran. Dengan fitur ini, sebuah bisnis dapat mengetahui hal-hal yang disukai dan kondisi demografis audiens, serta data terkait pertumbuhan akun bisnis. Anda juga dapat memonitor real-time performance tracking dan engagement unggahan.

2. Penyematan Tautan di Profil

Selain fitur analitik, pengguna juga dapat menambahkan tautan ke toko online pada profil TikTok. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat dengan mudah mengakses toko Anda. Dengan tautan yang disematkan pada bio, Anda dapat mengonversi penonton menjadi pelanggan.

Baca Juga: Apa Langkah Awal Menggunakan Google Ads untuk Mencapai Tujuan Iklan Bisnis Anda?

3. Berkolaborasi dengan Influencer

Melalui akun bisnis, pengguna dapat bekerja sama dengan lebih mudah bersama influencer TikTok. Hal ini menjadi langkah cerdas untuk mempromosikan produk dan meningkatkan visibilitas merek.

Baca Juga: Twitter Search Video: Definisi, Cara Menggunakan, Hingga Manfaatnya

4. Pengelolaan Pembayaran dan Pengiriman

Akun bisnis TikTok memungkinkan Anda untuk mengelola pembayaran dan pengiriman dengan lebih mudah. Anda dapat mengonfigurasi metode pembayaran yang diterima, mengatur kebijakan pengembalian, dan memberikan informasi pengiriman yang jelas kepada pelanggan.

Cara Membuat Akun Bisnis TikTok

Cara Membuat Akun Bisnis TikTok

Dalam memulai TikTok Shop, akun Anda harus diubah menjadi akun bisnis terlebih dahulu. Cara membuat akun bisnis TikTok pun sangat mudah. Berikut adalah cara membuat akun bisnis TikTok. 

1. Membuat Akun TikTok

Langkah pertama untuk membuat akun bisnis TikTok adalah membuat akun TikTok terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun TikTok.

  1. Unduh aplikasi TikTok dari App Store atau Google Play Store.
  2. Buka aplikasi TikTok dan klik tombol “Sign Up”.
  3. Pilih metode pendaftaran yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan nomor telepon atau akun media sosial.
  4. Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pendaftaran.

2. Mengubah Akun TikTok menjadi Akun Bisnis

Setelah sukses mendaftar akun TikTok, Anda dapat beralih dari akun biasa menjadi akun bisnis. Ikuti langkah-langkah berikut ini. 

  1. Buka aplikasi TikTok dan klik ikon profil di bagian bawah layar.
  2. Ketuk tombol “Menu” di bagian atas. 
  3. Pilih opsi “Pengaturan dan privasi”.
  4. Ketuk “Kelola akun”
  5. Terakhir, ketuk “Beralih ke Akun Bisnis”.
  6. Ikuti petunjuk hingga selesai. Tunggu sampai akun TikTok biasa berganti menjadi akun bisnis.

Banner Ads - Ebook 2

3. Mengisi Informasi Bisnis pada Akun TikTok

Setelah mengubah akun TikTok menjadi akun bisnis, selanjutnya mengisi informasi bisnis pada profil TikTok Anda. Beberapa informasi bisnis yang dapat ditambahkan pada profil TikTok, di antaranya adalah nama bisnis, deskripsi bisnis, tautan ke toko, dan kontak bisnis.

4. Menambahkan Tautan ke Toko Online pada Akun TikTok

Langkah selanjutnya dalam membuat akun bisnis TikTok adalah dengan mengisi informasi bisnis pada profil TikTok. Pastikan mengisi informasi bisnis dengan lengkap yang mampu dipahami pelanggan. Berikut adalah langkah untuk menambahkan tautan ke toko online pada profil TikTok.

  1. Buka aplikasi TikTok dan klik ikon profil di bawah layar.
  2. Klik tombol “Edit profil”.
  3. Selanjutnya, salin tautan ke toko online.
  4. Terakhir, tuliskan tautan ke kolom “Website” pada profil TikTok kamu.

Baca Juga: Panduan Membuat Ads LinkedIn yang Efektif dengan LinkedIn Campaign Manager

5. Menambahkan Produk ke TikTok Shop

Setelah berhasil menambahkan tautan ke toko online pada profil TikTok, selanjutnya adalah menambahkan produk ke TikTok Shop. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan produk ke TikTok Shop.

  1. Buka aplikasi TikTok dan klik ikon profil di bawah layar.
  2. Klik tombol “TikTok Shop”.
  3. Klik tombol “Add Product”.
  4. Isi informasi produk, seperti nama produk, harga, dan deskripsi.
  5. Unggah foto atau video produk.
  6. Klik tombol “Submit”.

Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

Cara Meningkatkan Penjualan di TikTok Shop

Akun bisnis TikTok merupakan platform potensial untuk meningkatkan profit bisnis. Tentunya terdapat berbagai cara untuk mengoptimalkan penggunaan akun bisnis TikTok untuk berjualan di TikTok Shop. 

1. Membuat Konten yang Menarik dan Relevan

Untuk mempromosikan produk di TikTok, buatlah konten yang menarik dan relevan dengan produk Anda. Salah satu tip yang wajib dicoba adalah dengan menggunakan musik latar belakang yang populer dan sesuai dengan produk. Anda juga bisa menggunakan musik yang masuk dalam halaman For Your Page (FYP) untuk meningkatkan visibilitas konten.

Selain itu, gunakan efek dan filter yang menarik, menghibur, dan informatif. Anda juga harus mengutamakan dan fokus pada keunikan produk.

Baca Juga: TikTok Ads Manager untuk Membuat dan Mengelola Kampanye Iklan yang Efektif bagi Bisnis Anda

2. Menggunakan Hashtag yang Tepat

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan konten adalah dengan menggunakan hashtag yang tepat. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan produk. Gunakan hashtag yang sedang trending dan juga unik. Adapun hashtag dapat membantu meningkatkan visibilitas konten di TikTok. 

Baca Juga: Panduan Optimasi TikTok Shop untuk Meningkatkan Penjualan dan Jangkauan yang Lebih Luas

3. Berinteraksi dengan Pengikut Potensial

Audiens cenderung menyukai seller yang responsif. Berinteraksi dengan followers dan pelanggan potensial dapat membantu meningkatkan loyalitas brand

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berinteraksi secara aktif dengan followers adalah membalas komentar dan pesan dengan cepat dan ramah. Selain itu, ajak mereka untuk berpartisipasi dalam konten. Tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan, interaksi yang responsif dan rutin antara seller dan followers ini dapat membantu menaikkan engagement.

Baca Juga: Apa Itu Marketing TikTok? Panduan Lengkap Pemasaran di TikTok

4. Membuat Penawaran Menarik

Umumnya, pelanggan cenderung menyukai dan akan membeli produk dengan penawaran menarik. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produk dan toko online Anda. Penawaran tersebut dapat menjadi strategi potensial untuk meningkatkan penjualan.

Adapun beberapa program menarik yang dapat dilakukan untuk menarik minat pelanggan, di antaranya dengan diskon khusus, gratis ongkos kirim, giveaway, dan flash sale. Anda juga bisa menawarkan diskon khusus saat tanggal kembar.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Menggunakan Fitur TikTok Ads

Fitur iklan TikTok dapat membantu meningkatkan visibilitas produk di TikTok. Namun, sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus menentukan target audiens yang tepat terlebih dahulu, contohnya dari segi jenis kelamin, usia, minat, dan lokasi. Selain itu, anggaran iklan yang sesuai juga harus diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Setelah menentukan target audiens dan budget, kemudian buatlah konsep dan isi konten iklan yang menarik. Beberapa jenis konten iklan TikTok yang bisa Anda gunakan, seperti collection ads, lead generation, dan Dynamic Showcase Ads (DSA). 

Dalam menutup pembahasan tentang apakah TikTok Shop harus akun bisnis, penting diketahui bahwa Anda membutuhkan akun bisnis untuk memulai TikTok Shop. Akun bisnis menawarkan fitur eksklusif yang tidak dimiliki akun biasa sehingga dapat membantu mengembangkan bisnis. Untuk mulai menggunakan TikTok Shop dan mengiklankan produk, perencanaan strategi yang tepat sangat penting. 

Jika Anda merasa perlu untuk mengkonsultasikan tujuan bisnis melalui iklan TikTok, bekerja sama dengan Digital Marketing Agency berpengalaman dan profesional dapat menjadi solusi tepat. Melalui jasa TikTok Ads, ToffeeDev siap menjadi mitra untuk membantu Anda menjangkau jutaan pengguna aktif TikTok dan memperluas potensi pasar. Hubungi kami untuk mendapatkan konsultasi sekarang.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi dan jadwalkan konsultasi gratis dengan kami. Tingkatkan performa iklan dan capai profit maksimal bisnis Anda bersama ToffeeDev!

 

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat