10 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib untuk Di-Install

plugin wordpress terbaik

WordPress merupakan platform blogging dan website populer yang banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi sangat populer adalah karena banyaknya pilihan plugin WordPress terbaik yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Namun, dengan begitu banyak pilihan plugin yang tersedia, penggunanya mungkin akan kesulitan menentukan plugin WordPress apa yang harus diinstal di sebuah website. Jangan khawatir, di artikel ini kami akan merekomendasikan plugin WordPress terbaik yang wajib di-install untuk mengoptimalkan website Anda. 

Mulai dari plugin SEO, plugin sosial media, hingga plugin keamanan, telah kami rangkum plugin-plugin terbaik yang dapat membantu meningkatkan performa website Anda. Jadi, jangan ragu untuk memeriksa daftar plugin WordPress terbaik di bawah ini!

Apa Itu Plugin?

Sebelum mengetahui daftar plugin WordPress terbaik, ada baiknya untuk mengenal definisi plugin terlebih dahulu.

Plugin adalah sebuah perangkat lunak tambahan yang dapat ditambahkan ke sebuah aplikasi atau software untuk memberikan fitur atau fungsi tambahan. Plugin biasanya dibuat oleh pihak ketiga dan dapat di-install pada aplikasi atau software yang mendukungnya untuk meningkatkan atau mengubah cara kerja asli aplikasi tersebut. 

Dalam konteks ini, plugin dapat digunakan untuk menambahkan fitur tambahan pada website WordPress tanpa perlu melakukan pemrograman. Hal ini memungkinkan orang yang tidak memiliki kemampuan pemrograman untuk meningkatkan fungsi website mereka dengan mudah.

Baca Juga: Site Kit, Plugin Terbaru Google Untuk WordPress

10 Plugin WordPress Terbaik

Untuk membantu meningkatkan fungsi dan performa website WordPress Anda, berikut adalah beberapa plugin WordPress terbaik yang direkomendasikan. Anda dapat mengoptimalkan website tanpa perlu banyak coding. Berikut daftarnya.

1. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengguna WordPress. Plugin ini merupakan plugin SEO terbaik di WordPress dan masuk dalam daftar 10 plugin WordPress yang paling banyak diunduh.

Hal ini dikarenakan Yoast memiliki fitur SEO yang lengkap bahkan pada versi gratisnya. Plugin ini memiliki indikator seperti lampu lalu lintas yang dapat digunakan untuk menunjukkan apakah postingan website tersebut sudah SEO friendly atau belum. 

Baca Juga: 9 Plugin WordPress Untuk Meningkatkan Performa Gambar

2. Social Welfare

Social Warfare adalah plugin WordPress yang dapat membantu meningkatkan interaksi dan jangkauan website Anda di platform media sosial. Plugin ini menampilkan tombol share ke berbagai platform media sosial sehingga pengguna dapat dengan mudah berbagi konten website Anda. 

Fitur yang membedakan Social Warfare dari plugin sejenis adalah kemampuan kustomisasi tampilan, performa yang tidak menurunkan loading website, dan pengaturan agar format gambar yang dibagikan sesuai dengan ciri khas masing-masing sosial media.

3. Visual Composer

Visual Composer merupakan plugin WordPress yang membantu dalam mendesain dan mengatur tampilan website. Plugin ini sangat membantu bagi Anda yang tidak terlalu memahami hal-hal teknis dalam pembuatan website. 

Anda dapat melihat perubahan tampilan website secara real-time, sehingga memudahkan mengubah tampilan website sesuai keinginan tanpa perlu menggunakan fungsi preview. Jika Anda ingin membuat website terlihat lebih bagus dan ingin lebih mudah dalam pembuatannya, cobalah menggunakan Visual Composer.

banner

4. WooCommerce

Plugin WordPress yang satu ini dapat membantu membuat toko online di website WordPress Anda. Plugin ini bersifat open-source sehingga pengguna dapat dengan lebih fleksibel menyesuaikan fitur dan desain toko online mereka dibandingkan dengan platform hosted lainnya.

WooCommerce ini tersedia secara gratis dan sudah menyediakan berbagai tool penting untuk membuat website toko online dengan cara yang canggih.

5. UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah salah satu plugin WordPress terbaik yang dapat digunakan untuk mem-backup data website. Melakukan backup website merupakan langkah penting untuk meminimalkan risiko kehilangan data akibat crash sistem atau masalah lainnya yang tidak terduga.

Plugin ini dapat membantu penggunanya untuk mengembalikan database yang sebelumnya hilang dengan sangat mudah. Selain database, UpdraftPlus dapat menyimpan data lainnya seperti tema atau, postingan bahkan plugin.

Jika Anda ingin melakukan backup website WordPress dengan mudah, cobalah menggunakan UpdraftPlus.

Baca Juga: 5 Cara Memasang Sitemap di WordPress

6. Jetpack

Jetpack merupakan salah satu plugin yang wajib untuk di-install, sebab plugin yang satu ini dapat membantu Anda mengamankan website sekaligus meningkatkan performa website tersebut.

Jetpack juga menyediakan fitur statistik website yang memantau jumlah kunjungan dan halaman yang paling banyak dilihat. Tentu ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana website Anda dikunjungi dan apa yang paling banyak dilihat oleh pengunjung. Fitur ini dapat membantu meningkatkan konten dan performa website Anda.

7. Akismet

Akismet adalah plugin WordPress yang dapat membantu menghalau spam di kolom komentar website. Plugin ini dapat menyaring komentar yang dianggap tidak relevan atau mengganggu sehingga tidak perlu menguras banyak energi untuk menghapusnya satu per satu.

8. MailChimp

MailChimp adalah salah satu plugin WordPress terbaik yang dapat digunakan untuk membangun relasi dengan pembaca atau pelanggan setia melalui strategi newsletter email. Plugin ini populer karena dapat mengelola email secara efektif.

9. LiteSpeed Cache

Jika ingin mempercepat website WordPress Anda, cobalah menggunakan plugin LiteSpeed Cache ini. Plugin LiteSpeed cache ini dapat membantu mempercepat website dengan membuat versi statis dari halaman website.

Jika suatu website memiliki waktu loading yang lambat, hal ini dapat menurunkan tingkat konversi untuk setiap detik waktu loading yang lambat. Maka dari itu, penting bagi pemilik website untuk menggunakan plugin ini agar menghasilkan trafik  dan tingkat konversi yang tinggi. 

Baca Juga: 5 Manfaat WordPress Bagi Pemilik Bisnis Online

10. TablePress

TablePress adalah plugin yang dapat membantu membuat tabel di website WordPress dengan mudah. Plugin ini memungkinkan Anda untuk menyematkan tabel di website tanpa perlu coding HTML. 

Cukup isi tabel seperti menggunakan Excel, lalu salin shortcode yang disediakan dan tempelkan di mana pun di website Anda. TablePress memiliki reputasi yang bagus, dan hampir tidak ada ulasan negatif tentang plugin ini.

Demikianlah rekomendasi plugin WordPress terbaik yang wajib Anda install. Apabila Anda sedang membutuhkan jasa untuk membuat website, gunakan saja jasa Custom Web Development dari ToffeeDev. Website yang dibuat akan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Anda pun bisa meningkatkan trafik website yang sudah dibuat dengan layanan digital marketing lainnya. Jadi, jangan ragu dan segera hubungi ToffeeDev sekarang juga untuk mengembangkan bisnis Anda di dunia digital!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top