Pemasaran Afiliasi: Definisi, Manfaat, dan Tips Menjalankannya

pemasaran afiliasi adalah

Di era sekarang ini, lini bisnis sudah sangat berkembang dengan lebih modern. Teknologi membuat bisnis berkembang hingga ke pasar digital. Salah satu metode untuk mendapatkan passive income yang sedang populer di kalangan masyarakat adalah bisnis pemasaran afiliasi atau affiliate marketing.

Pemasaran afiliasi adalah salah satu contoh model bisnis yang sedang digemari karena berbagai manfaatnya, baik untuk pebisnis maupun orang yang menjalankan afiliasi. Berikut penjelasan mendalam mengenai pemasaran afiliasi.

Apa Itu Pemasaran Afiliasi?

Pemasaran afiliasi adalah sebuah model promosi atau pemasaran di mana pihak pemilik bisnis akan memberikan kompensasi atau komisi untuk pihak pemasar yang membantu mempromosikan produk mereka. 

Metode pemasaran ini mengharuskan pemilik bisnis membayar orang yang melakukan afiliasi untuk tiap produk yang berhasil dijual, per klik, atau bahkan per tayangan. Hal tersebut terjadi jika afiliasi dilakukan secara online. Artinya, ada tiga sisi yang menjadi pokok utama dalam promosi bisnis model ini, yaitu penjual, jasa afiliasi, dan konsumen. Seperti yang Anda tahu, dunia digital diisi dengan berbagai website dan media sosial. Faktor-faktor inilah yang membuat pemasaran afiliasi kini menjadi sorotan para pebisnis. 

Pemasaran afiliasi yang paling mudah ditemui saat ini adalah influencer. Influencer merupakan sosok yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain dalam memilih sebuah produk. Biasanya, influencer memiliki media sosial dengan jumlah pengikut yang sangat besar. Hal inilah yang menjadi kunci sukses mereka dalam melakukan pemasaran bisnis afiliasi ini. Selebritas, artis, hingga pakar bisa menjadi affiliate marketer dan memengaruhi pengikutnya untuk membeli produk yang mereka afiliasikan di media sosial.

Banner Ads - General 2

Jenis-jenis Pemasaran Afiliasi

Berdasarkan tingkat keterlibatan dengan produk yang dipromosikan, terdapat beberapa jenis utama dari pemasaran afiliasi:

  1. Pemasaran afiliasi tanpa ikatan: Afiliasi memperoleh komisi dengan menampilkan iklan banner, tanpa terikat pada niche tertentu. Sebagai contoh, blog fashion yang menampilkan iklan produk gym.
  2. Pemasaran afiliasi dengan keterkaitan: Fokusnya adalah mempromosikan produk yang sesuai dengan keahlian atau niche afiliasi. Afiliator menggunakan pengetahuan dan otoritasnya dalam bidang tersebut untuk merekomendasikan produk afiliasi yang relevan kepada audiens.
  3. Pemasaran afiliasi melalui keterlibatan: Biasanya dilakukan dengan berbagi pengalaman pribadi terkait manfaat produk yang diiklankan. Pengalaman ini memungkinkan afiliasi memberikan informasi dan rekomendasi yang autentik, yang tentunya akan lebih meyakinkan.

7 Manfaat Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah salah satu strategi pemasaran yang bermanfaat untuk pemilik bisnis dan penyedia jasa afiliasi. Keduanya tentu sama-sama diuntungkan dengan program pemasaran ini. Pasalnya, sistem ini tidak serumit pengertiannya, bahkan memiliki keuntungan yang luar biasa tinggi bagi semua pihak di dalamnya. Berikut empat manfaat pemasaran afiliasi di dunia bisnis.

1. Hemat tenaga kerja

Dalam melakukan pemasaran, perusahaan biasanya akan memperkerjakan beberapa sales profesional atau affiliate marketer yang bahkan memiliki harga atau gaji yang cukup tinggi agar produk atau layanan bisnis Anda bisa terjual dengan baik. Tentu hal tersebut cukup menguras anggaran perusahaan.

Nah, pemasaran afiliasi ini akan sangat membantu menghemat permasalahan tenaga kerja. Anda tidak lagi perlu menambah karyawan untuk memasarkan produk. Cukup gunakan program pemasaran afiliasi dan produk akan dibantu dipasarkan di dunia digital.

Baca juga: Affiliate Adalah: Arti, Jenis, Cara Kerja, dan Tips Menjalankannya

2. Menekan biaya produksi

Memproduksi barang untuk dijual pasti membutuhkan modal besar. Namun, bagi orang yang ingin memiliki bisnis sampingan tanpa perlu membuat barang, mereka bisa menggunakan program pemasaran afiliasi. Anda yang enggan mengeluarkan biaya produksi tetap bisa mendapat penghasilan tanpa perlu memproduksi barang atau layanan karena tugas Anda adalah melakukan pemasaran afiliasi dari produk yang sudah ada.

Banner Ads - Ebook 2

3. Promosi produk atau jasa menjadi lebih luas

Dunia digital merupakan ruang yang sangat luas, bahkan bisa menyentuh publik internasional. Penggunaan sistem afiliasi akan mempermudah pebisnis untuk mempromosikan barang lebih cepat dan lebih luas. Jaringan promosi yang luas ini tentu akan makin meningkatkan potensi bertambahnya pengunjung dan angka penjualan. Keuntungan menjadi berlimpah berkat pemasaran ini.

Baca juga: Apa Saja Contoh Affiliate Marketing? Bagaimana Caranya?

4. Potensi penghasilan lebih besar dengan risiko yang kecil

Bagi afiliator (orang yang menyediakan jasa afiliasi), pendapatan yang diterima tergantung dari bentuk kerja dan dari seberapa rajin mereka mempromosikan suatu produk. Makin rajin mereka melakukan promosi, maka makin banyak pula penghasilan yang akan didapat. Afiliator tidak akan merasakan risiko selain yang berhubungan dengan ritme kerja mereka. Bahkan pihak pebisnis pun juga hanya akan membayar afiliator jika produknya terjual atau di-klik. Itu sebabnya pemasaran ini memiliki risiko yang tergolong kecil.

5. Penjualan Berdasarkan Performa

Bagi bisnis, strategi pemasaran afiliasi bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif karena pemasar afiliasi hanya akan dibayar ketika mereka berhasil mendatangkan pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dapat memastikan bahwa setiap biaya yang mereka keluarkan nantinya memang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi perusahaan.

6. Meningkatkan Awareness

Strategi afiliasi dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan awareness bisnis mereka. Bayangkan saja, berapa banyak orang yang akan menawarkan barang dan jasa Anda? Jika Anda melakukan pemasaran Anda seorang diri, mungkin akan cukup lama bagi Anda bisa membuat banyak orang sadar akan bisnis Anda.

Namun, karena strategi afiliasi memanfaatkan skala yang masif, tidak mustahil bagi brand Anda untuk meningkatkan awareness secara masif.

7. Strategi Loyalitas Pelanggan

Pemasaran afiliasi juga dapat Anda sulap menjadi program loyalitas pelanggan; siapapun pelanggan Anda yang dapat mendapat pelanggan baru, maka dia akan mendapatkan hadiah tambahan. Dengan begitu, Anda dapat merubah pelanggan Anda yang paling loyal untuk menjadi brand ambassador bisnis Anda dan menyebarluaskan kesuksesan produk atau layanan Anda.

3 Tips Menjalankan Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah cara mudah untuk meningkatkan penjualan dan menambah pemasukan tanpa terancam risiko yang besar. Meski terkesan mudah, pemasaran program afiliasi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Dunia digital masih tergolong dunia baru bagi masyarakat umum. Perlu ada pemahaman lebih lanjut sebelum melaksanakan program ini. Berikut beberapa tips untuk menjalankan pemasaran afiliasi dengan baik.

1. Pilih program pemasaran afiliasi dengan bijak

Tiap platform memiliki aturan dan metode keuntungan afiliasi yang berbeda-beda. Pilihkan program pemasaran afiliasi yang paling cocok dengan gaya Anda. Pertimbangkan kualitas barang daripada hanya berfokus ke komisi. Carilah platform yang paling sering Anda gunakan agar lebih mudah memahami seluk beluknya. Buat konten dengan kualitas tinggi agar penonton mudah tertarik dengan apa yang Anda promosikan.

Baca juga: 4 Cara Affiliate Marketing yang Ampuh Meningkatkan Penjualan

2. Tentukan target pasar

Carilah sesuatu yang Anda sukai dan pahami untuk afiliasi. Anda akan lebih mudah mengevaluasi produk dan merek mana yang akan dipromosikan. Gunakan alat-alat insight di media sosial untuk mendapatkan data yang bisa mendukung strategi promosi Anda. Pahami apa yang disukai penonton atau pembaca Anda, sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan barang apa yang paling banyak dicari dan dibeli.

Banner Ads - Lead Gen 2

3. Pahami product knowledge

Dengan memahami product knowledge atau pengertian deskripsi barang, Anda bisa lebih mudah menjelaskan kelebihan atau bahkan kekurangan produk yang Anda promosikan ke target konsumen. Saat ini, mulai bermunculan afiliasi yang hanya ingin mengeruk komisi tanpa memahami produk yang menguntungkan pelanggan.

Karenanya, jadilah afiliator yang jujur dan bisa memberi kepuasan pada para pelanggan. Pelanggan yang sudah percaya dengan Anda karena product knowledge yang baik, pasti akan kembali lagi ke Anda untuk mencari produk lain yang berguna bagi mereka. Artinya, potensi komisi yang didapat juga akan makin banyak.

Itu dia pemahaman tentang pemasaran afiliasi yang sedang populer di era sekarang. Pemasaran afiliasi adalah salah satu metode pemasaran yang sangat menguntungkan, baik dari pebisnis maupun penyedia jasa afiliasi. Produk Anda menjadi lebih mudah tersebar karena jangkauan para afiliator yang beragam. Selain dengan pemasaran afiliasi, pebisnis juga bisa meningkatkan angka penjualan dengan strategi digital marketing lainnya. ToffeeDev dapat menjawab permasalahan Anda yang ingin meningkatkan angka penjualan dengan strategi digital marketing menyeluruh. Anda tentu memerlukan strategi yang tepat untuk bisa memasarkan suatu produk. Kami menyediakan berbagai jasa digital marketing, mulai jasa SEO hingga konsultasi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan brand Anda. Segera hubungi ToffeeDev dan tingkatkan angka penjualan bisnis Anda bersama kami!

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat