SEO Content Writer, Profesi Potensial Saat Ini

Mengenal SEO Content Writer

Perkembangan zaman membawa nilai positif  tersendiri karena banyak industri baru bermunculan sekaligus membawa industri yang semakin lama menjadi lebih hebat. Ditambah lagi ada beberapa profesi baru yang muncul berkat hal tersebut. Salah satunya adalah SEO Content Writer (penulis konten SEO). Siapa yang belum pernah mendengar tentang profesi atau jabatan ini? SEO Content Writer adalah profesi yang bertugas untuk menulis artikel blog, konten, dan membuat copywriting namun dengan nilai-nilai SEO (Search Engine Optimization) di dalamnya.

Sebagai sebuah profesi yang baru muncul beberapa tahun terakhir, Content Writer pada awalnya tidak dianggap sebagai profesi yang potensial. Namun ketika semakin banyak bisnis yang sadar bahwa mereka bisa mendapatkan keuntungan besar lewat optimasi menggunakan kata kunci SEO, maka Content Writer menjadi dicari. Dari yang awalnya hanya ada beberapa perusahaan atau di agensi saja, sekarang masing-masing perusahaan mulai merekrut Content Writer sendiri.

Melihat potensi gaji yang besar dari profesi ini, jika Anda merupakan seorang Content Writer, maka sebaiknya mulai belajar tentang ilmu ini agar bisa memiliki satu paket skills yang tepat untuk bisa mendapatkan peluang karier lebih besar di luar sana.

Banner SEO - General 2

Syarat Menjadi SEO Content Writer

Ada beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi jika Anda ingin menjadi seorang Content Writer yang handal. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Harus Mengerti SEO

Syarat pertama yang harus dimiliki seorang Content Writer adalah harus mengerti SEO. Tentu saja poin ini harus dipenuhi karena jika tidak, maka Anda tidak bisa menjalankan strategi SEO dengan baik dalam bentuk konten seperti penulisan artikel.

SEO yang harus dipelajari oleh Content Writer sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu beberapa waktu saja, maka Anda bisa mengerti apa yang diperlukan. Setidaknya Anda belajar tentang SEO On Page saja agar bisa melakukan optimasi konten website secara tepat dan sesuai aturan SEO yang ada juga.

2. Bisa Menulis Beragam Topik

Sebagai orang yang memproduksi konten berkualitas, Anda sebaiknya bisa menulis beragam topik. Jangan sampai Anda hanya nyaman menulis satu topik atau bidang saja. Dengan mampu menulis beragam topik, seperti kecantikan, ibu & anak, kesehatan, teknologi, dan berbagai macam jenis bisnis lainnya, maka Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan di luar sana serta mampu menjadi andalan dari perusahaan yang sedang ditempati juga.

Baca Juga : Kenali 9 Tipe Content Writing yang Wajib Kamu Tahu Ini, Yuk!

3. Mampu Menyesuaikan Konten dengan Keyword

Dalam SEO, keyword menjadi yang paling penting. Biasanya, Content Writer akan diminta menulis konten berdasarkan keyword yang diberikan. Mereka harus menyesuaikan keyword dengan konten yang ingin dibuat. Maka dari itu, seorang Content Writer harus memiliki kreativitas dan ide yang banyak agar bisa membuat berbagai gaya penulisan konten yang menarik dan menulis sesuai keyword yang ada. Content Writer juga harus pandai merangkai berbagai contoh kalimat promosi untuk bisnis tiap klien yang bervariasi.

4. Memiliki Sikap Mau Belajar

Content Writer  harus memiliki sikap mau belajar karena pada dasarnya, mereka harus mempelajari tentang ilmu dalam SEO. Jangan sampai hanya ingin berada di titik itu saja. Apalagi strategi SEO semakin banyak digunakan. Untuk itu, jangan lupa mempelajari teknik SEO bagi para Content Writer di luar sana agar bisa tetap relevan di zaman yang berkembang pesat ini.

Banner SEO - Ebook 2

5. Mencari Pengalaman

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan secara online untuk dapat mencari pengalaman di bidang SEO content writing. Anda dapat mencari berbagai pekerjaan freelance ataupun internship yang menerima posisi SEO content writer sebelum akhirnya melamar sebagai pekerja tetap di digital marketing agency.

6. Membuat Portofolio

Pastikan hasil dari konten yang pernah dibuat sebelumnya perlu dimasukkan ke dalam portfolio. Dengan adanya portofolio ini, perusahaan digital marketing agency dapat menilai kualitas konten yang pernah Anda hasilkan sebelumnya. Banyak orang termasuk saya sendiri sempat bingung dalam memahami bagaimana cara membuat portofolio sebagai seorang content writer? Tidak seperti visual designer yang memuat hasil karya mereka dalam bentuk gambar, content writer memiliki hasil karya yang penuh dengan tulisan saja. Oleh karena itu, saya akan memberikan sedikit tips dalam membuat portofolio bagi Anda yang merupakan seorang content writer. Anda dapat mencoba untuk memasukkan hasil screenshot artikel atau mencantumkan link konten yang telah dihasilkan ke dalam portfolio. Jadi, Anda tidak perlu meng-copy paste tulisan artikel ke dalam portfolio yang tentu saja kurang menarik untuk dilihat.

7. Pintar Dalam Mencari Referensi

Seorang SEO content writer harus pintar dalam mencari referensi. Apalagi jika Anda mendapatkan request dari client yang bisnisnya bergerak di bidang medis, kuliner, IT, dan lainnya. Carilah berbagai referensi baik dari artikel bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris untuk meningkatkan dan memperluas serta memperkaya konten Anda agar dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas. Selain itu, dengan banyaknya referensi yang Anda dapatkan, konten yang dihasilkan dapat lebih bermanfaat bagi pembaca dan juga mengedukasi mereka dengan informasi yang tepat serta kredibel.

8. Berfikir Kreatif

Di dalam dunia digital marketing, kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan tidak hanya untuk mereka yang bekerja di bidang art saja, namun sebagai seorang penulis, kita dituntut untuk dapat berpikir kreatif. Dengan berpikir kreatif, Anda dapat merangkai kata-kata yang dapat menarik minat dan perhatian pengguna internet untuk membaca artikel tersebut hingga akhir.

Banner SEO x CRO 2

9. Mengikuti Perkembangan Algoritma Mesin Pencari

Mesin pencari seperti Google selalu melakukan perkembangan algoritma dari waktu ke waktu. Hal ini mereka lakukan agar dapat menghasilkan konten yang berkualitas kepada pengguna internet. Maka dari itu, sebagai seorang SEO content writer, Anda harus peka terhadap perkembangan algoritma yang terjadi dalam SERP atau Search Engine Result Page dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Dengan demikian, artikel yang Anda buat akan selalu berada di halaman pertama SERP.

Baca Juga: Apa Tugas dan Fungsi Seorang Content Writer?

Sekarang Anda sudah tahu apa saja syarat menjadi SEO Content Writer dan mengapa profesi ini penting pada saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pencarian Anda dan jangan memberikan komentar serta share artikel ini.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top