Social Media Management: Definisi dan Kegunaannya untuk Bisnis

social media management adalah

Secara ringkasnya, social media management adalah penggunaan berbagai tools, software maupun layanan yang mampu membantu para pebisnis dalam membagikan konten bisnisnya di media sosial.

Pastinya bagi Anda yang berprofesi sebagai pebisnis ataupun siapa saja yang berkeinginan untuk menggeluti dunia usaha, wajib hukumnya untuk mempelajari social media management secara mendalam hingga mendapatkan pemahaman yang baik. Lantas, apa pengertian social media management secara lebih lengkap? Lalu, mengapa hal tersebut penting dalam menjalankan bisnis?

Apa Itu Social Media Management?

Tadi di awal sudah kita bahas sedikit apa yang dimaksud dengan social media management. Mari kini kita lanjutkan dengan penjelasan yang lebih lengkapnya. Social media management merupakan sebuah proses membuat, mengunggah, dan menganalisis konten yang akan diposting. Tujuan dilakukannya semua hal tersebut tentu saja demi mendapatkan keuntungan lebih.

Konten-konten yang akan diposting ke akun media sosial bisnis Anda juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Melainkan, semuanya harus terkonsep dengan baik dan menarik. Sehingga mampu mempresentasikan perusahaan Anda kepada para pengguna. 

Tidak hanya itu saja, melalui akun media sosial tersebut Anda sebagai pelaku bisnis juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Misalnya terkait informasi tentang penilaian produk dari pelanggan dan masih banyak lagi hal lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Social Media Influencer

Kegunaan Social Media Management untuk Bisnis

Mustahil rasanya jika Anda ingin memiliki usaha yang berkembang namun enggan untuk mempelajari soal social media management lebih dalam. Maka dari itu, yuk simak sederet manfaat yang bisa dirasakan oleh Anda nantinya bila menerapkan social media management dengan baik, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Menerapkan social media management yang baik dan tepat dengan diiringi konten yang berkualitas serta konsisten tentunya mampu meningkatkan kesadaran audiens akan keberadaan brand milik Anda. Terciptanya brand awareness tentu saja juga membuat bisnis yang sedang dijalani akan tumbuh menjadi lebih besar.

2. Memperluas Audiens

Seperti yang kita semua ketahui bahwasannya platform media sosial memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak. Sehingga, memperkenalkan brand Anda secara luas tentu dapat dilakukan dengan cukup mudah. Oleh karena itu, sudah semestinya Anda mengelola media sosial dengan baik agar terciptanya ketertarikan konsumen untuk membeli produk yang tengah dipromosikan.

Baca Juga: 4 Aplikasi Marketing Sosial Media Untuk Bisnis

3. Menunjukkan Jati Diri dan Kualitas Perusahaan

Selain sebagai wadah untuk menjalankan kegiatan promosi, media sosial juga berperan sebagai tempat untuk menunjukkan kualitas dan jati diri perusahaan. Melalui konten yang menarik dan dekat dengan konsumen, tentu saja brand personality bisnis Anda akan terjaga dengan baik juga.

4. Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya, tanpa disadari saat mempelajari social media management, Anda juga sebenarnya sedang belajar tentang social media marketing, lho. Hal tersebut dikarenakan konten menarik dan terkonsep yang Anda posting ke media sosial nyatanya mampu menarik minat konsumen untuk mempertimbangkan dalam membeli produk Anda. Sehingga, bisnis Anda pun akan mengalami peningkatan penjualan. 

banner

Tools yang Digunakan untuk Social Media Management

Nah, agar bisa mempermudah Anda dalam mengelola akun media sosial, maka Anda bisa menggunakan berbagai tools social media management di bawah ini.

1. HootSuite

Tools pertama yang dapat Anda gunakan untuk social media management adalah HootSuite. Tools ini terbilang cukup terkenal dan banyak digunakan oleh pebisnis-pebisnis. Karena dengan menggunakan HootSuite, Anda akan dengan mudah dalam melakukan penjadwalan di setiap postingan, membalas pesan, dan juga mengetahui jumlah traffic di media sosial. 

Oleh karena itu, Hootsuite memiliki peranan sangat penting sebagai alat yang mampu membantu Anda dalam mengelola seluruh akun di media sosial bisnis Anda.

2. Buffer

Buffer juga merupakan tools social media management yang sangat mudah untuk digunakan dalam menjadwalkan konten di media sosial bisnis Anda. Bahkan, pasalnya penjadwalan posting konten ini bisa Anda lakukan sampai satu minggu kedepan. Maka dari itu, tools ini sangat cocok untuk Anda yang memang tidak memiliki waktu untuk terus-menerus melakukan update konten di media sosial.

Baca Juga: Seberapa Penting Sih Social Media Branding?

3. SocialOomph

Masih terbilang menarik, SocialOomph merupakan tools social media management yang sanggup meningkatkan performa media sosial Anda. Terdapat banyak sekali layanan yang mampu diberikan oleh tools ini, seperti melacak kata kunci, auto follow secara otomatis, dan berbagai layanan lainnya.

4. Tweepi

Kebetulan Anda ingin memasarkan bisnis melalui berbagai macam media sosial salah satunya Twitter? Tweepi merupakan tools social media management yang tepat! Karena di dalam tools ini telah disertakan juga berbagai layanan yang sangat berguna untuk mengelola akun media sosial Twitter bisnis Anda. 

Melalui Tweepi, Anda bisa meningkatkan jumlah follower dan mengelola para follower tersebut dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa melakukan unfollow pada mereka yang tidak melakukan follow back pada akun bisnis Anda. Cukup praktis, bukan?

Demikian penjelasan terkait pengertian social media management, kegunaannya hingga tools yang mendukung kegiatan tersebut terhadap keberlangsungan bisnis Anda. Tentunya setelah membaca artikel dari ToffeeDev ini, pemahaman Anda semakin meningkat ya.

Selain itu masih terdapat beberapa skill yang juga penting Anda pahami dalam mengembangkan bisnis secara online. Misalnya seputar bagaimana cara membuat website yang tidak hanya memiliki tampilan bagus, namun juga mampu menarik pelanggan. 

Tenang, hal tersebut tidak perlu Anda risaukan karena bisa dipercayakan pada ahlinya. ToffeeDev siap membantu bisnis Anda dengan berbagai layanan terbaik. Mulai dari jasa pembuatan website, layanan SEO, hingga digital ads dan sebagainya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, jangan ragu untuk hubungi tim ToffeeDev sekarang juga ya!

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat