Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Strategi pemasaran digital merupakan sekumpulan langkah tentang apa saja yang ingin diraih oleh sebuah bisnis melalui kanal online baik mesin pencari maupun media sosial. Pada era digital ini, semua bisnis harus mulai menerapkan strategi kampanye pemasaran digital untuk mendukung kegiatan pemasaran konvensional yang telah dimiliki. Menetapkan strategi yang baik adalah hal krusial untuk mendukung kemajuan sebuah bisnis.

Tanpa strategi digital marketing yang baik, bisnis Anda tidak akan bisa memetakan rencana dan target yang ingin dicapai. Anda mungkin tahu apa target Anda, tapi tidak tahu langkah untuk mewujudkannya. Inilah yang kerap membuat strategi digital marketing menjadi tidak maksimal bahkan gagal.

Strategi Pemasaran Digital

Untuk membangun strategi pemasaran digital yang efektif, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) merupakan praktik mengarahkan lebih banyak traffic ke situs Anda melalui optimalisasi situs dan iklan online berbayar di media-media digital. Alat-alat ini memungkinkan Anda berada di halaman awal mesin pencari dengan memanfaatkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat dan relevansi Anda di halaman pencarian.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Traffic Website

2. Content Marketing

Content marketing dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau pengguna yang pada akhirnya mengajak mereka untuk melanjutkannya ke proses pembelian (call-to-action). Dengan memberikan konten semacam ini, Anda bisa membangun kepercayaan dan keakraban dengan calon pelanggan Anda. Beberapa jenis konten yang bisa Anda buat dalam upaya pemasaran secara digital antara lain adalah blog, video, infografis dan lain sebagainya.

Jasa SEO

3. Social Media Marketing

Media sosial merupakan sarana dunia digital yang bagus untuk memperluas audiens tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Sama seperti search engine, Anda bisa membuat postingan organik untuk halaman bisnis Anda serta iklan bersponsor dan konten untuk menjangkau pengikut Anda saat ini. Media sosial adalah alat yang ampuh untuk promosi karena mampu menampilkan konten, produk, atau jasa baru kepada pengunjung situs Anda sebelumnya.

Media sosial akan membantu pengguna menemukan konten baru. Karena itu, Anda bisa memperluas audiens dengan cara mempromosikan dan menautkan konten dari situs Anda. Jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, ini juga bisa menjadi cara untuk membangun engagement dengan mereka.

Baca Juga: Melihat Sosial Media Paling Efektif Untuk Bisnis

4. Email Marketing

Email marketing sudah bertahan sangat lama di bidang pemasaran digital dan sepertinya masih akan terus bertahan di masa depan sebagai metode komunikasi yang disukai para profesional. Email akan membantu Anda menjangkau prospek dalam ruang lingkup yang lebih profesional dan memungkinkan Anda membuat pesan yang bisa dipersonalisasi. Tujuannya adalah untuk membentuk interaksi dan memicu perilaku pembelian tertentu.

Email marketing sangat bagus digunakan untuk membuat segmentasi audiens berdasarkan perilaku. Misalnya, Anda bisa membuat daftar prospek berdasarkan pada mereka yang mendaftar email berlangganan untuk mendapatkan informasi lebih tentang produk atau jasa Anda. 

Dengan menggunakan email marketing, Anda juga bisa menargetkan ulang pembeli sebelumnya. Caranya adalah dengan mengingatkan mereka jika ada produk baru yang mereka sukai atau rekomendasi produk yang mungkin dibutuhkan dan disukai pelanggan tersebut.

5. Copywriting

Tentu saja, pembuatan berbagai strategi digital marketing di atas tidak akan berhasil tanpa copywriting. Teknik copywriting adalah cara penulisan rangkaian kata dan kalimat yang menggugah dan mendorong orang agar lebih tertarik membeli, mengenal, hingga menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Teknik copywriting dapat diterapkan dalam banyak aspek digital marketing, seperti:

  • Konten sosial media  
  • Tagline
  • Slogan
  • Konten situs web
  • Landing page
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads
  • Konten media digital lainnya

Copywriting tidaklah sulit untuk dipelajari. Tetapi untuk berhasil membuat hasil tulisan copy yang baik dan sangat efektif membutuhkan banyak latihan dan pengalaman. 

Tertarik mencoba membuat tulisan copy untuk digital marketing campaign Anda? Toffeedev memiliki 15 contoh copywriting yang mudah diterapkan dan sangat efektif dalam menggaet calon konsumen.

Itulah beberapa strategi pemasaran digital yang telah terbukti membantu banyak bisnis berjalan lebih efektif. Perlu diingat bahwa menggunakan salah satu dari strategi di atas mungkin akan kurang maksimal. Karena itu untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda disarankan untuk menggunakan lebih dari satu strategi. 

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing B2B yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

Butuh bantuan untuk meningkatkan strategi digital marketing Anda? ToffeeDev sebagai digital marketing agency terbaik yang ada saat ini, siap membantu Anda memaksimalkannya. Konsultasikan kebutuhan pemasaran Anda dengan ToffeeDev sekarang juga!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post

WhatsApp chat