Mobile Friendly: Pengertian dan Pentingnya Bagi Website

mobile friendly adalah

Website mobile friendly adalah website yang sengaja dirancang khusus untuk perangkat mobile. Tujuannya agar user yang mengunjungi website melalui perangkat mobile tetap mendapatkan pengalaman yang menyenangkan. Jadi, segera optimasi website Anda menjadi mobile friendly ya!

Ketahui juga yuk beberapa manfaat dari website mobile friendly hingga bagaimana cara untuk membuatnya lewat informasi berikut ini.

Apa Itu Mobile Friendly?

Website yang mobile friendly adalah sebutan untuk sebuah website yang dapat menyesuaikan bentuk dan pengalaman pengguna dengan jenis perangkat ponsel. Tidak hanya layout, namun ukuran gambar, text, dan elemen-elemen lainnya juga mampu menyesuaikan dengan tampilan di perangkat ponsel yang digunakan oleh para pengunjung web.

Baca Juga: Mobile First vs Responsive Design, Mana yang Harus Didahulukan?

5 Pentingnya Mobile Friendly Bagi Website

Nah, setelah Anda mengetahui pengertian dari mobile friendly, sekarang ketahui juga yuk apa sih pentingnya mobile friendly bagi website. Simak di bawah ini!

1. Meningkatnya Pengguna Perangkat Mobile

Pentingnya mobile friendly bagi website tentu saja berkaitan dengan banyaknya jumlah masyarakat yang lebih memilih mengandalkan perangkat mobile mereka saat melakukan penelusuran di internet. Melihat hal demikian, Anda sebagai pemilik website jelas saja akan berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan yang memudahkan pengunjung website.

Tentunya, memiliki website yang mobile friendly merupakan salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan memuaskan kepada pengunjung. Sebab, pengunjung bisa merasa jauh lebih nyaman untuk tetap berada di website Anda untuk mencari informasi lebih lanjut atau saat berbelanja online. 

2. Mempengaruhi SEO 

Seperti yang diketahui, bahwasannya Google telah merilis pembaruan algoritma terhadap hasil pencarian mereka. Melalui algoritma ini, website yang mobile friendly tentunya jauh lebih diprioritaskan oleh Google. Sehingga website Anda akan memiliki peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian dibandingkan dengan website yang tidak mobile friendly.

Baca Juga: Mobile Marketing, Solusi Pemasaran di Era Digital

3. Meningkatkan Kredibilitas Website

Berdasarkan data yang dimiliki oleh We Are Social dari HootSuite, penyumbang terbesar pada traffic website ternyata berasal dari pengguna perangkat mobile. Melihat hal tersebut, tentu harus segera menjadi pertimbangan, karena nantinya dapat membantu meningkatkan keefektifan website Anda.

Website mobile friendly dapat dikatakan sanggup menyediakan layanan terbaik kepada pelanggan selama Anda memberikan desain tampilan yang sesuai dengan layar smartphone dan memaksimalkan fitur-fitur pada website agar mampu berjalan semestinya. Lalu, dengan pelayanan yang baik ini, pengunjung tentu juga nantinya akan merasakan kredibilitas pada   Anda karena terlihat lebih profesional.

4. Jangkauan yang Lebih Luas

Melalui website mobile friendly, maka pengunjung dapat dengan mudah membagikan informasi yang tersedia di dalam website Anda kepada jangkauan yang lebih luas dengan hanya melakukan beberapa klik jari saja yaitu melalui ikon sharing yang tersedia.

5. Memberikan Pengalaman Memuaskan Kepada Pelanggan

Ketika website Anda sudah berhasil dioptimasi ke mobile, maka tampilannya akan terlihat lebih menarik untuk disaksikan pada mobile user. Navigasi pada website juga menjadi lebih intuitif dan pengunjung dapat dengan mudah membaca teks maupun menemukan hal yang dicari.

Selain itu, proses loading pada akan jauh lebih cepat. Jika semua hal yang sudah disebutkan tersebut didapatkan oleh pelanggan saat membuka website Anda, maka  jelas mereka akan memiliki pengalaman yang memuaskan.

banner

8 Cara Membuat Website Mobile Friendly

Ternyata memiliki website yang mobile friendly penting, bukan? Jika Anda belum sempat melakukan optimasi website ke mobile friendly, yuk lakukan sekarang juga dengan mengikuti sederet cara di bawah ini!

1. Buat Tampilan yang Responsive

Website yang responsif adalah website yang memiliki tampilan bagus ketika diakses di berbagai device, baik itu pada perangkat desktop, tablet, hingga smartphone. Artinya ialah ketika Anda membuka suatu website menggunakan smartphone, maka website akan tampil sesuai dengan tampilan layar handphone. 

Begitupun jika Anda mengaksesnya menggunakan laptop, maka website akan menyesuaikan tampilan layar laptop. Tampilan yang responsif inilah yang nantinya secara otomatis membuat website Anda menjadi mobile friendly.

2. Gunakan AMP

Cara kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengandalkan Accelerated Mobile Pages (AMP). AMP merupakan teknologi milik Google yang memang sengaja diciptakan untuk membuat halaman website lebih cepat terbuka pada perangkat mobile.

Dengan mengaktifkan teknologi ini, kecepatan website Anda akan meningkat dan organic traffic tidak akan hilang. Hal ini dikarenakan AMP bekerja menggunakan cache yang berfungsi juga untuk menyimpan data website pada perangkat mobile

3. Tingkatan Kecepatan Website

Selanjutnya, tingkatkan kecepatan pada website Anda. Sebab, kecepatan ini merupakan salah satu bagian penting untuk membuatnyA menjadi mobile friendly dan juga berpengaruh terhadap tingkat bounce rate sebuah website.

4. Lakukan Optimalisasi Gambar

Gambar juga menjadi salah satu jenis konten yang banyak digunakan pada berbagai website. Namun kebanyakan pemilik website tidak memperdulikan format atau ukuran gambar yang digunakan.

Akibat yang dihasilkan tentu saja website menjadi lambat dan memori disk server bisa jadi boros. Oleh karena itu, optimasi gambar menjadi hal penting untuk dilakukan. 

Baca Juga: Mengenal Strategi Mobile Marketing yang Efektif Saat Ini

5. Rancang Menu yang Sederhana

Seperti yang bisa kita semua lihat bahwa ukuran layar desktop tentu akan berbeda dengan perangkat mobile. Sehingga desain menu website pada perangkat mobile perlu dibuat berbeda dari tampilan yang ada pada desktop.

Bagaimana cara merancang menu website pada perangkat mobile secara sederhana? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Buatlah Sticky Menu Navigation.
  • Tampilkan menu-menu yang penting saja karena terlalu banyak menu membuat pengunjung bingung ketika mengakses website Anda.
  • Taruh menu-menu lainnya ke dalam collapsible navigation sidebar atau menu navigasi yang bisa disembunyikan.
  • Buatlah Call to Action (CTA) dengan singkat dan jelas.
  • Buatlah tombol dalam ukuran yang besar.
  • Hindari penggunaan sidebar untuk konten, biasanya akan ditampilkan di bagian paling bawah halaman versi mobile.

6. Pilih Jenis Font yang Tepat

Cara berikutnya dalam membuat website mobile friendly adalah dengan menentukan jenis font secara tepat. Sebab, font yang terdapat pada website juga memiliki pengaruh yang besar terhadap tingkat mobile friendly sebuah website.

Dengan menggunakan font yang sesuai, maka konten yang ada di website bisa dibaca dengan mudah. Selain itu, font juga bisa mempengaruhi branding dan kesan pengunjung ketika mengakses website Anda. Sehingga, gunakan maksimal dua jenis font yang sederhana, menarik, dan namun tetap mudah dibaca.

7. Buat Form Sederhana

Masih ada hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam membuat website mobile friendly yakni soal form. Selalu usahakan untuk membuat form sesederhana mungkin sesuai dengan tujuan yang Anda miliki. Sebab, nantinya form ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan website.

8. Hindari Pop Up

Pop up pada sebuah website membutuhkan space yang terbilang cukup besar. Sedangkan, layar mobile hanya memiliki space yang terbatas, menjadikan pop up sebuah gangguan saat mengakses website dari perangkat mobile. Lebih baik menghindari pop up pada website versi mobile.

Baca Juga: Mobile First Experience dan Keunggulannya Bagi Website Anda

2 Cara Mengetahui Website Mobile Friendly

Lalu, bagaimana cara mengetahui website milik Anda apakah sudah mobile friendly atau belum? Begini caranya!

1. Menggunakan Google Search Console

  1. Buka situs Google Search Console (versi baru). Kemudian pilih bagian laporan dan fitur lama. Selanjutnya klik “Pelajari lebih lanjut”.
  2. Setelah klik “Pelajari lebih lanjut”, maka nantinya Anda akan dibawa ke sebuah tampilan. Silakan Anda gulir ke bawah hingga menemukan sebuah tools alat uji untuk mobile friendly dan jangan lupa untuk mengkliknya.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda berhasil masuk ke tools alat uji untuk mobile friendly
  4. Silakan masukkan juga URL atau kode website yang ingin dicek mobile friendly. Jika sudah, silahkan tunggu proses pengujian selesai.

Baca Juga: Catat! Panduan Menulis SEO-Friendly Agar Meningkatkan Traffic Website

2. Menggunakan Google Mobile Friendly Test

  1. Langkah pertama Anda harus masuk terlebih dahulu ke browser dan kemudian mengunjungi Google Mobile-Friendly Test.
  2. Masukkan URL atau kode website milik Anda yang ingin dilakukan uji coba. Kemudian klik Analyze.
  3. Tunggu hingga proses pengujian selesai.

Nah itu tadi penjelasan seputar pengertian dan pentingnya mobile friendly bagi website. Lewat artikel kali ini, Anda juga sudah mengetahui bagaimana cara mudahnya membuat website Anda menjadi mobile friendly, kan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Ingin membuat website untuk pertama kalinya namun takut mengalami kesulitan? Tenang, hal tersebut tidak perlu Anda ambil pusing karena bisa Anda serahkan pada ToffeeDev yang siap membantu Anda dengan berbagai layanan.

Mulai dari jasa pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat