12 Rekomendasi Kerja Online Dari Rumah Untuk Pelajar

Kerja online dari rumah untuk pelajar

Tugas utama pelajar adalah belajar. Namun, untuk alasan keuangan, sebagian pelajar mungkin perlu belajar sambil bekerja. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pelajar tanpa harus mengganggu kegiatan belajar. Pasalnya, pekerjaan tersebut bisa dikerjakan secara online dari rumah. Yuk, simak 12 rekomendasi kerja online dari rumah untuk pelajar berikut!

Peluang Kerja Online bagi Pelajar

Pekerjaan online merupakan alternatif yang sempurna bagi pelajar karena menawarkan kemandirian dan fleksibilitas sambil menghasilkan uang. Belajar dari pengalaman selama pandemi, banyak pekerjaan saat ini dapat diselesaikan dari rumah. Peluang kerja online bagi pelajar pun sangat terbuka lebar. Ini juga bisa jadi cara mempersiapkan diri menghadapi dunia profesional sambil tetap memungkinkan mereka mencapai tujuan pendidikan.

Baca Juga: Mengulas Apa Itu Work From Home

12 Rekomendasi Kerja Online dari Rumah untuk Pelajar

Bagi yang sedang mencari pekerjaan sampingan, berikut 12 rekomendasi kerja online dari rumah untuk pelajar:

1. Online Tutor

Bimbingan belajar adalah pilihan kerja online dari rumah untuk pelajar yang nyaman dan menyenangkan. Sebagai pelajar, menjadi tutor menawarkan banyak manfaat, termasuk fleksibilitas. Dengan menjadi online tutor, pelajar memiliki kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan. Bimbingan belajar online juga menawarkan kesempatan untuk mengajar siapa pun secara global tanpa meninggalkan rumah.

2. Penulis Lepas

Banyak usaha kecil ingin menumbuhkan basis pelanggan melalui konten berkualitas. Pekerjaan sebagai penulis lepas termasuk menulis konten website, blog, dan ringkasan produk. Menulis tentang berbagai topik juga membantu pelajar memperluas basis pengetahuan di berbagai bidang. Menulis umumnya memungkinkan pelajar untuk bekerja dengan jadwal yang fleksibel selama memenuhi tenggat waktu.

3. Editor Foto

Blogger makanan, influencer, dan model fesyen menjadi tokoh yang makin menonjol di situs jejaring sosial. Akibatnya, pekerjaan sebagai editor foto saat ini makin dicari. Jika Anda termasuk detail-oriented dan memiliki rasa estetika yang tinggi, menawarkan layanan mengedit foto dapat menjadi sumber pendapatan yang ideal. Mahir dalam Adobe Photoshop juga akan membuka peluang kerja online dari rumah untuk pelajar yang lebih besar.

Baca Juga: Apa itu Consultative Selling? Pelajari Arti dan 6 Teknik yang Dapat Dicoba

4. Proofreader

Proofreader dibutuhkan hampir di mana-mana untuk menjamin kualitas konten yang dibagikan dan dipublikasikan. Dari posting blog, brosur, skenario, hingga bahkan esai siswa, proofreader diperlukan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan tata bahasa atau struktural dalam suatu dokumen. Ini adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan jika Anda termasuk orang yang suka membaca.

5. Editor Video

Besarnya waktu yang dihabiskan orang untuk menonton video membuat kemampuan Anda dalam pengeditan video menjadi peluang kerja online yang menguntungkan. Jika Anda kreatif serta punya keterampilan dan pengetahuan teknis pengeditan video yang solid, pertimbangkan untuk menawarkan jasa Anda kepada banyak klien yang menawarkan gaji tinggi.

6. Web Designer

Pekerjaan web designer mengalami pertumbuhan yang meningkat karena munculnya digitalisasi dan teknologi. Hampir setiap bisnis ingin mengembangkan online presence secara kuat, yang tentu tidak terlepas dari website. Sebagai pengembang web lepas, besar peluang bagi Anda untuk menemukan klien dan website yang membutuhkan layanan Anda. 

Selama bekerja sebagai web designer, Anda akan melihat cara-cara baru dan inovatif perusahaan berinteraksi dengan pengguna melalui website mereka. Pengetahuan ini akan sangat berguna jika Anda ingin membangun website dan bisnis Anda sendiri suatu hari nanti. 

banner

7. Graphic Designer

Graphic designer banyak dipekerjakan oleh bisnis untuk menarik target audiens melalui visual yang menarik. Sebagai pelajar, menjadi graphic designer bisa sangat menguntungkan, terutama jika Anda sudah tahu cara menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, After Effects, Sketch, dan Figma. Bahkan jika Anda belum ahli, mempelajari cara menggunakan alat-alat ini pun relatif mudah dan bisa menyenangkan, terutama bila Anda menyukai desain dan kreativitas.

8. Ahli Transkripsi

Industri besar seperti media, perawatan kesehatan, dan akademisi sering membutuhkan transkripsi, misalnya untuk mengubah rekaman audio menjadi dokumen tertulis. Peran seorang transcriptionist melibatkan penyalinan data yang akurat, serta menyediakan pencarian dan pengindeksan yang relevan dan berkualitas tinggi dari setiap rekaman. Jika punya minat untuk belajar dan menjelajahi topik baru, pekerjaan sebagai transcriptionist dapat membantu meningkatkan tata bahasa, analitik, dan keterampilan bahasa Anda.

9. Jual Pakaian secara Online

Jika Anda memiliki banyak pakaian, pernahkah Anda berpikir untuk menjual beberapa di antaranya supaya menghasilkan uang? Anda sekarang bisa dengan mudah menjual barang-barang secara online dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia. Potensi penghasilannya bervariasi, tergantung pada apa yang Anda jual. Dari pengalaman menjual pakaian secara online ini, Anda bisa sekaligus mengembangkan skill pemasaran, sales, dan pelayanan pelanggan.

Baca Juga: Jadi Favorit Pebisnis, Apa Saja Kelebihan Iklan Online?

10. Affiliate Marketer

Pemasar afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan atau merujuk orang ke perusahaan. Ini biasanya dilakukan melalui tautan di platform media sosial, blog, atau website. Tergantung program afiliasi yang Anda ikuti, besaran komisi yang bisa Anda dapatkan bervariasi sekitar 1-10%. Sebagai pelajar, Anda bisa review barang-barang sekolah seperti tas dan sebagainya.

11. Menjadi Influencer Online

Apakah Anda memiliki hobi, passion, atau kehidupan yang menarik? Jika demikian, Anda mungkin ingin memulai blog, podcast, vlog, atau aktif di salah satu jaringan media sosial. Biasanya, butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun audiens yang cukup besar, tetapi jika Anda sudah terbiasa berbagi dengan orang-orang secara online dan memiliki followers yang cukup banyak, Anda bisa coba menjadi influencer online.

12. Asisten Virtual

Dari rumah, asisten virtual dapat menjawab email dan panggilan telepon, membuat pengaturan perjalanan, dan menjadwalkan pertemuan klien. Dua keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang asisten virtual adalah keterampilan komunikasi dan teknologi. Sebagai pelajar, pekerjaan ini cukup ideal karena Anda bebas bekerja sesuai jadwal Anda sendiri. 

Demikian informasi tentang 12 rekomendasi kerja online dari rumah untuk pelajar. Jika Anda ternyata sudah mempunyai bisnis sampingan dan butuh untuk mengembangkannya, serahkan urusan pemasaran kepada ToffeeDev yang menyediakan layanan Digital Marketing secara komprehensif. Tentunya, layanan dari ToffeeDev juga dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Tak perlu tunggu lama, segera hubungi ToffeeDev untuk konsultasikan kebutuhan Anda!

Share this on :

Scroll to Top
WhatsApp chat