Mengapa Analisis Audiens Perlu Dilakukan Dalam Bisnis?

Dalam membangun bisnis pasti kita perlu melakukan analisis terhadap banyak aspek seperti menganalisis strategi, produk, hingga menganalisis audiens bisnis kita. Analisis tersebut perlu dilakukan supaya tujuan bisnis kita menjadi jelas dan saat kita mencoba mengeksekusi perencanaan yang telah dibuat, kita tidak lagi ragu mengenai kegagalan dari bisnis yang kita rencanakan. Analisis yang kita lakukan juga akan menyelamatkan bisnis di kemudian hari karena dengan melakukan analisis kita jadi dapat melihat kemungkinan-kemungkinan risiko yang akan terjadi di depan. Dari sekian banyak aspek penting yang perlu dianalisis, ToffeeDev akan menjelaskan kepada Anda mengapa analisis terhadap audiens perlu dilakukan di dalam bisnis.

Mengenali siapa audiens Anda merupakan proses penting dalam membangun bisnis. Jika Anda tidak mengenali siapa audiens Anda, maka produk yang Anda buat bisa jadi tidak akan berhasil terjual di pasaran. Alasan pertama Anda membangun sebuah bisnis dan membuat suatu produk atau jasa pasti untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang banyak dialami oleh orang lain, bukan? Jika Anda tidak tahu siapa audiens Anda, maka solusi siapa yang Anda selesaikan dengan produk yang Anda buat? Kira-kira seperti itulah pentingnya mengenali audiens Anda. Seolah sedang membangun suatu bangunan, mengenali audiens Anda sama seperti membangun fondasi yang kokoh agar bangunan yang nantinya akan dibangun tetap berdiri kokoh, tidak peduli dengan kejadian apa pun yang ada di masa depan. 

Apa Itu Audiens?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menganalisis audiens, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui pengertian dari audiens itu sendiri. Jadi apa itu audiens? Audiens atau audience adalah sekelompok orang yang menjadi pembaca, pendengar atau penonton dari berbagai media. Mereka adalah tujuan mengapa suatu pesan dibuat, karena mereka yang akan menjadi penerima pesan tersebut. Jika kita hubungkan ke dalam bisnis, maka audiens adalah sekelompok orang yang menjadi target dari pesan yang akan dibawakan oleh suatu produk atau konten yang dibuat oleh pebisnis. Mereka adalah alasan mengapa suatu produk ada dan alasan dari suatu bisnis terus berjalan. 

Baca Juga: Mengenal Pengertian Brand Awareness Dalam Bisnis

Pentingnya Menganalisis Audiens Dalam Bisnis

Ada beberapa alasan mengapa penting untuk menganalisi audiens dalam bisnis pada saat ini.

1. Memudahkan Pembuatan Konten

Jika Anda sudah mengenali audiens Anda, maka konten yang Anda buat menjadi tepat pada sasaran. Audiens yang dimiliki oleh setiap produk memang berbeda-beda. Jika Anda sudah mengenal karakteristik audiens dari setiap produk yang Anda miliki, Anda akan jadi lebih mudah memisahkan konten yang satu dengan yang lain sesuai dengan setiap produk dan audiensnya. Misalnya, produk yang Anda miliki mempunyai audiens dengan usia yang berbeda-beda. 

Ada produk A yang ditujukan untuk audiens yang berusia 50-64 tahun. Produk B yang ditujukan untuk audiens berusia 35-45 tahun. Terakhir, produk C yang ditujukan untuk audiens berusia 18-30 tahun. Jika Anda sudah mengenali setiap karakteristik usia mereka seperti pekerjaan, hobi, interest, uang, perilaku konsumsi, dll, maka Anda jadi bisa membuat konten dengan isu yang sesuai jangkauan usia audiens yang ada. 

Baca Juga: 5 Cara untuk Secara Konsisten Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

2. Pesan Tersampaikan

Dengan mengetahui siapa audiens Anda, tentu pesan dari konten yang Anda buat akan sampai kepada audiens dari masing-masing produk bisnis Anda. Saat Anda mulai mengenali setiap karakteristik dari audiens Anda, Anda jadi semakin mengerti produk seperti apa yang sedang mereka butuhkan. Jika Anda mengenali apa yang mereka butuhkan maka bisnis Anda jadi bisa diarahkan kepada kebutuhan-kebutuhan yang sedang audiens Anda butuhkan. 

Jasa SEO

3. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Mengenal audiens Anda juga membantu Anda mengambil beberapa keputusan yang menyangkut audiens Anda dengan lebih mudah. Misalnya dalam pengambilan keputusan mengenai strategi apa yang akan digunakan, media dan platform apa yang akan Anda pakai untuk menjangkau audiens Anda. Jika audiens Anda berusia 50-64 tahun maka Anda pasti akan menggunakan platform Facebook karena audiens usia 50-64 tahun didapati lebih banyak menggunakan social media Facebook. Berbeda halnya dengan audiens yang berusia 18-35 tahun, dimana mereka lebih banyak menggunakan social media Instagram, sehingga penggunaan Instagram untuk memperkenalkan produk dan pesan Anda akan lebih tersampaikan saat Anda menggunakan Instagram. 

4. Penjualan Meningkat

Dengan konten yang sudah disesuaikan dengan audiens, maka pesan yang ingin disampaikan pun dapat diterima dengan baik oleh audiens. Jika audiens menerima pesan yang kita sampaikan maka penjualan produk kita juga pasti akan mengalami peningkatan. 

5. Penggunaan Sumber Daya Menjadi Efektif

Mengenali audiens kita akan membuat semua sumber yang kita keluarkan dapat terpakai secara maksimal dan efektif. Bayangkan saat Anda tidak mengenal audiens dari bisnis Anda, pasti Anda akan melewati banyak trial dan error yang sebenarnya tidak perlu Anda lewati. Saat Anda tidak mengenal audiens Anda, Anda akan menghabiskan waktu yang lebih lama dalam perkembangan bisnis Anda. Selain itu dana yang Anda keluarkan juga lebih besar karena adanya trial dan error yang membuang banyak biaya untuk iklan yang Anda pasang. 

Uang tersebut jadi sia-sia karena Anda memasang iklan yang tidak sesuai dengan target audiens Anda. Sekarang coba bayangkan sebaliknya, bayangkan jika Anda sudah melakukan analisis terlebih dahulu mengenai siapa audiens Anda. Anda jadi bisa langsung menetapkan strategi yang perlu digunakan. Pesan yang Anda buat langsung sampai kepada audiens. Uang yang Anda keluarkan untuk penggunaan iklan produk juga jadi sesuai dengan yang sudah direncanakan. Dengan begitu semua penggunaan sumber daya yang Anda miliki jadi lebih efektif, bukan?

Baca Juga: Bagaimana Mengembangkan Bisnis Di Era Digital?

Cara menganalisis Audiens

1. Mengembangkan Profil Audiens

Kenali setiap karakteristik dari audiens Anda. Untuk memulainya Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana perilaku konsumsi yang mereka miliki?
  2. Mengapa pesan bisnis Anda penting bagi audiens?
  3. Mengapa mereka perlu mendengar atau mengetahui pesan yang Anda sampaikan?

Jika Anda sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas maka akan lebih mudah bagi Anda saat ingin menyampaikan pesan karena Anda sudah mengenal mereka, bukan? 

Baca Juga: Langkah Akurat Menciptakan Buyer Persona untuk Bisnis Anda

2. Mengenali Penerima Primer

Audiens yang Anda miliki bisa saja terdiri dari beberapa kelompok audiens. Jika begitu Anda perlu mengenali kelompok mana yang paling penting dan yang bisa mempengaruhi kelompok audiens yang lainnya. Kelompok terpenting yang dimaksudkan adalah kelompok yang bertindak sebagai pengambil keputusan. 

3. Mengukur Pemahaman Audiens

Mengukur pemahaman dari audiens yang Anda miliki akan berguna untuk menentukan pesan dan membuat konten yang tepat. Untuk mengukur pemahaman audiens Anda, berikut beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab agar informasi yang Anda miliki mengenai audiens menjadi lengkap:

  1. Apa pekerjaan audiens Anda?
  2. Berapa usia mereka?
  3. Bagaimana pendidikan mereka?
  4. Apa status mereka?
  5. Dimana mereka tinggal?
  6. Lingkungan seperti apa yang mempengaruhi mereka?

4. Fokus Pada Preferensi Audiens

Supaya isi konten yang dibuat dapat sampai kepada audiens, maka Anda perlu mengetahui apa yang menjadi preferensi dari audiens. Dengan begitu kita juga dapat menambahkan nilai kepada produk yang kita jual sesuai dengan preferensi audiens. Berikut 5 pedoman yang dapat Anda gunakan untuk memahaminya:

  1. Cobalah untuk menemukan apa yang ingin diketahui oleh audiens. Cara untuk menemukannya bisa Anda lakukan dengan membuat survei dan membagikannya kepada audiens. Dengan begitu Anda jadi memiliki informasi tambahan yang akan menghilangkan keraguan Anda. 
  2. Cobalah untuk melakukan research tambahan mengenai informasi yang sekiranya tidak diketahui oleh audiens. Dengan informasi tambahan yang telah Anda sediakan, audiens akan merasakan adanya kesan baik yang muncul dari informasi tambahan yang telah Anda siapkan.
  3. Informasi yang Anda berikan bisa Anda siapkan berdasarkan metode 5W dan 1H.
  4. Pastikan informasi yang akan Anda berikan adalah informasi yang akurat dan sesuai dengan fakta. Lakukan peninjauan ulang terhadap informasi yang telah Anda kumpulkan akan membantu Anda memastikan apakah informasi tersebut benar.
  5. Jangan lupa untuk menekankan informasi yang paling menarik bagi audiens. Informasi tersebut bisa berupa manfaat atau keuntungan yang dapat dirasakan langsung oleh audiens Anda. 

Baca Juga: 4 Tips Membangun Campaign Marketing yang Efektif

5. Fokus Pada Kebutuhan Emosional Audiens

Kebutuhan emosional yang dimaksud bukan berarti kita menjaga perasaan audiens secara berlebihan. Kebutuhan yang dimaksud adalah pesan yang tidak berusaha mengajak atau mendorong audiens membeli produk kita (meskipun itu tujuan kita), melainkan berusaha menyampaikan pesan dengan maksud tulus untuk keuntungan dan kegunaan audiens semata-mata. Penyampaian pesan dapat dilakukan dengan pendekatan yang emosional, rasional dan terstruktur lalu dikemas dengan format yang menarik.

Jadi diharapkan dengan analisis yang mendalam mengenai audiens bisnis Anda, Anda dapat menemukan informasi yang relevan yang memang sedang menjadi perhatian dan kebutuhan audiens Anda. Dengan memahami dan mengenal audiens Anda secara mendalam, Anda jadi bisa memberikan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik bagi audiens Anda. Melakukan survei menjadi salah satu cara efektif bagi Anda untuk mengetahui semua informasi yang ingin Anda tanyakan kepada audiens untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Semoga apa yang dibagikan ToffeeDev pada artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami audiens bisnis Anda. Setelah Anda membaca ini, mempraktikkannya adalah langkah yang tepat agar pengertian yang baru saja Anda dapatkan tidak terlupakan atau terbuang sia-sia. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat bekerjasama dengan ToffeeDev! 

ToffeeDev menyediakan jasa yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda dengan maksimal. Kunjungi website kami untuk mengetahui jasa apa saja yang dapat Anda gunakan. Anda bisa klik di sini. Jika Anda membutuhkan konsultasi terlebih dahulu dengan tim kami, Anda bisa langsung berkomunikasi dengan tim kami, klik di sini. Anda juga bisa mendapatkan konsultasi selama 30 menit gratis dari ToffeeDev. Tunggu apa lagi? klik di sini.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat