10 Kelebihan Iklan Online yang Perlu Anda Ketahui dan Tips Melakukannya

kelebihan iklan online

Digital marketing kini telah menjadi teknik pemasaran favorit para pebisnis. Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat, pebisnis melihat kelebihan iklan online yang dapat lebih efektif dan efisien dibandingkan teknik konvensional. 

Kelebihan iklan online yang banyak menguntungkan pebisnis, tentunya menjadi salah satu alasan kuat mengapa iklan online begitu diminati. Ketika memutuskan terjun ke dunia bisnis, pastinya Anda menargetkan keuntungan semaksimal mungkin. 

Untuk mencapai target tersebut, tentunya Anda perlu melakukan langkah-langkah strategis yang mengedepankan nilai efektif dan efisien. Salah satu langkahnya adalah dengan menjadikan iklan online sebagai teknik pemasaran bisnis. Yuk simak informasi lengkap mengenai apa saja kelebihan iklan online di sini.

Apa Itu Iklan Online?

Iklan online merupakan teknik pemasaran bisnis yang memanfaatkan internet sebagai medianya untuk menyebarkan pesan pemasaran kepada target pasar. Saat ini, iklan online juga dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran untuk mendapatkan traffic lebih baik dibandingkan iklan konvensional, terutama pada target pasar yang lebih tepat. 

Iklan online menjadi salah satu solusi praktis bagi pebisnis untuk mengembangkan teknik pemasaran mereka. Terdapat banyak bentuk dan variasi iklan online yang menyesuaikan kebutuhan atau platform yang digunakan. Misalnya seperti email marketing, SEM, social media ads, dan sebagainya.

Oleh karena itu, iklan online dikatakan sebagai salah satu teknik yang fleksibel dan menguntungkan bagi kedua pihak. Tidak hanya untuk pebisnis, iklan online juga memudahkan pelanggaran untuk mendapatkan informasi produk/layanan secara real time dan hemat ongkos.

Maka tidak heran jika iklan online kini telah menjelma menjadi teknik pemasaran yang populer, baik di kalangan pebisnis maupun pasar. Meski tetap memiliki beberapa kekurangan, tetapi kelebihan dari iklan online jauh lebih menjanjikan dibandingkan penggunaan iklan konvensional.

Banner Ads - General 2

10 Kelebihan Iklan Online

Sebagai salah satu teknik pemasaran favorit para pebisnis, iklan online memiliki banyak kelebihan yang menggiurkan. Dibandingkan dengan iklan konvensional, pastinya kelebihan iklan online lebih sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Ini dia beberapa kelebihan dari iklan online yang dapat menjadi pertimbangan Anda.

1. Hemat Biaya

Iklan online menggunakan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan iklan konvensional. Distribusi pesan pemasaran melalui internet memanfaatkan sarana dan pihak yang lebih sedikit dibandingkan ketika menggunakan iklan konvensional. 

Namun memang, seiring maraknya iklan online di zaman serba digital ini membuat perusahaan bisnis mulai menggunakan jasa ahli marketing. Hal ini supaya digital marketing mereka lebih baik dan mampu bersaing secara kompetitif di pasaran. Menggunakan ahli digital marketing juga dapat membantu Anda menemukan jenis iklan dengan capaian pasar terbaik.

2. Luas Tanpa Batas

Iklan online menggunakan jaringan internet sebagai medianya, maka tidak ada batasan khusus dalam pendistribusian pesan pemasaran. Sifat dari jangkauan iklan online menjadi luas tanpa batas, menyeluruh bahkan ke masyarakat global. Dari cakupan luas iklan online inilah, penentuan jenis dan bentuk iklan menjadi penting diperhitungkan sesuai target pasar yang diinginkan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Online Yang Wajib Anda Ketahui

3. Promosi Cepat

Iklan konvensional biasanya memerlukan persiapan yang cukup memakan waktu dan aksi yang lebih lama. Berbeda jauh dari iklan konvensional, iklan online ini memungkinkan promosi berjalan cepat. Sekali Anda mengklik penyebaran pesan pemasaran, maka secara cepat pesan tersebut akan langsung menyebar ke target pasar Anda.

Kecepatan waktu promosi dari iklan online ini dikarenakan media internet yang berlangsung realtime. Dalam hitungan detik setelah pesan pemasaran disebar, target pasar Anda dapat langsung melihat bahkan memberikan respon langsung terhadap iklan Anda.

4. Format Beragam

Iklan online memiliki format yang beragam sehingga memudahkan untuk menentukan bentuk mana yang sesuai dengan tujuan Anda. Berbagai format iklan online dapat berupa teks, poster, video dan lain sebagainya. Format iklan ini menyesuaikan kebutuhan target pasar yang sudah ditentukan, sehingga memungkinkan iklan dapat mencapai tujuan secara tepat dan cepat.

Banner Ads - Ebook 2

5. Lebih Tepat Sasaran

Mengingat iklan online memiliki pengaturan yang luas dan Anda bebas menentukannya sesuai kebutuhan bisnis Anda, maka iklan online dapat dikatakan lebih tepat sasaran. Berbeda dengan iklan konvensional yang sasarannya dapat bersifat acak dan tidak menentu tepat, iklan online dapat diatur sesuai target Anda. Misalnya ketika Anda menyasar orang-orang paruh baya, maka Anda dapat memilih jenis iklan facebook dengan bentuk visual jelas.

Baca Juga: Keuntungan Pemasaran Online untuk Para Pengusaha

6. Feedback After Transaction

Apa yang membedakan akses feedback iklan konvensional dengan iklan online? Iklan online tidak hanya memberikan akses feedback selama masa promosi dan transaksi. Tetapi setelah transaksi pelanggan selesai, perusahaan bisnis dapat tetap membuka akses untuk pelanggan melakukan transaksi lagi kedepannya.

Contoh keunggulan feedback after transaction ini adalah ketika perusahaan bisnis dapat menyebarkan informasi sale menarik pada pelanggan meskipun pelanggan sudah menyelesaikan transaksi sebelumnya. Sehingga iklan online memungkinkan pebisnis tetap berada dekat dengan pelanggan dan menjalin hubungan baik untuk memperbesar potensi transaksi kembali.

7. Lebih Fleksibel

Iklan online bersifat fleksibel, hal ini dikarenakan pengaturan luas yang dimilikinya. Iklan online dapat dikatakan fleksibel karena mulai dari konsep, bentuk, jenis, segala sesuatunya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan target pasar. Iklan online tidak mematok pasti dalam satu bentuk atau jenis, sifatnya fleksibel dan lebih terbuka terhadap perkembangan target pasar.

Karena bergerak mengikuti target pasar, maka efektifitas iklan online pun akan meningkat. Iklan online dapat menjangkau lebih banyak khalayak dan membantu perusahaan bisnis mencapai tujuan pemasarannya.

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan PPC dan Kelemahannya bagi Bisnis?

8. Tingkatkan Brand Awareness

Ketika terjun dalam dunia bisnis, biasanya akan banyak kompetitor pesaing yang memiliki layanan/produk sejenis dengan perusahaan Anda. Nah, penggunaan iklan online ini dapat meningkatkan brand awareness di pasar. Brand awareness menjadi salah satu hal penting yang membantu menempatkan produk Anda di pasar.

Apabila pasar tidak menyadari keberadaan bisnis Anda, maka akan sulit untuk mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. Oleh karena itu, iklan online akan membantu memperkenalkan layanan/produk Anda ke pasar dan meningkatkan brand awareness sebagai keuntungan besar untuk bisnis.

9. Pelacakan Mudah

Iklan online memiliki akses pelacakan yang mudah, mulai dari proses pengerjaan hingga hasil dari teknik pemasarannya. Berbeda dengan iklan konvensional yang memerlukan banyak printilan riset, iklan online memungkinkan pelacakan dengan berbagai macam cara. Misalnya adalah visualisasi grafik insight layanan/produk untuk melacak apakah iklan online telah bekerja secara efektif dan efisien atau belum.

10. Pengukuran yang Lebih Akurat

Iklan online memberikan kemampuan pengukuran kinerja yang lebih tepat dibandingkan dengan iklan biasa. Anda dapat melihat jumlah penayangan iklan, jumlah klik, konversi pembelian setelah melihat iklan, dan lain-lain dengan lebih akurat.

Hal ini juga memungkinkan Anda untuk evaluasi kinerja iklan dan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya dengan data yang lebih tepat. Selain itu, pengukuran kinerja yang tepat juga memungkinkan perhitungan ROI (Return on Investment) yang lebih akurat.

3 Kekurangan Iklan Online

Selain beragam kelebihan yang dimiliki oleh iklan online, strategi promosi ini pun memiliki sejumlah kekurangan yang mesti Anda perhatikan. Berikut adalah diantaranya.

1. Persaingan yang Ketat

Banyak manfaat yang ditawarkan oleh iklan digital, sehingga banyak pebisnis yang mulai menggunakan platform ini dlaam mempromosikan produk. Hal ini mengakibatkan persaingan yang ketat di antara bisnis digital. Untuk bisa bersaing di dalamnya, penting untuk memahami dengan baik keunikan produk yang Anda tawarkan dan maksimalkan kelebihannya. 

2. Risiko Keamanan dan Privasi Data

Setiap platform iklan digital tentunya memiliki risiko keamanan data. Maka dari itu, pastikan Anda waspada terhadap berbagai jenis virus Trojan atau malware. Setiap akun media sosial rentan terhadap upaya peretasan. Pastikan juga Anda menjaga keamanan data pribadi dengan baik.

3. Respon Negatif yang Lebih Cepat Tersebar

Meskipun sistem digital memfasilitasi penyebaran informasi produk dengan cepat dan memungkinkan interaksi dengan audiens dengan mudah, namun bagaimana jika respons yang diterima bersifat negatif? Terlebih lagi, media sosial mempermudah siapa pun untuk menyampaikan pendapat mereka. Oleh karena itu, pesan negatif dapat tersebar dengan lebih cepat, dan akhirnya reputasi bisnis Anda dapat tercemar.

3 Tips Iklan Online Yang Bisa Anda Gunakan

Ketika Anda memutuskan penggunaan iklan online untuk bisnis, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Hal ini dilakukan supaya iklan online yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan target pasar. Ini dia tips iklan online yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil maksimal.

1. Tentukan Target Pasar

Pastikan Anda menentukan target pasar yang spesifik untuk memudahkan alur kerja dari iklan online kedepannya. Misalnya ketika Anda menjual produk kecantikan cegah penuaan yang ingin menyasar kaum perempuan, kaum perempuan yang seperti apa? 

Buat menjadi lebih spesifik untuk kaum perempuan yang membutuhkan produk Anda yaitu perempuan muda yang ingin mencegah penuaan dini. Umur berapa? Golongkan lagi menjadi perempuan berusia 18-25 tahun.

Nah, setelah target pasar Anda jelas dan spesifik maka penentuan jenis dan iklan online pun akan menjadi lebih mudah. Informasi target pasar juga dapat membantu iklan online berjalan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

2. Ketahui Jenis Iklan Yang Tepat

Setelah mengetahui target pasar, Anda dapat melanjutkan untuk menentukan jenis iklan. Apa jenis iklan yang cocok untuk perempuan usia 18-25 tahun? Anda dapat melihat pasar, platform mana yang sering dikunjungi. Misalkan adalah sosial media tempat di mana perempuan usia 18-25 tahun aktif menghabiskan waktunya. 

Kemudian sponsorship influencer yang sering ditiru hingga situs apa saja yang sering dibuka untuk menjadi web pihak ketiga. Jenis iklan yang tepat akan memudahkan ketepatan performa iklan online.
Banner Ads - Lead Gen 2

3. Tentukan Bentuk Iklan Sesuai Jenisnya

Setelah mendapatkan jenis iklan yang sesuai, maka Anda perlu menyesuaikan bentuk iklan. Apabila memilih jenis iklan sosial media, maka bentuk iklan dapat berupa gambar maupun video yang menarik dan tepat di platform media sosial yang dipilih. Ini akan menarik perhatian pasar dan membuat iklan online bekerja lebih efisien.

4. Tentukan Anggaran dengan Bijak

Penting bagi Anda untuk mengalokasikan anggaran secara bijaksana untuk kampanye iklan online. Pastikan anggaran Anda sesuai dengan target audiens dan tujuan kampanye iklan online Anda. Selalu pantau pengeluaran Anda dan sesuaikan jika perlu untuk memperoleh hasil maksimal dari kampanye iklan online Anda.

Nah itulah tadi informasi lengkap mengenai keunggulan iklan online dan juga tips yang dapat Anda gunakan. Untuk mendukung kemajuan bisnis, Anda dapat menggunakan layanan Jasa Iklan Facebook dan Jasa Google Ads dari Toffeedev. Hubungi kami sekarang juga, teman andalan untuk bisnis Anda.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top
WhatsApp chat