6 Strategi Pemasaran untuk Tetap Bertahan Selama Pandemi

Setiap bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Ini sangat penting terutama pada saat-saat seperti ini dimana setiap orang sedang berada di kondisi yang kurang memungkinkan dan keadaan yang tidak menguntungkan mengubah kehidupan kita sehari-hari. COVID-19 telah mempengaruhi sebagian besar ekonomi negara, yang mendorong banyak bisnis untuk mengubah atau meningkatkan strategi pemasaran mereka. Berikut ini adalah beberapa bentuk strategi pemasaran untuk tetap bertahan selama pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Memahami Konsep Strategi Pemasaran yang Tepat

Pilihan Strategi Pemasaran di Masa Pandemi

Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan bisnis dalam menjangkau dan menarik perhatian target pasar atau audiens. Strategi pemasaran yang dirancang dengan baik dapat membantu pelanggan membuat keputusan pembelian dan memilih brand Anda. Mengubah strategi pemasaran di kala pandemi Covid-19 ini penting karena Anda harus memastikan bahwa strategi yang digunakan bisa beradaptasi dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda.

Bagaimana Caranya Menyesuaikan Strategi di Masa Pandemi

Setelah membahas apa itu strategi pemasaran, sekarang saatnya membahas bagaimana caranya Anda dapat meningkatkan dan mengubah strategi pemasaran dan memastikan bahwa masih dapat memuaskan kebutuhan pelanggan Anda dalam masa pandemi ini.

1. Berikan Apa yang Mereka Butuhkan Saat Ini

Jadilah jauh lebih bijaksana dari biasanya dan tempatkan diri Anda pada posisi para pelanggan. Pikirkan tentang apa yang mereka butuhkan selama masa-masa sulit ini dan cobalah untuk menyediakannya. Tidak harus sesuatu yang memiliki dampak yang besar hal atau isyarat terkecil pun dapat membuat mereka merasa penting dan diperhatikan. Cobalah untuk fokus pada hal ini untuk sementara waktu, daripada mempromosikan bisnis secara terang-terangan. Anda dapat kembali ke rutinitas biasa setelah pandemi selesai dan perekonomian jauh lebih stabil.

2. Berikan Usaha yang Lebih dalam Social Media Marketing Anda

Kebanyakan orang terjebak harus berada di dalam rumah karena kondisi karantina, dan apa yang cenderung dilakukan orang saat berada di rumah? Mereka biasa menghibur diri dengan menonton TV, mendengarkan berita, menonton acara favorit mereka di Netflix, dan tentu saja, aktif dalam dunia online. Sebagian besar orang menggunakan akun media sosial mereka untuk tetap terhubung dengan orang yang mereka kenal. Mereka juga menggunakannya untuk mengikuti berita terbaru. Anda, sebagai pemilik bisnis, dapat memanfaatkan ini dengan secara halus mempromosikan merek Anda di media sosial dan perlahan membangun engagement dengan mereka.

Baca Juga: 4 Aplikasi Marketing Sosial Media Untuk Bisnis

3. Menjadi Lebih Peduli dan Berempati

Selama pandemi seperti yang saat ini kita alami, hal terakhir yang Anda inginkan adalah terdengar seperti robot. Pastikan postingan dan iklan Anda menunjukkan kasih sayang dan empati terhadap audiens Anda. Sebagian besar dari mereka kemungkinan besar berurusan dengan semacam masalah, secara emosional atau finansial. Hal terakhir yang ingin mereka lihat adalah iklan yang mengganggu.

Jasa SEO

4. Bantu Komunitas Anda

Ini akan menjadi waktu terbaik untuk mencoba dan membantu komunitas Anda. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, banyak orang kehilangan pekerjaan selama pandemi ini, dan memberikan kembali kepada konsumen dengan cara apa pun yang Anda bisa akan sangat berarti bagi mereka. Pertimbangkan untuk menjadi sukarelawan atau menyumbang ke komunitas lokal. Keduanya merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda benar-benar peduli kepada mereka.

5. Dengarkan Pelanggan Anda

Sangat penting untuk mendengarkan konsumen. Anda harus tahu apa yang mereka rasakan. Lakukan riset atau tunjuk sekelompok orang untuk bisa mendapatkan berita terbaru tentang Covid-19. Atur pertemuan secara teratur sehingga Anda dan tim dapat memutuskan bagaimana Anda dapat membantu konsumen melalui produk dan layanan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Menghadapi Keluhan Pelanggan dengan Benar?

6. Manfaatkan Strategi Digital Marketing

Terakhir, di era pandemi ini, strategi pemasaran offline sudah kurang efektif. Sekarang, sudah saatnya Anda bertransisi dan menggunakan strategi pemasaran online, alias digital marketing. Gunakan berbagai platform media sosial dan juga website untuk mendukung bisnis Anda. Bahkan, bila memungkinan, sediakan juga opsi pemesanan dan pengiriman produk secara online agar konsumen tetap dapat membeli produk Anda selama pandemi Covid-19.

Jangan lupa untuk menggunakan berbagai strategi digital marketing yang jitu, seperti SEO, social media caledar, dan juga penggunaan iklan online, seperti Instagram ads dan Facebook ads. Dengan mengoptimasikan strategi digital marketing, bisnis Anda akan semakin dikenal konsumen, bahkan selama pandemi ini.

Itulah dia beberapa cara atau strategi pemasaran selama pandemi Covid-19 yang bisa Anda lakukan. Tertarik untuk mengembangkan strategi digital marketing bisnis Anda? Manfaatkan jasa kami sebagai Digital Marketing Agency Jakarta untuk membantu bisnis Anda ke tingkat selanjutnya. Kunjungi ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat