Macam-macam Media Promosi yang Umum Saat ini

Macam Macam Media Promosi

Promosi adalah salah satu langkah yang harus dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Tanpa adanya promosi, maka sudah pasti sulit untuk memasarkan produk atau jasa yang dipasarkan, khususnya produk-produk atau jasa baru. Saat ini sudah ada macam-macam jenis media promosi yang umum digunakan oleh pelaku bisnis. Tapi sayangnya tidak semua media promosi tersebut dipergunakan secara maksimal.

Ya, ada beberapa anggapan bahwa ada media promosi yang sudah tidak lagi relevan pada saat ini. Mereka menganggap bahwa media promosi tersebut sudah dimakan zaman dan tidak akan memberikan efek yang besar. Padahal anggapan itu sudah pasti salah. Dalam praktiknya, tidak ada jenis media promosi yang sudah tidak relevan. Ini semua tergantung dari seberapa bergunanya jenis media promosi tersebut.

Fungsi Media Promosi Sebagai Strategi Pemasaran

Tujuan utama dari menggunakan media sebagai sarana promosi adalah untuk menawarkan produk atau jasa dan meningkatkan penjualan. Berikut berbagai fungsi media promosi baik berupa barang atau jasa dalam menarik calon pembeli:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Kompetitor bisnis akan selalu ada sebagai saingan Anda, maka dari itu salah satu fungsi media promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda. Brand awareness adalah salah satu faktor dengan kualitas yang bagus dan dinilai sangat penting untuk memperkuat hubungan Anda dengan brand dan juga pada pelanggan.

2. Menarik Perhatian Masyarakat

Anda dapat memperkenalkan produk atau jasa Anda pada masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan promosi. Mustahil masyarakat tahu keberadaan produk atau bisnis perusahaan Anda tanpa adanya promosi. Maka dari itu, kegiatan promosi diperlukan untuk meningkatkan promosi penjualan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

3. Menjaga Pelanggan Untuk Tetap Loyal

Menjaga pelanggan Anda agar tetap loyal menjadi ciri bisnis yang sukses dan dapat dilakukan dengan media promosi. Anda bisa memberikan suatu penawaran spesial untuk para pelanggan Anda agar mereka setia pada produk Anda. Ingat, menjual produk atau layanan jasa ke pelanggan lama akan lebih mudah daripada mencari pelanggan baru.

4. Meningkatkan Penjualan Produk

Upaya promosi yang dijalankan dengan baik akan mendongkrak penjualan produk Anda secara signifikan. Karena promosi menunjukkan bahwa Anda mempresentasikan merek atau perusahaan Anda kepada calon pelanggan baru.

5. Menambah Nilai Produk

Anda dapat meningkatkan nilai produk atau layanan yang Anda miliki dengan melakukan upaya promosi. Selain itu, pemasaran yang Anda lakukan akan mengubah cara pandang calon calon pelanggan terhadap barang atau jasa yang Anda berikan. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dan sebagai hasilnya akan lebih mudah menerima penawaran barang dan jasa Anda.

Tips Menggunakan Media Promosi yang Tepat 

Anda harus hati-hati merencanakan pendekatan promosi Anda dan tidak boleh dilakukan dengan tergesa-gesa. Saran berikut dapat membantu Anda membuat media promosi Anda lebih terfokus.

  • Menganalisis pasar yang pas untuk segmentasi Anda
  • Membuat promosi diskon
  • Membuat promosi cashback
  • Memberikan loyalty point
  • Memberikan voucher belanja
  • Memaksimalkan penggunaan digital marketing

Berikut ini Jenis Media Promosi yang Digunakan dalam Pemasaran Produk

Semua bisnis tahu media promosi atau media iklan mana yang paling cocok untuk mereka saat ini. Mungkin beberapa poin di bawah ini bisa menjadi pilihan Anda pada ke depannya. Apa saja macam-macam media promosi yang bisa digunakan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jasa SEO

1. Media Sosial

Salah satu media promosi yang paling umum digunakan adalah media sosial. Ya, bisnis apa yang tidak memiliki akun media sosial hari ini? Pasti semua memilikinya. Jikalau Anda memang belum memilikinya, sebaiknya segera dibuat. Ada beberapa platform yang cocok dijadikan media iklan atau media promosi yang efektif. Dimulai dari Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok yang termasuk ke dalam media online.

Perlu digarisbawahi bahwa Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbesar dalam urusan pengguna sosial media. Dengan fakta ini, maka sudah seharusnya sosial media menjadi media promosi online yang tepat untuk dipilih.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing 2021 yang Perlu Diketahui

2. Brosur

Banyak orang yang berpikir bahwa brosur itu sudah tidak relevan. Padahal bagi sebagian bisnis, brosus masih layak digunakan sebagai media iklan pada kegiatan promosi bisnis. Dengan brosur, maka bisnis tersebut bisa mengenalkan produk-produk apa saja yang mereka jual melalui media cetak. Selain itu, untuk mempromosikan produk atau jasa yang baru dirilis pun juga bisa dipromosikan dengan memanfaatkan media iklan brosur.

Terkait brosur, ada kedekatan yang bisa dijalin dengan calon konsumen ketika diberikan brosur tersebut. Maka dari itu, ketika Anda melihat ada bisnis yang sedang mempromosikan usahanya di pusat perbelanjaan atau mal, brosur menjadi salah satu media cetak untuk promosi yang mereka gunakan.

3. Banner

Untuk promosi offline, banner terhitung media promosi atau media iklan yang memiliki pengaruh besar. Pasti Anda sering melihat banner ketika sedang berada di jalan. Tentu saja dengan jumlah yang cukup banyak. Lama kelamaan, Anda akan memperhatikan isi dari banner tersebut dan akhirnya tahu produk apa yang sedang dipasarkan.

Banner sendiri juga dapat digunakan di media internet alias media online. Banyak website yang memasang banner untuk mereka jadikan media promosi. Tentunya dengan diisi oleh gambar-gambar dan Call-To-Action (CTA) yang bisa menarik perhatian pengunjung website.

4. Iklan

Ya, iklan dalam bentuk video juga masih menjadi media pemasaran atau media iklan yang efektif pada hari ini. Banyak bisnis yang tetap berusaha membuat iklan setiap beberapa bulan sekali. Apalagi ketika ada program yang besar dan baru yang ingin dipromosikan. Dengan iklan yang dikemas dengan sisi kreativitas yang besar, maka orang-orang akan tertarik untuk memperhatikan isi dari iklan tersebut. Selain itu, iklan ini juga tidak hanya bisa diputar di televisi saja, tetapi juga di dunia maya, termasuk sosial media.

Baca Juga: Cara Promosi di Instagram dengan Mudah

Itulah berbagai jenis media promosi atau media iklan yang sudah sangat umum digunakan saat ini. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat