Bagaimana Software SEO Membantu Pengambilan Keputusan dalam Bisnis

SEO dapat memberi bisnis Anda keunggulan dibandingkan para kompetitor serta membantu meningkatkan traffic dan pendapatan. Akan tetapi, dibutuhkan tingkat kecerdasan dan wawasan yang tepat untuk melakukannya secara efektif.

Di sinilah software SEO dapat menjadi vital. Software SEO dapat menghemat waktu dan uang yang diperlukan untuk melakukan tugas SEO secara manual serta dapat memberikan banyak wawasan berharga.

Software SEO seperti Pi Datametrics dapat mengurangi risiko dan dapat membantu mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan.

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana teknologi SEO Pi Datametrics bekerja dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan strategi SEO Anda.

Mengapa Visibilitas Pencarian Sangat Penting?

Untuk situs web yang menarik banyak pengunjung, bahkan perubahan yang relatif kecil dalam kinerja pencarian dapat memberikan peningkatan pendapatan atau mengurangi traffic serta penjualan jika peringkat dari suatu website turun.

Google juga menambahkan berbagai fitur SERP dan iklan sehingga visibilitas organik menjadi lebih kompetitif. Perbedaan antara satu atau dua tempat di halaman pertama Google dapat memengaruhi apakah hasil terlihat di desktop atau langsung terlihat oleh pembeli yang menggunakan mobile phone.

Tanpa software SEO yang efektif, akan sulit bagi perusahaan untuk memantau dan mempertahankan posisi pencarian di berbagai keyword.

Beberapa pertanyaan ini dapat membantu Anda dalam menganalisis strategi SEO yang telah dijalankan selama ini, yaitu:

  • Apakah strategi konten Anda sudah benar? Apakah Anda menargetkan keyword yang tepat? Apakah konten Anda efektif?
  • Apakah algoritma Google berdampak negatif pada kinerja Anda? Google mengubah algoritmanya secara teratur dan Pi Datametrics dapat membantu Anda melacak efek yang ditimbulkan dari perubahan tersebut dan memperbaiki masalah apapun.
  • Apakah kompetitor mengungguli Anda? Pi Datametrics dapat memberikan wawasan tentang kinerja SERP dari kompetitor dan membantu Anda meningkatkannya sendiri.
  • Apakah Anda memahami landscape SERP dan semua fitur barunya? SERP terus mengalami perubahan dan hal ini dapat menjadi peluang untuk Anda.
  • Apakah Anda memahami apa yang dicari oleh user? Informasi tentang perilaku dan trend pencarian konsumen dapat membantu Anda mengoptimalkan dan menarik perhatian audiens.
  • Diperkirakan bahwa industri pemasaran konten global akan bernilai £412 miliar pada tahun 2021 dan sebagian besar dari pengeluaran ini terbuang sia-sia karena masalah terkait konten.

Misalnya, mari kita lihat share of voice di Google untuk beberapa merek fashion terkemuka.

Bisnis-bisnis yang berada di posisi bawah saat ini kehilangan lebih dari $4 juta per minggu.

Jika kita melihat lebih dekat pada salah satu brand tersebut, kita dapat melihat peluang yang mereka miliki dengan konten dan strategi SEO yang tepat. Grafik yang berwarna biru muda menunjukkan potensi pendapatan yang bisa mereka peroleh dari penelusuran organik untuk setiap istilah produk tersebut dengan total lebih dari £1 juta per minggu.

Dalam kasus brand yang ditampilkan, lebih dari 70% masalah disebabkan oleh kanibalisasi, sesuatu yang dapat dengan mudah diperbaiki setelah diidentifikasi.

Share of voice | Womenswear landscape | Google UK

Pembaruan algoritma juga dapat menyebabkan peningkatan dan penurunan kinerja yang besar. Hal ini menunjukan bahwa posisi pencarian dan traffic dapat menjadi tidak konsisten.

Share of voice over time | Womenswear landscape | Google UK

Dengan data dan informasi yang tepat, Anda dapat menangkap kedua masalah ini dan menyelesaikannya sebelum memengaruhi traffic website saat ini. Tanpa informasi seperti itu, Anda tidak memiliki kendali atas kinerja SERP.

Bagaimana Software SEO dapat Membantu?

Pi Datametrics adalah alat yang dapat menghasilkan data pencarian sehingga dapat digunakan di seluruh bisnis, dari strategis hingga teknis. Tidak perlu lagi diserahkan ke tim SEO.

Dengan pemahaman bisnis yang lebih luas tentang SEO, data dapat digunakan di seluruh organisasi untuk mendukung keputusan bisnis utama dan mendorong value.

Misalnya, dengan menggunakan Pi Market Intelligence, Anda dapat melihat setiap pesaing untuk pencarian konsumen apa pun yang dapat terpikirkan, dan banyak yang bahkan berada di bawah radar. Hal tersebut dapat memberikan Anda berbagai informasi mengenai pencarian konsumen terlengkap yang tersedia di sana.

Market Intelligence memungkinkan Anda untuk membuat seluruh perusahaan tetap up-to-date dengan performance, share of voice, dan informasi mengenai trend yang dipimpin oleh profit serta memungkinkan Anda untuk secara instan dan jelas memvisualisasikan peluang pendapatan, kategori demi kategori.

Tentang Pi Datametrics

Kami memiliki tim yang terdiri dari 60 orang di Pi Datametrics. Meskipun software ini baru berusia enam tahun, kami sebenarnya telah mengumpulkan data pencarian selama lebih dari 15 tahun dan Pi Datametrics satu-satunya perusahaan  yang memiliki kumpulan data terbesar dan terlengkap di pasar digital.

Pi Datametrics saat ini bekerja dengan lebih dari 50 brand utama, kami memiliki lebih dari tiga setengah ribu pengguna aktif, dan kantor yang tersebar di seluruh dunia.

Pi Datametrics memiliki berbagai perusahaan yang menggunakan teknologi kami, termasuk Tesco, The Telegraph, IG Group, Vodafone, Harrods, dan Lululemon.

Bisnis ini menggunakan Pi Datametrics dalam beberapa cara untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka:

  • Bisnis besar menggunakan Pi Datametrics sebagai alat mitigasi kerusakan untuk mendukung migrasi situs web global yang kompleks.
  • Beberapa brand lain menggunakan informasi dari kami untuk mengukur pesaing dan peluang baru di pasar saat ini.
  • Penerbit menggunakan Pi Datametrics setiap jam, harian, mingguan, atau bulanan untuk lebih memahami landscape SERP dan keinginan pembaca mereka. Hal ini membantu mereka membuat keputusan yang tepat tentang strategi konten, serta pengoptimalan kontekstual tingkat halaman dan seluruh situs.
  • Banyak retailer menggunakan platform ini untuk secara signifikan meningkatkan kinerja konten dan produk online mereka, melalui penemuan otomatis dan pencegahan konflik konten. Informasi ini menempatkan mereka pada keuntungan yang signifikan atas kompetitor.
  • Brand utama menggunakan Pi Datametrics untuk memantau dan membandingkan visibilitas komersial seluruh ekosistem online mereka.

Bagaimana Kita Memecahkan Masalah yang Dihadapi oleh Client?

Salah satu masalah terbesar yang terus-menerus mengakibatkan hilangnya peluang pendapatan adalah kanibalisasi konten atau konflik internal.

Hal ini terjadi ketika halaman yang berbeda dalam situs web atau domain bersaing satu sama lain untuk keyword yang sama. Hasilnya, seperti pada contoh dari Platform SEO Pi Datametrics di bawah ini  adalah peringkat tidak konsisten dan beberapa brand kehilangan traffic SERP yang berpotensi baik.

Position Explorer Chart | Daily Rank Positions | Google UK

Salah satu masalah utama dengan kanibalisasi keyword adalah sebagian besar bisnis tidak menyadari bahwa mereka menderita karenanya.

Hal ini dapat berarti bahwa setiap bisnis menghabiskan miliaran setiap tahun untuk konten online, tetapi uang ini terbuang sia-sia karena strategi yang tidak tepat.

Terjadinya hal ini karena pendekatan untuk publikasi dan kurasi konten tidak berfungsi hingga akhirnya konten tidak terlihat saat pengguna mencarinya.

Jika Anda tidak menggunakan data pencarian untuk menginformasikan strategi konten, maka ada kemungkinan besar uang yang dikeluarkan saat ini terbuang sia-sia. Pi Datametrics membuatnya sangat mudah untuk memperbaiki masalah dasar yang menyebabkan pemborosan ini, mencegahnya terjadi sejak awal, dan mengidentifikasi peluang untuk sukses.

Bagaimana Pi Datametrics Berbeda dengan software SEO Lainnya?

Salah satu fitur paling kuat dari Platform SEO Pi Datametrics adalah data pesaing globalnya dan kami memiliki salah satu sumber data pesaing terbesar di pasar.

Dengan data ini, Anda memiliki kemampuan untuk menganalisis kinerja pencarian bersama setiap kompetitor lainnya di seluruh landscape SERP.

Beberapa solusi mengharuskan Anda untuk menyebutkan pesaing yang dikenal, tetapi Pi Market Intelligence akan mengungkapkan siapa saja para kompetitor yang sebenarnya di seluruh landscape SERP. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki pandangan yang lebih jelas dan lebih luas tentang para kompetitor.

Visualisasi data Pi Datametrics dapat membantu memberitahu seluruh perusahaan tentang kinerja komersial, berbagi share of voice, dan informasi mengenai trend pencarian yang berorientasi kepada profit.

Pada tingkat yang lebih terperinci, Pi Datametrics adalah satu-satunya platform di luar sana untuk melacak dalam empat frekuensi waktu yang berbeda:

  • Setiap dua jam – jika Anda perlu memantau landscape SERP yang berubah dengan cepat, seperti saat peluncuran produk baru.
  • Setiap hari – penting jika tim SEO Anda ingin tetap menjadi yang terdepan
  • Mingguan atau bulanan – untuk membantu Anda melaporkan tujuan jangka menengah hingga jangka panjang.

Akhirnya, dengan landscape SERP yang berubah dan jenis hasil baru, Pi Datametrics dapat melacak setiap Fitur SERP yang muncul di hasil pencarian, dari video dan gambar hingga PAA (People Also Ask) dan answer cards.

Cara Menggunakan Pi Datametrics untuk Menemukan Informasi Penting

Cara terbaik untuk menggunakan Pi Datametrics dapat dimulai dari tingkat MI (market intelligence) di mana Anda dapat melihat share of voice dari waktu ke waktu dibandingkan dengan kompetitor. Berikut ini adalah contoh untuk fashion retailer.

Share of voice | Womenswear landscape | Google UK

Semakin ke bawah, Anda dapat memvisualisasikan pemimpin pasar untuk grup keyword yang sesuai dengan target dan di mana posisinya. Anda dapat dengan cepat menjelajahi kinerja kompetitor, kategori demi kategori.

Share of voice | Womenswear landscape | Google UK

Dari sini Anda dapat melihat peluang pendapatan untuk setiap keyword. Sangat mudah untuk menelusuri ke tingkat subkategori untuk mengungkapkan nilai konten yang berada tepat di bawah halaman satu.

Organic revenue | Womenswear landscape | Google UK

Dalam bagan ini, Anda dapat melihat dampak pembaruan algoritma Google baru-baru ini terhadap pesaing, baik positif maupun negatif.

Share of voice over time | Womenswear landscape | Google UK

Dari sini kami dapat mengidentifikasi konten yang Anda miliki di halaman dua dan tiga Google. Volume pencarian sangat besar dan inilah peluangnya.

Conflict Detector | Google UK

Bagian ini mengungkapkan masalah lebih lanjut, dalam hal ini beberapa perubahan URL untuk istilah pencarian ‘big money’. Google bingung dan tidak tahu halaman mana yang harus diberi peringkat, sehingga posisi pencarian tidak konsisten.

Bagan Penjelajah Posisi | Google Inggris

Setelah kami mengidentifikasi peluang dan masalah untuk dipecahkan, ini dapat dengan mudah disimpan sebagai wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk dibagikan kepada tim.

Mari kita lihat beberapa fitur unik yang kami tawarkan.

Radar SERP ini memberikan tampilan landscape SERP yang tak tertandingi dari perspektif fitur, menunjukkan jenis fitur yang penting, kategori demi kategori.

Dalam hal ini, konten ‘Video’ dan ‘Answer Card’ sangat menonjol dalam hasil pencarian. Jadi, memproduksi konten video dapat membantu brand Anda menonjol dalam kasus ini.

SERP Radar | Beauty landscape | Google UK

Tampilan matriks SERP yang unik sangat membantu Anda memahami maksud pelanggan berdasarkan keyword demi keyword. Data ini menunjukkan jenis hasil yang paling sering muncul dari waktu ke waktu di posisi kunci dan membantu Anda menargetkan konten secara lebih efektif.

SERP Matrix | Beauty landscape | Google UK

Akhirnya SERP Explorer Table dapat membantu Anda memahami bagaimana kinerja konten dari perspektif fitur. Misalnya, ini memungkinkan Anda untuk melihat hasil di mana brand memiliki peluang untuk muncul pada answer card.

SERP Explorer Table | Google UK

Apa Dampak yang Diharapkan dari Penggunaan Pi Datametrics?

Manfaat pertama adalah pemahaman yang jelas tentang share of voice organik website Anda dan siapa pesaing sebenarnya – informasi ini sering kali mengejutkan karena mereka tidak selalu seperti yang dipikirkan.

Selanjutnya, Anda dapat mengungkapkan peluang pendapatan dan dapat membantu menemukan konten dan halaman yang memiliki kinerja yang baik. Hal ini memberikan peluang untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Anda akan dapat mengungkapkan dan berbagi wawasan dengan tim yang relevan dalam bisnis – menyoroti apa yang tidak berjalan dengan baik dan memberikan rekomendasi berbasis intelijen untuk meningkatkan kinerja.

Dengan menyusun strategi berdasarkan informasi ini, Anda kemungkinan akan melihat peningkatan dalam share of voice, traffic SERP, dan juga pendapatan dalam waktu yang sangat singkat.

Pi Datametrics adalah tool solusi berbasis cloud, langsung dari kotak, sama sekali tidak ada integrasi yang diperlukan untuk menggunakan software kami. Akses ke browser web adalah semua yang Anda perlukan.

Selain API yang dapat diakses oleh semua pelanggan kami, ada juga Pi Sync, produk tambahan yang memungkinkan tim untuk memindahkan data Pi Datametrics mereka ke gudang data, berintegrasi dengan data lain, dan dari sana – menganalisis, mengubah, serta memvisualisasikan.

Di Mana Posisi Pi Datametrics Dalam MarTech?

Pi Datametrics adalah intelligence tool pencarian konsumen yang sesuai dengan bagian ‘Content and Experience’ dari MarTech Stack.

Meskipun Pi Datametrics sering menjadi bagian dari anggaran SEO atau Pemasaran Anda, Pi Datametrics memiliki kekuatan untuk menginformasikan strategi di seluruh bisnis, dalam tim yang jauh melampaui pencarian.

Misalnya, tim merger dan akuisisi dapat menggunakan data pesaing Pi Datametrics yang luas untuk mengidentifikasi partnership baru, sementara tim merchandising mungkin mempelajari informasi tren konsumen Pi Market Intelligence untuk mengetahui kapan harus berinvestasi dalam saham tertentu.

Pricing dan Onboarding

Model penetapan harga sangat sederhana. Hal ini didasarkan pada biaya lisensi dan jumlah yang bergantung pada query yang dibuat. Untuk ini, Anda mendapatkan pelacakan domain tak terbatas dan lisensi pengguna tak terbatas.

Di dalam aplikasi, onboarding dan training disertakan tanpa biaya tambahan. Ketika datang ke orientasi, Anda biasanya melihat timeline untuk  empat minggu seperti berikut:

  • Minggu pertama adalah tentang persiapan, termasuk konfigurasi akun dan rapat awal.
  • Minggu kedua adalah tentang pelatihan – disesuaikan dengan kasus penggunaan, dirancang untuk membuat Anda siap untuk berjalan serta menemukan dan menyimpan informasi secepat mungkin.
  • Di minggu ketiga biasanya akan ada pertemuan pos pemeriksaan bersama dengan sesi pelatihan lanjutan.
  • Di minggu keempat, tinjauan orientasi akan dilakukan, sekali lagi dengan sesi pelatihan lanjutan apa pun yang diperlukan.

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat