Marketing Tools, Alat yang Tepat Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

marketing tools adalah

Dalam membangun bisnis Anda, pasti membutuhkan strategi-strategi jitu agar bisnis Anda dapat maju dan berkembang. Salah satunya dengan melakukan pemasaran. Pemasaran yang dilakukan juga tidak sembarangan. Terdapat rencana dan juga tools yang sangat efektif untuk membantu memasarkan produk barang atau jasa yang Anda jual. Marketing tools adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu Anda memasarkan produk dengan digital marketing.

Marketing plan adalah suatu rencana yang telah disusun dari awal hingga akhir, agar pemasaran berjalan dengan baik. Pada artikel ini ToffeeDev akan mengajak Anda untuk mengenali apa saja marketing tools yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Namun sebelumnya, jika Anda baru dalam membangun bisnis, mengenali arti marketing itu sendiri akan membantu Anda untuk memahami poin-poin berikutnya. Langsung saja kita mulai, simak penjelasannya hingga akhir, ya!

Arti Marketing

arti marketing

Marketing adalah suatu usaha yang dilakukan oleh individu atau perusahaan untuk mempromosikan produk barang atau jasa yang dimiliki kepada konsumen. Tidak sekadar mempromosikan, marketing juga merupakan kegiatan untuk berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Intinya, marketing berguna untuk mengenalkan produk kepada pelanggan agar mereka tertarik dan memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. 

Jika kita lihat dari penjelasan di atas, tentu marketing merupakan usaha menjual produk, akan tetapi juga berusaha menawarkan solusi dari masalah-masalah yang dihadapi oleh konsumen. Oleh karena itu dalam melakukan marketing atau pemasaran sangat penting untuk mengetahui siapa target audience atau target konsumen dari produk Anda. Misalnya, produk Anda adalah produk asuransi sebagai proteksi untuk hari depan. 

Tentu saja target audience Anda bukan anak yang berada di bangku sekolah, bukan? Target audience Anda lebih kepada seseorang yang sudah bekerja dan berumur 23-40 tahun. Hal ini karena mereka sudah memiliki penghasilan tiap bulan untuk membayar asuransi, sedangkan anak yang masih dibangku sekolah belum memiliki penghasilan sendiri. 

Selain menentukan target audience, tentunya Anda sudah menentukan produk seperti apa yang ingin Anda jual. Jika semua persiapan awal sudah Anda lakukan untuk membangun bisnis Anda, maka tahap selanjutnya adalah melakukan marketing atau pemasaran itu sendiri. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan supaya bisnis Anda semakin berkembang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing untuk Perkembangan Bisnis

Arti Marketing Tools

arti marketing tools adalah

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan dalam mempromosikan bisnis Anda adalah dengan cara menggunakan tools marketing yang ada dengan maksimal. Pada bagian awal dari artikel ini telah disebutkan bahwa marketing tools adalah alat yang dapat digunakan untuk membantu Anda memasarkan produk.

Alat-alat pemasaran yang akan Anda gunakan tentu saja harus selaras dengan tujuan yang telah Anda buat sebelumnya. Hal ini karena setiap marketing tool memiliki kegunaannya masing-masing. Misalnya, tujuan Anda adalah untuk meningkatkan jumlah traffic atau jumlah pengunjung ke website Anda, maka cara yang Anda gunakan adalah SEO supaya website Anda berada pada bagian atas di halaman hasil mesin pencari.

Jika tujuan Anda adalah untuk mengumpulkan data mengenai konsumen atau target audience Anda, maka Anda dapat menggunakan platform-platform survei. Bagaimana? Apakah Anda mulai mengerti cara menggunakan marketing tools? Jika belum, Anda dapat melanjutkan membaca ke poin berikutnya. 

Baca Juga: Merencanakan Marketing Plan Untuk Produk Baru

Jenis Marketing Tools

jenis marketing tools adalah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap marketing tool memiliki kegunaannya masing-masing untuk membantu mencapai setiap goal bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa di antara sekian banyak tools yang ada. 

1. Sosial Media

Siapa yang tidak kenal dengan sosial media? Sosial media belakangan menjadi semakin banyak dibicarakan. Apalagi semenjak pandemi yang membuat semua orang beraktivitas dari rumah, sosial media menjadi sebuah platform di mana hampir seluruh masyarakat berkumpul. Dengan begitu, penggunaan sosial media biasa juga disebut dengan online marketing yang paling efektif. 

Disebutkan demikian karena memang sosial media merupakan platform online yang dapat menjangkau pasar yang sangat banyak dan luas, bahkan dapat menjangkau seluruh negara. Tidak hanya untuk bersosialisasi, sosial media saat ini justru merupakan platform untuk mengenalkan dan menawarkan produk Anda kepada pelanggan. 

Penggunaan sosial media dalam pemasaran Anda sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan atau pasar yang baru. Dengan banyak fitur yang tersedia, Anda dapat memaksimalkan penggunaannya agar bisnis Anda semakin berkembang. Selain itu penggunaan sosial media sangat penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan konsumen kepada produk dan brand bisnis Anda. 

Sosial media menjadi suatu platform bagi Anda untuk berinteraksi dua arah, membuat mereka nyaman dengan produk Anda melalui berbagai konten dan informasi yang bermanfaat bagi konsumen. Sosial media yang dimaksudkan beragam. Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, LinkedIn, Path, dan masih banyak lagi. 

Setiap sosial media juga memiliki karakteristik pengguna yang berbeda. Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk memakai salah satu sosial media yang ada, Anda perlu sekali lagi memastikan target audience seperti apa yang ingin Anda jangkau. 

Baca Juga: Cara Menghitung Engagement Rate Instagram

2. Website

Penggunaan website mungkin bukan sesuatu yang baru. Sejatinya penggunaan website untuk bisnis Anda akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas produk Anda dimata konsumen. Penggunaan website dalam bisnis juga memperlihatkan bahwa bisnis Anda melakukan bisnis dengan profesional dan tidak sembarangan. Selain itu, website yang digunakan dapat memberikan informasi-informasi penting yang perlu diketahui oleh konsumen Anda. 

Website yang ada juga bisa ditaruh pada akun-akun sosial media yang telah Anda buat. Dengan begitu, akan ada banyak konsumen yang berkunjung ke website Anda dan akhirnya memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Perlu diingat saat Anda menggunakan website, Anda harus menggunakan desain yang menarik, enak dipandang dan mudah digunakan oleh konsumen Anda. 

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan jasa-jasa pembuatan website yang telah tersedia. Saat ini sudah banyak agensi-agensi atau perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website dengan desain yang menarik serta penataan yang user-friendly, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak mengerti cara membuat website

Jasa SEO

3. Survei

Jenis marketing lainnya adalah survei. Melakukan survei sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa informasi dan pemikiran dari konsumen Anda terhadap produk atau brand Anda. Anda dapat mengetahui bagaimana kepuasan mereka, bagaimana pelayanan Anda atau Anda ingin mengetahui lebih lagi apa yang sebenarnya dicari oleh pelanggan Anda. 

Dengan melakukan survei, Anda jadi bisa lebih menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen Anda. Selain itu Anda juga dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kualitas produk dan pelayanan yang telah Anda lakukan sebelumnya. Dengan melakukan upgrade pada bagian-bagian tertentu pasti akan membuat bisnis Anda semakin baik dan semakin banyak dilirik oleh konsumen baru. 

4. Email Marketing

E-mail marketing atau pemasaran dengan e-mail juga merupakan jenis marketing tool yang sangat cocok digunakan untuk membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan Anda. penggunaan e-mail marketing sangat penting agar setiap pelanggan yang sudah memilih setia kepada produk Anda tetap merasa dihargai dan dihormati sebagai pelanggan. 

E-mail juga dapat Anda gunakan untuk menawarkan produk serupa seperti yang sebelumnya telah dibeli oleh pelanggan. Selain itu informasi dan program-program terkait produk dan brand bisnis Anda. 

5. Loyalty Program

Masih berhubungan dengan menjaga pelanggan setia Anda, loyalty program merupakan salah satu jenis marketing yang sangat efektif untuk menjaga pelanggan Anda. Mendapatkan pelanggan dan pasar yang baru dari produk Anda memang sesuatu yang sangat penting. Akan tetapi jika Anda tidak menjaga pelanggan yang sudah ada sebelumnya, maka sama saja seperti Anda memasukkan buah-buahan yang Anda kumpulkan ke dalam keranjang yang bolong. 

Menjaga pelanggan setia Anda tentu jauh lebih penting dibandingkan mendapatkan pelanggan yang sama sekali baru mengenal produk Anda. Hal ini karena pelanggan setia Anda akan menjadi “senjata ampuh” yang Anda miliki dalam bisnis Anda. Pelanggan setia yang puas terhadap produk dan pelayanan yang Anda berikan sejatinya akan membagikan dan mempromosikan kepada orang-orang di sekeliling mereka tentang betapa bagusnya produk Anda. 

Merekalah yang akan membantu Anda untuk membuat pelanggan yang baru justru berdatangan karena testimoni yang diberikan terhadap produk Anda. Pengalaman-pengalaman baik inilah yang sebenarnya perlu Anda pastikan dirasakan oleh setiap pelanggan yang membeli produk dari Anda. Pengalaman baik merekalah yang akan menjadi strategi pemasaran paling efektif untuk menjangkau semakin banyak pelanggan. 

Faktanya, sebanyak 70% orang akhirnya memutuskan membeli suatu produk karena testimoni yang diberikan oleh pelanggan setia Anda. Oleh karena itu memberikan program loyalty seperti diskon, promo bundle, dan benefit lainnya yang tidak dimiliki oleh pelanggan baru akan membuat pelanggan setia Anda tetap bertahan dengan produk dan brand bisnis Anda.

Baca Juga: Brand Switching : Pengertian, Faktor dan Cara Mencegahnya

Aplikasi Marketing Tools Untuk Anda Gunakan

aplikasi marketing tools adalah

Jika Anda sudah mengerti jenis marketing tools yang dapat Anda gunakan pada poin sebelumnya, berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

1. Trello

Trello adalah sebuah website yang dapat membantu Anda menyusun dan mengorganisasi strategi-strategi yang telah Anda tentukan sebelumnya. Dengan Trello, Anda dapat mengelompokkan setiap tugas berdasarkan kelompok yang Anda tentukan. Misalnya ada beberapa kelompok seperti jadwal posting feed instagram, jadwal live, jadwal menggunakan ads, ide-ide dan kelompok-kelompok yang lain. 

Selain itu Anda juga bisa mengundang rekan tim Anda agar semua orang bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan. Fitur-fitur seperti deadline dan pengingat lainnya juga bisa Anda gunakan dengan maksimal untuk membantu melancarkan setiap strategi yang telah dibuat. Penggunaan Trello menjadi penting agar setiap goal yang Anda tentukan dapat dicapai dengan jadwal yang telah Anda dan tim tentukan. 

2. Canva

Canva merupakan website dan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain-desain menarik bagi konten yang akan Anda posting di akun-akun sosial media yang telah dibuat. Penggunaannya yang sangat mudah, cocok digunakan bagi Anda yang merupakan pemula dalam dunia desain. Canva juga menyediakan template-template menarik yang bisa Anda gunakan gratis untuk desain konten bisnis Anda. 

Namun tentu saja jika Anda berlangganan, Anda akan lebih lagi menikmati berbagai kemudahan yang tidak bisa Anda gunakan sebelumnya. Canva membantu Anda dalam menuangkan setiap imajinasi dan kreativitas yang sebelumnya tidak dapat Anda tuangkan. 

Baca Juga: Sales Funnel dan SEO: Repeat Purchase hingga Loyalitas Customer

3. Unsplash atau Pexel

Website online satu ini merupakan gudang gambar yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk kebutuhan konten Anda. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci yang dicari, lalu gambar dari hasil pencarian kata kunci Anda akan muncul. Gambar-gambar yang ada di website ini dapat Anda gunakan dengan bebas karena tidak memiliki lisensi hak cipta yang perlu kita bayar.

Selain itu gambar yang ada juga sangat banyak dan beragam. Jadi akan sangat memudahkan Anda untuk mencari gambar yang Anda perlukan. Website yang menyediakan gambar-gambar tanpa lisensi tentu saja tidak hanya dua ini, melainkan ada banyak website yang bisa Anda gunakan. 

4. Instagram, Facebook, Twitter

Tentu saja Anda bisa dan perlu menggunakan sosial media yang ada. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan sosial media ini sangat efektif untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu penggunaan ketiga sosial media ini dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness. Hal ini karena sosial media memiliki keunggulan untuk menjangkau audience yang paling jauh sekalipun. 

Keberadaan sosial media membuat produk Anda menjadi sangat dekat bagi audience dan pasar di mana pun mereka berada. Ketiga sosial media ini memiliki beberapa kesamaan dan fitur yang bisa Anda gunakan. Kesamaan ketiganya adalah, Anda dapat menggunakan iklan dengan tujuan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. 

Ketiganya juga memerlukan postingan konten yang menarik, kreatif dan relatable dengan konsumen atau audience mereka. Selain itu terdapat fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh setiap sosial media. Instagram misalnya memiliki fitur story, feeds, reel, IG TV dan IG live yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk banyak berinteraksi dengan audience

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Plan Konten Instagram yang Optimal

5. Surveymonkey

Surveymonkey adalah suatu website yang dapat Anda gunakan untuk membuat survei bagi audience Anda. Entah itu untuk mengumpulkan data mengenai konsumen atau mengumpulkan data untuk produk dan brand Anda. Tampilannya yang juga lebih menarik dari platform survei yang biasanya pasti akan membuat konsumen Anda mengisi survei tersebut. 

Keunggulan dari platform satu ini adalah hasil akhir yang Anda dapatkan dari konsumen yang telah mengisinya. Surveymonkey dapat membantu Anda menampilkan grafik hasil jawaban-jawaban yang telah diberikan sebelumnya. Dengan begitu hal ini akan memudahkan Anda untuk menginterpretasikan hasil survei yang telah Anda buat. 

6. Google Analytics

Masih berhubungan dengan data, Anda dapat mengumpulkan data konsumen Anda dengan Google Analytics. Anda dapat mengetahui berbagai data seperti demografi dari konsumen Anda. Selain itu Anda dapat mengetahui bagaimana konsumen Anda mengenali produk, apakah dari jalur iklan, sosial media atau website. Anda juga dapat melakukan evaluasi terhadap setiap strategi dan konten yang telah diposting

Dengan begitu Anda bisa mengganti atau tetap menggunakan setiap strategi yang ada. Intinya, data-data yang dimunculkan oleh Google Analytics membantu Anda mengawasi setiap strategi yang telah digunakan agar bisnis Anda semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

7. Online Ads

Iklan merupakan elemen yang tidak boleh Anda lewatkan. Online ads atau iklan daring telah tersedia di berbagai platform yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakan Google Ads untuk iklan pada website, mesin pencari dan aplikasi yang bekerja sama dengan Google. Anda juga dapat menggunakan iklan Youtube dan iklan pada sosial media lainnya. 

Iklan dapat membantu Anda menjangkau konsumen baru, meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan Anda. Penggunaannya juga sudah dibuat sangat mudah oleh penciptanya. Selain itu dana yang diperlukan untuk memasang iklan secara online lebih murah jika dibandingkan dengan iklan offline. Dana yang dibutuhkan juga dapat ANda sesuaikan dengan budget yang telah Anda siapkan. 

Baca Juga: Cara Menghitung ROI Digital Marketing

Gunakan Jasa ToffeeDev

Strategi marketing yang dipikirkan dan direncanakan dengan matang sangat perlu dilakukan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari pemasaran yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki sumber dana yang lebih, Anda tidak perlu pusing memikirkan strategi mana yang dapat Anda gunakan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan jasa yang telah tersedia, misalnya jasa yang disediakan oleh ToffeeDev.

Jasa Pembuatan Website

Jika Anda belum memiliki website, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang disediakan oleh ToffeeDev. ToffeeDev memiliki team profesional yang telah berpengalaman dalam membuat dan menyusun website sedemikian rupa, sehingga hasilnya juga memuaskan. 

Jasa SEO

Selain website yang menarik dan user-friendly, Anda juga memerlukan jasa Search Engine Optimization untuk membuat traffic website Anda meningkat. SEO akan membantu website Anda berada pada peringkat teratas dalam hasil pencarian dengan penggunaan keyword-keyword yang tepat. 

Klik di sini untuk informasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai jasa yang disediakan oleh ToffeeDev. Semoga artikel ini berguna bagi Anda untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. 

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat