5 Strategi Pemasaran Online yang Relevan Saat ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Apakah Anda sedang mencari strategi pemasaran online yang efektif untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda? Sebuah kebetulan, karena kamu akan membantu Anda untuk menjelajahi taktik pemasaran terbaik untuk situasi bisnis apapun, entah itu B2B atau B2C. ToffeeDev akan membantu Anda untuk mengeksplorasi berbagai strategi berikut untuk pemasaran yang mungkin efektif bagi bisnis Anda.

Berbagai Pilihan Strategi Pemasaran Online

Berikut ini adalah berbagai strategi yang bisa Anda terapkan untuk pemasaran bisnis yang Anda miliki agar bisa semakin meningkatkan pertumbuhannya. Mari kita mulai.

1. Content Marketing

Content marketing menekankan edukasi terhadap brand dan berbagai produk daripada penjualan agar bisa mempengaruhi perilaku pembelian. Pendekatan pemasaran strategis ini akan berfokus pada pembuatan dan pendistribusian informasi yang relevan dengan kebutuhan para calon pelanggan untuk bisa menarik perhatian mereka yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan Anda. 

Baca Juga : Apa Itu Content Marketing dan Tipe Konten

Dikarenakan komunikasi sedang berlangsung, konten dapat disesuaikan untuk mencerminkan apa yang Anda pelajari mengenai pelanggan secara waktu ke waktu, dan dapat mencakup berbagai format seperti infografis, halaman web, podcast, video, blog, white paper, webinar, serta eBook. Content marketing menjadi efektif karena dapat menarik prospek melalui funnel marketing, menumbuhkan visibilitas merek, kredibilitas, dan keinginan untuk membeli serta memberikan target konsumen Anda dengan informasi yang relevan.

2. Search Engine Optimization

Pengertian SEO adalah sebuah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan Anda. Optimasi SEO sendiri sangat bergantung pada mesin pencari. Meskipun ada kesalahpahaman umum bahwa taktik pemasaran yang satu ini dapat berdiri sendiri, SEO sendiri dilakukan dengan banyak taktik yang saling bekerja sama dan merupakan inti dari strategi pemasaran masuk yang efektif.

Baca Juga : Pengertian SEO – Apa itu SEO?

Jika media sosial, email, iklan, dan alat pemasaran lainnya dapat menghasilkan kunjungan ke website Anda, visibilitas yang didapatkan dari SEO sangat penting karena mesin pencari menjadi cara utama pengguna bernavigasi di Internet. Otomatis akan bisa meningkatkan audiens yang relevan dan sesuai target karena mereka akan mengidentifikasi diri sebagai seseorang yang tertarik terhadap produk atau layanan Anda.

3. Social Media and Viral Marketing

Pemasaran melalui media sosial berfokus pada penyediaan konten yang mereka anggap berharga dan ingin dibagikan kepada pengguna dalam suatu jejaring sosial media.  Kegiatan ini cukup bagus dalam meningkatkan visibilitas dan juga traffic

Pembagian konten, video, dan gambar di media sosial juga mempengaruhi strategi sebelumnya, yaitu SEO. Mengikuti tren tentu bisa membawa Anda menemui audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, viral marketing akan sangat membantu dalam mencari berbagai konsumen potensial.

4. Memanfaatkan Storytelling

Brand storytelling menggunakan format komunikasi yang mudah dikenal dan dapat melibatkan konsumen pada tingkat emosional. Dibandingkan hanya sekedar memberikan fakta dan angka, storytelling memungkinkan Anda untuk menjalin kisah yang berkesan tentang siapa perusahaan Anda, apa yang Anda lakukan, bagaimana Anda memecahkan masalah, dan bagaimana Anda terlibat dan berkontribusi pada komunitas dan publik secara umum. Bentuk storytelling bisa berupa konten artikel, video, ataupun konten-konten lainnya.

5. Conversational Marketing

Interaksi real-time melalui chatbot atau live chat yang menjadi wadah bagi para pelanggan untuk bisa mendapatkan informasi yang tepat akan memungkinkan mereka melakukan lebih banyak interaksi dengan Anda, termasuk melakukan pembelian. 

Keterlibatan yang secara personal dan relevan akan bisa meningkatkan customer experience. Untuk bisnis B2C, strategi ini sangat efektif karena dalam skala kecil seperti satu pelanggan, waktu pembeli untuk mempertimbangkan sebuah pembelian bisa  berkurang dengan cepat, sehingga konversi terjadi lebih singkat karena hubungan terjalin lebih cepat.

Seperti itulah berbagai strategi pemasaran online yang bisa Anda jalankan. Untuk bisa membantu bisnis Anda semakin berkembang, buatlah website yang berkualitas dan mudah untuk diakses. Buat web perusahaan atau bisnis Anda bersama jasa pembuatan website profesional ToffeeDev, dan tidak lupa terapkan strategi SEO bersama pakar SEO kami untuk hasil yang lebih maksimal. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post