Apa itu Spinner Artikel? Bagaimana Cara Kerjanya?

apa itu spinner

Pernahkah Anda mengalami writer block ketika menulis artikel? Anda tidak perlu gelisah karena writer block lazim dialami oleh penulis mana pun, termasuk blogger yang ingin meningkatkan ranking SEO website-nya. Writer block juga bisa diatasi dengan menerapkan teknik spinner artikel. Nah, pernahkah Anda mendengar istilah apa itu spinner artikel?

Spinner artikel menjadi teknik yang sering diterapkan oleh blogger masa kini. Pasalnya, spinner artikel memiliki banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai penulis. Seperti apa teknik yang dikenal dengan article spinning itu? Mari simak ulasannya sampai selesai!

Apa itu Spinner Artikel?

Spinner artikel atau article spinning adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan dengan menghasilkan konten baru dari konten yang sudah ada atau pernah diterbitkan sebelumnya. Teknik ini biasanya dilakukan dengan menggunakan software atau tools tertentu. Namun, ada juga penulis yang melakukan spinning artikel secara manual.

Pada dasarnya, spinner adalah tools yang digunakan untuk menulis ulang teks dalam jenis apa pun, khususnya artikel dan blog. Walaupun ditulis ulang dengan gaya bahasa dan penggunaan kosa kata yang berbeda, inti atau pesan utama yang hendak disampaikan dari artikel tersebut tidaklah berubah. Bisa disimpulkan bahwa spinner artikel merupakan tools parafrasa atau mengganti kata-kata agar konten terlihat autentik.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar untuk Website Bisnis

Apa Saja Manfaat Spinner Artikel?

manfaat spinner

Spinner artikel membawa beberapa manfaat bagi penulis artikel. Apa saja manfaatnya? Lihat penjelasan di bawah ini.

1. Menghemat Waktu

Pembuatan konten artikel baru bisa memakan waktu yang lama jika Anda menulis setiap hari. Pasalnya, Anda juga membutuhkan waktu untuk riset referensi tulisan. Belum lagi kecepatan menulis juga memengaruhi waktu yang digunakan untuk menulis artikel. Spinner artikel bermanfaat dalam menghemat waktu dan tenaga untuk membuat artikel. Anda pun bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

2. Meningkatkan Visibilitas Website

Sebagai content writer atau blogger, Anda harus membuat konten yang relevan dan bermakna untuk pengunjung website agar visibilitasnya di SERP kian meningkat. Makin banyak konten yang dibuat, tentu makin tinggi peluang website Anda dilihat oleh target audiens. Spinner artikel bisa menjadi alat bantu untuk menghasilkan lebih banyak konten dalam waktu singkat. Website akan memperoleh banyak traffic dan peringkatnya terus meningkat di SERP. Kredibilitas website pun meningkat karena banyak orang yang menganggapnya sebagai sumber tepercaya.

Jasa SEO

3. Sarana Membangun Backlink

Backlink masih menjadi salah satu teknik untuk meningkatkan peringkat SEO website. Anda bisa memperoleh backlink dengan membuat konten artikel yang berkualitas. Alhasil, website lainnya akan membuat backlink ke website Anda sehingga peringkat SEO-nya ikut meningkat. Spinner artikel berguna sebagai tools untuk membuat lebih banyak artikel yang relevan dan berkualitas tanpa kesulitan.

4. Menghasilkan Konten dengan Kesalahan Minimal

Terakhir, spinner artikel akan menghasilkan konten dengan tingkat kesalahan yang lebih sedikit. Banyak tools spinner yang dibangun dengan kecerdasan buatan dan dirancang agar memahami tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimat yang tepat. Anda pun tidak perlu khawatir jika artikel yang dihasilkan terdapat banyak kesalahan. Selain itu, tools spinner artikel juga dirancang agar menghasilkan tulisan bebas plagiarisme. Kualitas artikel pun meningkat sehingga lebih nyaman dibaca oleh pengunjung.

Baca Juga : Mengenal Peran LSI Keyword Generator Dalam SEO Dan Artikel

Bagaimana Cara Kerja Spinner Artikel?

cara kerja spinner

Pada dasarnya, teknik spinner artikel dikerjakan dengan menulis kembali artikel secara keseluruhan atau sebagian. Topik artikel yang hendak dibuat tetap sama, hanya saja Anda perlu melakukan parafrase dan melakukan penyesuaian sedemikian rupa agar teks tidak menyerupai versi aslinya.

Spinner artikel tidak selalu bekerja secara otomatis, tetapi juga manual. Lihat penjelasan mengenai proses kerja spinner artikel berikut ini.

1. Spinner Manual

Spinner artikel bisa dilakukan secara manual. Dalam hal ini, Anda membuat teks baru berdasarkan teks yang sudah ada. Spinner artikel manual sering digunakan untuk mendaur ulang konten yang sudah ada untuk tujuan penulisan yang berbeda. Tidak hanya itu, spinner artikel juga dilakukan jika Anda ingin menyasar target audiens baru. Contohnya, artikel press release yang penuh dengan gaya bahasa formal dan langsung didaur ulang menjadi artikel blog dengan gaya bahasa storytelling.

2. Otomatis

Spinner artikel otomatis berarti menggunakan tools untuk mengganti kata atau frasa dari teks yang sudah ada. Umumnya, tools spinner memiliki data kosa kata dari database yang terdiri dari ratusan ribu entri. Tools tersebut juga dilengkapi dengan teknik komputer seperti pembelajaran mesin (machine learning) sehingga bisa mengganti kata-kata dengan sinonim yang tersimpan dalam database-nya.

Beberapa tools spinner artikel juga memiliki fitur untuk mengecek plagiarisme. Setelah artikel selesai ditulis menggunakan tools tersebut, Anda bisa mengecek persentase plagiarisme untuk menghindari risiko yang bisa memengaruhi ranking website di SERP. Selain itu, ada juga tools spinner yang dilengkapi dengan fitur Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Fitur ini berguna untuk mengetahui frekuensi atau jumlah kata dalam satu artikel supaya tidak muncul redundan yang membuat pembaca tidak nyaman.

Baca Juga : 4 Tips Membuat Artikel SEO yang Baik dan Menarik

Kesimpulan

Jadi, apa itu spinner artikel? Singkatnya, spinner artikel adalah teknik menulis ulang konten yang sudah ada dengan tetap mempertahankan makna aslinya. Teknik ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang baru mulai menerapkan SEO untuk meningkatkan visibilitas website di SERP.

Walaupun spinner artikel sangat membantu, teknik ini juga membutuhkan waktu yang cukup banyak. Anda juga perlu mengecek kembali artikel yang sudah diproduksi untuk mendeteksi segala bentuk kesalahan ejaan atau typo yang mungkin terjadi. Lantas, adakah cara yang lebih efektif dari spinner artikel? Tentu saja, Anda bisa menggunakan Jasa SEO dari ToffeeDev. Melalui jasa ini, kami juga siap menyediakan artikel untuk dipublikasikan di website Anda. Hubungi kami sekarang juga dan mulailah berpartner bersama ToffeeDev demi kemajuan bisnis Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top