Mengenal SEO Forecasting Tool Sebagai Strategi Optimasi

seo forecasting tool

Menjalankan suatu bisnis khususnya di dunia digital seperti saat ini berarti Anda harus siap juga dalam menghadapi segala persaingan yang ada. Hal tersebutlah yang pada akhirnya mau tidak mau menjadikan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memiliki jiwa kompetitif. Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan bisnis Anda adalah dengan menerapkan SEO forecasting atau perkiraan SEO. 

Apa yang dimaksud SEO forecasting? Tenang Anda dapat temukan semua jawabannya melalui artikel kali ini! Ketahui juga ya soal SEO forecasting tool yang perlu Anda terapkan saat menjalankan strategi ini.

Apa Itu SEO Forecasting?

SEO forecasting atau juga perkiraan SEO merupakan proses penggunaan data analitik milik Anda yang dilihat dari riwayat pencarian sebelumnya. Lalu, tujuan dari proses ini adalah untuk mengidentifikasi pola sehingga nantinya sanggup memprediksi seperti apa hasil di waktu yang akan datang. Selain itu, seluruh informasi yang berhasil terkumpul tersebut akan membantu dalam memutuskan strategi yang tepat untuk digunakan guna keberhasilan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Baca Juga: 4 Cara Optimasi SEO untuk Website

Mengapa SEO Forecasting Penting?

Kira-kira apa sih yang membuat atau mendasari SEO forecasting terbilang penting untuk Anda terapkan saat menjalankan suatu bisnis? Ketahui alasannya melalui fungsi yang dimiliki dari SEO forecasting berikut ini : 

1. Memprediksi Kinerja Kata Kunci

Fungsi pertama dari penggunaan perkiraan atau forecasting SEO adalah mampu membantu Anda dalam memprediksi kinerja suatu kata kunci. Sangat memungkinkan bagi Anda untuk mengetahui kata kunci yang Anda gunakan sedang berada pada peringkat berapa dan akan memberikan hasil seperti apa di waktu mendatang. 

2. Membuat Keputusan yang Tepat untuk Bisnis

SEO forecasting tentu saja dikatakan penting karena alasan yang jelas dan bukan sembarangan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, maka proses ini juga akan berujung dengan memberikan Anda sebuah insight mengenai penerapan strategi seperti apa yangs sesuai.

3. Mengidentifikasi Celah pada Strategi Kompetitor

Perkiraan SEO juga dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi hal-hal apa saja yang kemungkinan besar menjadi kekurangan dari kompetitor. Sebab, dengan adanya aktivitas yang terdapat di SEO forecasting yakni competitive analysis memang memiliki tujuan untuk menemukan berbagai macam keyword dalam niche yang serupa.

4. Memperkirakan ROI 

Penggunaan perkiraan SEO juga membantu Anda dalam memprediksi ROI yang sekaligus menjadi pendekatan paling populer dan penting untuk digunakan di dalam dunia bisnis. Mengapa? Sebab, Anda selaku pemilik bisnis pada kenyataannya perlu mengetahui bagaimana strategi yang dapat memberikan hasil secara maksimal.

5. Menetapkan Standar

Terakhir, SEO forecasting juga mampu memberikan gambaran seperti apa kompetitor dan di mana peluang yang bisa Anda miliki. Seluruh data dan prediksi yang digunakan, akan berperan sebagai tolak ukur yang sanggup membantu Anda dalam menetapkan target spesifik sekaligus terukur jelas.

Baca Juga: 5 Cara Kerja SEO dan Jenis-Jenisnya

5 Metrik SEO Forecasting

Untuk merencanakan strategi SEO yang hendak diaplikasikan, Anda masih perlu memperhatikan berbagai metrik di bawah ini, ya. Penjelasan secara mudahnya juga dapat Anda pelajari di sini. Jadi, simak langsung saja, yuk!

1. Conversion Rate

Metrik SEO forecasting di urutan pertama ini merupakan persentase terkait seberapa jumlah pengunjung website Anda yang telah melakukan konversi. 

2. Click-through Rate

Kemudian, click-through rate ini juga merupakan salah satu metrik yang digunakan oleh SEO forecasting. Metrik ini merupakan hasil bagi klik yang didapat dari impression.

3. Search Intent

Search intent adalah metrik SEO forecasting yang berfungsi dalam memberikan perkiraan tujuan pencarian yang biasanya dilakukan oleh pengguna.

4. Seasonal Keywords

Metrik SEO forecasting yang perlu Anda ketahui berikutnya ialah seasonal keywords. Apa yang dimaksud dengan metrik ini? Sesuai dengan namanya, seasonal keywords merupakan sederet kata kunci yang telah berhasil mengalami kenaikan volume pada waktu tertentu.

5. Organic Traffic

Organic traffic menjadi salah satu metrik yang digunakan dalam SEO forecasting untuk mengetahui seberapa banyak jumlah traffic yang berhasil didapat secara organik pada satu waktu.

banner

3 Tools SEO Forecasting

Di dalam proses melakukan SEO forecasting, Anda memerlukan beberapa tools yang berguna untuk mengambil data atau informasi yang memang dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga tools-tools berikut ini akan membantu agar forecasting dapat berjalan hingga memaksimalkan berbagai jenis kampanye pemasaran yang dijalankan guna meningkatkan bisnis Anda. 

Untuk mengetahui lebih jelasnya terdapat apa saja tool-tools yang digunakan saat proses SEO forecasting antara lain : 

1. Analisis Pemasaran (Marketing Analytics)

Tools SEO forecasting di urutan pertama ini adalah analisis pemasaran atau marketing analytics. Tools satu ini memiliki peran dalam mencatat seluruh data atau informasi yang mungkin saja Anda butuhkan untuk forecast, mengukur tingkat performa, hingga sanggup membantu mengoptimalkan terkait kampanye pemasaran.

2. Forecasting Software

Tools berikutnya yang perlu Anda ketahui ialah forecasting software. Tools ini berfungsi mensimulasikan kampanye yang Anda gunakan agar nantinya mampu memberikan perkiraan hasil hingga menentukan ide mana yang dirasa paling efektif untuk diterapkan.

Baca Juga: SEO Content Writer atau Content Writer?

3. CRO Software

Tools di urutan terakhir yang ada pada aktivitas SEO forecasting adalah conversion rate optimization (CRO) software. Fungsi seperti apa yang dimiliki oleh tools satu ini? Tools ini berfungsi untuk mengoptimalkan kampanye yang sedang dijalankan dan ikut menerapkan perubahan yang kemungkinan saja diperlukan.

Nah, demikian penjelasan soal pengertian SEO forecasting, mengapa strategi ini penting untuk dilakukan, hingga tools-tools apa yang bisa digunakan saat menjalankan strategi ini. Setelah membaca artikel ini, pemahaman Anda terkait SEO forecasting jauh semakin baik, bukan? Semoga artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Sangat menginginkan untuk membuat website bisnis namun pada kenyataannya Anda masih kerap merasa takut jika gagal? Sudah bukan saatnya khawatir! Serahkan semua pada ahlinya, siapa lagi kalau bukan ToffeeDev. Selain akan membantu Anda dalam membuat website dengan desain yang bagus, ToffeeDev juga mampu memberikan keuntungan lainnya untuk Anda lho!

ToffeeDev menawarkan berbagai jasa menarik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Seperti jasa SEO, landing page, sosial media ads, dan masih banyak lagi lainnya. Jadi, apakah Anda masih ragu? Yuk, jangan tunda lagi dan segera hubungi tim ToffeeDev untuk memulai konsultasi semua hal yang menjadi kebutuhan Anda!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top