Pengertian Identitas Produk dan Cara Membangunnya

pengertian identitas produk

Apakah Anda menginginkan brand lebih dikenal banyak orang? Sebagai pengusaha, tentunya Anda perlu menciptakan identitas produk yang tepat agar produknya lebih dikenal. Identitas produk menjadikan suatu produk mudah dikenal oleh calon pelanggan dan akan memengaruhi brand image perusahaan. 

Identitas produk adalah sebuah keterangan terkait data atas sebuah produk yang dihasilkan suatu bisnis. Identitas produk ini termasuk dalam sebuah strategi pemasaran sehingga calon konsumen akan lebih mudah dalam mengenal produk yang Anda jual di pasar.

Sebuah produk sangat disukai oleh pelanggan jika identitas dari produk tersebut bisa memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan melahirkan branding yang kuat. Itulah mengapa identitas suatu produk bisa menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna mempromosikan produk dengan berbagai merek.

Selain menjadi alat yang sangat penting dalam pengembangan usaha, mengenali identitas juga membuat produk Anda lebih dikenal masyarakat luas, mulai dari merek, kemasan hingga tagline dari produk.

Melalui artikel ini, Anda akan mengenal pengertian identitas produk dan cara membangunnya agar menarik perhatian konsumen.

Pengertian Identitas Produk

Secara umum, pengertian identitas produk adalah sebuah gambaran atau keterangan data mengenai produk suatu perusahaan yang dihasilkan. Identitas produk dalam hal ini dapat berupa logo, warna, slogan, kemasan, nama produk, dan sebagainya.

Apakah pernah mendengar tentang merek dan logo? Jika iya, maka hal ini merupakan bagian dari sebuah proses dalam membangun identitas produk. Setiap barang atau produk harus diberi identitas agar lebih jelas dan dikenali oleh semua orang.

Baca Juga: Pentingnya Identitas Visual bagi Sebuah Brand

Pentingnya Identitas Sebuah Produk

Sebuah produk akan dilihat secara nyata oleh konsumen. Peran sebuah identitas produk menjadi penting bagi barang atau layanan yang dibuat sehingga menghasilkan sesuatu dengan keistimewaan tersendiri kepada konsumen dalam mengenal suatu barang atau layanan.

Suatu merek bisa divisualisasikan dengan adanya product identity tersebut. Perusahaan harus dapat membangun konsep produk dan identitasnya sehingga masyarakat bisa menilai merek tersebut.

Ada kesan mendalam yang diberikan perusahaan terhadap suatu produk untuk para pelanggan. Seperti logo yang unik, paduan warna, nama produk, dan sebagainya. Selanjutnya, perusahaan juga akan membentuk tim dibalik layar guna menciptakan brand dari suatu produk.

Inilah tata nilai yang akan diciptakan, sebuah product identity yang akan membedakan produk Anda dengan produk perusahaan lain. Sebuah produk dinilai sangat digemari jika identitas dari produk tersebut bisa memberikan pemahaman baru kepada masyarakat dan melahirkan branding yang kuat.

Itulah mengapa identitas suatu produk bisa menjadi sangat penting dan memiliki berbagai macam fungsi guna mempromosikan produk dengan berbagai merek. Selain menjadi alat yang sangat penting dalam pengembangan usaha, melakukan hal ini juga untuk membuat produk lebih dikenal masyarakat luas, mulai dari merek, kemasan hingga tagline dari produk.

Baca Juga: 4 Tahap Pengembangan Produk Baru yang Penting Bagi Bisnis

5 Cara Membangun Identitas Produk yang Menarik

Perusahaan memerlukan tim untuk memaksimalkan pemasaran dan membuat sebuah produk dikenal masyarakat atau konsumen. Salah satu caranya dengan mengembangkan dan membangun identitas produk yang unik.

Berikut ini adalah beberapa cara membangun identitas produk dalam bisnis Anda secara detail:

1. Gunakan Strategi dan Konsep yang Matang

Setelah produk siap dengan detail identitas yang lengkap, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah membangun sebuah strategi serta konsep yang matang. Perusahaan perlu membentuk tim untuk membuat strategi marketing yang tepat sasaran.

2. Gunakan Berbagai Macam Referensi

Membangun suatu produk dibutuhkan berbagai macam referensi dari berbagai sumber. Cara ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah identitas produk yang baik. Pada umumnya, referensi ini diambil dari produk-produk yang sudah beredar di pasar atau ide yang muncul sehingga menciptakan value baru.

banner

3. Logo dan Identitas Lainnya Sebagai Pengenalan

Produk dapat dibandingkan dan dibangun mulai dari logo yang dibuat, merek yang dituliskan dengan jelas, hingga desain warna yang ada untuk memperkenalkan kepada konsumen yang akan membeli produk tersebut.

Konsumen akan melihat detail produk dari kemasan yang terlihat secara visual. Biasanya, konsumen akan terpikat jika kemasan terlihat menarik dan unik.

4. Tunjukkan Keistimewaan

Tunjukkan keistimewaan dari identitas merek yang dipromosikan dengan menampilkan keunggulan merek mulai dari pembuatan hingga pengemasan. Banyak konsumen yang memahami pentingnya kualitas sebuah produk, apalagi sekarang penilaian visual menjadi alat utama sebuah identitas brand untuk mendapatkan perhatian.

5. Jelaskan Nilai Merek Produk

Nilai merek dari produk ini menjadi lebih berkesan jika konsumen memberikan review. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan sampel atau promosi produk yang akan dipasarkan, memberikan kalimat sederhana sebagai tagline produk agar mudah diingat, serta memberikan brand yang unik untuk sebuah produk.

Baca Juga: Simak Pentingnya Penerapan Design Thinking dalam Strategi Branding Bisnis

2 Contoh Brand yang Berhasil Membangun Identitas Produk yang Baik

Ada banyak contoh brand yang berhasil membangun identitas produk, terutama dari perusahaan-perusahaan yang telah berdiri sejak lama dan mampu tetap relevan pada masa kini. ToffeeDev akan membahas contoh brand yang sukses membangun identitas produk yang baik tersebut.

1. Pepsi

Pepsi adalah salah satu minuman ringan paling terkenal di seluruh dunia. Strategi branding yang diusung oleh Pepsi berfokus pada kesederhanaan dalam logonya. Melalui pendekatan minimalis, Pepsi mengadopsi dua warna dasar dan menjadikan nama produk dengan font unik sebagai logo.

Pepsi juga mampu memosisikan merek dan produknya dengan sangat baik sebagai minuman pilihan generasi muda. Pelanggan Pepsi sebagian besar berusia antara 13 dan 35 tahun dari kelas menengah ke bawah hingga kelas atas dengan gaya hidup yang sibuk dan modern.

2. Apple

Apple berhasil melakukan branding produk yang dimiliki sebab perusahaannya selalu mengutamakan strategi yang tepat sasaran terhadap berbagai hal. Mulai dengan mengembangkan brand berdasarkan emosi dan pengalaman pelanggan, lalu menyampaikannya ke dalam bentuk inovasi desain yang keren.

Selain itu, hal yang juga selalu identik dengan brand satu ini ialah penggunaan visual yang simpel namun tidak menghilangkan dari segi fungsionalitas di setiap produknya. 

Nah, itu dia beberapa penjelasan mengenai pengertian identitas produk, pentingnya identitas produk hingga contoh brand yang berhasil dilakukan oleh perusahaan-perusahaan terkenal di dunia. 

Jika Anda sedang menjalankan bisnis dan ingin agar produk Anda memiliki pencarian teratas pada mesin pencari, ToffeeDev hadir membantu mewujudkan keinginan tersebut. Kami memiliki berbagai macam layanan yang tidak perlu diragukan lagi dalam mengembangkan bisnis Anda.

Informasi lebih lengkapnya,segera hubungi kami sekarang juga.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat