Inilah Berbagai Manfaat Email Marketing bagi Bisnis Anda

Untuk menjalankan bisnis di era digital seperti sekarang, Anda memerlukan strategi pemasaran yang berbasis digital pula. Salah satu komponen yang tak boleh dipisahkan dari strategi tersebut adalah menggunakan email marketing. Saat digunakan, sejumlah manfaat email marketing bisa langsung dirasakan oleh pemilik usaha, baik yang baru terjun dalam bidang bisnis maupun yang telah berstatus sebagai pebisnis dalam waktu lama.

Tak seperti fungsi surat elektronik pada umumnya, jenis email ini memiliki fungsi khusus sebagai media pemasaran yang langsung menghubungkan pemilik usaha dengan konsumen sasaran. Apa sajakah manfaatnya? Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Email Marketing?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaatnya, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan email marketing. Dalam istilah strategi pemasaran, email marketing dapat dimaknai sebagai suatu metode pemasaran yang menggunakan email atau pesan elektronik sebagai media utamanya.

Baca Juga : Berbagai Jenis Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Ketika dijalankan, email marketing akan mengirimkan pesan khusus berisi pesan promosi atau pengumuman komersial yang dialamatkan langsung kepada pelanggan setia maupun calon pelanggan. Pesan tersebut dapat berupa informasi mengenai produk dan jasa, penawaran menarik seperti potongan harga, content branding, hingga penawaran status membership

Apa pun bentuk dan isinya, email marketing bertujuan untuk menjalin komunikasi yang lebih personal antara pemilik bisnis dan konsumen. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini bisa menjadi salah satu strategi andalan yang lebih mudah dalam menjangkau pelanggan dan meningkatkan jumlah penjualan.

Manfaat Email Marketing bagi Bisnis yang Anda Jalankan

Berikut adalah beberapa manfaat email marketing yang berdampak positif bagi pengembangan bisnis Anda.

1. Menjadi Strategi Branding yang Efektif

Karena mampu menjangkau pelanggan secara langsung dan personal, email marketing kerap dianggap sebagai strategi branding yang paling efektif. Pelanggan yang menerima email berisi segala informasi tentang bisnis Anda akan lebih mudah mengingat brand maupun produk dan jasa yang dipromosikan. Hal ini mampu membentuk suatu jalinan kedekatan yang tidak bisa dicapai oleh strategi promosi di media lainnya. 

Baca Juga : Branding Vs Quality Vs ‘Good’ enough

2. Memudahkan Listing Data Pelanggan

Agar lebih tepat menentukan sasaran bisnis, Anda tentu perlu mengetahui demografi berupa data pelanggan, seperti jenis kelamin, usia, atau pekerjaan. Seluruh informasi tersebut bisa didapatkan dengan lebih mudah jika Anda menggunakan email marketing sebagai strategi pemasaran. Melalui email yang dikirimkan, Anda bisa melampirkan formulir yang harus diisi dengan informasi pelanggan sekaligus memberikan diskon sebagai gantinya.

3. Menghemat Biaya

Poin ini dianggap sebagai poin yang paling menguntungkan, terutama jika Anda seorang pebisnis pemula yang masih terkendala modal dan dana. Email marketing bisa dimanfaatkan sebagai strategi promosi yang lebih terjangkau ketimbang Anda harus menyewa slot iklan di media cetak, elektronik, atau bahkan media sosial.

4. Menciptakan Komunikasi Dua Arah antara Pebisnis dan Pelanggan

Umumnya, email digunakan sebagai media komunikasi dua arah antara seseorang dengan orang lainnya. Kondisi ini sebenarnya dapat pula dipraktikkan dalam strategi email marketing. Jika data pelanggan sudah diperoleh, Anda bisa menggunakannya langsung untuk menyapa secara lebih personal dengan membubuhkan nama layaknya tengah menghubungi seorang teman lama.

Baca Juga : Strategi Komunikasi Pemasaran terhadap Brand

Demikian penjelasan mengenai manfaat email marketing serta pengertian singkatnya yang perlu Anda pahami. Selain menggunakan email marketing, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital yang Anda jalankan. Salah satunya dengan menggunakan jasa digital marketing agency yang akan menyusun strategi pemasaran terbaik dan tepat sasaran. Bisnis Anda pun akan dapat berkembang lebih mudah dari yang dibayangkan.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat