Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Setiap bisnis membutuhkan media promosi yang baik. Maka dari itu setiap bisnis akhirnya memutuskan untuk membuat iklan. Namun tidak semuanya tahu bagaimana cara membuat iklan yang menarik. Memang, untuk mendapatkan kreativitas terbaik dalam membuat iklan itu bukanlah hal yang mudah. Perlu sekali untuk mencari inspirasi dan juga mencari contoh yang bisa Anda olah dan modifikasi untuk akhirnya digunakan.

Saat ini terdapat cukup banyak medium iklan yang bisa Anda gunakan, seperti iklan online (Google, Facebook, Twitter, Instagram), banner, iklan di YouTube, papan reklame, iklan di TV, media cetak, hingga radio. Dengan banyaknya medium iklan yang ada, pada akhirnya bisa membuat Anda lebih mudah untuk mempromosikan produk.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Kembali lagi ke permasalahan utama yaitu membuat iklan, tentunya harus ada beberapa cara agar bisa mendapatkan satu hasil iklan yang menarik. Apa saja caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kembali lagi ke permasalahan utama yaitu membuat iklan, tentunya harus ada beberapa cara agar bisa mendapatkan satu hasil iklan yang menarik. Apa saja caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cobalah Cari Slogan yang Unik

Untuk mengawali cara membuat iklan yang menarik, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencoba mencari slogan yang unik. Jika Anda memperhatikan, di luar sana cukup banyak produk yang bisa terkenal karena memiliki slogan yang unik. Tidak hanya unit saja, tetapi juga terasa relevan dengan produk yang dijual. Gunakan juga contoh kalimat bisnis online yang atraktif agar menarik lebih banyak trafik.

Memang untuk membuat slogan yang unik bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi itu semua bisa didapatkan jika tahu bagaimana mengolah kreativitas yang dimiliki menjadi satu slogan yang unik. Paling penting adalah membuat beberapa opsi slogan agar bisa dipilih atau juga dikombinasikan satu sama lain. Hasilnya adalah slogan yang layak untuk merepresentasikan produk Anda.

Baca Juga: Strategi Promosi Melalui Sosial Media untuk Meningkatkan Penjualan 

2. Masukkan Penawaran Menarik

Dalam membuat iklan, jangan lupa memasukkan penawaran yang menarik jika memang Anda memilikinya. Penawaran seperti diskon, potongan harga, voucher, Buy 1 Get 1, serta program-program lainnya bisa juga dimasukkan di dalam materi iklan. Tidak dapat dipungkiri, semua orang suka dengan penawaran yang menarik. Bahkan termasuk Anda juga. Maka dari itu, hal ini bisa membuat iklan Anda menjadi dilirik.

Namun penawaran menarik tidak hanya dalam bentuk diskon dan semacamnya saja, tetapi juga bisa dari keunggulan produk Anda. Tinggal bagaimana Anda mengolahnya menjadi satu hal yang bisa dipromosikan kepada para konsumen.

3. Menggunakan Influencer/Orang Terkenal

Jika memang Anda ingin lebih cepat dalam menjangkau pasar yang lebih luas, maka bisa juga menggunakan bantuan influence atau orang terkenal di dalam iklan Anda. Saat ini cukup banyak influencer yang tersebar di berbagai macam media sosial. Salah satu yang paling banyak adalah di Instagram. Dengan memakai jasa mereka, maka iklan Anda bisa menjadi jauh lebih menarik dan jauh lebih cepat diperhatikan oleh orang banyak. Apalagi pengaruh dari influencer bisa juga membuat orang-orang tersebut mau membeli produk Anda.

4. Perhatikan Detail Desain

Setelah konten dipilih, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah beralih ke desain atau iklan video yang akan datang. Visualisasi sangat penting dalam situasi ini, seperti yang ditunjukkan oleh penggunaan tipografi, gaya penulisan, logo produk, harmoni warna, dan elemen lainnya.

Untuk memastikan pelanggan dapat mengenali desain dengan cepat, pastikan untuk mengembangkannya sesuai dengan fitur merek. Misalnya, beberapa iklan Gojek memiliki warna hijau yang sama persis dan memiliki jenis font yang unik.

5. Gunakan Bahasa yang Persuasif

Perhatian pelanggan dapat ditingkatkan dengan kalimat atau aspek linguistik selain visual dan penawaran. Untuk meyakinkan mereka agar membeli produk yang Anda iklankan, pastikan untuk menggunakan bahasa yang menarik. Karena itu, penting untuk menggunakan copywriting yang efektif saat membuat iklan atau posting online.

6. Cantumkan Testimoni Produk

Penawaran dan permintaan untuk membeli barang tidak selalu cukup. Konsumen menginginkan sumber daya yang dapat meningkatkan kepercayaan pembelian mereka, seperti ulasan produk melalui adanya testimoni.

Karena mereka tidak dapat melihat barang dagangan secara fisik, sebagian besar konsumen sering khawatir ketika mereka ingin membeli secara online. Nah, testimonial adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek dan barang Anda. Pastikan rekomendasi Anda menguntungkan dan tidak melebih-lebihkan atau hanya menyatakan yang sudah jelas.

7. Tambahkan Hashtag yang Relevan

Kemampuan untuk menyertakan hashtag yang berkaitan dengan barang yang dijual ada di situs seperti Instagram, TikTok, dan Facebook, adalah hal yang penting. Ini akan berguna jika digunakan untuk membuat iklan online.

Salah satu pendekatan untuk membuat iklan yang menarik adalah dengan menyertakan hashtag, yang dapat membantu produk Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek. Kemudian, orang akan lebih mudah menemukannya jika Anda menggunakan tagar tertentu yang mewakili merek tersebut.

8. Bagaimana Menangkap Perhatian Selama 5 Detik Pertama

Saran mengenai iklan menarik berikut berfokus pada cara menarik perhatian pemirsa dalam lima detik pertama. Pada dasarnya, ada banyak jenis iklan, dan iklan video adalah salah satunya. Biasanya lebih baik memilih durasi 5 detik saat membuat iklan video. Menurut penelitian Microsoft Corp., orang sering kehilangan fokus setelah 8 detik, ini adalah hasil dari efek gaya hidup digital.

Anda harus menargetkan iklan yang berhasil yang berlangsung tidak lebih dari delapan detik atau hingga lima detik pertama. Karena audiens akan membuat keputusan pada saat-saat genting ini apakah akan membeli merek Anda atau tidak. Maka dari itu, pastikan untuk menggunakan 5 detik pertama Anda dengan baik.

9. Mematuhi Aturan “Rule of Seven”

Salah satu saran untuk membuat iklan yang menarik adalah dengan mengikuti rule of seven. Pernahkah Anda mendengar ide di balik rule of seven? Menurut “rule of seven“, mayoritas audiens Anda harus mendengar atau melihat pesan Anda setidaknya tujuh kali sebelum mereka memikirkan tawaran Anda. Karena mayoritas orang tidak langsung tertarik saat pertama kali melihat pesan dalam sebuah iklan.

Karena tujuannya adalah untuk berbagi pesan yang sama dengan audiens, maka Anda harus mencari cara lain, yaitu dengan menggunakan berbagai konten dan channel. Karena kemungkinan audiens akan menerima tawaran Anda meningkat semakin sering mereka melihatnya.

10. Gunakan Iklan Berbayar

Membuat iklan yang kreatif di media sosial memanglah gratis, namun tidak menjamin jika konsumen akan langsung menemukan iklan yang kamu buat. Nah, solusinya adalah menggunakan iklan berbayar atau ads untuk memasarkan produk atau jasa. Ini bisa berguna untuk menarik konsumen khususnya dalam lingkup digital marketing.

Iklan Anda akan sampai sesuai pada target audiens dan calon konsumen yang diinginkan meskipun harus merogoh kocek lebih. Sehingga jangkauan produk kamu akan lebih spesifik dan potensi konsumen untuk membeli produk akan semakin besar. Namun, cara ini bisa dilakukan apabila memang budget bisnis kamu memenuhi. Jika belum maka bisa menggunakan cara-cara lain yang sudah dijelaskan di atas.

Itulah beberapa cara membuat iklan yang menarik. Anda bisa mengikuti beberapa cara di atas secara berbarengan agar bisa menghasilkan satu produk iklan yang berkualitas, menarik, dan bisa langsung diterima oleh banyak orang. Perlu digarisbawahi bahwa membuat iklan tidaklah mudah, tapi jika tahu caranya, Anda bisa mendapatkan iklan yang menarik.

Baca Juga: Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat