Mengenal SEO Untuk YouTube dan Cara Menerapkannya

Tahapan Design Thinking

Tidak hanya pada situs web, SEO untuk YouTube juga berperan penting dalam meningkatkan jumlah penonton dan pengunjung saluran YouTube. SEO membantu menempatkan channel YouTube maupun situs web pada peringkat hasil pencarian teratas. Sehingga media tersebut memiliki peluang yang lebih besar untuk dikunjungi dibandingkan dengan media lain. Lalu bagaimana cara penerapan SEO untuk YouTube? Berikut merupakan penjelasan selengkapnya.

Apa Itu SEO untuk YouTube?

SEO untuk YouTube adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan channel YouTube, video, deskripsi video, dan daftar putar. Singkatnya, strategi SEO YouTube diterapkan untuk meningkatkan traffic pada saluran, dengan demikian jumlah penonton dan berlangganan pada channel tersebut dapat meningkat. 

Dalam media penyiaran YouTube, jumlah penonton pada sebuah video merupakan indikator utama dalam besaran uang yang dihasilkan apabila channel telah dimonetisasi atau diuangkan. Sama dengan google, SEO YouTube juga menggunakan kata kunci sebagai optimasi agar saluran atau video lebih mudah ditemukan.

Baca Juga: Cara Monetisasi Video Youtube Yang Bisa Anda Coba

Fungsi SEO untuk YouTube

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SEO untuk YouTube berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan kemudahan channel atau video YouTube ditemukan dan disaksikan banyak orang. 

Saat melakukan pencarian, sebagian besar orang umumnya hanya menuliskan beberapa kata kunci untuk menemukan video atau saluran YouTube yang akan dituju. Maka dari itu, mengandalkan SEO beserta kata kunci di dalamnya dapat membuat sistem menunjukkan video atau saluran YouTube Anda pada hasil pencarian teratas.

Pentingnya SEO Untuk Perkembangan Channel YouTube

Pentingnya SEO Untuk Perkembangan Channel YouTube

Anda mungkin berpikir bahwa berbagai channel YouTube terkenal dan memiliki subscribers tinggi menentukan judul dan deskripsi video sesuka hati atau tanpa pemikiran apa pun. Namun hal tersebut adalah pemikiran yang kurang tepat. Channel YouTube besar umumnya melakukan riset tentang kata kunci yang menarik dan banyak dicari oleh pengguna YouTube. 

Kata kunci tersebut kemudian yang membantu video berada pada halaman utama YouTube dan peringkat atas pada hasil pencarian. Hal inilah yang menyebabkan sebuah SEO adalah komponen penting untuk channel YouTube. 

Tidak melibatkan SEO bukan berarti video dan channel Anda tidak akan dilihat banyak orang, hanya saja kemungkinan ditemukannya video memiliki peluang yang lebih kecil. Karena tidak terdapat kata kunci yang spesifik sehingga mempersulit orang lain untuk menemukan video. 

Jika Anda dapat mengoptimalkan video menggunakan SEO, maka video dapat dengan mudah ditemukan meskipun hanya menuliskan dua kata pada kata kunci sekalipun. Tidak hanya itu, video dengan penerapan SEO juga dapat muncul pada halaman Google mengingat YouTube merupakan salah satu bagian dari perusahaan mesin pencarian tersebut.

5 Strategi SEO Untuk YouTube yang Bisa Anda Coba

Setelah mengetahui fungsi dan pentingnya SEO untuk YouTube, mulai sekarang Anda dapat mencoba menerapkannya pada setiap komponen video YouTube seperti judul, deskripsi, tagar, dan lain sebagainya. Adapun 5 strategi yang dapat diterapkan untuk YouTube Anda diantaranya:

Strategi SEO Untuk YouTube yang Bisa Anda Coba

1. Melakukan Riset Kata Kunci

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menerapkan SEO untuk YouTube adalah melakukan riset kata kunci. Cari tahu berbagai kata kunci dengan tingkat pencarian tertinggi yang berhubungan dengan isi video. Manfaatkan kata kunci teratas pada Google sebab beberapa penonton YouTube hadir melalui pencarian Google.

2. Buat Judul yang Menarik

Strategi SEO YouTube selanjutnya adalah mengoptimalkan judul video dengan kalimat yang menarik. Selain menarik, sertakan pula kata kunci yang telah dibuat sebelumnya pada judul. Sebagai contoh, Anda membuat sebuah video yang berkaitan dengan perawatan wajah dan membuat keyword skincare kulit sensitif, maka Anda dapat membuat judul rekomendasi skincare kulit sensitif yang efektif.

3. Tulis Deskripsi

Dalam mengunggah sebuah video, hindari membiarkan bagian deskripsi kosong. Deskripsi video dapat menjadi salah satu cara mudah untuk pengguna YouTube menemukan video Anda. Deskripsi video dapat berisi tentang sinopsis isi atau hanya penjelasan tema utama video. Kata kunci juga harus dicantumkan pada bagian deskripsi video ini. 

Baca juga: Cara Daftar AdSense YouTube

4. Memberikan Tag dan Tagar

Sebelum mengunggah video, umumnya YouTube akan memberikan berbagai bagian atau kolom untuk diisi termasuk kolom tag. Salah satu strategi SEO untuk YouTube yang cukup efektif adalah pemberian tag yang sesuai dengan isi atau kategori video. Kata kunci video juga dapat dimasukkan ke dalam bagian tag, sehingga dapat membantu sistem YouTube untuk memahami kategori dan konteks video. 

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan tagar untuk semakin mengoptimasi video. Tagar pada YouTube akan muncul pada bagian atas judul dan apabila pengguna melakukan klik di tagar pada video lain, video Anda akan muncul sebagai salah satu hasil pencarian yang berkaitan.

5. Daftar Putar

Untuk meningkatkan traffic pada video Anda, coba untuk membuat daftar putar sendiri yang menarik dan berkaitan dengan video pada saluran YouTube. Sebagian besar pengguna YouTube mencari daftar putar yang mengandung seluruh video yang dibutuhkan, maka dari itu hal ini akan menjadi salah satu hal yang memperkuat SEO channel YouTube Anda. 

Kesimpulannya, SEO untuk YouTube juga merupakan hal penting untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan traffic channel dan video YouTube. Anda dapat mencoba beberapa strategi di atas pada YouTube Anda agar berkembang menjadi lebih besar dan dilihat lebih banyak orang. 

Jasa SEO

Apabila Anda cukup kesulitan untuk menentukan perencanaan SEO yang tepat, ToffeeDev dapat menjadi solusi yang tepat melalui Konsultan SEO yang tersedia sebagai salah satu layanannya. Tunggu apa lagi? Segera hubungi ToffeeDev untuk melakukan konsultasi dengan SEO specialist yang berpengalaman dalam mengatasi segala permasalahan SEO.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat