Meta Tag Adalah : Pengertian, Jenis, dan Cara Memasangnya

meta tag adalah

Meta tag adalah salah satu strategi dalam SEO atau Search Engine Optimization. Dengan melakukan optimasi pada meta tag, Anda bisa membuat situs mudah muncul pada halaman pertama dari Google. Jadi, peluang untuk dilihat dan diklik pengguna cukup besar.

Mengingat meta tag ini sangat penting, Anda harus hati-hati dalam pembuatannya. Sekali saja salah membuat bagian ini, konten yang Anda buat tidak akan mudah menembus mesin pencari. Efeknya, jumlah lead dan traffic yang masuk ke situs jadi anjlok.

Pengertian Meta Tag

Deskripsi yang ditampilkan atau diperlihatkan pada halaman hasil pencarian dikenal sebagai meta tag. Meta tag berisi detail untuk mesin pencari tentang deskripsi halaman yang berisi informasi pada situs web. Karena itu, Anda perlu memberi perhatian khusus pada meta tag sambil mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari. Tiga jenis tag meta yaitu meta title, meta description, dan meta keywords digunakan dalam penerapannya. Harus ada salah satu dari ketiga jenis meta tag di setiap halaman website.

Jasa SEO Banner

Fungsi Meta Tag

Dapat dikatakan bahwa keberadaan meta tag di situs web sangat penting karena membantu mesin pencari memahami situs tersebut dan memberikannya peringkat tinggi dalam hasil pencarian. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa tag meta menyertakan data penting yang dibutuhkan oleh robot perayap mesin telusur itu sendiri.

Tanpa adanya meta tag, mesin pencari akan memilih istilah acak dari konten online untuk diperlihatkan pada halaman hasil pencarian dan ini dianggap buruk untuk SEO. Dengan demikian, jelas bahwa meta tag sangat penting untuk Search Engine Optimization (SEO).

Baca Juga : Penggunaan Meta Description, Title Tag Dan Meta Keyword dalam Hasil Pencarian

Jenis Meta Tag

Pada umumnya Meta tag tidak dimasukkan ke dalam konte, tetapi masuk saat Anda melakukan input ke dasbor CMS. Ada tiga jenis meta tag yang harus dimasukkan agar setiap konten yang dibuat bisa dioptimasi dengan sempurna. Berikut jenis meta tag selengkapnya.

1. Meta Title

Saat Anda melakukan pencarian di Google, judul dari halaman website yang muncul itu adalah meta title. Umumnya, satu halaman akan memuat dua judul. Jadi, bisa saja judul yang ada di halaman dan mesin pencari berbeda meski keduanya saling berkaitan.

Untuk bisa memaksimalkan judul atau meta title, biasanya pengguna CMS seperti WordPress akan menggunakan plug-in. Aplikasi tambahan yang cukup mudah digunakan untuk keperluan SEO adalah Yoast SEO.

Dengan menggunakan plug-in itu, Anda bisa dengan mudah memberikan meta title yang menarik. Selain itu, panjang dan pendeknya juga bisa diatur untuk menghindari indikatornya jadi merah. (Merah berarti terlalu panjang atau pendek).

Saat membuat meta title, simak beberapa tips di bawah ini:

  • Dalam membuat meta title, Anda harus memasukkan kata kunci yang memang disasar.
  • Usahakan judul yang dibuat menarik karena akan tampil di mesin pencari. Anda boleh menambahkan clickbait, tetapi harus relevan dengan konten.
  • Usahakan membuat judul maksimal 60 karakter saja.
  • Boleh menambahkan angka atau simbol tertentu yang disukai mesin pencari.

2. Meta Description

Meta description adalah rangkuman atau bocoran yang berkaitan dengan konten yang akan dibahas. Umumnya, meta description ini saling berkaitan dengan meta title sehingga orang lain yang membacanya akan penasaran.

Kolom meta description pada Yoast SEO juga disediakan sendiri. Anda bisa membuat meta description ini dengan panjang maksimal 155-160 karakter saja. Lebih sedikit dari itu lebih baik, asal maksud dari konten sudah terwakili.

Isi dari meta description harus membuat orang yang membaca penasaran. Hindari menampilkan isi secara lengkap dari artikel karena bisa menjawab rasa penasaran yang mereka miliki. Terakhir, semua meta description yang akan Anda buat harus mengandung keyword

3. Meta Keyword

Sebuah situs mudah dicari di Google karena menggunakan meta keyword yang jadi fokusnya. Misal, satu halaman artikel yang membahas tentang manfaat dari yoghurt. Anda bisa menggunakan kata kunci “manfaat yoghurt” sebagai fokusnya.

Karena kata kunci itu yang akan jadi fokus, Anda harus bisa menambahkan kata kunci itu pada konten. Jadi, apa yang tertulis di halaman dan apa yang dioptimasi pada sistem bisa sejalan.

Baca Juga : Meta Title, Elemen Penting Bagi Website Anda

Cara Memasang Meta Tag

Pada suatu website, Meta tag terbagi menjadi beberapa jenis dan memiliki elemen kode-kodenya tersendiri. Berikut adalah cara memasang meta tag dengan susunan meta tag yang benar dalam kode HTML, di antaranya:

Meta title: <head><title>Contoh Judul</title></head>

Meta description: <head><meta name=”description” content=”Ini merupakan contoh meta descriptions. Akan sering muncul di hasil pencarian.”></head>

Meta keyword: <meta name=”keywords” content=”seo, panduan seo, search engine optimisation, search engine optimization”>

Untuk para pengguna WordPress maka bisa memasang meta tag dengan plugin SEO. Tujuannya untuk memaksimalkan meta title, description, dan keyword dengan mudah karena adanya fitur SEO friendly.

Perbedaan antara Meta Title dan Meta Description

Meta Title dan Meta Description bisa dilihat berturut-turut di atas dan di bawah tautan situs web saat muncul di SERP.

  • Meta Title muncul saat sebuah halaman website dilihat di tab browser web . Secara keseluruhan ini “judul” halaman web dan dibatasi antara 50 hingga 70 karakter saja
  • Meta Description mewakili keseluruhan konten pada sebuah halaman web. Deskripsi ini dibatasi sebanyak hingga 160 karakter untuk SERP Google di mesin pencari,

Mengelola website khusus yang berhubungan SEO memang tidak mudah. Itulah alasan optimasi mesin pencari tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Meski Anda sudah mampu membuat konten yang mumpuni, optimasi bisa saja gagal sehingga traffic yang masuk sedikit.Meta tag adalah salah satu kunci optimasi yang wajib dipegang oleh orang yang tepat. Jika Anda merasa tidak mampu melakukan optimasi sendiri, ada baiknya menggunakan jasa SEO. Jadi, urusan rumit terkait SEO bisa ditangani dengan baik.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat