Apa Itu PR (Public Relation): Tugas, Tantangan, dan Manfaat

Apa itu PR

Apa itu PR? PR atau Public Relations adalah segala upaya mencakup teknik dan strategi untuk mengelola informasi soal individu atau perusahaan yang bisa disebarluaskan kepada publik, khususnya kepada media. Mudahnya, PR dapat digunakan untuk menyaring informasi yang layak diterima publik dan yang sebaiknya disimpan.

PR memang umumnya terbentuk di perusahaan-perusahaan besar yang terlibat dengan publik. Namun, Anda sebagai pebisnis kecil pun mungkin secara tidak sadar telah melakukan aktivitas PR. Intinya, segala upaya untuk menggambarkan diri atau perusahaan kepada publik dapat disebut sebagai bentuk kegiatan PR atau humas. Praktik ini juga sangat penting di dunia bisnis atau Digital Marketing. Jadi, apa itu PR? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Banner - Ads General

Apa Itu Public Relations (PR)?

Public Relations (PR) atau humas adalah upaya terus-menerus untuk membangun dan mempertahankan citra di mata publik. PR dapat dilakukan pada level individu, organisasi, atau perusahan. Tentu strategi dan ruang lingkup yang dijangkau berbeda-beda.

PR berbeda dari advertising atau iklan. Sebab, PR berusaha membentuk citra individu atau perusahaan secara organik. Apa itu PR sangat penting untuk mendukung kesuksesan perusahaan, terutama jika perusahaan tersebut telah melantai secara publik.

Dalam perusahaan, PR juga bertanggung jawab terhadap investor atau pemegang saham. Personel PR perlu bekerja untuk menyusun dan memelihara citra perusahaan. Aktivitas ini juga disebut manajemen citra. 

PR atau humas pun biasanya dibagi menjadi beberapa departemen untuk menangani beberapa aspek dalam hubungan publik, di antaranya:

  • Media relations – Menjaga hubungan dengan media. 
  • Production relations – Terlibat dalam operasional perusahaan.
  • Investor relations – Mengawasi hubungan antara perusahaan dengan investor.
  • Internal relations – Menjembatani perusahaan dan para pekerja di dalamnya.
  • Government relations – Menjadi penghubung antara perusahaan dengan badan pemerintah terkait. 
  • Community relations – Fokus menjaga brand dan reputasi dalam komunitas tertentu.
  • Customer relations – Menjembatani perusahaan dengan pelanggan secara langsung.

Mereka yang bekerja sebagai PR harus memiliki kemampuan komunikasi dengan level yang tinggi, baik secara tertulis maupun lisan. Mereka juga harus bisa menyelesaikan masalah dan memiliki pola pikir kritis serta kreatif. 

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ini Dia Peran Public Relation Bagi Keberhasilan Sebuah Bisnis

5 Tugas Umum PR

Seperti yang disinggung di atas, PR adalah jembatan antara perusahaan dengan publik atau para pemangku kepentingan terkait lainnya. Sebagai pihak yang menjaga citra perusahaan atau individu, PR atau humas memiliki beberapa tugas sebagai berikut: 

1. Membuat Siaran Pers

PR perlu membuat siaran pers atau rilis media secara berkala untuk mengomunikasikan aktivitas perusahaan kepada publik. 

2. Menjaga Hubungan 

PR juga perlu menjaga hubungan baik dengan beberapa pihak terkait, seperti dengan jurnalis, klien, dan pastinya pelanggan.

3. Membuat Laporan

Selanjutnya, PR juga ditugaskan membuat laporan berkala mengenai campaign atau upaya menjaga citra perusahaan secara berkala. Jika pernah ada gangguan, PR juga perlu mencantumkannya dalam laporan.

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Harus Dikomunikasikan Ketika Berkomunikasi dengan Klien

4. Perencanaan Program

Citra perusahaan yang sudah baik bukan berarti tugas PR selesai. Justru PR harus merancang program jangka pendek dan jangka panjang untuk meningkatkan citra tersebut, khususnya demi mempertahankan persepsi publik.

5. Mengawasi Opini Publik

Selanjutnya, PR juga harus aktif mengawasi opini publik terkait perusahaan, produk, atau layanan yang tersedia. Jika ada komplain, PR harus bergerak cepat agar masalah tidak sampai membesar.

Banner - Ebook Ads

4 Tantangan PR

Menjaga citra perusahaan atau individu terkesan sederhana, tetapi sebenarnya ada banyak hal yang harus dihadapi dan risiko yang perlu dihindari. PR juga memiliki tantangan-tantangannya tersendiri, di antaranya: 

1. Kurangnya Pemahaman

Satu hal penting yang jadi tantangan PR adalah bahwa PR selalu dipandang sebelah mata atau dianggap tidak penting. Padahal, apa itu PR sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan atau bisnis Anda. 

2. Biaya Terbatas

PR umumnya memiliki kendala biaya dalam merancang program atau mengatasi masalah. Karena dianggap kurang penting, perusahaan jadi ragu-ragu mendukung aktivitas PR dengan sumber daya maksimal, termasuk soal pembiayaan.

Baca Juga: Pemasaran Tidak Langsung dan Manfaatnya Bagi Bisnis

3. Ekspektasi Tinggi

Sudah terkendala biaya, PR masih dihadapkan pada ekspektasi tinggi. Mereka dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah efisien yang tidak merugikan perusahaan. 

4. Terlalu Banyak Platform

Tugas PR makin sulit karena banyaknya saluran komunikasi di era modern ini. Mereka perlu membuat komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi massa dan internet. 

4 Manfaat PR bagi Bisnis

Bagi bisnis, khususnya dalam aspek marketing, PR juga sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan meningkatkan citra brand perusahaan Anda. Berikut beberapa manfaat penting PR bagi bisnis yang umum ditemui:

1. Meningkatkan Kredibilitas Brand

Apa pun industrinya, seberapa besar skala bisnisnya, kepercayaan pelanggan memegang peran penting bagi kesuksesan dan keberlangsungan bisnis. Tanpa kepercayaan pelanggan, bisnis akan kesulitan mewujudkan penjualan. Nah, apa itu PR dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut dan meningkatkan kredibilitas brand di mata pelanggan. Upaya ini harus dilakukan terus-menerus.

2. Meningkatkan Profit dan Sales

PR memang bukan marketing, tapi PR berpengaruh terhadap pemasaran sebuah produk atau layanan bisnis Anda. Seiring dengan naiknya reputasi bisnis, penjualan produk atau layanan akan meningkat, sehingga profit atau keuntungan akan terus bertambah.

Baca Juga: Pengertian Dan Tujuan Komunikasi Bisnis

3. Mengubah Pola Pikir

Di dunia online dan media sosial sekarang, setiap orang berhak mengucapkan apa pun soal bisnis atau brand Anda. Nah, PR bekerja untuk memperbaiki nama baik perusahaan jika seandainya terjadi masalah, atau untuk merespons komplain dari pelanggan. 

Banner - Lead Gen Ads

4. Meningkatkan Kehadiran Online (Online Presence)

Dalam payung Digital Marketing, PR juga dibutuhkan untuk menciptakan kehadiran online dari perusahaan atau bisnis Anda. Melalui PR, Anda dapat mengenalkan bisnis Anda kepada pelanggan secara lebih luas.Demikian penjelasan singkat soal apa itu PR dan betapa penting perannya bagi bisnis Anda. PR atau public relations tidak memandang ukuran bisnis. Artinya, entah bisnis besar atau bisnis kecil, PR masih sangat relevan dan dibutuhkan. PR bisa membantu Anda dalam membangun brand awareness yang masih menjadi bagian dari strategi Digital Marketing. ToffeeDev dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan tersebut karena kami menyediakan berbagai layanan Digital Marketing mulai dari pembuatan website, SEO, dan masih banyak lagi. Klik di sini untuk terhubung dengan kami sekarang juga!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top