Berbagai Macam Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Di dunia digital marketing ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa digunakan, salah satunya email marketing. Apalagi zaman sekarang, email marketing menjadi salah satu saluran yang kerap digunakan untuk memasarkan suatu bisnis. Melalui hal ini, tidak hanya informasi produk yang dapat diakses tetapi juga interaksi dengan konsumen. Untuk bisa merasakan manfaat strategi ini, ada baiknya kita mengetahui berbagai jenis email marketing

Macam – Macam Email Marketing

1. Welcome Email

Email ini biasanya dikirimkan sesaat setelah orang-orang berlangganan newsletter website, mengunduh e-book, atau menekan tombol subscribe di halaman situs. Isinya bisa berupa ucapan terima kasih dan informasi tambahan seperti program yang ditawarkan atau produk dan jasa lain yang dijual.

Melalui email ini kita bisa memperkenalkan personality dan branding kepada pengguna baru. Jika yang dijual jasa, email bisa juga berisi tentang bagaimana mekanisme kerja perusahaan dan alur-alur yang harus ditempuh apabila pengguna ingin memakai jasa kita. 

Baca Juga : Waktu Terbaik Mengirim Email Marketing yang Perlu Anda Ketahui

2. Buletin atau Newsletter

Selanjutnya buletin online atau newsletter. Banyak sekali perusahaan digital memanfaatkan jenis email marketing semacam ini untuk memperkenalkan segala hal tentang produk yang mereka jual. Biasanya, isi newsletter tidak hanya berisi tentang product knowledge tetapi juga kumpulan artikel informatif menarik untuk subscriber situs Anda.

Agar lebih atraktif, gunakan gambar-gambar eye catching yang bersifat call-to-action (CTA). Sebaiknya jangan ragu untuk bereksplorasi dengan isi buletin ini setiap kali penerbitan agar pengguna atau pengunjung masih selalu bersedia menerima email marketing dari website kita setiap bulannya.

3. Email Katalog

Selain newsletter, Anda juga bisa mengirimkan katalog produk atau jasa untuk memberikan product knowledge pada pengguna. Karena berupa katalog, sifat email ini cenderung hard selling. Jadi jangan ragu memasang informasi tentang kelebihan produk selengkap mungkin.

Gunakan gambar high definition menarik dan cantumkan pula harganya. Dibanding email marketing lainnya, katalog memang terlalu “menjual” yang berakibat orang enggan menerimanya. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan teknologi CRM untuk menganalisa kebutuhan setiap pengguna.

Baca Juga : Mengenal CRM Lebih Dalam

Sistemnya hampir mirip dengan algoritma Facebook. Jadi secara otomatis teknologi tersebut akan membantu menyortir pelanggan berdasarkan kebiasaan mereka saat berkunjung di situs agar kita bisa mengirimkan email marketing berupa katalog ke orang yang tepat.

4. Email Transaksional

Email ini biasanya dikirimkan ke para pelanggan yang sudah melakukan pembelian produk atau jasa. Bentuknya berupa tanda terima, status orderan, info tagihan, faktur, atau segala hal yang berhubungan dengan pembelian. Agar memiliki “nilai jual,” sisipkan pula informasi tentang promo atau produk baru.

Jangan lupa tuliskan ucapan terima kasih pada pelanggan agar mereka merasa dihargai dan tertarik untuk bertransaksi lagi di lain hari. Seperti email marketing lainnya, sebaiknya buat tampilan email transaksional semenarik mungkin dengan visualisasi atau grafis atraktif.

5. Email Sponsorship

Jika ingin menjangkau pasar yang lebih luas untuk mendapat pelanggan baru, Anda bisa memanfaatkan email sponsorship. Untuk membuat email ini, Anda harus melakukan pembayaran dahulu agar email bisa dimasukkan ke newsletter vendor lain yang dikirimkan ke pelanggan potensial. 

Salah satu keuntungan membuat email ini adalah, Anda bisa bebas menentukan target promosi dan mengirimkan email ke orang-orang yang tepat sehingga kemungkinan terjadinya transaksi penjualan di masa mendatang pun semakin besar.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Plugin Email Marketing untuk WordPress

Itulah ulasan tentang beberapa jenis email marketing. Selain dapat mempromosikan produk dan jasa serta menarik pelanggan baru, keberadaan email marketing juga dapat membantu memaksimalkan upaya optimasi situs. Jika klik CTA dari email marketing yang dikirim cukup banyak bukan tidak mungkin Google akan memberi kita skor yang memuaskan.Untuk informasi tentang SEO dan strategi digital marketing lain, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan digital marketing agency tepercaya. Semoga bermanfaat.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat