Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SEO Agency

Hi, welcome back to Toffee #SharingMonday, kali ini bersama saya Tara Mulya. Setiap Senin kita akan sharing mengenai insight seputar digital marketing, design, dan website. Kali ini saya akan membawakan informasi mengenai apa saja sih kelebihan dan kekurangan menggunakan SEO Agency.

Untuk yang pertama dari kelebihan dalam menggunakan jasa SEO Agency adalah :

  1. Konsultan bisnis untuk SEO Agency sendiri, mereka itu biasanya memberikan arahan
    kepada Anda untuk menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Salah satunya, semisalnya Anda menggunakan selling keyword, itu biasanya dari tim SEO Agency-nya akan membantu Anda untuk membedah mana saja keyword-keyword yang bisa Anda pergunakan sebagai selling keyword. Dan selling keyword itu adalah salah satu pilihan yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan kata kunci penjualan yang akan mempengaruhi leads Anda nantinya. Lalu, selain untuk penjualan, konsultan bisnis yang ada di SEO Agency biasanya juga akan membantu Anda untuk membangun branding awareness dengan keyword-keyword seputar artikel ataupun informasional. Nah, disitu nanti dengan adanya traffic yang masuk dan juga ada keyword yang bagus dari segi artikel, itu nantinya akan membantu kepada bisnisnya Anda supaya bisa lebih terlihat di search engine result page dan itu akan membantu branding website dan perusahaan Anda sendiri.

  2. Lalu yang kedua, dengan menggunakan jasa SEO Agency, Anda akan menemukan orang yang ahli pada bidangnya. Kenapa ahli pada bidangnya? Anda tidak perlu lagi mencari spesialist secara in house dan memiliki kualifikasi yang mungkin Anda sendiri masih baru dalam segi SEO. Nah, dari segi bisnis, kalau Anda menggunakan SEO Agency, Anda tidak perlu repot lagi mencari kualifikasi orang yang tepat untuk mengisi in house Anda dan Anda juga akan bertemu dengan orang-orang yang ahli pada bidangnya yaitu dalam bidang SEO sendiri.

  3. Lalu yang ketiga, dengan menggunakan SEO Agency, kelebihannya adalah agency itu lebih up-to-date dengan beberapa hal yang berbau dengan SEO, salah satunya adalah pemilihan algoritma. Biasanya, dari segi agency akan menginformasikan, adakah update terbaru mengenai algoritma yang impact ke dalam website, entah itu baik maupun buruknya. Dari sini, Anda juga perlu sebagai bisnis atau perusahaan, Anda juga harus tau apa saja komponen yang kurang dalam website Anda yang mempengaruhi bisnis Anda di dalam website, sehingga akan mempengaruhi secara keseluruhan untuk SEO Anda. Di sini dengan adanya SEO yang up-to-date, itu akan membantu Anda mengetahui dari segi ilmu dan pengalaman mengenai SEO.

  4. Yang keempat itu ada efisiensi waktu. Jadi untuk Anda pemiliki bisnis, Anda akan lebih efisien untuk fokus kepada bisnis Anda yang lainnya. Jadi untuk yang pengerjaan SEO, itu akan Anda berikan kepada SEO Agency secara keseluruhan. Sehingga Anda mungkin bisa develop strategi marketing ataupun startegi bisnis Anda secara keseluruhan itu ke yang lain. Sedangkan untuk yang SEO bisa dipekerjakan oleh SEO Agency.

  5. Lalu untuk yang kelima itu ada maintenance. Bisa diketahui bahwa SEO itu biasanya mereka bisa membantu Anda untuk maintenance website. Jadi, mereka itu lebih maintenance-nya bukan secara technical yang harus update domain atau hosting dan lain-lain. Tapi, dari maintenance ini, Anda ketawan bahwa kalau dengan adanya SEO Agency, mereka lebih bisa membantu Anda untuk ngecek dan kontrol website Anda, apakah sekarang ini SEO friendly atau tidak.

Lalu, apa saja sih kekurangan dengan menggunakan SEO Agency?

  1. Yang pertama itu adalah sharing asset. Beberapa perusahaan pasti akan sedikit ragu untuk memberikan beberapa asetnya. Apa sih asetnya itu? Asetnya ini adalah seperti Google Analytic yang menampilkan traffic contohnya. Lalu ada Google Search Console. Lalu ada Google Tag Manager. Dan biasanya ada CMS website yang harus diberikan ke agency. Nah, disini kadang, memang untuk beberapa perusahaan itu perlu memberikan aksesnya kepada agency untuk dibuatkan reporting dan mengontrol websitenya sendiri. Namun tidak perlu khawatir. Bila Anda menemukan agency yang memintakan akses seperti itu, Anda hanya perlu memberikan NDA ataupun arahan kepada mereka bahwa apa yang tidak boleh agency tersebut lakukan pada saat Anda memberikan akses tersebut. Tapi so far, kalau Anda memberikan akses ke agency untuk GA, terus GSC, dan GTM melalui CMS itu seharusnya tidak menjadi masalah karena keempat hal tersebut perlu banget dikasih sharing-nya ke SEO.

  2. Lalu yang kedua, biasanya kita perlu developer dari tim SEO. Di sini dari Anda mungkin Anda harus ada sedikit budgeting ke tim developer atau tim IT untuk membantu progress SEO secara techical. Karena balik lagi, untuk website custom, terutama yang tidak menggunakan CMS tertentu, kita dari tim SEO biasanya atau SEO Agency-nya itu perlu ada bantuan dari tim IT milik website Anda, yang ngerti website Anda untuk membantu perubahan dari segi technical-nya. Jadi, untuk itu Anda perlu menyiapkan adanya tim IT yang bisa membantu proses technical di website Anda supaya bisa me-maintenance SEO.

Oke, itulah 5 kelebihan dari penggunaan jasa SEO Agency dan 2 kekurangan dari penggunaan jasa SEO Agency.

Sekian insight hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share. Serta jika Anda punya usulan untuk topik yang akan dibahas nanti untuk Toffee #SharingMonday silakan comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday selanjutnya, bye-bye.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat