6 Cara Melakukan Pemasaran Online yang Efektif

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Bagaimana cara melakukan pemasaran online yang efektif? Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi pun semakin berkembang pesat. Apabila dulu kita harus membaca surat kabar untuk mengetahui suatu berita, sekarang semua dapat diakses hanya dalam satu sentuhan atau satu genggaman saja. Ya, dunia digital telah merubah cara manusia beraktivitas, bahkan hingga berbisnis.

Zaman dulu, untuk mempromosikan sebuah bisnis, maka Anda perlu memanfaatkan media cetak seperti koran, brosur, dan majalah. Lalu, perkembangan zaman membawa perubahan dalam media promosi menjadi media elektronik yaitu televisi dan radio. Akan tetapi, tidak semua pemilik bisnis dapat memasang iklan di media elektronik karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan. 

Setelah internet memasuki kehidupan manusia, sedikit demi sedikit banyak bisnis yang mulai beralih ke dunia digital. Tidak hanya itu, penggunaan internet pun semakin meningkat pesat, terutama penggunaan internet dari mobile phone. Melihat perkembangan internet yang sedemikian pesat, Anda dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk meningkatkan bisnis. Banyak platform yang tersedia untuk memasarkan bisnis Anda.

Nah, bagaimana cara memanfaatkan pemasaran bisnis secara online? Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan berbagai macam informasi seputar pemasaran online yang perlu Anda ketahui sebagai pemilik bisnis. Dengan demikian, Anda dapat mulai terjun ke dunia digital dan menarik lebih banyak keuntungan dari pemasaran online.

Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online yang Efektif?

Ada berbagai macam metode yang dapat Anda lakukan dalam melakukan pemasaran online. Di bawah ini, Anda akan menemukan 6 cara untuk melakukan pemasaran online secara efektif mulai dari SEO, SEM, email marketing, Google My Business, social media marketing, hingga CRM. Apa saja masing-masing penjelasan dari cara untuk melakukan pemasaran online tersebut? Simak pembahasannya berikut ini.

1. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu strategi pemasaran online yang digunakan untuk pemilik website. Cara kerja SEO ini dengan mengoptimalkan website dan mengisi website dengan konten-konten yang edukatif serta informatif dengan tujuan agar dapat muncul pada halaman pertama mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO) ini masuk ke dalam metode pemasaran online yang organik. Artian dari kata organik ini adalah metode pemasaran online yang tidak menggunakan iklan dan berfokus pada peningkatan traffic secara natural. Oleh karena itu, SEO merupakan salah satu jenis pemasaran online yang paling sering digunakan oleh pemilik website.

Baca Juga: 7 Tips Agar Bisnis Anda Bisa Sukses Dengan SEO

2. SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan metode pemasaran online bagi para pemilik website dengan menggunakan iklan. Anda pastinya pernah melihat contoh dari SEM ketika sedang mengunjungi Google dengan kata kunci berupa produk atau jasa tertentu. Website yang menggunakan SEM akan ditampilkan pada bagian atas halaman pertama Google dan terdapat label berwarna hijau yang bertuliskan Ad.

Untuk dapat menerapkan strategi pemasaran Search Engine Marketing (SEM), maka Anda harus menyediakan budget karena SEM merupakan strategi pemasaran online berbentuk iklan. Anda juga bisa mengkombinasikan SEO dan SEM untuk mendatangkan traffic website yang lebih tinggi dan bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak transaksi jual beli yang didapat dari penggunaan metode pemasaran online tersebut. 

3. Email Marketing

Setelah membahas mengenai pemasaran online untuk website, maka cara selanjutnya untuk dapat melakukan pemasaran online dengan efektif yaitu menggunakan email marketing. Pernahkah Anda mendapatkan email yang berisi pesan promosi? Email tersebut merupakan email marketing.

Email marketing termasuk ke dalam satu jenis pemasaran online yang paling sering digunakan. Hal ini dikarenakan Anda dapat terhubung secara personal dengan customer. Selain itu, Anda dapat menyampaikan secara langsung mengenai promo yang sedang berlangsung ataupun jika ada peluncuran produk baru. Email marketing ini sangat tepat digunakan untuk me-maintain hubungan dengan customer agar mereka menjadi customer loyal Anda. Jasa SEO

4. Google My Business

Pernahkah Anda mendengar mengenai Google My Business? Google My Business merupakan salah satu fitur dari Google yang memungkinkan Anda untuk mendaftarkan bisnis yang dimiliki mulai dari nama perusahaan, alamat bisnis, hingga nomor telepon dan juga website. Jika bisnis Anda telah terdaftar ke dalam Google My Business, maka ketika calon customer ingin berkunjung dapat langsung melihat Google Maps karena alamat perusahaan Anda telah tercantum di Google My Business.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari mendaftarkan perusahaan ke Google My Business adalah customer dapat memberikan review mengenai perusahaan Anda. Oleh karena itu, Google My Business bisa menjadi salah satu jenis pemasaran online yang efektif dan dapat Anda gunakan secara gratis.

Baca Juga: Cara Membuat Google My Business untuk Bisnis Anda

5. Social Media Marketing

Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan banyak lagi media sosial yang tersedia di internet dapat Anda gunakan untuk melakukan pemasaran online. Untuk dapat melakukan pemasaran online melalui media sosial, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu segmentasi bisnis yang dijalani.

Secara garis besar, ada 2 segmentasi dalam menentukan target pasar yang tepat yaitu segmentasi B2B atau Business-to-Business yang berarti segmentasi ini bersifat profesional dan ada juga B2C atau Business-to-Customer yang berarti segmentasi ini bersifat penjualan ke end user

Untuk segmentasi B2B, media sosial yang paling umum digunakan adalah LinkedIn dan untuk seluruh media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram masuk ke dalam segmentasi B2C. Anda dapat memanfaatkan social media marketing secara gratis. Akan tetapi perlu dicatat, masing-masing media sosial memiliki fitur Ads atau iklan yang dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak calon customer sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing 2021

6. CRM

Cara untuk melakukan pemasaran online terakhir yang dapat Anda lakukan adalah CRM atau yang kepanjangannya yaitu Customer Relationship Management. Metode ini dilakukan untuk menjaga dan menjalin hubungan baik dengan customer yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat memiliki customer loyal yang akan terus membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Selain itu, bukan tidak mungkin bahwa customer yang dimiliki saat ini akan mempromosikan bisnis Anda secara cuma-cuma. 

Apa Saja Manfaat yang Didapatkan dari Pemasaran Online?

Di era yang serba digital ini, mengembangkan bisnis menjadi lebih mudah berkat adanya pemasaran online. Namun, apakah hanya kemudahan saja yang dapat diberikan dari pemasaran online? Berikut ini, ada 4 manfaat dari melakukan pemasaran online. Apa saja keempat manfaat tersebut?

1. Menjangkau Calon Customer yang Lebih Luas

Setiap tahunnya, pengguna internet terus meningkat dan secara otomatis pengguna media sosial juga sangatlah banyak. Dilansir dari datareportal.com, di Indonesia setidaknya memiliki 175.400.000 pengguna internet terhitung sejak akhir tahun 2020 kemarin. Dengan angka yang sedemikian rupa, Anda dapat menggunakan internet untuk mempromosikan bisnis dan menargetkan setidaknya 0,01% hingga 1% dari total keseluruhan pengguna internet tersebut. 

Sedikit tips untuk Anda dalam melakukan pemasaran online dan agar tujuan pemasaran tersebut dapat menarik perhatian banyak pengguna internet adalah dengan membuat konten-konten yang informatif serta edukatif. Dalam dunia pemasaran online, sering tercetus istilah soft selling yang berarti melakukan promosi dengan konsep yang dapat membuat orang merasa penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Metode ini terbukti dapat menarik perhatian publik dibandingkan jika Anda melakukan penjualan dengan hard selling dan hanya berjualan produk atau jasa begitu saja.

2. Hemat Budget

Melakukan pemasaran online sudah dapat dipastikan bahwa biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih sedikit dan efisien. Jika Anda harus mengeluarkan uang yang banyak untuk menampilkan iklan dengan durasi 30 detik dalam iklan di televisi, maka tidak demikian dengan pemasaran online. Anda bahkan tidak memerlukan biaya sedikitpun untuk melakukan pemasaran online.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik untuk melakukan pemasaran online dengan membayar Ads agar konten yang ditayangkan dapat dilihat oleh lebih banyak orang, biaya minimum yang dikeluarkan biasanya berkisar kurang lebih dimulai dari angka 10.000 rupiah. Namun, hal tersebut kembali lagi kepada jenis Ads yang ingin digunakan dan pada platform apa Ads tersebut akan dipasang. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing agency yang sudah ahli dalam bidang pemasaran online. Jadi, biaya yang Anda keluarkan dapat digunakan untuk membayar jasa mereka untuk mengelola aset digital bisnis yang dimiliki.

3. Menjalin Komunikasi dengan Customer Menjadi Lebih Mudah

Internet memudahkan segala hal dalam dunia bisnis, salah satunya untuk menjalin komunikasi dengan customer. Anda dapat memanfaatkan chat bot yang dapat membuat pesan balasan otomatis kepada customer yang mengajukan pertanyaan seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chat seperti WhatsApp atau Telegram untuk berkomunikasi langsung dengan customer serta memberikan informasi-informasi menarik seputar promosi kepada mereka. 

4. Melakukan Bisnis Dari Manapun dan Kapanpun

Manfaat terakhir yang bisa Anda dapatkan dari melakukan pemasaran online adalah fleksibilitas waktu dan tempat. Anda dapat melakukan pemasaran hanya dengan satu sentuhan saja. Bahkan, Anda juga dapat melakukan pemasaran online selama 24/7. Semua ini berkat kemudahan teknologi dan internet yang dapat Anda manfaatkan melalui device apapun, bahkan melalui smartphone sekalipun.

Tertarik untuk Mengembangkan Bisnis Di Dunia Digital?

Melakukan pemasaran online tidaklah sulit asal Anda dapat memahami caranya. Ada 6 cara yang dapat Anda coba mulai dari pemasaran online melalui website hingga media sosial. Anda juga dapat merasakan banyak manfaat untuk perkembangan bisnis yang dijalani saat ini melalui digital marketing. Apabila Anda ingin memahami lebih lanjut mengenai seluk beluk digital marketing, ToffeeDev memiliki berbagai macam artikel yang membahas seputar website, design, dan juga digital marketing.

Bagi Anda yang juga membutuhkan bantuan jasa pemasaran online, ToffeeDev siap membantu kapanpun dibutuhkan dan untuk segala jenis bidang bisnis apapun. ToffeeDev merupakan salah satu Digital Marketing Agency terpercaya di Indonesia yang sudah menangani banyak client dari berbagai jenis sektor usaha yang berbeda.
ToffeeDev memiliki banyak tim yang sudah memiliki pengalaman di bidang digital marketing. Oleh karena itu, untuk segala kebutuhan di bidang digital, kami siap untuk membantu Anda kapanpun. Silakan hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk membuat janji konsultasi untuk menggali kebutuhan digital marketing apa yang dibutuhkan dalam pengembangan bisnis Anda di dunia digital sekarang juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post