11000 1200x480 1
Google’s Page Experience Update: Memahami Pengembangan Algoritma Google
Desember 21, 2020
Thumbnail 2
Lakukan Backup Website Anda Menggunakan Tools Ini
Januari 18, 2021

Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Online Marketing Roadmap

Thumbnail

Welcome to #SharingMonday! Setiap minggu kami akan berbagi insight mengenai website, digital marketing, design, dan hal yang berhubungan dengan bisnis. Dan ini adalah #SharingMonday pertama kita di tahun 2021.

Happy new year to you and your family. Semoga di tahun ini semuanya menjadi lebih baik dalam keluarga, bisnis, keuangan dan pekerjaan.

Perkenalkan, nama saya Ryan Kristomuljono, saya membantu bisnis untuk meningkatkan penjualan mereka secara online. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda bagaimana Anda bisa meningkatkan penjualan Anda secara online menggunakan Online Marketing Roadmap.

Bagaimana Cara Melakukan Penjualan Secara Online?

Dalam melakukan penjualan secara online, beberapa tantangan yang kita hadapi seperti kita tidak tahu gimana cara memulainya, apa yang harus dilakukan, penjualan online yang tidak seperti yang diharapkan, atau bahkan Anda sudah mulai  beriklan secara online tapi tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka dalam video kali ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda bisa memiliki 1 buah sistem yang bisa Anda gunakan untuk melipatgandakan penjualan Anda secara online.

Bayangkan apabila Anda bisa melakukan hal ini secara baik untuk bisnisnya Anda, maka Anda akan bisa memiliki 1 buah sistem yang bisa digunakan secara berulang kali untuk mendapatkan leads dan meningkatkan  penjualan untuk bisnisnya Anda, baik bisnis Anda adalah B2B ataupun B2C, karena ada sebuah langkah yang bisa kita gunakan, yang bisa kita ikuti, dan yang saya ikuti untuk meningkatkan penjualan kita secara online.

Apa Itu Online Marketing Roadmap?

Saya ingin memperkenalkan kepada Anda 1 buah Roadmap, 1 buah Framework yang saya gunakan, namanya adalah Online Marketing Roadmap dibuat oleh 1 orang namanya Aaron Fletche dari Amerika dengan Fletcher Method. Ini adalah 9 langkah di mana kita dibagi dari 9 langkah kecil dengan 3 langkah besar di mana kita bisa menggunakan langkah demi langkahnya itu untuk memulai penjualan kita, pemasaran kita secara online mulai dari titik yang kita tidak tahu apa itu, sampai kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kesalahan Umum yang Sering Terjadi dalam Menjalankan Online Marketing Roadmap

Anda bisa lihat di layar ini adalah 9 langkah yang bisa Anda gunakan. Mulai dari yang pertama Anda harus memiliki Foundation. Lalu yang kedua adalah Funnel, yang ketiga adalah Floodgates. Ketiga hal ini adalah bagian penting yang perlu Anda lakukan dan banyak kesalahan dari pemasaran yang melakukannya mulai dari Floodgates. Ada Traffic on Demand, Publishing Powerhouse, dan Retargeting Roadmap. Ini adalah bagaimana kita menggunakan semua Digital Marketing Strategy yang kita ketahui. Jadi kita pakai Facebook, Instagram, Twitter, Google, YouTube, semuanya ada di bagian terakhir. Dan kalau Anda lihat dari Framework ini, Framework ini digunakan atau strategi marketing dilakukan di bagian paling akhir dari pemasarannya kita. Sedangkan bagian bawah adalah bagian yang paling jarang orang lakukan dan mereka beranggapan, mereka bertanya, kenapa campaign saya tidak berhasil? Kenapa marketing Saya tidak berhasil? Karena mereka gagal melakukan Langkah yang bagian paling bawah, yaitu di mana Anda mengetahui Avatar yang Anda tahu, di mana Anda mengetahui message, pesan apa yang ingin Anda sampaikan, dan bagaimana Anda membuat penawaran Anda kepada orang-orang di dunia online. Oleh karena itu, apabila Anda melakukan sistematis Roadmap ini untuk bisnisnya Anda, maka Anda bisa melipatgandakan penjualan Anda dengan lebih mudah.

Langkah Pertama Online Marketing Roadmap

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda mulai dari yang paling bawah terlebih dahulu. Anda mengetahui siapa Avatarnya Anda. Apa itu Avatar? Avatar adalah siapa target audiencenya Anda. Siapa yang akan membeli produknya Anda. Siapa target pelanggan yang Anda inginkan.

Kalau Anda sudah mengetahui bagian ini maka langkah ke depannya akan lebih mudah karena setelah Anda mengetahui avatarnya, Anda bisa membuat pesan yang dibuat khusus untuk mereka. Semua pesan yang Anda buat bukan berarti akan bisa digunakan oleh semua orang di dunia.

Seperti Anda ketahui bahwa tidak ada orang yang suka dengan semuanya. Kita masih punya preference masing-masing, kita punya kesukaan, kita punya interest, kita punya orang yang di-follow, orang yang diikuti yang berbeda-beda. Saya dan Anda punya orang-orang yang berbeda juga. Bagaimana caranya untuk membuatnya menjadi sama? Tidak bisa. Oleh karena itu kita harus membuat 1 campaign atau 1 pemasaran, 1 strategi pemasaran yang didedikasikan untuk kelompok orang tertentu. Itu adalah bagian penting dari Avatar dan bagaimana kita membuat pesan yang Anda sudah buat.

Setelah itu, setelah Anda mengetahui pesannya, Anda buat penawaran, penawaran yang paling tepat. Penawaran yang paling tepat untuk siapa? Untuk orang yang sesuai dengan avatarnya Anda. Jadi kalau Anda lihat dari Online Marketing Roadmap ini, semuanya berpusat dari Avatar yang ingin Anda targetkan. Karena pada dasarnya, pada saat kita melakukan pemasaran, kita tidak bisa memasarkan kepada semua orang. Kalau Anda memasarkan kepada semua orang maka Anda akan mendapatkan masalah yang lebih besar lagi.

Langkah Kedua Online Marketing Roadmap

Nah, setelah kita masuk ke Foundation, baru kita masuk ke Funnel. Funnel adalah bagaimana kita menarik mereka (attract), terhubung dengan mereka (engage), dan akhirnya convert mereka menjadi pelanggan. Dari mereka yang belum mengenal Anda, sampai akhirnya mereka mengenal siapa Anda dan akhirnya mau beli produk dari Anda. Bagian ini juga sangat penting untuk Anda ikuti atau Anda lakukan. Kenapa? Karena di bagian ini Anda akan  membuat 1 perjalanan pelanggan untuk mereka. Bagaimana mereka mengenal produk Anda terlebih dahulu. Bagaimana mereka menghubungi Anda. Bagaimana mereka mengenal apa yang Anda tawarkan. Semuanya dibuat secara sistematis, untuk akhirnya Anda bisa dengan lebih mudah menjual atau mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Setelah sistematisnya Funnel ini dibuat baru setelah itu Anda menargetkan untuk strategi Digital Marketing apa yang paling tepat, yang bisa Anda gunakan untuk menarik Avatar yang tepat dan memasarkan bisnis Anda untuk mendapatkan penjualan secara online. Semoga Online Marketing Roadmap ini memberikan inspirasi untuk Anda.

Anda Membutuhkan Konsultasi Terkait Bisnis yang sedang Dijalani?

Kalau Anda lebih tertarik ingin membicarakan lebih banyak mengenai bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan Anda terutama di tahun 2021, Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis di website toffeedev.com. Buka toffeedev.com, live chat dengan tim kami, hubungi nomor WA (Whatsapp) dan kita akan bertemu di meeting yang berikutnya.

Sekian dulu untuk #SharingMonday pada hari ini. Terus saksikan #SharingMonday berikutnya, setiap Senin kita, setiap tim dari Toffee akan membagikan insight mereka mengenai pekerjaandan mengenai industri yang kita jalani saat ini.

Sampai jumpa di #SharingMonday berikutnya.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments