Apa Saja Perbedaan Internal Link dan External Link?

Bagi seorang pakar SEO, memahami jenis-jenis link atau tautan yang ada di website adalah sebuah keharusan. Hal ini penting karena tidak semua halaman yang ditautkan ke sebuah konten situs memiliki nilai yang sama. Sayangnya, masih banyak pemilik website yang tidak bisa memahami jenis-jenis link ini termasuk perbedaan internal link dan external link.

Apa Itu Internal Link?

Internal link adalah bentuk tautan yang Anda lakukan di halaman situs Anda yang mengarah ke halaman lain situs dalam domain yang sama. Pengunjung situs dan mesin telusur akan menggunakan internal link untuk menemukan konten dan navigasi situs Anda. Tanpa adanya tautan ke halaman tersebut, mereka tidak akan bisa menemukannya.

Ada beberapa jenis internal link yang biasa digunakan selain tautan di beranda, menu, post feed dan lain sebagainya. Link ini disebut dengan tautan kontekstual. Tautan kontekstual mengarahkan pengunjung situs Anda ke konten yang menarik dan terkait dengan halaman tempat tautan disematkan.

Selain itu, adanya tautan kontekstual memungkinkan mesin pencari mengetahui konten apa dalam situs Anda yang saling terkait dan menentukan nilai konten itu. Semakin banyak link yang diterima oleh sebuah halaman, semakin penting tampilan halaman tersebut bagi mesin pencari. Karena itu, menggunakan tautan internal yang baik sangat penting bagi SEO situs Anda.

Baca Juga : Cara Menentukan Internal Link Yang Bagus

Apa Itu External Link?

Secara umum, external link adalah sebuah tautan yang disematkan ke sebuah halaman website yang sumbernya berbeda domain dengan halaman tersebut. Tidak hanya tautan yang Anda buat ke halaman website lain selain milik Anda, situs lain yang menyematkan tautan ke halaman milik Anda juga disebut dengan external link.

Perbedaan Internal Link dan External Link

Untuk memahami dengan lebih jelas apa perbedaan internal link dengan external link, silakan simak tabel perbandingannya berikut ini!

No.External LinkInternal Link
1.Sulit untuk dikontrol, terutama jika tautan berasal dari situs lain yang mengarah ke salah satu halaman di situs AndaMudah, cepat dan bisa dikontrol sesuai dengan kebutuhan 
2.Tautan muncul di dalam body text, di dalam kontenTautan muncul di navigasi situs web serta di dalam konten
3.Jika tautan berasal dari situs lain yang mengarah ke situs Anda, ini bisa meningkatkan domain authority dari situs AndaAdanya tautan internal akan meningkatkan page authority dari halaman tertentu yang ditautkan
4.Memiliki nilai lebih dalam SEOKurang bernilai dalam SEO
5.Bisa meningkatkan kualitas halaman webDapat membantu bot menemukan halaman web lain di dalam domain Anda
6.Tautan luar dari situs lain ke situs Anda bisa mendatangkan lebih banyak traffic atau kunjungan ke situs AndaMembantu meningkatkan kunjungan ke halaman situs yang ditautkan.
Perbedaan Internal Link dan External Link

Pada dasarnya, internal link dan external link sama-sama penting untuk meningkatkan kinerja SEO sebuah situs dan proses membangun situs yang efektif. Namun, tautan ini juga tidak boleh dibuat sembarangan. Pada penggunaan internal link misalnya, Anda harus memastikan bahwa halaman yang ditautkan bisa membuat mesin pencari memahami relevansi antar kedua halaman, hubungan antar halaman di situs Anda dan nilai dari setiap halaman.

Sementara itu external link dari situs lain yang mengarah ke situs Anda adalah salah satu faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat situs Anda. Mesin telusur tidak lagi menggunakan jumlah tautan eksternal sebagai ukuran kualitas situs Anda. Sebagai gantinya menggunakan “authority” atau “trust” yang dimiliki oleh mesin pencari di situs tempat tautan berasal.

Baca Juga : Ketahui 4 Fakta di Balik Domain Authority Website

Itulah beberapa perbedaan internal link dan external link. Untuk melakukan optimalisasi penggunaan kedua link ini, Anda bisa memanfaatkan layanan master SEO.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat