4 Macam Lead Magnet yang Efektif untuk Bisnis Anda

Pernahkah Anda mendengar istilah lead magnet? Mendapatkan customer merupakan hal yang bisa dibilang sulit apalagi di situasi seperti sekarang ini. Akhirnya, banyak pebisnis yang mulai terjun ke dunia digital marketing untuk memasarkan bisnisnya. Berbagai macam konten dibuat untuk meningkatkan traffic website dan tentunya, dalam sebuah website yang memiliki blog di dalamnya akan menawarkan pengunjung untuk melakukan subscribe newsletter.

Fitur subscribe newsletter sendiri bertujuan agar pengunjung website dapat melihat info terkini seputar perusahaan beserta produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data pengunjung seperti email sehingga Anda dapat mengirimkan promosi dan penawaran terbaru melalui email marketing. Namun tentunya, tidak semua pengunjung website akan memberikan email mereka dengan cuma-cuma dan untuk itulah lead magnet dibutuhkan di sini. Jadi, apa itu lead magnet? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Lead Magnet?

Lead magnet adalah sebuah metode promosi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan data customer seperti nama, email, dan juga nomor telepon. Anda bisa membuat strategi yang baik untuk mendapatkanya. Sebuah lead magnet bisa dikatakan efektif apabila Anda memiliki:

  • Value yang tinggi dan bermanfaat untuk customer
  • Customer merasa puas dengan kehadiran produk atau jasa yang Anda miliki
  • Anda berhasil mempersuasi customer dengan mendemonstrasikan keunggulan produk atau jasa yang dimiliki

5 Macam Lead Magnet yang Dapat Anda Lakukan 

Setelah Anda memahami pengertiannya, kami akan memberikan beberapa ide yang bisa Anda lakukan untuk dapat membuat lead magnet yang baik dan juga efektif. Adapun 5 macam metode yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Membuat Konten Edukatif

Buatlah konten artikel yang edukatif dan juga informatif agar pengunjung website Anda mendapatkan manfaat setelah membacanya. Dengan demikian, jika pengunjung mendapati konten yang Anda buat sangat bermanfaat untuk mereka, maka pastinya mereka akan tertarik untuk berlangganan newsletter agar mendapatkan update terbaru dari blog Anda. 

Baca Juga : Membuat Konten Untuk Mendatangkan Leads

2. Memberikan Free Sample atau Tester

Anda bisa mencoba memberikan free sample atau tester dan kemudian menyebarkan kuesioner yang dapat customer isi. Jika perusahaan Anda menawarkan jasa, maka Anda bisa memberikan free trial untuk mereka menggunakan jasa tersebut. Setelahnya, mereka dapat mengisi kuesioner yang berisikan data diri. Dengan kuesioner tersebut, Anda tidak hanya mendapatkan data email mereka saja, namun juga data demografi, psikologi, dan juga geografi yang dapat digunakan sebagai bahan analisa target market. 

3. Membuat Case Study

Salah satu teknik marketing yang efektif adalah dengan menggunakan case study dari pengalaman customer Anda sebelumnya. Customer akan dapat lebih memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan menggunakan case study sehingga Anda dapat memancing mereka untuk berlangganan newsletter.

Baca Juga : Contoh Newsletter yang Dapat Meningkatkan Sales

4. Mengadakan Promo Menarik

Buatlah promo menarik melalui website Anda dengan syarat khusus yaitu customer harus memasukkan data email mereka. Dengan menggunakan cara ini, customer akan merasa diuntungkan karena mereka bisa mendapatkan promo yang Anda tawarkan. 

Buat Lead Magnet dengan Memanfaatkan Digital Marketing

Sekarang Anda sudah mengerti dan memahami apa itu lead magnet tentunya, bukan? Anda bisa mulai menyusun strategi digital marketing yang tepat untuk mendapatkannya mulai dari membuat konten website secara rutin untuk dapat memunculkan website Anda pada halaman pertama Google. Dengan begitu, traffic website Anda akan semakin meningkat dan peluang untuk mendapatkannya juga semakin luas. Silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga bila Anda membutuhkan jasa konsultan SEO yang dapat menghasilkan lead magnet untuk Anda.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat