Ahrefs Adalah: SEO Tools yang Dipilih oleh Optimizer Profesional untuk Menganalisa Performa SEO

Ahrefs Adalah

Tersedianya berbagai SEO tools tentu akan memberikan Anda berbagai macam pilihan yang memiliki kelebihannya masing – masing. Mulai dari tools yang disediakan secara gratis, hingga yang berbayar dengan berbagai fitur eksklusifnya. Salah satu tools yang cukup populer adalah Ahrefs. Ahrefs adalah SEO tools yang cukup sering digunakan oleh para profesional untuk mengecek optimasi SEO Anda.

Apa Itu Ahrefs?

Ahrefs adalah salah satu digital marketing analysis tools yang biasa digunakan untuk menyiapkan laporan mengenai laporan audit, backlink analysis, URL ranking, analisis kompetitif, dan lain – lain.

Dengan berbagai macam kegunaannya ini, Ahrefs menjadi tools SEO pilihan para profesional, dan menyediakan 4 macam paket pembayaran. Mulai dari $99 hingga $999, Anda cukup memilih yang sesuai dengan budget Anda.

Untuk bisa menggunakan Ahrefs dengan baik, Anda harus tahu mengenai fitur – fitur yang mereka sediakan, di artikel ini kita akan membahas beberapa fiturnya.

Banner - SEO General

Fitur – Fitur Ahrefs untuk Menganalisa Performa Seo

Sebagai salah satu SEO tool yang populer, Ahrefs menyediakan berbagai macam fitur yang bisa membantu Anda, beberapa diantaranya adalah:

1. Site Explorer

Site Explorer adalah fitur utama dari Ahrefs yang memiliki fungsi untuk memeriksa backlink dari berbagai website dan URL.

Ahrefs site explorer menggabungkan berbagai macam SEO tools yang bisa Anda manfaatkan dalam satu interface, seperti:

  • Organic traffic research : membantu Anda untuk bisa melihat keyword yang digunakan oleh kompetitor Anda.
  • Backlink checker: melihat backlink apa saja yang ada di website kompetitor Anda.
  • Paid traffic research: ketahui apakah kompetitor Anda menggunakan paid search advertising

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk:

  • Melakukan riset organic traffic
  • Riset Backlink
  • Riset Paid Keyword
  • Riset Pages
  • Riset Outgoing Links

Banner - Ebook SEO

2. Keyword Explorer

Temukan banyak ide yang bisa Anda gunakan untuk keyword – keyword Anda, dan analisa ranking difficulty serta temukan potensi – potensi untuk bisa mendapatkan traffic menuju website Anda. Dengan fitur ini juga, Anda dapat mengetahui tingkat kesulitan atau persaingan keyword-keyword yang akan ditarget oleh website Anda dengan keyword milik kompetitor.

Keyword research tool Ahrefs adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan, karena memiliki berbagai macam kelebihan, seperti:

  • Ribuan Keyword suggestion
    • Mensupport 171 negara
    • Data dari 10 macam search engine
    • Search volume yang akurat
  • “Clicks” Metric
  • Parent Topic
  • Advanced SEO Metrics
  • SERP Overview & Positions History
  • Keywords Lists

Menggunakan berbagai macam kelebihan di atas, keyword explorer dari Ahrefs akan bisa membantu Anda untuk mencari keyword apa saja yang berasal dari berbagai mesin pencari yang bisa membantu website Anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan YouTube SEO Tools untuk Meningkatkan Peringkat

3. Backlink Data

Live backlink index dari Ahrefs adalah salah satu yang terbesar di dunia. 54 miliar halaman website sudah di crawl, dan setiap 15 menit index tersebut akan diperbarui dengan data – data yang terbaru. Cukup masukkan website atau URL apa saja ke dalam Site Explorer untuk bisa melihat semua backlink dan beberapa metrik SEO lainnya yang berguna untuk Anda.

4. Content Explorer

Masukkan keyword apapun ke dalam Ahrefs untuk melihat konten mana yang memiliki performa yang baik dalam meraih social buzz, jumlah backlink, dan traffic pencarian organik. Anda juga bisa melihat konten – konten apa saja yang menautkan link menuju website Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis dan Cara Membangun Backlink Berkualitas dalam SEO

6. Rank Tracker

Lacak peringkat dari keyword desktop dan mobile Anda dari berbagai lokasi dimanapun, dan dapatkan grafis yang gampang dimengerti mengenai sejarah ranking Anda.

7. Site Audit

Untuk menjalankan praktik SEO secara efektif, diperlukan fitur Audit Situs yang dirancang untuk memastikan kinerja optimal situs web.

Fitur ini berfungsi untuk menganalisis dan memeriksa potensi masalah dalam situs web. Jika terdapat masalah, Audit Situs akan memberikan peringatan sehingga tindakan pencegahan dapat diambil. Selain itu, Audit Situs juga dapat menyajikan laporan hasil analisis kesehatan situs web yang bersangkutan.

Banner - SEO x CRO

Kesimpulan

Ahrefs adalah salah satu SEO tool yang digemari oleh para profesional, karena berbagai macam fitur yang akan memudahkan pekerjaan. Mulai dari Site Explorer Tools hingga Rank Tracker.

Apapun toolsnya, konten di dalamnya tetap menjadi prioritas. Mulai dari research keyword yang relevan hingga optimasi hal teknis lainnya. Untuk itu pelajarilah ilmu SEO selengkapnya bersama tim kami. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat