4 Metode Riset Pemasaran Yang Ampuh untuk Bisnis Online

Metode Riset Pemasaran Yang Ampuh untuk Bisnis Online

Riset pemasaran merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan sebelum memulai sebuah usaha. Riset pemasaran berguna untuk mengetahui bagaimana minat pasar serta langkah pemasaran yang tepat sasaran. Terdapat beberapa metode riset pemasaran yang dapat Anda terapkan dalam bisnis. Sebelum mengetahui berbagai metodenya, kenali terlebih dahulu arti dari riset pemasaran beserta manfaatnya melalui ulasan di bawah ini. 

Apa Itu Riset Pemasaran?

Riset pemasaran adalah kegiatan mengumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan pelanggan dan pasar untuk menyesuaikan cara dan strategi pemasaran yang sesuai, sehingga nantinya produk yang dihadirkan lebih tepat sasaran. Seluruh proses yang berkaitan dengan proses pengumpulan data untuk memasarkan produk merupakan riset pemasaran.

Riset pemasaran digunakan oleh perusahaan untuk berbagai tujuan. Salah satu tujuan utamanya adalah sebagai dasar pengembangan produk baik barang atau jasa dalam hal perencanaan strategi pemasaran, peningkatan penjualan, branding dan kepuasan pelanggan. Selain itu, riset pemasaran juga merupakan alat ukur keberhasilan produk yang dipasarkan.

Jasa SEO

Aspek Apa Saja yang Bisa Diteliti dalam Riset Pemasaran?

Tidak jauh berbeda dengan riset pasar, riset pemasaran juga meneliti tentang keadaan pasar tetapi secara lebih luas yaitu mencakup seluruh aspek pasar serta proses pengumpulan data mulai dari rencana penelitian hingga proses pemasaran. Dalam melakukan riset pemasaran, terdapat beberapa aspek yang dapat diteliti, yaitu:

1. Target pasar yang menjadi data utama dalam riset sebab keseluruhan strategi nantinya dipengaruhi oleh target pasar. 

2. Besar kecilnya permintaan pasar terhadap produk tersebut. 

3. Menentukan strategi dan alat promosi berdasarkan target pasar. 

4. Analisis kompetitor.

Baca Juga: Branding VS Marketing: Mana yang Harus Didahulukan?

4 Manfaat Riset Pemasaran

Manfaat Riset Pemasaran

Riset pemasaran memiliki banyak manfaat bagi pengembangan dan kemajuan bisnis terutama dalam bidang marketing. Berikut ini merupakan beberapa manfaat besar dari penerapan riset pemasaran:

1. Mengidentifikasi Pasar

Untuk membangun sebuah bisnis yang berhasil, mengidentifikasi pasar adalah salah satu faktor yang cukup penting. Melakukan riset pemasaran dapat membantu mengumpulkan data tentang bagaimana produk dapat diterima, tingkat permintaan, serta bentuk promosi yang efektif untuk menarik target pasar.

2. Meminimalisir Risiko

Riset pemasaran dapat membantu perusahaan meminimalisir risiko terutama pada rencana pemasaran. Data yang dikumpulkan akan memberikan hasil analisis bentuk serta tempat iklan yang sesuai dan dapat diterima oleh target pasar, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik dan bukan tidak mungkin akan hadir pelanggan baru dalam penjualan produk tersebut.

Sebagai contoh, produk perawatan wajah akan melakukan peluncuran produk dan bersiap untuk melakukan pemasaran secara besar-besaran. Tanpa riset pemasaran, mungkin perusahaan tersebut akan melakukan pemasaran iklan pada media konvensional seperti koran, majalah, atau televisi. 

Tetapi karena riset pemasaran menunjukkan bahwa target pasar dari produk tersebut sebagian besar lebih aktif dan tertarik pada penggunaan media digital, maka perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan iklan dengan menentukan alat pemasaran yang tepat yaitu media sosial atau media digital lainnya

Baca Juga: 11 Jenis Strategi Bisnis yang Wajib Diketahui Pemilik Bisnis Online

3. Menentukan Branding

Selain dapat meminimalisir risiko, hasil analisis data dari riset pemasaran akan memberikan informasi mengenai kriteria ideal khalayak terhadap sebuah produk. Informasi tersebut dapat menjadi dasar untuk perusahaan menentukan branding terhadap produk. 

Branding dibentuk sesuai dengan bagaimana perusahaan ingin produk tersebut dilihat oleh khalayak luas. Dalam menentukan branding, perusahaan dapat mengombinasikan apa yang menarik bagi target pasar dengan ciri perusahaan. 

4. Membangun Tren 

Riset pemasaran harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan untuk memberikan data yang akurat. Anda dapat menggunakan data ini untuk mendapatkan gambaran kasar tentang cara promosi apa yang mungkin akan menarik calon pelanggan pada masa mendatang. Data riset pemasaran ini dapat digunakan untuk membentuk dan memengaruhi tren pasar sehingga meningkatkan brand awareness terhadap produk.

Baca Juga: 3 Pengaruh Brand Awareness Bisnis yang Positif bagi Perusahaan

4 Metode Riset Pemasaran yang Bisa Anda Coba

Metode Riset Pemasaran Yang Ampuh untuk Bisnis Online

Untuk mengumpulkan data dan informasi pasar yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan berbagai metode riset pemasaran. Metode ini diciptakan untuk memudahkan Anda dalam mencari, mengolah, dan menganalisis data sesuai dengan kebutuhan. Berikut merupakan metode riset pemasaran yang dapat Anda coba:

1. Survei

Survei adalah metode riset pemasaran yang dilakukan dengan mengamati perilaku serta minat khalayak dan disertai dengan mengajukan pertanyaan pada beberapa orang terpilih. Untuk melakukan survei, Anda dapat menggunakan media seperti telepon, surat, bertemu langsung, atau media sosial untuk melakukannya. 

2. Kuesioner

Apabila memilih menggunakan kuesioner, Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan minat pasar dan beberapa hal yang mengarah pada produk. Kemudian, bagikan kuesioner tersebut pada khalayak yang sesuai dengan kriteria pelanggan produk Anda. 

3. Wawancara 

Salah satu metode riset pemasaran yang datanya dapat diterima langsung adalah wawancara. Wawancara merupakan metode riset yang dilakukan secara langsung untuk mendapatkan informasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Melalui wawancara tatap muka, Anda juga dapat melihat reaksi responden terhadap pertanyaan yang berkaitan dengan metode pemasaran dan produk yang dihasilkan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menentukan Target Market Bisnis?

4. Focus Group Discussion (FGD)

Focus group discussion atau FGD adalah metode riset pemasaran yang dilakukan dengan mengumpulkan beberapa orang untuk berdiskusi. Namun kemajuan teknologi saat ini tidak lagi mengharuskan Anda melakukan FGD secara langsung dalam jumlah kecil. 

Anda dapat memanfaatkan fitur media sosial seperti question box pada Instagram untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait pemasaran dan produk yang akan dipasarkan dan memberikan kebebasan pengikut atau bahkan siapa pun untuk menjawab. Sehingga, akan lebih banyak lagi khalayak yang dapat ikut berpartisipasi dalam diskusi.

Kesimpulannya, mengetahui dan menjalankan metode riset pemasaran dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan produk yang diciptakan melalui iklan. Tidak dapat dimungkiri bahwa saat ini iklan merupakan salah satu alat untuk menarik pelanggan yang paling efektif dan pada beberapa situasi juga menjadi alat ukur keberhasilan sebuah produk.

Dalam mengembangkan perusahaan, manfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan produk karena saat ini teknologi digital lebih banyak dilihat dan diminati masyarakat. Itu sebabnya, Anda harus mulai menggunakan digital marketing sebagai langkah memperkenalkan produk dan perusahaan pada masyarakat yang lebih luas lagi. 
ToffeeDev dapat menjadi solusi kebutuhan optimalisasi digital marketing Anda. ToffeeDev membantu merevolusi produk dengan berbagai layanan digital marketing untuk mendukung tujuan bisnis Anda. Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat