Menyeleksi Strategi Pemasaran yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Pemasaran adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan di dalam bisnis. Pelanggan membutuhkan eksposur terhadap produk ataupun jasa yang Anda tawarkan agar mereka bisa memiliki niat untuk membeli atau menggunakannya. Niatan ini bisa muncul karena dua hal. Pertama, para pelanggan akan aktif mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi, mungkin saja apa yang Anda tawarkan akan bisa menjadi solusi untuk mereka. Yang kedua, mereka bisa saja terekspos dengan pemasaran Anda walaupun sebelumnya tidak ada niat untuk menggunakan atau memanfaatkan apa yang Anda tawarkan. Dengan menyeleksi strategi pemasaran yang tepat untuk bisnis, maka Anda akan bisa mendapatkan audiens yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Hal ini juga membawa berbagai macam manfaat yang menguntungkan bagi bisnis. Mulai dari pengaturan budget yang lebih baik, hingga penyelesaian berbagai objektif yang sudah ditentukan. Lalu bagaimana caranya untuk bisa mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang cocok dengan bisnis Anda?

Menyeleksi Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran akan bisa memengaruhi cara Anda dalam menjalankan bisnis, sehingga harus direncanakan dan dikembangkan setelah melewati proses konsultasi dan diskusi yang mendalam dengan tim yang terkait. Ini adalah alat perencanaan strategis yang luas dan komprehensif, akan dapat menjelaskan dan menunjukan:

  • bisnis Anda dan produk serta layanannya
  • posisi dan peran produk dan layanan Anda di pasar
  • profil pelanggan Anda dan pesaing Anda
  • taktik pemasaran yang akan Anda gunakan
  • rencana pemasaran (taktik untuk menyampaikan) dan mengukur efektivitasnya.

Pemasaran yang efektif dimulai dengan strategi yang dipertimbangkan dan didasari oleh informasi yang lengkap. Strategi pemasaran yang baik akan bisa membantu Anda menentukan tujuan pemasaran yang jelas, realistis, dan terukur untuk bisnis dan perusahaan. Hal ini juga bisa menetapkan arah dan sasaran keseluruhan untuk pemasaran Anda. 

Strategi pemasaran bisa kita artikan sebagai sebuah ‘rencana permainan’ untuk bisnis dalam menerapkan dan mencapai tujuan yang terkait dengan pemasaran. Fokus dan achievable; strategi akan berisi tujuan utama serta serta kebijakan dan rencana penting untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi ini haruslah berwawasan ke depan, berfokus pada keputusan besar dan akan memengaruhi bisnis dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini akan unik untuk setiap bisnis; tergantung pada penawaran, sumber daya, persaingan, dan target audiens mereka. Strategi ini menguraikan bagaimana perusahaan berinteraksi dengan pasar dan pelanggannya. Tujuan harus mempertimbangkan apa yang bisnis lakukan dengan baik dan apa yang tidak mereka lakukan dengan baik, untuk bisa menghasilkan strategi yang efektif dan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Secara sederhana, tujuan dari sebuah kegiatan pemasaran adalah untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan potensial, atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada agar mereka bisa melakukan pembelian berulang. Dalam usaha mencapai hal ini, perusahaan harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar mereka dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Strategi pemasaran akan menjadi seperti jembatan penghubung antara mereka dan pelanggan potensial mereka.

Baca Juga: 8 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Langkah Dalam Menentukan Strategi Marketing Anda

Mengembangkan atau menentukan sebuah strategi pemasaran akan bisa dilakukan dengan melihat berbagai komponen yang ada di bawah ini. Melalui cara ini, akan bisa dengan mudah menentukan mana strategi yang cocok, serta menilai apakah Anda ingin memaksimalkan investasi ke dalam cara tersebut. Berbagai macam hal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut ini.

1. Identifikasi Tujuan dari Bisnis Anda

Tujuan dari bisnis yang sejajar dengan strategi pemasaran akan bisa mempermudah dalam menentukan serangkaian tujuan pemasaran untuk mendukungnya. Sasaran bisnis Anda mungkin mencakup:

  • meningkatkan kesadaran akan produk dan layanan Anda
  • menjual lebih banyak produk.
  • menjangkau segmen pelanggan yang baru.

Saat menetapkan tujuan, penting sekali untuk sespesifik mungkin sehingga Anda dapat mengukur hasil secara efektif terhadap apa yang ingin Anda capai. Kriteria sederhana untuk penetapan tujuan adalah metode SMART:

  • Specific: Buar dengan jelas apa yang ingin Anda capai
  • Measurable: Tetapkan ukuran nyata sehingga Anda dapat mengukur hasil Anda
  • Achievable: Tentukan tujuan yang sesuai dengan kapasitas dan anggaran Anda
  • Relevant: Tetapkan tujuan yang akan membantu Anda meningkatkan aspek tertentu dari bisnis Anda
  • Time-bound: Tetapkan tujuan yang dapat Anda capai dalam waktu yang Anda butuhkan.

2. Buatlah Tujuan Dari Pemasaran Anda

Tetapkan serangkaian tujuan pemasaran spesifik berdasarkan tujuan bisnis. Tujuan ini akan memotivasi Anda dan tim Anda dan memungkinkan Anda untuk melacak kesuksesan Anda. Contoh dari tujuan pemasaran bisa berupa peningkatan penetrasi pasar alias menjual lebih banyak produk yang sudah ada ke pelanggan yang sudah ada atau pengembangan pasar dengan menjual produk yang sudah ada ke pasar untuk sasaran baru. Tujuan atau sasaran pemasaran ini bisa bersifat jangka panjang dan mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk berhasil dicapai. Namun, bukan berarti tujuan ini tidak terukur, tetap harus memiliki kerangka waktu untuk bisa dicapai.

Strategi pemasaran yang baik tidak akan berubah setiap tahun, namun akan direvisi ketika tujuan yang diinginkan telah tercapai. Anda mungkin perlu mengubah strategi jika ada faktor eksternal yang akan memengaruhi strategi ini. Bisa berupa pesaing baru, teknologi baru, atau keadaan pasar yang menuntut dilakukannya perubahan.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Online yang Relevan Saat ini

3. Teliti Pasar Anda

Riset adalah bagian penting untuk mencari tahu strategi pemasaran mana yang akan cocok untuk digunakan. Anda perlu mengumpulkan informasi tentang pasar dimana bisnis, seperti ukuran, pertumbuhan, tren sosial, dan demografi. Sangat penting juga untuk mengawasi pasar Anda sehingga bisa mengetahui setiap perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu dalam memilih strategi pemasaran yang bisa memberikan hasil efektif bagi bisnis Anda.

4. Kenali Pelanggan Potensial Anda

Profil pelanggan yang teridentifikasi juga akan bisa mempermudah dalam menentukan pemasaran seperti apa yang mungkin cocok dengan basis pelanggan atau target audiens Anda. Profil tersebut akan mengungkapkan pola pembelian mereka, termasuk bagaimana mereka membeli, di mana mereka membeli dan apa yang mereka beli. Sekali lagi, tinjau tren secara teratur sehingga tidak kehilangan peluang baru atau menjadi tidak relevan dengan pesan pemasaran Anda. Saat Anda mencoba mencari pelanggan baru, pastikan strategi pemasaran juga memungkinkan Anda untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Jasa SEO

5. Kenali Pesaing Anda

Mengetahui strategi pemasaran dari kompetitor atau pesaing akan bisa menjadi sebuah cara bagi Anda untuk bisa menentukan strategi Anda sendiri. Gunakan ini untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif Anda, seperti apa yang membedakan bisnis Anda dari para pesaing. Anda mungkin juga ingin mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses internal untuk membantu meningkatkan kinerja dibandingkan dengan pesaing Anda.

6. Uji Ide Anda

Dalam memutuskan strategi pemasaran, Anda bisa menggunakan riset online untuk menguji beberapa ide dan pendekatan pada pelanggan dan staf Anda. Coba  tinjau apa yang berhasil dan apa yang tidak. Anda perlu memilih sejumlah taktik untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, menjangkau pelanggan dalam target pasar Anda dan meningkatkan hasil penjualan.

Baca Juga: Apa itu A/B Testing? Cara Tepat Tingkatkan Conversion Rate Website

Manfaat Dari Strategi Pemasaran

Ada berbagai macam bentuk manfaat yang akan bisa dihasilkan melalui strategi pemasaran yang tepat dan cocok untuk bisnis Anda. Beberapa diantaranya bahkan bisa mempengaruhi bagaimana proses produksi berjalan. Dengan manfaat yang sangat luas, maka tidak bisa sembarangan dalam menyeleksi strategi pemasaran untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang sangat berguna dari strategi pemasaran.

1. Membantu Dalam Proses Produksi

Strategi pemasaran akan bisa membantu Anda untuk menciptakan produk dan layanan dengan peluang terbaik untuk menghasilkan keuntungan. Hal ini bisa terjadi karena sebuah strategi pemasaran akan dimulai melalui riset pasar, mempertimbangkan target pelanggan optimal Anda, apa yang dilakukan pesaing, dan apa tren yang sedang berlangsung. Semua informasi ini akan bisa diubah menjadi sebuah produk yang akan bisa menyelesaikan masalah para konsumen.

2. Membantu dalam Komunikasi Pemasaran

Riset pasar yang dilakukan untuk bisa menentukan strategi pemasaran yang cocok juga akan bisa membantu dalam usaha menciptakan brand, atau citra yang ingin Anda bangun. Tanpa adanya riset pasar dan rencana pemasaran strategis, mungkin periklanan Anda hanya berdasarkan individual tertentu, bersifat reaksioner, mengirim pesan yang tidak sesuai dengan identitas brand yang Anda buat berdasarkan upaya pengembangan produk.

Baca Juga: Membangun Brand Dengan Remarketing

3. Berdampak dalam Komunikasi Organisasi

Dengan sebuah strategi pemasaran, tiap departemen bisa bekerja lebih baik satu sama lain, karena mereka semua bekerja untuk tujuan yang sama. Seperti ketika, divisi periklanan meminta pendapat dari tim product development Anda untuk menentukan pesan apa yang harus Anda kirim tentang kelebihan dari produk. Staf penjualan mungkin akan berbicara dengan orang yang bertanggung jawab dalam mengelola citra untuk menentukan apakah mereka dapat menawarkan diskon, kupon, atau potongan harga tanpa merusak brand yang sudah dibangun.

Digital Marketing, Strategi Pemasaran yang Populer Saat Ini

Bentuk pemasaran sendiri ada banyak, namun jika dikategorikan maka akan ada 2 bentuk yang kita jumpai saat ini. Pemasaran tradisional dan digital marketing. Pemasaran secara tradisional masih banyak digunakan karena masih terbukti efektif untuk beberapa bisnis, namun kehadiran dari digital marketing yang membawa hal baru secara perlahan mulai mendominasi.

Ada banyak bentuk strategi pemasaran yang bisa dilakukan secara digital. Mulai dari iklan di media sosial hingga SEO. Semuanya akan bisa memberikan dampak yang besar jika dijalankan dengan baik dan benar. Beberapa bentuk digital marketing yang mungkin cocok dengan bisnis Anda adalah:

SEM/Google Adwords

SEM (Search Engine Marketing) adalah salah satu strategi pemasaran digital terbaik untuk mendapatkan hasil dalam jangka pendek ketika memasarkan produk Anda. Melalui iklan di mesin pencari, eksposur akan dengan cepat didapatkan. Hal ini tentu saja akan bisa menghasilkan peningkatan penjualan jika dikonversi dengan baik. Manfaat utama menggunakan SEM adalah:

  • Mendapatkan hasil instan.
  • Mudah menjangkau audiens target Anda.
  • ROI tinggi; jika seseorang mengklik iklan Anda saja maka Anda harus membayar.
  • Anda dapat memulai dengan anggaran kecil.

Kampanye iklan ini akan bisa menghabiskan anggaran dengan cepat. Jadi, diperlukan keahlian tertentu untuk merancang kampanye agar bisa menghasilkan secara efektif dan tepat sasaran.

Email Marketing 

Pemasaran yang dilakukan menggunakan email adalah salah satu teknik yang paling penting dan hemat biaya. Cocok bagi Anda yang ingin menumbuhkan bisnis dengan menggunakan database pelanggan yang banyak. Strategi ini sangat cocok dalam membangun hubungan dan juga sebagai sarana menyampaikan informasi kepada para pelanggan. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan email yang baik dalam strategi digital marketing yang satu ini:

  • Gunakan judul email yang menarik, untuk meningkatkan rasio orang dalam membuka email Anda.
  • Tulis email Anda dalam bahasa yang sederhana dan singkat.
  • Tulis konten menjadi paragraf-paragraf kecil. Gunakan subjudul dan poin agar dapat dibaca dengan mudah.
  • Jelaskan manfaat dari apa yang Anda tawarkan. 
  • Berikan penjelasan bagaimana itu dapat membantu mereka. Jangan mencoba menjualnya secara langsung.
  • Buat funnel untuk mendapatkan lebih banyak konversi

Baca Juga: Berbagai Macam Email Marketing yang Bisa Membantu Bisnis Anda

Influencer Marketing 

Strategi digital marketing ini adalah menjadi bentuk pemasaran yang paling trendi saat ini. Teknik yang sangat efektif dan murah untuk mengembangkan sebuah bisnis. Beberapa keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah berupa eksposur yang besar, membantu dalam mendapatkan kepercayaan dan pelanggan, berbiaya rendah, serta mudah untuk diterapkan. Anda bisa menggunakan makro atau mikro influencer untuk bisnis Anda. Tergantung tujuan dan juga budget.

Social Media Marketing

Media sosial telah menjadi tool untuk pemasaran yang dinilai dapat menjangkau berbagai generasi, terutama millennial dan Gen-Z. Beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari strategi digital marketing ini adalah:

  • Meningkatnya eksposur dan lalu lintas yang berasal dari media sosial
  • Pemasaran media sosial mengembangkan pelanggan setia
  • Meningkatkan peringkat pencarian dan menghasilkan arahan
  • Peningkatan penjualan

Beberapa platform paling populer untuk strategi pemasaran ini adalah:

  • Facebook
  • Indonesia
  • Instagram
  • Pinterest
  • LinkedIn

Content Marketing 

Content marketing menjadi salah satu strategi pemasaran secara digital yang cukup membantu, apalagi dalam membangun brand image. Pemasaran dengan konten akan bisa menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada pencarian berbayar, menurut beberapa penelitian. Ini adalah strategi yang lebih murah dan efektif untuk bisnis Anda. Serta bisa bekerja dengan baik dengan strategi lainnya seperti SEM dan SEO. Content marketing memberikan hasil yang tahan lama tetapi perlu beberapa waktu untuk melihat hasilnya. Keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan melalui strategi ini adalah:

  • Hasil yang sangat efektif dan tahan lama
  • Bermanfaat untuk menciptakan buzz untuk startup Anda
  • Lebih murah dari iklan berbayar
  • Membangun kepercayaan dan otoritas untuk merek Anda

Baca Juga: Content Marketing Strategy di Search Engine

SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu bentuk strategi yang paling hemat biaya dan bisa memberikan ROI yang memuaskan. Jika Anda membutuhkan digital marketing sebagai salah satu upaya pemasaran Anda, maka SEO ini menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan optimasi ini bisa menjadi proses yang dapat mendatangkan traffic organik dari mesin pencari tanpa biaya tambahan. Apabila menggunakan SEO bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan strategi yang lain. Seperti yang disebutkan di atas, strategi ini bisa berjalan bergandengan dengan banyak strategi lainnya demi menghasilkan dengan lebih maksimal dan efektif. Tingkatkan jangkauan dari bisnis secara organik dan dapatkan juga hasil yang tahan lama serta bisa diperbarui di kemudian hari. 

Bila Anda bingung mencari agensi yang bisa membantu Anda, maka gunakan  Jasa SEO dari Digital Marketing Agency ToffeeDev. Kami siap menjadi mitra yang membantu dalam menyukseskan rencana bisnis yang sudah disusun. Tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami.

Para ahli SEO kami akan bisa membantu bisnis Anda untuk berkemabang ke tingkat selanjutnya. Strategi yang digunakan juga sangat aman sehingga tidak perlu takut terkena pinalti. Kami juga selalu berusaha memberikan hasil terbaik yang mengikuti berbagai update algoritma dari Google, sehingga tidak perlu ragu lagi karena setiap optimasi akan dipastikan tidak akan ketinggalan dengan berbagai pembaruan yang ada. Membuat website teroptimasi dengan baik dan sempurna. Tunggu apalagi, mari kembangakan bisnis Anda ketinggkat selanjutnya dan capai berbagai macam goal Anda. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lainnya yang lebih lengkap serta memulai untuk konsultasi mengenai digital marketing bisnis Anda di sini

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat