Penjelasan dan Cara Kerja Proxy

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Setiap harinya Anda pasti mengakses internet di dalam menjalani aktivitas. Dari pagi hingga malam, ada saja penggunaan internet untuk membuka berbagai macam website, media sosial, hingga aplikasi messenger.

Akses internet yang Anda gunakan biasanya melalui akses yang sudah diakui oleh otoritas dan sesuai dengan peraturan yang ada. Namun pada satu kondisi, ada beberapa website yang ternyata diblokir oleh otoritas. Padahal website tersebut perlu Anda buka untuk melihat informasi di dalamnya. Akhirnya Anda mencari jalan keluar yang paling mudah yaitu menggunakan Virtual Private Network (VPN). Dengan VPN, website yang diblokir bisa Anda buka. Namun di dalam penggunaan VPN, ada server proxy yang dijadikan sebagai perantara.

Proxy memang menjadi perantara buatan yang dipakai agar bisa mengakses website yang tidak bisa dibuka jika Anda hanya memakai internet dengan cara normal. Bisa dibilang, proxy bisa membuat Anda mengakses beragam website tanpa perlu takut terkenal pemblokiran.

Definisi proxy

Definisi proxy secara teoristik adalah sebuah komputer atau software yang berguna sebagai perantara jaringan lokal. Jaringan lokal yang dimaksud di sini adalah komputer milik Anda dengan jaringan yang lebih besar. Artinya proxy menjadi satu-satunya pintu masuk sekaligus pintu saat Anda melakukan browsing di dunia maya.

Sebagai perantara, proxy akan menerima permintaan untuk masuk ke sebuah website dari Anda. Kemudian proxy akan masuk ke server proxy dan melanjutkan permintan ke website tersebut.

Proxy memang menawarkan kelebihan di antaranya keamanan yang lebih terjamin, hingga bisa membuka blokir dari otoritas. Dengan demikian, proxy adalah jalan keluar yang paling cocok untuk Anda gunakan jika Anda tidak yakin dengan keamanan internet yang Anda gunakan saat itu.

Cara kerja proxy

Setelah Anda mengetahui definisi proxy yang lebih jauh, kini giliran pembahasan mengenai cara kerja proxy. Untuk cara kerja proxy sendiri sebenarnya mudah dimengerti.

Pada dasarnya, di setiap jaringan internet yang terhubung dengan masing-masing komputer memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Jadi ketika Anda sedang memakai Wi-Fi yang sama dengan teman yang berada di sebelah Anda, alamat IP yang dimiliki kalian pun juga berbeda.

Nah, proxy ini merupakan sebuah jaringan yang memiliki aturannya sendiri. Mereka bisa melakukan berbagai perubahan di dalam alamat IP Anda sehingga memiliki perbedaan dibandingkan dengan alamat IP yang asli.

Proxy yang baik bisa mengubah alamat IP Anda ke alamat yang berbeda. Alamat IP memang bisa dibuat untuk memperlihatkan lokasi Anda berada di mana. Namun proxy bisa mengubah lokasi Anda dengan perubahan alamat IP.

Contohnya seperti ini. Anda sekarang mengakses internet di Jakarta. Saat Anda membuka sebuah website, maka website tersebut tahu kalau Anda berada di Jakarta. Tapi berbeda saat Anda menggunakan proxy. Proxy akan membuat Anda berada di negara lain, contohnya Singapura. Jadi website yang Anda buka akan membaca lokasi Anda berada di Singapura, bukan di Jakarta. Itulah kehebatan proxy yang bisa membuat akses internet menjadi lebih mudah tanpa halangan.

Proxy memang sudah sangat lekat dengan pemakaian aplikasi VPN. Di mana ada VPN, di situlah penggunaan teknologi proxy dipakai. Anda sendiri pada dasarnya telah menggunakan proxy dalam aktivitas sehari-hari.

Itulah penjelasan dan cara kerja proxy yang wajib Anda ketahui. Dengan kemajuan teknologi, proxy menjadi satu bukti bahwa teknologi membawa kemudahan bagi para penggunanya, termasuk Anda sendiri. Yuk, pelajari juga pengertian dan cara kerja Website!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Kategori
Step bye step SEO
SEO Strategi E Book
RTT5VI1
336 x 280

Related Post