Macam-macam Strategi Promosi Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Alasan terbesar mengapa promosi menjadi hal yang penting adalah karena hal ini bisa membuat orang-orang tertarik dengan bisnis Anda. Tidak ada yang akan membeli produk atau layanan yang belum pernah mereka dengar. Mereka juga tidak akan membelinya jika mereka tidak tahu apa yang ditawarkan perusahaan Anda. Inilah sebabnya mengapa strategi promosi yang baik sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa perusahaan menggunakan macam-macam strategi promosi bisnis, sementara yang lain mungkin menggunakan strategi yang berbeda untuk tujuan pemasaran yang berbeda. Terlepas dari produk atau jasa apa yang ditawarkan perusahaan Anda, serangkaian strategi promosi yang kuat dapat membantu memposisikan perusahaan dalam posisi yang menguntungkan. Membuka kesempatan untuk menjalin komunikasi di masa depan dengan para konsumen.

Macam-macam Strategi Promosi Bisnis

Ketika berbicara tentang mempromosikan produk atau layanan baru, akan ada banyak pilihan di luar sana. Mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai dan metode promosi mana yang akan memberikan hasil terbaik. 

Strategi promosi adalah rencana yang dapat ditindaklanjuti untuk mempengaruhi orang mengenai bisnis Anda. Menghasilkan lebih banyak prospek dan meningkatkan engagement dengan pelanggan. Hal ini akan membantu dalam mencari tahu siapa yang harus ditargetkan sebagai audiens dan di mana serta kapan harus melaksanakan rencana promosi. Banyak pemasar yang menghabiskan budget sedikit lebih banyak untuk promosi bisnis setiap tahunnya. Tetapi mereka hanya menerima sedikit keuntungan dari hal tersebut. Ada terlalu banyak pilihan cara untuk memasarkan bisnis Anda. Pastikan bahwa pesan benar-benar menjangkau orang yang ingin ditargetkan.

Akan sangat sulit untuk mengubah orang menjadi pelanggan tanpa menggunakan pesan pemasaran untuk menciptakan hubungan emosional dan membangkitkan minat serta permintaan terhadap penawaran Anda.

Peran dari Promosi Pemasaran Produk dan Bisnis

Salah satu dari 4 P dalam marketing mix adalah promosi. Ini adalah bagian dari komunikasi pemasaran yang menjangkau pasar sasaran untuk mendapatkan kesadaran. Mendorong terjadinya komunikasi dengan prospek dan pelanggan. Promosi membantu Anda menarik perhatian target, menciptakan minat pada produk dan layanan, menghasilkan permintaan, dan mendorong mereka untuk membeli dari Anda.

Berikut ini adalah empat peran utama promosi untuk bisnis Anda:

1. Membangun Awareness

Membuat target audiens sadar akan produk dan layanan Anda adalah hal wajib. Anda harus mengidentifikasi audiens target, pesan pemasaran promosi, dan strategi yang digunakan untuk menjangkau mereka. Ini akan bisa membantu dalam membangun kesadaran bahwa merek Anda memiliki presence.

2. Mendapatkan Interest

Hal ini membutuhkan strategi pemasaran konten yang dirancang dengan baik untuk memberikan informasi yang cukup untuk membuat prospek tetap berminat untuk berhubungan dengan Anda. Juga sebagai sarana menunjukkan keunikan yang membedakan Anda dari pesaing.

3. Menghasilkan Demand

Membuat produk dan layanan Anda diinginkan adalah tujuan utama dalam berbisnis. Anda dapat membagikan info mengenai fitur dan manfaat untuk menciptakan hubungan emosional dengan prospek Anda. Membuat mereka ingin membeli atau menggunakan produk dan jasa.

4. Menciptakan Action

Menempatkan ajakan untuk target Anda akan bisa lebih mudah menciptakan hubungan dengan mereka. Anda dapat mendorong konversi melalui website Anda, iklan digital, dan media sosial.

Peran dari promosi ini mengikuti model pemasaran A.I.D.A. yang efektif. Artinya, promosi dapat berkontribusi pada semua proses pembelian konsumen. Selain itu, ini akan membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan memupuk pelanggan tetap untuk tinggal lebih lama bersama Anda.

Berbagai Jenis Strategi Pemasaran Produk

Terdapat berbagai jenis promosi yang bisa Anda gunakan untuk menarik minat konsumen. Beberapa jenis promosi tersebut adalah:

Personal Selling (tatap muka)

Tenaga penjual dari perusahaan memberi Anda presentasi penjualan secara langsung mengenai penawaran mereka. Berbeda dengan pendekatan lain, lebih mudah untuk membangun hubungan dengan target audiens.

  • Traditional Marketing

Anda dapat menggunakan iklan berbayar apa pun untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan mendorong engagement dan penjualan jangka pendek. Beberapa contohnya adalah iklan cetak, baliho, TV, radio, dll.

  • Direct Marketing/Digital Marketing

Ini adalah komunikasi langsung dengan audiens yang sangat ditargetkan melalui saluran pemasaran. Memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan feedback dengan cepat dan mempertahankan hubungan pelanggan. Digital marketing termasuk dalam jenis pemasaran ini. Dimana Anda dapat menargetkan iklan kepada target yang spesifik melalui kata kunci tertentu.

  • Promosi Penjualan

Melakukan kampanye pemasaran jangka pendek untuk mendapatkan perhatian dan mendorong konversi atau pembelian. Anda bisa mendapatkan tanggapan langsung dan interaktif, tetapi itu tidak baik untuk mengembangkan hubungan jangka panjang.

  • Public Relation

Dalam membangun citra perusahaan yang baik dan menumbuhkan hubungan pelanggan yang lebih kuat, Anda dapat memberikan informasi yang tepat dan menangani suara positif dan negatif dari konsumen.

Manfaat dari Strategi Pemasaran Produk

Strategi promosi akan menjadi cara terbaik yang bisa Anda andalkan dalam mencari target potensial. Hal ini akan berdampak besar pada proses pengambilan keputusan konsumen.

Ini adalah manfaat utama dari strategi promosi:

  • Menargetkan audiens yang tepat.
  • Mendapatkan brand awareness
  • Menarik prospek dan pelanggan.
  • Mempublikasikan promosi Anda pada waktu terbaik.
  • Meningkatkan traffic pelanggan yang berkualitas.
  • Menunjukan diferensiasi dari pesaing.
  • Menawarkan nilai lebih kepada pelanggan Anda.
  • Terlibat dengan audiens target Anda.
  • Mendorong pengambilan keputusan pelanggan.
  • Menemukan kemitraan potensial.
  • Buat hubungan pelanggan.
  • Membangun reputasi Anda.
  • Tetap terdepan dalam persaingan di pangsa pasar.
  • Meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Berikut ini adalah berbagai macam strategi promosi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda.

1. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi yang paling hemat biaya. Tetapi mampu memberikan ROI yang cukup tinggi daripada strategi pemasaran lainnya. Setiap bisnis harus fokus pada SEO. Ini adalah proses yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Melalui optimasi SEO, Anda akan dapat terus mendatangkan calon pelanggan baru untuk bisnis Anda, tanpa biaya apa pun. Bisa dengan memulai membuat blog, mengoptimalkan halaman-halaman, beranda, dan konten lainnya untuk mendapatkan traffic organik  yang berharga.

SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke website. Diharapkan orang-orang y6ang datang ini akan bisa menjadi konsumen yang secara aktif menelusuri produk dan layanan yang ditawarkan. Sekaligus menelusuri konten-konten lainnya. SEO bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja. Dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk mendapatkan hasil. Dalam mempermudah Anda. konsultasikan strategi ini bersama dengan perusahaan SEO ahli yang siap membantu. Salah satunya adalah ToffeeDev yang menyediakan jasa SEO dengan berbagai strategi efektif. Membantu bisnis Anda menuju tingkat selanjutnya.

Baca Juga: Memahami Apa Itu SEO dalam Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

2. Iklan Online

Iklan online atau SEM digunakan untuk menggambarkan iklan pencarian berbayar Google. Teknik ini sering digunakan sebagai strategi jangka pendek yang membawa visibilitas cepat ke produk atau layanan Anda. Dibandingkan dengan Search Engine Optimization (SEO), iklan pencarian berbayar dapat memberi Anda hasil yang cepat. karena membantu Anda untuk menjangkau pelanggan target secara instan. Strategi menggunakan kekuatan web untuk memasarkan produk Anda. Saat ini, ada banyak cara untuk beriklan secara digital. Beberapa diantaranya adalah:

  • Iklan mesin pencari

Iklan ini menaikkan website Anda ke bagian atas halaman hasil pencarian sehingga pelanggan melihat produk atau merek Anda terlebih dahulu. Efektif untuk mendapatkan traffic dengan cepat.

  • Iklan bergambar

Iklan ini adalah spanduk yang dapat diklik yang akan Anda temukan di laman web di seluruh internet.

  • Iklan media sosial

Facebook, Twitter, dan Instagram semuanya menawarkan berbagai cara untuk “mensponsori” konten. Postingan Anda akan otomatis muncul di feed calon pelanggan.

  • Retargeting ads

Menjangkau pelanggan yang telah menyatakan minatnya pada bisnis atau layanan Anda, baik dengan Googling, mengunjungi website, atau mengunjungi halaman media sosial Anda.

Sangat disarankan untuk membuat iklan online yang dapat muncul pada kata kunci terkait pesaing Anda. Ini akan mengamankan eksposur Anda pada kata kunci tersebut dan pada akhirnya kesempatan untuk mengubah klien dari pesaing menjadi klien Anda.

Iklan online ini akan memberi Anda kesempatan untuk menguji kinerja iklan dan mengukur hasil yang bisa dikumpulkan untuk setiap kampanye. Google Ads memberi Anda akses ke data mendalam tentang iklan dengan performa terbaik dalam hal: impressions, clicks, Click-Through-Rate (CTR), top performing keywords, dll. Bergantung pada sasaran kampanye, Anda dapat mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi apa yang pada akhirnya perlu Anda optimalkan untuk kinerja yang lebih baik di masa mendatang.

Untuk mempermudah Anda dalam hal ini, ToffeeDev juga menyediakan jasa Google Ads yang bisa membantu dalam menjangkau audiens dengan cepat. Strategi ini disusun berdasarkan kebutuhan Anda. Sehingga akan sangat efektif dalam membantu bisnis Anda berkembang.

Baca Juga: 3 Cara Pasang Iklan di Google untuk Bisnis

3. Membuat Website

Dunia seakan berada di genggaman tangan kita. Serta informasi berada di ujung jari. Internet memang luar biasa. Terus mengubah cara masyarakat untuk terhubung dengan orang-orang, berbagi informasi, dan menjalani kehidupan yang berkualitas. Banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di internet. Melakukan banyak hal. Seperti membeli produk, menggunakan layanan, membaca blog, menghibur diri, atau karena berbagai alasan lainnya. Mempertimbangkan jumlah waktu yang dihabiskan orang di internet, bisnis juga telah pindah ke online. Memiliki website untuk pemilik bisnis dalam berbagai ukuran menjadi hal yang krusial.

Pelanggan saat ini mengharapkan bisnis untuk memiliki website sebagai bentuk kehadiran mereka dalam dunia online. Ini adalah langkah pertama yang penting dalam membangun kepercayaan. Bagi sebuah bisnis, website sangat penting. Untuk melangkah lebih jauh, website bisnis harus unggul dalam fitur dan navigasinya. Pelanggan lebih cenderung mempercayai bisnis dan memanfaatkan layanan mereka. website adalah alat penting bagi bisnis untuk membangun kredibilitas mereka dan membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Untuk bisa membuat website yang baik, akan dibutuhkan keahlian yang terampil. ToffeeDev siap membantu Anda dalam hal ini. Manfaatkan jasa pembuatan website profesional kami untuk bisnis Anda. Sehingga akan bisa menciptakan presence yang baik membuat para pelanggan percaya dengan Anda.Jasa SEO

4. Influencer Marketing

Bekerja sama dengan influencer adalah strategi pemasaran nomor satu untuk banyak merek. Jawaban sederhana mengapa pemasaran influencer bekerja mencakup manfaat ini:

  • Jangkau audiens yang lebih besar
  • Bangun kepercayaan untuk merek Anda
  • Kembangkan pengikut sosial Anda
  • Tingkatkan lalu lintas situs
  • Dapatkan lebih banyak prospek
  • Mendorong penjualan

Ketika Anda melihat artis dan orang terkenal lainnya yang Anda ikuti mengenakan atau menggunakan barang tertentu, kemungkinan besar Anda juga akan melakukan hal yang sama. Influencer yang Anda lihat di media sosial memiliki beberapa ratus ribu atau lebih dari satu juta pengikut di Instagram atau Tik Tok atau YouTube. Orang-orang ini telah membangun audiens yang mereka peroleh, itulah sebabnya mereka disebut influencer. Ingatlah bahwa membangun pengikut sangat sulit. YouTube dan Facebook membayar orang-orang ini banyak uang karena mereka memiliki pemirsa organik yang besar.

5. Social Media Marketing

Strategi yang satu ini dapat membantu dengan sejumlah tujuan, seperti:

  • Meningkatkan lalu lintas situs web
  • Konversi bangunan
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Menciptakan identitas merek dan asosiasi merek yang positif
  • Meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan audiens utama

Semakin besar dan semakin terlibat audiens Anda di jaringan media sosial, semakin mudah bagi Anda untuk mencapai setiap tujuan pemasaran lainnya dalam daftar Anda!

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Indonesia
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Untuk membangun otoritas di media sosial, Anda perlu membuat konten berkualitas tinggi secara teratur. Selalu jaga konsistensi saat memposting konten. Jangan lupa untuk selalu melibatkan para target audiens di setiap postingan media sosial Anda.

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing 2021 yang Perlu Diketahui

6. Hadiah dan Sampel Produk

Pemberian produk sampel yang bisa dicicipi adalah metode yang sering digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk makanan dan rumah tangga baru. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mensponsori promosi di dalam toko, memberikan sampel produk untuk menarik publik yang membeli agar mencoba produk baru.

7. Program Insentif dan Referral

Program insentif dan referral adalah cara untuk mendorong pelanggan untuk merujuk pelanggan baru ke toko Anda. Produk gratis, diskon besar, dan hadiah adalah beberapa insentif yang dapat Anda gunakan. Ini adalah strategi promosi yang memanfaatkan basis pelanggan Anda sebagai tenaga penjualan.

8. Charity

Mempromosikan produk Anda sambil mendukung suatu tujuan dapat menjadi strategi promosi yang efektif. Memberi pelanggan perasaan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar akan menarik minat mereka. Anda mendapatkan pelanggan dan citra yang baik. Pelanggan mendapatkan produk yang dapat mereka gunakan dan rasa membantu suatu tujuan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan persentase keuntungan produk untuk tujuan perusahaan Anda telah berkomitmen untuk membantu.

9. Kontes sebagai Strategi Promosi

Kontes adalah strategi promosi yang sering digunakan. Banyak kontes bahkan tidak memerlukan pembelian. Idenya adalah untuk mempromosikan merek Anda dan menempatkan logo dan nama perusahan di depan publik dibandingkan menghasilkan uang melalui kampanye penjualan. Kontes dapat menarik perhatian ke produk Anda dengan baik.

Dengan strategi promosi yang berhasil, Anda akan dapat meningkatkan keterlibatan dan konversi produk dan layanan Anda. Mereka juga akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan dan sebagai hasilnya, mengembangkan bisnis Anda. Itulah dia taktik promosi yang berguna. Semuanya akan dapat Anda terapkan dengan segera. Yang penting, jangan menunggu sesuatu terjadi, ambil inisiatif untuk memulainya. Jangan lupa untuk konsultasi bersama digital marketing agency ToffeeDev untuk membawa bisnis Anda ke level selanjutnya menggunakan strategi promosi yang efektif. Kunjungi website kami untuk mendapatkan berbagai informasi berguna yang bermanfaat untuk bisnis Anda kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post