Memaksimalkan Keuntungan Dari Periklanan Online

Periklanan Online atau Online Advertising adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan perhatian dari pengguna internet. Menggunakan-nya dengan strategi yang tepat bukan hanya akan meningkatkan penjualan, tetapi juga mengurangi biaya pemasaran.

Banyak pemasar tidak mengerti bagaimana memaksimalkan iklan untuk keuntungan bisnis mereka. Akhirnya tidak sedikit yang mengeluh kalau beriklan di dunia online tidak efektif. Lalu bagaimanakah cara memaksimalkan keuntungan melalui periklanan online?

 

Memaksimalkan Keuntungan Iklan Online

Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memaksimalkan iklan online anda:

 

Landing Page

Mengarahkan pengunjung ke website kita saat beriklan adalah langkah mudah. Namun pastikan halaman web memiliki Call-to-action yang jelas. Ini bisa dalam bentuk perintah untuk membeli, daftar newsletter, download brosur, dsb.

Dengan begitu, setiap kegiatan iklan anda dapat diukur dengan data yang akurat dimana akan berakhir di meningkatnya keuntungan perusahaan di masa depan.

Apabila website anda tidak atau belum memiliki Call-to-action yang jelas, anda bisa membuat squeeze page (lihat contoh disini). 1 halaman dengan 1 tujuan bagi para pengunjung.

 

Advertising Platform

Atau tempat beriklan adalah hal kedua yang perlu di perhatikan. Hal ini bersangkutan dengan target market, audience, demografic, dsb.

Anda tentu tidak ingin menjual pembalut wanita kepada laki-laki. Dimana peletakan iklan anda akan berpengaruh dengan hasil untuk bisnis anda.

Ada banyak tempat untuk beriklan di Internet. Salah satu yang terbesar adalah Google AdWords. Mereka memiliki jaringan terluas di dunia dengan penargetan audience yang bisa disesuaikan dengan target pasar anda.

 

Analytics & Measurement

Mengetahui seberapa efektif iklan yang tampil akan membuat biaya iklan menjadi terukur. Anda bisa mengukur seberapa efektif iklan anda menggunakan Google Analytics. Alat ini gratis diberikan oleh Google bagi para pemilik website.

Berdasarkan Call-to-action yang ditentukan di landing page, anda dapat menghitung seberapa efektif iklan anda dan mengambil keputusan untuk langkah berikutnya.

Banyak mereka yang mulai memasang iklan online tanpa memperhatikan hal diatas. Untuk anda: Jangan memulai periklanan online sebelum anda memperhatikan ketiga hal di atas.

Sekarang lihat website anda dan buat diri anda seolah-olah pelanggan bisnis anda. Jawab pertanyaan di bawah:

  1. Apakah anda mendapatkan informasi yang anda cari?
  2. Apakah Anda dapat dengan mudah menghubungi anda?
  3. Dimana mereka mencari produk anda? Google, facebook, twitter, kaskus, atau tempat lain?

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat