Pengembangan Bisnis Melalui Konsep Personalized Marketing

personalized marketing adalah

Personalized marketing adalah salah satu cara yang dapat dilakukan pebisnis untuk menarik customer baru atau bahkan mempertahankan customer yang sudah ada agar dapat menjadi customer loyal. Strategi marketing ini bertujuan untuk membuat customer merasa nyaman dan memiliki kedekatan dengan sebuah brand. Dengan demikian, customer akan terus membeli produk atau menggunakan jasa dari satu merek atau perusahaan tersebut. Hal ini yang dinamakan dengan personalized marketing.

Melalui artikel ini, ToffeeDev akan memberikan informasi khusus untuk Anda tentang bagaimana cara melakukan personalized marketing agar dapat meningkatkan penjualan dan bisnis yang dimiliki.

Baca Juga: Pelajari Strategi Pemasaran Produk Online Berikut Ini

Apa Pengertian Personalized Marketing?

Untuk mengenali apa saja manfaat dan cara melakukan personalized marketing, pertama-tama Anda harus mengenal dulu pengertiannya. Personalized marketing adalah strategi marketing di mana pesan brand yang disampaikan disesuaikan dengan pengalaman, preferensi, dan karakteristik individu calon konsumen. Strategi dan fokus pemasaran dari personalized marketing bertujuan untuk menarik perhatian konsumen secara lebih mendalam dan juga personal.

Strategi personalized marketing sering digunakan di masa kini karena lebih efektif dalam menarik perhatian calon konsumen, dapat membantu brand berinteraksi dengan konsumen secara langsung, serta mampu meningkatkan pengalaman konsumen dalam mencari tahu informasi mengenai brand.

5 Cara Melakukan Personalized Marketing

Ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan strategi personalized marketing. Simak caranya berikut ini:

1. Mengumpulkan Kontak Pelanggan

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan kontak dan data konsumen. Jika Anda tidak memiliki kontak customer, lantas bagaimana cara untuk melakukan personalized marketing dan membangun hubungan yang personal dengan customer? Anda bisa memanfaatkan metode pengumpulan kuesioner atau kritik saran yang mengharuskan customer untuk mengisi data diri mereka, sekurang-kurangnya nama lengkap dan email. 

Bagi Anda yang memiliki website, ada fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan data customer yaitu dengan fitur subscribe agar customer dapat memasukkan alamat email mereka untuk mendapatkan update konten atau promo produk dari website tersebut.

Baca Juga: Engagement Marketing: Membangun Relasi dengan Konsumen

2. Melakukan Interaksi dengan Customer

Setelah Anda mempunyai kontak customer, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan interaksi dengan mereka. Anda bisa mencoba untuk mengirimkan pesan berisikan promo ataupun menanyakan pendapat customer mengenai hal apa yang dapat di-improve untuk produk atau jasa yang telah mereka gunakan. Dengan demikian, customer akan merasa dihargai karena mereka telah memberikan saran yang berguna bagi peningkatan bisnis Anda. 

3. Mengirimkan Email Marketing

Terus berikan update kepada customer Anda dengan mengirimkan email marketing. Email pemasaran ini dapat berisikan update mengenai launching produk terbaru, promo yang akan diadakan, hingga pemberitahuan mengenai konten baru yang telah di-upload melalui website Anda. Hal ini bertujuan agar customer dapat terus ingat dengan perusahaan Anda. 

Jasa SEO

4. Buat Konten Sesuai dengan Kebutuhan Customer

Setiap website pastinya membutuhkan konten agar dapat meningkatkan ranking website untuk dapat masuk dalam halaman pertama Google. Jika Anda bingung harus membuat konten apa untuk website, manfaatkanlah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan customer seputar produk atau jasa yang Anda miliki. Dengan demikian, customer akan merasa pertanyaannya terjawab dan secara tidak langsung, Anda sudah selangkah lebih dekat lagi dengan customer.

5. Rajin Melakukan Follow Up

Setiap kali customer melakukan kegiatan transaksional dengan produk dan layanan yang Anda miliki, lakukan follow up dengan menanyakan kepuasan mereka setelah membeli produk atau menggunakan jasa tersebut. Hal ini dapat berguna dalam pengembangan bisnis Anda dan juga tentunya customer akan merasa senang karena masukannya dianggap penting.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen?

Manfaat Dari Melakukan Personalized Marketing

Strategi personalized marketing ini tentu memiliki berbagai macam manfaat yang berguna dan tentu saja menguntungkan bagi perkembangan bisnis Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan strategi ini, yaitu:

  • Penjualan akan semakin meningkat karena customer sudah mengenal produk dan jasa yang Anda miliki
  • Customer akan menjadi loyal dan terus membeli produk atau jasa yang Anda miliki
  • Perhatian customer hanya akan tertuju pada Anda sehingga setiap kali produk baru diluncurkan, mereka akan menjadi orang terdepan yang ingin mencoba produk baru tersebut
  • Memudahkan customer memilih produk dan layanan dari bisnis Anda yang sesuai dengan kebutuhan mereka

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar pengembangan bisnis melalui konsep personalized marketing. Apabila Anda membutuhkan Digital Marketing Agency yang berpengalaman untuk dapat menjalankan strategi personalized marketing di dunia digital, ToffeeDev siap membantu kapanpun dibutuhkan. Hubungi kami sekarang juga untuk membuat janji konsultasi demi peningkatan keuntungan bisnis Anda yang lebih baik lagi!

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat