Apa itu Google Discover? Cara Personalisasi Konten Sesuai Minat

apa itu google discover

Apa itu Google Discover? Google Discover sendiri merupakan salah satu fitur unggulan dari mesin pencari Google. Fitur ini menawarkan konten yang dipersonalisasi berdasarkan aktivitas browsing pengguna, lokasi, dan minat. Hadir sejak 2018, fitur Google Discover dapat diakses di Android maupun iOS. 

Google Discover berbeda dari fitur penelusuran biasa. Untuk lebih memahami Google Discover beserta manfaat dan tip penggunaannya, mari simak informasi lengkapnya dalam artikel ini! 

Apa itu Google Discover?

Sebelum mengatur feed untuk Google Discover, mari pahami konsep Google Discover dan perbedaannya dengan platform penelusuran konten lainnya.

1. Definisi Google Discover

Google Discover merujuk pada sebuah fitur yang dirancang khusus untuk membantu pengguna menemukan konten yang relevan dan menarik berdasarkan minat dan preferensi mereka. Fitur ini umumnya menggunakan algoritma machine learning yang canggih untuk secara otomatis menyajikan berita, artikel, dan konten lainnya di laman beranda pengguna. Hal ini tentunya dapat menciptakan pengalaman yang unik untuk setiap pengguna.

Google Discover dapat ditemukan di aplikasi Google Android maupun iOS. Menariknya, Google Discover menampilkan konten yang dikemas dalam bentuk deretan kartu (cards). Kartu-kartu tersebut disusun seperti daftar berita di internet yang dibuat khusus berdasarkan pencarian favorit pengguna. Sebagai contoh, jika Anda sering mencari konten tentang kecantikan, maka Google Discover akan menampilkan berbagai konten seputar perawatan wajah.

Banner SEO - General 2

2. Perbedaan Google Discover, Penelusuran Google, dan Google News

Google Discover menggunakan pendekatan yang lebih proaktif dalam menyajikan konten kepada pengguna. Sebagai feed yang dipersonalisasi, Discover berfokus pada kecocokan konten dengan minat pengguna. Informasi yang ditampilkan di Discover tidak hanya merespons kueri pengguna, tetapi secara aktif juga menyesuaikan dengan preferensi berdasarkan riwayat pencarian dan aktivitas online.

Di lain sisi, terdapat fitur Google News yang hampir mirip dengan Google Discover. Sama-sama menampilkan informasi berkualitas, Google News lebih berfokus pada peristiwa terkini dan konten yang baru diterbitkan. 

Sementara itu, fitur Penelusuran Google lebih sederhana dari lainnya karena pengguna memasukkan istilah penelusuran untuk menemukan informasi yang sesuai dengan kueri mereka. Hasil Penelusuran diperoleh sebagai respons terhadap kueri pengguna. Dengan demikian, urutan hasil dipengaruhi oleh sejauh mana informasi tersebut sesuai dengan istilah pencarian.

Cara Mengatur Feed di Google Discover

Mengaktifkan Google Discover cukup sederhana. Pastikan aplikasi Google di perangkat Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Dalam pengaturan ini, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Google Discover sesuai keinginan.

1. Cara Mengaktifkan Google Discover

Untuk menggunakan Google Discover, Anda perlu membuat akun Google dan mengaktifkan fitur Google Discover. Berikut adalah cara mengaktifkan Google Discover.

  1. Buka aplikasi Google di ponsel Anda.
  2. Klik ikon profil di kanan atas layar.
  3. Pilih Pengaturan.
  4. Gulir ke bawah dan pilih Discover.
  5. Aktifkan fitur Google Discover.

2. Cara Mengatur Google Discover

Google Discover menyajikan pengguna dengan konten yang disesuaikan secara personal. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengakses Google Discover.

  1. Buka aplikasi Google.
  2. Navigasikan ke Beranda Google.
  3. Setelah masuk ke Beranda, Anda akan melihat sejumlah kartu konten yang disajikan oleh Google Discover.
  4. Klik kartu tersebut jika ingin membaca keseluruhan isi konten. 
  5. Gulir layar ke bawah untuk menemukan lebih banyak konten. Klik tombol More Stories di bagian paling bawah halaman untuk melihat konten lainnya.
  6. Jika menyukai konten tersebut, Anda bisa mengklik ikon berbentuk Love yang ada di bawah judul konten. Sementara itu, Anda juga dapat membagikan konten dengan klik ikon Share yang ada di samping tombol Love. 

Baca Juga: EEAT Google: Algoritma Terbaru untuk Evaluasi Kualitas Konten

3. Cara Mengatur Minat di Google Discover

Setelah mengaktifkan Google Discover, Anda dapat mengatur minat untuk menampilkan konten yang relevan. Berikut adalah cara mengatur minat di Google Discover.

  1. Buka aplikasi Google di ponsel Anda.
  2. Klik ikon Kotak di kanan bawah layar.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Ikuti topik.
  4. Pilih topik yang Anda minati.
  5. Klik Ikuti.

Anda dapat mengelola minat di Google Discover dengan cara menghapus topik yang tidak lagi relevan atau menambahkan topik baru yang ingin diikuti. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa menonaktifkan personalisasi di Discover jika tidak ingin mendapatkan artikel yang dipersonalisasi.

Banner SEO - Ebook 2

Manfaat Menggunakan Google Discover

Dengan menggunakan Google Discover, Anda dapat menemukan konten yang relevan dengan minat Anda tanpa harus mencarinya secara manual. Berikut ini beberapa manfaat menggunakan Google Discover.

1. Menemukan Konten Sesuai Minat

Salah satu manfaat utama menggunakan Google Discover adalah kemampuannya dalam menyajikan konten yang sesuai dengan minat Anda. Melalui analisis pola pencarian dan aktivitas online, Discover mampu memberikan rekomendasi yang lebih akurat dan relevan dibandingkan dengan fitur Penelusuran.

Baca Juga: 7 Cara Melakukan Conversion Rate ke Product Page di YouTube

2. Tetap Up to Date Sesuai Tren

Google Discover membantu pengguna untuk tetap up to date dengan tren terkini yang sesuai dengan minat pengguna. Dengan demikian, Anda dapat terus mengikuti perkembangan informasi tanpa harus secara aktif mencarinya secara manual, seperti melalui Penelusuran.

Baca Juga: Cara Memasang Schema Markup pada Website, Buat Website Anda Berada di Halaman Pertama Google

3. Meningkatkan Kualitas Konten

Konten berkualitas tinggi yang disajikan Google Discover membantu meningkatkan kualitas konten itu sendiri. Hal ini berarti pengguna dapat menemukan artikel, video, atau gambar yang lebih sesuai dengan preferensi sehingga menghasilkan pengalaman menjelajah yang lebih memuaskan. Hal ini tentunya juga berdampak pada peningkatan traffic situs web bisnis Anda.

Tip Menggunakan Google Discover yang Efektif

Tip Menggunakan Google Discover yang Efektif

Untuk menggunakan Google Discover dengan efektif, Anda dapat melakukan beberapa tip berikut.

1. Menyimpan Konten yang Menarik

Gunakan fitur Saved untuk menyimpan konten yang menarik dan ingin Anda baca atau lihat di waktu mendatang. Langkah ini juga dapat membantu Discover memahami minat pengguna lebih lanjut dan menyajikan rekomendasi yang makin akurat.

Baca Juga: Apa Itu Top Bid pada Google Ads dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Bisnis Anda!

2. Menandai Konten yang Tidak Relevan

Agar Discover makin teliti dalam memberikan rekomendasi, Anda dapat menandai konten yang dianggap tidak relevan. Algoritma Discover dapat diperbaiki untuk menyajikan konten yang lebih sesuai dengan preferensi dengan cara memberikan umpan balik melalui menandai konten yang mungkin tidak begitu Anda sukai.

Banner SEO x CRO 2

3. Mengatur Waktu untuk Menggunakan Google Discover

Atur waktu penggunaan Google Discover sesuai dengan kebiasaan harian. Sebagai contoh, Anda dapat mengalokasikan khusus waktu di pagi hari untuk membaca berita atau informasi terbaru yang disajikan oleh Discover.

Demikianlah informasi tentang apa itu Google Discover. Bukan hanya untuk menemukan konten yang relevan dengan minat pengguna, Google Discover juga dapat digunakan bisnis untuk meningkatkan traffic situs web dengan penyajian konten berkualitas yang menjadi favorit audiens.

ToffeeDev hadir sebagai mitra tepercaya untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja situs web Anda dengan strategi SEO. Melalui layanan jasa SEO, tim berpengalaman dari ToffeeDev akan membantu Anda dalam memanfaatkan metode strategi kampanye hingga optimasi SEO untuk mencapai tujuan secara efisien.

Jangan lewatkan peluang untuk mengoptimalkan potensi situs Anda dan meraih peringkat teratas dalam hasil pencarian. Hubungi ToffeeDev sekarang untuk memulai transformasi digital bisnis Anda.

Jadwalkan konsultasi gratis dengan kami sekarang!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top