7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik

cara membuat artikel seo

Cara membuat artikel SEO sebenarnya tidak begitu sulit, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit usaha lebih dari menulis artikel biasanya saja. SEO, atau Search Engine Optimization, sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang dapat membantu menaikkan peringkat website Anda di mesin pencarian.

Hampir setiap artikel yang dimuat pada setiap website yang masih aktif sampai saat ini pasti memasukkan elemen SEO ke dalamnya. SEO ini memang merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang paling mudah diterapkan jika dibandingkan dengan yang lain.

Lantas, bagaimana sih cara membuat artikel SEO? ToffeeDev akan membahas lengkap mengenai hal tersebut di bawah ini!

Apa itu Artikel SEO?

apa itu artikel seo

Artikel SEO adalah jenis artikel yang ditulis dengan memenuhi berbagai kaidah SEO (Search Engine Optimization) sehingga mesin pencari dapat mengenalinya dengan lebih baik. Ada beberapa standar yang harus dipenuhi dalam pembuatan artikel SEO, seperti kata kunci yang dimasukkan, penambahan gambar, hingga struktur artikelnya.

Ketika Anda melakukan pencarian mengenai kata kunci tertentu, mesin pencari seperti Google akan memberikan rekomendasi artikel SEO sebagai hasil pencariannya. Maka dari itu, artikel SEO ini memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan peringkat dan mendapatkan traffic pada website Anda.

Fungsi Artikel SEO

Artikel SEO berfungsi untuk membantu proses optimasi suatu website pada hasil pencarian. Tanpa adanya artikel SEO ini, website Anda akan sulit sekali untuk mendapatkan traffic dan peringkat pada hasil pencarian. Selain itu, artikel SEO ini juga dapat meningkatkan brand awareness dari website Anda.

Baca Juga: Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya?

Tujuan Membuat Artikel SEO

Tujuan pembuatan artikel SEO adalah agar ketika orang-orang mencari kata kunci tertentu pada mesin pencari, website Anda bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian atau setidaknya mendapatkan traffic. Tidak hanya itu saja, artikel SEO juga dapat meningkatkan konversi atau penjualan produk yang Anda sediakan.

7 Cara Membuat Artikel SEO dengan Efektif

membuat artikel seo baik

Cara membuat artikel SEO tidak sesulit yang orang-orang bayangkan, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit usaha lebih dari menulis artikel biasa. Berikut ini adalah cara membuat artikel SEO dengan efektif.

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Cara membuat artikel SEO friendly yang pertama adalah dengan memilih dan menggunakan kata kunci, atau keyword, yang tepat. Pastikan kata kunci yang Anda gunakan memiliki volume pencarian yang besar dan sesuai dengan niche dari website Anda.

Kata kunci yang memiliki volume pencarian besar berarti orang-orang banyak melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tersebut. Jadi, ketika Anda memuat artikel SEO friendly dengan kata kunci tersebut pada sebuah website, traffic ke website tersebut akan lebih berkemungkinan untuk meningkat.

2. Penyebutan dan Pengulangan Kata Kunci

Di dalam artikel SEO friendly, kata kunci utama yang Anda pilih harus digunakan secara berulang. Walaupun begitu, Anda tidak boleh mengulang kata kunci yang sama terlalu sering. Idealnya, Anda harus memasukkan kata kunci sebanyak 0,5% – 1% dari jumlah kata artikel tersebut. Sebagai contoh, jika Anda menulis artikel dengan 1000 kata, maka kata kunci yang perlu dimasukkan adalah sekitar 5 – 10.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Keyword Dalam SEO

3. Gunakan Heading dan Subheading

Pada dasarnya, heading adalah judul dari artikel dan subheading adalah sub-judul dari suatu bagian yang ada di dalam artikel. Jika website Anda menggunakan WordPress, Anda akan memiliki sekitar enam opsi heading, yaitu H1 – H6. Anda bisa menggunakan heading tersebut sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, H1 pada artikel ini adalah “7 Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Menarik”, H2 pada artikel ini adalah “Apa itu Artikel SEO?”, dan H3 pada artikel ini adalah “Fungsi Artikel SEO” dan “Tujuan Membuat Artikel SEO”.

4. Gunakan Meta Title

Meta title, atau title tag, adalah teks yang muncul pada hasil pencarian untuk menunjukkan topik halaman pada sebuah website. Sebagai contoh, Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

menggunakan meta tag

Pastikan meta title dari artikel SEO Anda tidak lebih dari 50 hingga 70 karakter agar seluruh teksnya dapat terbaca. Jika lebih dari itu, kemungkinan teks yang muncul akan terpotong atau hanya akan muncul setengahnya saja.

5. Gunakan Meta Description

Meta description adalah penjelasan yang muncul di bawah meta title. Meta description ini ditampilkan sebagai bagian dari cuplikan pencarian di search engine results page (SERP) dan dimaksudkan untuk memberi pengguna gambaran tentang konten yang ada di dalam halaman tersebut dan bagaimana kaitannya dengan permintaan pencarian mereka.

6. Optimasi Gambar

Gambar merupakan elemen penting yang harus ada di dalam artikel SEO. Namun, Anda tidak hanya menambahkannya saja, Anda juga harus melakukan optimasi kepada artikel yang ditambahkan tersebut. Pastikan nama berkas gambar tersebut singkat dan sesuai dengan kata kunci, ukuran gambar tersebut tidak terlalu besar, dan tambahkan alt text atau deskripsi gambar agar mesin pencari bisa mengidentifikasi gambar tersebut.

7. Manfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO dapat membantu Anda melakukan optimasi pada artikel yang dibuat. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO, Anda akan dapat mengetahui jika artikel SEO Anda sudah baik atau belum dengan melihat hasil analisis yang Yoast SEO berikan. Jadi, Anda akan lebih mudah dalam membuat artikel SEO friendly.

Baca Juga: Inilah yang Harus Anda Ketahui Mengenai HTTP dan HTTPS Untuk SEO

3 Ciri Artikel SEO yang Baik

Artikel SEO yang baik adalah yang memenuhi semua kaidah SEO. Walaupun begitu, setidaknya ada beberapa ciri-ciri yang wajib dimiliki oleh setiap artikel SEO. Berikut ini adalah ciri-ciri artikel SEO yang baik.

Jasa SEO

1. Mempunyai Sebaran Keyword dan Meta Keyword yang Baik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keyword wajib dimasukkan dan diulang pada sebuah artikel SEO. Pastikan sebaran pengulangan keyword tersebut dilakukan dengan baik dan tidak dipaksakan. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan meta keyword atau kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

2. Mempunyai Gambar

Gambar adalah elemen penting yang dapat membuat artikel SEO Anda lebih dipercaya oleh mesin pencari. Ketika Anda memasukkan gambar yang sesuai dan telah dioptimasi, mesin pencari akan lebih percaya kepada website Anda.

3. Mempunyai Meta Title, Meta Description, dan Heading yang Baik

Sama seperti gambar, meta title, meta description, dan heading adalah elemen yang dapat membuat mesin pencari makin percaya bahwa artikel SEO yang Anda buat sudah baik. Maka dari itu, pastikan ketiga elemen tersebut telah dimasukkan dan dibuat dengan baik.

Demikian adalah penjelasan mengenai cara membuat artikel SEO dengan baik dan menarik. Jika Anda merasa masih kesulitan untuk membuat artikel SEO friendly, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Bulanan dari ToffeeDev.  Jika tertarik, Anda dapat menghubungi kami di sini.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat